Biar Satu Frekuensi, Ini Langkah Memilih Hewan Peliharaan yang Tepat untuk Gaya Hidup Kamu

Panduan Memilih Hewan Peliharaan yang Tepat untuk Gaya Hidup Kamu
Table of Contents

Punya hewan peliharaan di rumah merupakan sebuah privilege tersendiri. Kenapa? Karena dengan adanya hewan tersebut rumahmu akan lebih ramai dan kamu akan punya sahabat setia yang menyenangkan serta bisa bantu kamu release stress.

Akan tetapi, alangkah baiknya dalam pemilihan hewan peliharaan juga kamu sesuaikan dengan gaya hidup kamu. Kenapa? Agar hewan tersebut dan kamu bisa hidup berdampingan dengan baik. Baik secara mental dan tubuhnya.

Nah agar tidak salah pilih, Igloo menyarankan kamu untuk mempertimbangkan hal-hal dibawa ini sebelum memilih hewan peliharaan di rumah.

Panduan Memilih Hewan Peliharaan yang Tepat untuk Gaya Hidup Kamu

Berikut ini adalah panduan memilih hewan peliharaan yang tepat untuk gaya hidup kamu.

  1. Pertimbangkan ruang tinggal dan lingkunganmu

Ada baiknya saat memilih hewan peliharaan, pertama kamu harus mempertimbangkan kondisi ruangan dan lingkungan dimana kamu tinggal. Artinya jika ruangan di rumah kamu kecil seperti apartemen maka tempat tersebut tidak cocok menjadi tempat tinggal anjing besar. Karena anjing besar butuh ruangan yang cukup besar agar bisa bergerak dan bermain dengan bebas.

Ruangan kecil atau terbatas lebih cocok kamu gunakan untuk memelihara kucing, hamster, ikan dan hewan peliharaan ukuran kecil lainnya.

  1. Harus sesuai dengan gaya hidup kamu

Memilih hewan juga harus mempertimbangkan rutinitas dan aktivitas keseharianmu. Misalnya kamu tipe orang yang suka menghabiskan waktu di rumah maka kamu bisa memilih anjing daripada kucing. Kucing lebih cocok bagi mereka yang mempunyai segudang aktivitas dan jarang di rumah. Kenapa? Karena kucing perawatannya lebih praktis daripada anjing.

Kalau anjing, anjing adalah hewan yang suka perhatian selain bisa menjadi teman yang baik. Maka ia cenderung membutuhkan banyak perhatian, waktu bermain bersama dan bahkan latihan fisik secara teratur agar mereka tidak stres. 

  1. Lihat budget kamu

Memelihara hewan bukan tanpa modal, perawatannya butuh modal yang tidak sedikit. Sehingga kamu harus memilih hewan sesuai dengan kemampuan kamu dalam memberikan perawatan.

Karena hewan peliharaan membutuhkan makan, camilan, perawatan kesehatan rutin, mainan, kendang, aksesoris dan berbagai peralatan lain yang mendukung kelangsungan hidup mereka.

Oleh karena itu, kamu harus memastikan kemampuanmu. Seberapa besar anggaran yang kamu persiapkan untuk perawatan mereka tiap bulannya. Ini adalah bentuk tanggung jawabmu sebagai pemilik hewan peliharaan. Apalagi tiap jenis hewan mempunyai biaya perawatan yang berbeda-beda. Jadi pastikan budget berapa yang kamu persiapkan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

  1. Pertimbangkan kondisi kesehatan termasuk alergi

Sebelum memelihara hewan ada baiknya kamu pastikan anggota keluargamu di rumah dan kamu tidak alergi dengan jenis hewan tertentu. Di samping itu kamu juga harus mempertimbangkan kondisi kesehatan mereka sebelum proses adopsi. Jika hewan tersebut memerlukan perawatan khusus atau mempunyai riwayat medis tertentu sebaiknya kamu pertimbangkan dengan matang.

  1. Pertimbangkan tingkat keterlibatan kamu dalam perawatannya dan komitmen seperti apa yang dibutuhkan

Ada baiknya saat memilih hewan kamu juga mempertimbangkan tingkat keterlibatan kamu dalam perawatannya. Apakah membutuhkan perawatan intensif, perhatian terus menerus atau lebih praktis dan mandiri.

Selain itu kamu juga bertanya pada diri sendiri, apakah kamu siap membagi waktu, energi, perhatian, budget untuk memenuhi kebutuhan si hewan peliharaan yang akan kamu pilih. Kemudian pertimbangkan pula bagaimana rencana jangka panjangmu. Karena tiap hewan mempunyai umur yang berbeda-beda, apakah kamu siap jika harus komitmen jangka panjang merawat mereka?

  1. Lihat apakah hewan tersebut bisa beradaptasi dengan mudah atau susah

Jika di rumah kamu sudah mempunyai hewan peliharaan, maka untuk memasukkan hewan peliharaan baru kamu harus berpikir ulang. Pertimbangkan kemampuannya dalam beradaptasi dengan hewan yang ada di rumahmu.

  1. Konsultasi dengan dokter hewan

Hal ini juga penting kamu lakukan sebelum memutuskan memelihara hewan. Meminta pendapat dari dokter hewan akan sangat membantu kamu dalam mempertimbangkan ulang keputusanmu.

Mereka akan memberikan informasi terkait hewan yang akan kamu pilih. Baik itu terkait dengan karakteristiknya, berbagai kebutuhannya, syarat khusus dari berbagai hewan dan sebagainya.

Selain itu, dokter hewan bisa membantu kamu mempertimbangkan faktor terkait tingkat energi si hewan, ukuran berapa yang harus kamu pilih, bagaimana temperamennya, kebutuhan medisnya dan lain sebagainya.

Memilih hewan peliharaan memang susah-susah gampang, tapi yang terpenting kamu harus mempertimbangkan berbagai hal di atas. Agar nantinya kamu bisa memiliki hubungan yang sehat dan bahagian dengan mereka.

Jika kamu sudah mempertimbangkan faktor ruang, gaya hidup, budget, waktu, kesehatan dan alergi, keterlibatan, komitmen, dan sesi konsultasi barulah kamu akan mendapat keputusan yang bijaksana. Ingat, hewan peliharaan yang masuk rumah sudah akan menjadi tanggung jawabmu hingga mereka meninggal atau berpindah tangan. Sehingga pastikan mereka bisa bahagia hidup satu rumah denganmu.

Nah sebenarnya masalah budget, bisa kamu minimalisir dengan mendaftarkan mereka di Asuransi Hewan Peliharaan Igloo. Igloo merupakan penyedia asuransi professional yang bisa memberikan jaminan perlindungan pada hewan peliharaan seperti kucing dan anjing.

Baca Juga : Hewan Ada yang Ikut Puasa, Ini Dia 10 Hewan yang Berpuasa Seperti Manusia

Di Igloo pembelian Asuransi Hewan Peliharaan cukup beberapa langkah saja dan kamu sudah bisa mendapatkan polis yang kamu inginkan, berikut ini langkahnya:

  1. Kunjungilah “Asuransi Hewan Peliharaan”.
  2. Tentukan polis asuransi hewan yang kamu butuhkan. Di Igloo telah menyediakan asuransi untuk anjing ataupun kucing kesayangan kalian meskipun tidak punya sertifikat (Stambum/ICA).
  3. Pilihlah “Cari di Sini” untuk menentukan hewan peliharaan yang akan kamu belikan asuransinya.
  4. Isikan detail informasi hewan peliharaan.
  5. Selesaikan tahap pembayaran dan dapatkan polis asuransinya. Setelah itu barulah kamu bisa melakukan klaim terhadap pertanggungan yang mereka berikan.

Di Igloo selain Asuransi Hewan Peliharaan, kamu juga bisa menemukan berbagai produk asuransi lain yang kamu butuhkan. Diantaranya Asuransi Kesehatan, Asuransi Sepeda Motor, Asuransi Mobil, Asuransi Kesehatan dan Asuransi Perjalanan. Jangan sampai rancangan finansialmu terganggu hanya karena pembengkakan biaya perawatan hewan.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu