Tetap Waspada, Begini Cara Menjaga Kondisi Fisik dan Mental Pengemudi selama Mudik Ramadan

fisik pengemudi
Table of Contents

Mudik Ramadan merupakan momen yang paling dinanti oleh perantau yang bekerja jauh dari kampung halaman. Tidak hanya itu, momen mudik Ramadan menjadi ajang libur panjang yang dapat dinikmati bersama keluarga tercinta. Menuju kampung halaman tentunya kamu akan menempuh perjalanan yang lumayan jauh, sehingga perlu adanya persiapan baik secara fisik atau mental. 

Nah agar tidak terjadi masalah kesehatan selama perjalanan mudik Ramadan, berikut Igloo telah merangkum cara menjaga kondisi fisik dan mental pengemudi selama mudik Ramadan. 

Berbagai Cara Menjaga Kondisi Fisik dan Mental Pengemudi selama Mudik Ramadan

Menjaga kondisi fisik dan mental pengemudi selama mudik Ramadan sangat penting untuk keselamatan dan kenyamanan perjalanan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Kamu untuk menjaga kondisi fisik dan mental saat mengemudi. 

Istirahat yang Cukup

Tentukan titik-titik istirahat yang akan Kamu singgahi selama perjalanan Kamu. Pastikan untuk mengambil istirahat setidaknya setiap 2-3 jam sekali atau sesuai kebutuhan, tergantung pada durasi perjalanan Kamu. Pilih tempat istirahat yang aman dan nyaman untuk berhenti. Biasanya, rest area, restoran atau area parkir yang ramah pengemudi adalah pilihan yang baik.

Mudik saat ramadan tentunya akan melewati masa masa berbuka dan juga sholat. Manfaatkan waktu shalat dan berbuka puasa sebagai waktu istirahat yang baik. Cari masjid atau tempat ibadah lainnya di sepanjang rute perjalanan Kamu untuk beristirahat, beribadah, dan mengisi energi.

Konsumsi Makanan Sehat

Melakukan perjalanan malam merupakan salah satu alternatif yang juga banyak dimanfaatkan oleh orang-orang. Untuk itu, sebaiknya jika memilih perjalanan malam kamu menyiapkan camilan sehat. Buah-buahan seperti apel, pir, jeruk, anggur, atau potongan melon adalah camilan yang mudah dibawa dan memberikan energi yang baik karena kandungan gula alaminya. Selain itu, jenis kacang-kacangan juga dapat kamu pilih, seperti Almond, kacang mete, kenari, atau biji labu adalah sumber protein dan lemak sehat yang baik. Pilih varietas yang tidak digoreng dan rendah garam.

Kamu juga dapat memilih menu sehat lainnya, seperti kismis atau kurma. Kismis atau kurma kering adalah sumber energi yang baik karena kandungan gula alaminya. Kandungan serat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terkandung di dalamnya. Pastikan selalu bawa air putih dalam botol yang mudah diisi ulang untuk menjaga hidrasi selama perjalanan. Hindari minuman berenergi atau bersoda yang tinggi gula dan bisa menyebabkan dehidrasi.

Kurangi Konsumsi Kafein Berlebihan

Minuman berkafein tinggi, seperti kopi atau minuman energi, memiliki efek stimulan yang dapat meningkatkan tingkat kewaspadaan dan membuat pengemudi merasa lebih terjaga untuk sementara waktu. Namun, setelah efeknya mereda, pengemudi bisa mengalami penurunan tingkat kewaspadaan dan kelelahan yang lebih besar.

Kandungan kafein yang terlalu tinggi dapat meningkatkan produksi urine dan menyebabkan dehidrasi jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Pada bulan Ramadan, ketika pengemudi sudah berpuasa sepanjang hari, risiko dehidrasi ini menjadi lebih besar. 

Kenakan Pakaian yang Nyaman

Pastikan Kamu mengenakan pakaian yang longgar dan nyaman selama perjalanan untuk menghindari rasa tidak nyaman. Rasa tidak nyaman akibat pakaian yang terlalu ketat atau tebal dapat membuat pengemudi merasa risih atau bahkan selalu gerah. Di tengah kemacetan mudik tentunya akan lebih nyaman ketika ada memilih menggunakan pakaian yang longgar. 

Persiapkan Diri secara Mental

Antisipasi perjalanan yang panjang dan persiapkan diri secara mental untuk menghadapinya dengan sabar dan kesabaran. Tingkat kemacetan menjelang lebaran tentunya akan selalu naik, sehingga kesabaran sebagai pengemudi juga akan berangsur menipis. Sebenarnya bukan hal baru lagi, namun bagi yang masih pemula melakukan mudik dalam menjelang lebaran perlu menyiapkan mental yang tangguh.

Dengarkan Musik yang Menenangkan

Persiapkan daftar putar musik yang menenangkan atau rekaman bacaan Al-Qur’an yang dapat membantu menenangkan pikiran selama perjalanan. Menenangkan pikiran selama perjalanan akan membuat perjalanan tidak terasa berat. Artinya, kamu dapat terhindar dari rasa stress atau perasaan jenuh. 

Berkomunikasi dengan Keluarga

Sebagai pengemudi memang terlalu banyak bicara juga dapat mengganggu fokus. Namun, jika memungkinkan, berkirim pesan atau berbicara dengan keluarga atau teman selama perjalanan dapat mengusir rasa bosan atau jenuh selama perjalanan. 

Atur Rencana yang Realistis

Tetap realistis tentang waktu tempuh dan kondisi lalu lintas. Bersiaplah untuk kemungkinan adanya keterlambatan atau hambatan lainnya yang dapat mempengaruhi perjalanan Kamu. Segala kemungkinan dapat terjadi begitu saja, sehingga penting untuk memiliki jalan pintas atau rencana alur mudik lainnya. 

Menjaga kondisi fisik dan mental pengemudi saat mudik Ramadan dapat kamu persiapkan dari sekarang. Maksimalkan waktu istirahat dengan baik, dan segera cari pemberhentian saat merasa lelah atau mengantuk guna meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Baca Juga : 5 Tips Mengatasi Masalah Umum Mobil selama Mudik Ramadan

Nah selain kondisi fisik dan mental pengemudi yang harus dipersiapkan, kamu juga bisa melengkapi persiapan dengan Asuransi Mobil dari Igloo. Dengan Asuransi Mobil dari Igloo, kamu bisa mendapatkan jaminan perlindungan selama perjalanan mudik sehingga kamu bisa mengendarai tanpa rasa khawatir.

Apabila kamu tertarik, di Igloo kamu bisa membeli asuransi mobil dan cukup hanya beberapa langkah saja kamu sudah bisa mendapatkan polisnya, ini caranya:

  • Buka halaman “Asuransi Mobil” di website Igloo
  • Disana kamu bisa memilih Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif.
  • Kemudian, klik “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang kamu inginkan.
  • Isikanlah informasi lengkap terkait kendaraanmu
  • Segera lakukan pembayaran melalui metode payment yang kamu inginkan. Bisa lewat dompet digital, transfer bank, atau lewat virtual accounts.
  • Bila pembayaran sudah diterima, polis akan segera diterbitkan.

Di Igloo, selain kamu bisa memiliki Asuransi Mobil, kamu juga bisa memiliki asuransi lain sesuai kebutuhan. Diantaranya ada Asuransi Hewan Peliharaan, Asuransi Kesehatan, Asuransi Motor, dan Asuransi Perjalanan. Proses pembeliannya sudah pasti mudah dan cara klaimnya juga tidak akan menyusahkanmu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu