6 Jenis Makanan dan Camilan Sehat untuk Di Mobil selama Mudik Lebaran

camilan
Table of Contents

Mudik telah menjadi tradisi yang sangat umum dilakukan oleh banyak orang di Indonesia untuk merayakan Lebaran. Mudik merujuk pada perjalanan pulang ke kampung halaman atau tempat asal untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat selama perayaan Idul Fitri. Tradisi mudik ini menjadi momen yang sangat penting bagi banyak orang untuk bersilaturahmi, merayakan bersama, dan menghabiskan waktu dengan keluarga mereka.

Nah biasanya dalam perjalanan mudik lebaran ada banyak barang yang akan kamu bawa. Selain oleh-oleh biasanya kamu juga menyiapkan bekal untuk bisa dimakan di mobil dikala macet mudik lebaran. Oleh karena itu, penting untuk memilih camilan yang praktis, mudah disantap, dan memberikan energi yang cukup untuk mengatasi kelelahan dalam perjalanan. Berikut beberapa pilihan makanan dan camilan sehat untuk di mobil selama mudik lebaran.

Makanan dan Camilan Sehat untuk Di Mobil selama Mudik Lebaran

Makanan dan camilan sehat tidak hanya berfungsi mengenyangkan perut saat buka puasa atau sahur, tetapi juga merupakan nutrisi baik bagi tubuh kamu. Dengan camilan sehat kamu juga bisa menjaga kesehatan dan berat badan selama bulan puasa. Dan jangan lupa dengan mengonsumsi makanan sehat maka energi dan konsentrasi kamu akan meningkat, sehingga bagus untuk pengemudi mobil yang butuh konsentrasi penuh.

Ini dia makanan dan camilan sehat untuk di mobil selama mudik lebaran yang bisa kamu persiapkan:

Kacang-kacangan 

Kacang-kacangan adalah pilihan camilan yang bagus saat macet perjalanan mudik karena Kacang-kacangan tidak memerlukan persiapan khusus dan bisa langsung disantap saat lapar tanpa harus memasak atau mempersiapkannya terlebih dahulu. Kandungan serat dan protein dalam kacang-kacangan membantu memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mengurangi frekuensi ngemil selama perjalanan.

Kacang-kacangan memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti mereka tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang tajam. Ini membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil selama perjalanan dan mengurangi risiko hipoglikemia (penurunan kadar gula darah).

Popcorn Bumbu Rempah

Popcorn merupakan makanan yang awet dan mudah pembuatannya. Daripada popcorn yang manis dan berlemak, kamu bisa membuat popcorn dengan bumbu rempah seperti jahe, cinnamon, paprika, dan sebagainya. Gunakan rempah bubuk untuk mempermudah pencampurannya saat membuat popcorn.

Yogurt

Yogurt adalah camilan sehat praktis yang bisa kamu makan di mobil. Agar lebih sehat pilihlah yogurt yang rendah lemak atau tanpa ada tambahan gula yang baik untuk pencernaan. Kamu bisa menambahkan buah-buahan segar yang bisa dibeli di minimarket saat perjalanan mudik agar lebih mengenyangkan.

Buah-Buah Kering atau Veggie Chips

buah-buahan kering merupakan pilihan camilan yang cocok untuk dibawa selama perjalanan mudik Lebaran. Buah-buahan kering mengandung nutrisi penting seperti serat, vitamin, dan mineral. Meskipun kandungan airnya telah berkurang, namun nutrisinya tetap terjaga. Buah-buahan kering mengandung gula alami yang dapat memberikan energi cepat selama perjalanan. Hal ini dapat membantu menjaga stamina dan mengatasi kelelahan.

Ada berbagai jenis buah-buahan kering yang bisa dipilih sesuai dengan selera dan preferensi masing-masing, seperti kismis, kurma, aprikot kering, persik kering, dan lain sebagainya. Dengan demikian, buah-buahan kering merupakan pilihan camilan yang sehat, praktis, dan bergizi untuk dibawa selama perjalanan mudik Lebaran.

Roti Gandum

Membawa roti gandum sebagai camilan saat mudik Lebaran adalah pilihan yang baik dan sehat. Roti gandum umumnya lebih tinggi serat dibandingkan roti putih. Serat membantu menjaga pencernaan tetap sehat dan memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga cocok untuk mengatasi kelaparan selama perjalanan.

Roti gandum mudah dibawa dan tidak memerlukan persiapan tambahan. Kamu bisa membawanya dalam kantong atau wadah penyimpanan dan menyantapnya kapan pun dibutuhkan selama perjalanan. Namun, pastikan untuk memilih roti gandum yang berkualitas baik dan tidak mengandung banyak gula tambahan atau bahan pengawet.

Energy Balls

Energy balls adalah camilan yang selain sehat juga praktis dan enak ketika dibawa perjalanan jauh. Cara pembuatannya mudah yaitu dengan mencampurkan oatmeal, madu, almond butter, dan potongan kismis. Kemudian buatlah bulatan dari adonan tersebut menjadi bola-bola kecil. Simpanlah dalam lemari es hingga membeku. Camilan ini bisa kamu makan disaat lapar, termasuk kamu bawa dalam perjalanan mudik dengan mobil

Mengapa Mudik Harus Membawa Camilan Sehat?

Membawa camilan saat macet mudik Lebaran memiliki berbagai manfaat yang penting. Camilan dapat membantu mencegah rasa lapar saat terjebak dalam kemacetan lalu lintas yang panjang. Ini penting agar Kamu tetap nyaman dan tidak terganggu oleh rasa lapar selama perjalanan. Perjalanan mudik Lebaran bisa memakan waktu yang lama dan melelahkan. Camilan yang mengandung karbohidrat dan protein dapat memberikan energi tambahan untuk menjaga stamina dan fokus saat berkendara.

Makan camilan yang enak dan bergizi dapat meningkatkan suasana hati dan mood Kamu selama perjalanan. Ini dapat membantu mengurangi stres dan kelelahan yang mungkin dirasakan akibat macet dan perjalanan yang panjang.

Artikel Lainnya :

Dengan membawa camilan sendiri, kamu dapat menghindari ketergantungan pada rest area atau warung di sepanjang perjalanan yang mungkin ramai dan menghabiskan waktu. Selain itu, membawa camilan dari rumah juga dapat menghemat biaya karena kamu tidak perlu membeli camilan di tempat lain.

Selain camilan dan makanan yang harus kamu persiapkan sebelum keberangkatan, kondisi mobil juga perlu kamu pastikan siap untuk dibawa mudik. Lakukan pengecekan keseluruhan kondisi mobil dan lengkapi kendaraan dengan Asuransi Mobil dari Igloo. Dengan asuransi tersebut, kamu bisa antisipasi kondisi darurat yang terjadi selama perjalanan mudik.

Apabila kamu tertarik, di Igloo kamu bisa membeli asuransi mobil dan cukup hanya beberapa langkah saja kamu sudah bisa mendapatkan polisnya, ini caranya:

  • Buka halaman “Asuransi Mobil” di website Igloo
  • Disana kamu bisa memilih Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif.
  • Kemudian, klik “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang kamu inginkan.
  • Isikanlah informasi lengkap terkait kendaraanmu
  • Segera lakukan pembayaran melalui metode payment yang kamu inginkan. Bisa lewat dompet digital, transfer bank, atau lewat kartu kredit.
  • Bila pembayaran sudah diterima, polis akan segera diterbitkan.

Di Igloo, selain kamu bisa memiliki Asuransi Mobil, kamu juga bisa memiliki asuransi lain sesuai kebutuhan. Diantaranya ada Asuransi Hewan Peliharaan, Asuransi Kesehatan, Asuransi Motor, dan Asuransi Perjalanan. Proses pembeliannya sudah pasti mudah dan cara klaimnya juga tidak akan menyusahkanmu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu