Makanan Street Food Terbaik di Dunia: Merasakan Kuliner Lokal di Tiap Sudut Kota Korea Selatan

Makanan Street Food Terbaik di Dunia: Merasakan Kuliner Lokal di Tiap Sudut Kota
Table of Contents

Korea Selatan beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang sangat pesat, bahkan tren yang ada di negara maju ini bisa menjadi tren dunia. Sudah kamu pernah berlibur ke Korea Selatan? Kehidupan di Korea banyak kita saksikan melalui drama Korea dan KPOP-nya, termasuk kekayaan street food yang mereka miliki. Pasti sedikit banyak kamu tahu dari drama yang sedang kamu tonton.

Di Korena ada banyak street food yang menyajikan makanan lezat, bahkan wisatawan asing tidak akan pernah melewatkan itinerary ini saat berkunjung ke negara ini. Mulai dari ttoekbokki, odeng dan sebagainya.

Merasakan Kuliner Lokal di Tiap Sudut Kota yang Ada di Korea Selatan

Makanan street food terbaik di dunia memang pantas di sandingkan dengan Korea, kenapa? Karena kuliner lokal mereka sangat beragam, dan dengan teknik marketing yang bagus banyak wisatawan asing yang mengincar kuliner ini. Di Korea kamu bisa berkunjung ke pasar tradisionalnya yang tersebar di seluruh negeri untuk merasakan kuliner lokal mereka.

Nah adapun berikut kuliner lokal Korea yang bisa kamu temukan di tiap sudut kota:

  1. Gwanjang Market

Gwanjang Market ada di pusat kota Seoul, disana kamu bisa mencicipi soondae, mayak kimbab, jokbal, bibimbap, odeng, dan makanan lezat lainnya. Selain itu jangan lupa mencoba bindaetteok. Ini merupaka kue tipis yang dibuat dari kacang hijau, tentunya selain lezat juga sehat. Untuk mencobanya kamu bisa ke kedai Pakgane yang fenomenal, bahkan sudah masuk review dokumenter Netflix loh.

Kemudian Gohyang Kalguksu Stall, ini adalah hidangan mie tipis yang dipotong dengan pisau dan teksturnya lembut. Kalau kedai ini ada di tengah pasar Gwanjang, kamu bisa kesini tiap hari dari pukul 9.00 waktu Korea.

  1. Noryangjin Fish Market

Korea juga terkenal dengan hidangan lautnya, ada beragam seafood yang ditawarkan pasar ini. Bahkan kamu bisa memilih seafood secara langsung lewat akuarium mereka. Nah nanti kamu bisa meminta penjualnya memasakkan hidangan tersebut.

Hidangan spesial yang ada disini meliputi sannakji atau gurita hidup yang dipotong-potong. Kemudian ada ojingeo bokkeum atau gurita pedas.

Jika berkunjung sebaiknya jangan Jumat dan Sabtu sore karena saat itu nelayan datang dengan hasil tangkapannya. Sudah pasti pasar akan penuh wisatawan dan penduduk lokal yang ingin berburu seafood.

  1. Mangwon Market

Mangwon Market menawarkan berbagai hidangan populer korea. Menggunakan bahan segar dan dijual dengan harga yang terjangkau. Sehingga cocok bagi kamu yang datang ke Korea dengan budget pas-pasan.

Di sekeliling pasar kamu akan menemukan kimbap, stroberi Korea, dan sebagainya. Untuk jam bukanya, mereka buka setiap hari dari pukul 09.00-21.00 waktu Korea.

  1. Tongin Market

Disini terkenal dengan dosirak atau bekal makan siang khas Korea. Nah bedanya disini untuk pembelian kamu harus menggunakan koin khusus yang nantinya bisa kamu tukar dengan makanan yang mereka jual. Diantaranya kimchi, bulgogi, jajangmyeon, dan sebagainya. Buka setiap hari dari pukul 07.00-19.00 waktu Korea.

  1. Pasar Namdaemun

Berikutnya ada pasar dengan harga miring, Pasar Namdaemun. Disini kamu bisa menikmati street food yang beragam. Jangan lupa coba ttoekgalbi atau patty daging sapi, mandu, odeng, dan sebagainya.

Sebenarnya selain dari pasar di atas, ada banyak lagi lokasi diberbagai sudut Korea yang menjual makanan lokal mereka. Bahkan tidak susah mencarinya karena hampir merata di seluruh kota termasuk di pinggir jalan.

Berbagai Hidangan Street Food yang Bisa Kamu Cicipi di Korea

Kalau kamu masih bingung mau jajan apa di Korea, berikut ini rekomendasi jajanan kuliner lokal dari Korea yang patut kamu coba rasanya:

  1. Hotteok

Kalau kamu pernah nonton shopaholic King Louis kamu pasti tau hidangan ini. Mirip pancake ala Korea tapi di dalamnya ada isinya. Isinya bisa berupa madu, sirup brown sugar, sayuran, bihun korea, dan kimchi. Untuk rasanya dominan manis dan harum seperti aroma kayu manis.

  1. Dakkochi

Dakkochi merupakan makanan dengan bahan dasar ayam, bentuknya seperti sate ayam. Ayam ini sudah di marinasi, setelah dibakar dengan bumbu saus yang manis rasanya sudah pasti lezat, kamu bisa memakannya dengan kimchi atau saus gochujang.

  1. Odeng

Di Indonesia kamu juga bisa membeli odeng, akan tetapi kurang puas kalau tidak mencobanya langsung di Korea. Ini adalah fish cake soup dan eomuk. Biasanya penyajiannya akan dicampur lobak dan rumput laut.

Makanan ini bisa kamu temukan di drama Wieghtlifting Fairy Kim Bok Joo. Cocok kalau dikonsumsi saat malam atau di musim penghujan.

  1. Tteokbokki

Kuliner ini juga sudah bisa kita nikmati di Indonesia, namun pasti beda rasanya jika kamu mencobanya langsung di Korea. Berbahan dasar beras yang dicetak seperti tabung, kemudiang di masak di saus gochujang dan diberi taburan daun bawang.

Tteokbokki bertekstur kenyal dan karena tercampur dengan saus membuatnya semakin lezat. Untuk sausnya kamu bisa pilih ada yang manis, sedikit asam dan pedas.

  1. Bbopki

Pernah nonton Squid Game? Ada permainan yang menggunakan dalgona candy atau permen gula khas Korea. Permen satu ini terbuat dari campuran larutan gula dengan baking soda sehingga bisa mengembang. Nah teksturnya seperti caramel dan mirip gulali.

Nah itulah berbagai makanan street food terbaik di dunia yang datang dari negara Korea. Jika berkunjung kesana, jangan lupa mencicipinya yaa. Tentukan budget sebelum pergi kulineran, agar kamu tidak jajan melebihi budget dan berakhir kantong terkuras. Selain budget, pastikan itinerary lain yang kamu butuhkan untuk perjalanan ke Korea. Dan lengkapi juga dengan Asuransi Perjalanan dari Igloo.

Dengan asuransi, kamu bisa melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman tanpa khawatir akan situasi tidak terduga kedepannya, apalagi kamu seorang diri. Alangkah lebih baiknya jika melengkapi perjalanan dengan Asuransi Perjalanan dari Igloo.

Baca Juga : Petualangan Outdoor: Mendaki Gunung Tertinggi atau Meresapi Keindahan Lautan

Di Igloo pembelian Asuransi Perjalanan juga cukup beberapa langkah saja dan kamu sudah bisa mendapatkan polis yang kamu inginkan, berikut ini langkahnya:

  1. Buka website Igloo, pilih kategori “Asuransi Perjalanan”.
  2. Temukan asuransi perjalanan sesuai tujuanmu. Ada dua jenis yaitu Asuransi Perjalanan Domestik dan Asuransi Perjalanan Internasional.
  3. Jika sudah, klik “Cari di Sini” pada asuransi perjalanan yang kamu inginkan.
  4. Isikan detail rencana perjalananmu, lalu klik “Cari Produk”.
  5. Igloo akan menampilkan beberapa rekomendasi polis Asuransi Perjalanan. Pilihlah asuransi yang paling banyak memberikan keuntungan.
  6. Bayarkan premi Asuransi Perjalanan yang sudah disepakati. Untuk pembayaran bisa kamu lakukan lewat transfer, kartu kredit, dan e-wallet.
  7. Bila pembayaran sudah terkonfirmasi, polis akan terbit dan kamu sudah bisa langsung memanfaatkannya.

Lengkapilah momen perjalananmu dengan Asuransi Perjalanan terbaik dari Igloo. Selain Asuransi Perjalanan, Igloo juga menyediakan berbagai asuransi lain seperti Asuransi Kesehatan, Asuransi Mobil, Asuransi Motor, dan Asuransi Hewan Peliharaan. Dapatkan penawaran menarik dan Diskon mulai dari 15% untuk setiap perjalanan Domestik dan Internasional yang kamu lakukan.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu