Tips Menghemat Bahan Bakar: Praktik Efisiensi untuk Mengurangi Konsumsi Bahan Bakar

tips menghemat bahan bakar
Table of Contents

Salah satu ciri mobil yang bagus dan cocok untuk keluarga adalah konsumsi bahan bakarnya yang irit. Karena tidak bisa kamu pungkiri, bahan bakar yang mahal karena adanya pengurangan subsidi BBM dari pemerintah pasti membuat kamu berpikir ulang jika membeli mobil yang boros bahan bakarnya.

Atau jika kamu sudah punya mobil, kenaikan harga bahan bakar pasti cukup membuat stres karena pengeluaran bulanan akan meningkat secara signifikan. Apalagi jika kamu tipe orang yang mobilitasnya tinggi dan pasti menggunakan mobil. Mau tidak mau kamu harus tahu tips menghemat bahan bakar dan bagaimana praktik efisiensi untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang tepat.

Cara Menghemat Konsumsi Bahan Bakar pada Mobil

Jika kamu merasa mobil yang kamu kendarai mulai boros bahan bakar, maka ada baiknya kamu segera mencari apa penyebabnya dan solusinya. Ingat, bahan bakar mobil boros maka pengeluaranmu juga akan bertambah yaa.

Ini dia beberapa tips menghemat bahan bakar dan bagaimana praktik efisiensi untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dari mobil yang kamu kendarai setiap hari:

  1. Mengendarai mobil dengan kecepatan konstan

Pertama, kamu harus mengendarai mobil dengan kecepatan konstan untuk menjaga efisiensi mesin kendaraan. Sehingga secara signifikan nanti akan terjadi pengurangan konsumsi bahan bakar. Cara ini bisa kamu gunakan ketika ada di jalan raya atau tol ketika perjalanan jarak jauh.

  1. Tidak menghidupkan mesin dalam kondisi idling

Apabila mobil tidak bergerak dan mesin tetap menyala, konsumsi bahan bakar akan terus berlangsung. Kondisi ini kita kenal dengan idling, dimana kamu akan kehilangan 1,5 liter per jam untuk mobil sedan besar.

Ada baiknya pada kondisi ini mesin mobil kamu matikan. Biasanya sering terjadi saat macet total, di lampu lalu lintas dan saat parkir.

  1. Gunakan metode menggulung saat kendaraan dalam posisi netral

Saat mengemudi biasanya kamu melalui kondisi jalanan menuruni bukit atau mendekati tanda berhenti. Disaat itu kamu bisa menggunakan metode mengemudi dengan menggulung, dimana saat kendaraan dalam posisi netral atau kondisi kopling tidak terhubung.

  1. Hindari akselerasi terlalu cepat dan berhenti secara mendadak

Hindari melakukan akselerasi yang terlalu cepat karena pada kondisi tersebut konsumsi bahan bakar akan meningkat hingga 40%. Termasuk juga saat kamu berhenti secara mendadak, pergantian jalur yang tiba-tiba dan sebagainya.

Ada baiknya kamu melakukan akselerasi dan berhenti secara halus, kemudian menjaganya tetap stabil. Hal ini akan menghemat bahan bakar, menurunkan emisi bahan bakar dan yang paling penting memperpanjang umur mobil kamu.

  1. Jagalah tekanan ban

Kemudian jagalah ban mobil pada tekanan standarnya, agar mobil tidak bekerja terlalu keras untuk melaju. Jika tekanan ban berada di luar standar maka akan ada peningkatan hambatan saat berguling dan biaya bahan bakar pun akan meningkat.

  1. Kurangi berat atau beban kendaraan

Mengurangi beban kendaraan adalah hal yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Jika mobil memuat beban berat maka akan dibutuhkan bahan bakar yang banyak untuk bisa melaju.

Oleh karena saat perjalanan jauh sebaiknya sortir barang bawaan yang akan kamu bawa, turunkan barang-barang yang berat yang terlalu membebani mobil. Jika hal ini kamu lakukan maka efisiensi bahan bakar akan terjadi.

  1. Jangan gunakan AC apabila bahan bakar sudah menipis

Jika bensin menipis sebaiknya perhatikan penggunaan AC dan komponen kelistrikan lainnya, karena komponen-komponen tersebut dapat menambah konsumsi bahan bakar.

Langkah ini bisa kamu lakukan pada kondisi tertentu, termasuk saat bensin menipis atau sedang dalam posisi jalanan menanjak. Agar lebih hemat lagi, kamu juga bisa mengimbanginya dengan kecepatan stabil atau rendah.

  1. Ganti oli rutin

Lakukan ganti oli secara rutin untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Pemakaian oli yang melewati masa pakainya akan berdampak pada mesin dan performa mobil. Jika hal ini kamu biarkan maka bahan bakar akan menjadi boros, karena mesin akan bekerja lebih keras daripada biasanya.

Ada baiknya kamu melakukan penggantian oli mobil setiap 5.000km atau 6 bulan sekali dan gunakan oli kualitas tinggi yang cocok untuk tipe mobilmu.

  1. Jangan menginjak pedal gas secara mendadak

Saat mengemudi di jalanan yang lengang, sebaiknya jangan menginjak pedal gas secara mendadak. Agar katup throttle gas terbuka secara konstan. Dan ingat, semakin pedal gas kamu injak, maka pembakaran yang terjadi akan semakin banyak.

Sebaiknya kamu menginjak pedal gas secara pelan dan melepaskan gas juga secara pelan. Kamu juga bisa mengimbanginya dengan penggunaan gigi yang sesuai agar mesin mobil tidak meraung.

  1. Gunakan bahan bakar yang tepat

Pakailah bahan bakar yang tepat, karena servis atau ganti oli rutin belum cukup untuk meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar. Kamu harus periksa anjuran RON untuk bisa menentukan bahan yang menghasilkan pembakaran sempurna untuk mobil kamu.

Semakin rendah kadar oktan bahan bakar maka pembakaran yang terjadi akan tidak optimal dan bisa menyebabkan mesin mobil ngelitik dan turun mesin jika dibiarkan dalam waktu yang lama.

Baca Juga : Panduan Menangani Kecelakaan Mobil: Langkah-Langkah Pertolongan Pertama dan Tindakan Lanjutan

Itulah berbagai tips menghemat bahan bakar dan praktik efisiensi untuk mengurangi konsumsi bahan bakar pada mobil yang kamu gunakan. Kamu juga bisa melengkapi perawatan mobil agar berumur panjang dengan Asuransi Mobil dari Igloo. Dengan asuransi yang kamu miliki, kamu bisa meminimalisir kerugian dan menghemat pengeluaran apabila terjadi kondisi buruk di perjalanan.

Jika kamu tertarik dengan Asuransi Mobil Igloo kamu bisa membelinya dan cukup hanya beberapa langkah saja kamu sudah bisa mendapatkan polisnya, ini caranya:

  • Buka halaman “Asuransi Mobil” di website Igloo
  • Disana kamu bisa memilih Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif.
  • Kemudian, klik “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang kamu inginkan.
  • Isikanlah informasi lengkap terkait kendaraanmu
  • Segera lakukan pembayaran melalui metode payment yang kamu inginkan. Bisa lewat dompet digital, transfer bank, atau virtual accounts.
  • Bila pembayaran sudah diterima, polis akan segera diterbitkan.

Di Igloo, selain kamu bisa memiliki Asuransi Mobil, kamu juga bisa memiliki asuransi lain sesuai kebutuhan. Diantaranya ada Asuransi Hewan Peliharaan, Asuransi Kesehatan, Asuransi Motor, dan Asuransi Perjalanan. Proses pembeliannya sudah pasti mudah dan cara klaimnya juga tidak akan menyusahkanmu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu