Skip to content

Panduan Bepergian Aman Pasca-Pandemi: Tips untuk Wisatawan

Panduan Bepergian Aman Pasca-Pandemi: Tips untuk Wisatawan

Saat pandemi beberapa tahun lalu hampir seluruh wisata terpaksa ditutup dengan alasan untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Hal ini secara otomatis membuat rencana liburanmu mundur dan ditunda hingga kondisi memungkinkan. Dan sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengobati rindu akan liburan yang tertunda.

Wisata di berbagai wilayah di Indonesia saat ini sudah dibuka dan berjalan normal kembali. Kamu akhirnya bisa berlibur dengan aman dan nyaman, namun tetap memperhatikan protocol kesehatan yang diberlakukan pemerintah. Bahkan tempat-tempat wisata sekarang ini telah bersertifikat CHSE, sehingga sudah pasti tempatnya aman dari berbagai penyebaran penyakit.

Nah sebelum berangkat liburan bersama keluarga dalam waktu dekat, berikut ini Igloo akan memberikan panduan bepergian aman pasca-pandemi. Dengan panduan ini harapannya selain kamu dan keluarga bisa liburan dengan nyaman dan bisa memajukan pariwisata Indonesia.

Tips untuk Wisatawan yang Bepergian Pasca-Pandemi

Berikut ini tips untuk wisatawan yang hendak bepergian pasca-pandemi, baik di dalam negeri maupun di luar negeri:

  1. Teliti terkait protokol kesehatan yang berlaku

Saat perjalanan pasca-pandemi, pertama kamu harus update protokol kesehatan yang berlaku di lokasi wisatamu. Apakah masih ada pembatasan Covid-19 atau sudah bebas dan kamu cukup menggunakan masker.

Meskipun aturan negara penggunaan masker sudah dicabut, akan tetapi terdapat langkah-langkah spesifik yang harus kamu siapkan sebelum kunjungan. Misalnya kamu akan berlibur ke Hawai maka pertama kamu harus sudah vaksin lengkap dan tes negatif Covid-19 sebelum memulai perjalanan. Nah sebaiknya kebutuhan seperti ini kamu penuhi jauh-jauh hari agar rencana liburan jauh lebih lancar.

  1. Cek saran perjalanan

Setelah kamu cek protokol kesehatan yang berlaku di tempat tujuan. Kemudian panduan bepergian aman pasca-pandemi berikutnya adalah riset terkait masalah spesifik tujuan liburan. Hal ini untuk meminimalisir hal-hal yang dapat mempengaruhi perjalanan.

Apabila tujuan perjalananmu berada di negara lain, maka kamu bisa akses situs web Departemen Luar Negeri untuk mendapatkan update info kondisi disana. Biasanya penasihat perjalanan dari Departemen Luar Negeri akan menginfokan setiap terjadi peningkatan kejahatan, masalah kesehatan di wilayah tersebut, konflik sosial yang terjadi, kemungkinan bencana alam dan sebagainya.

Dengan laporan tersebut akan membantu kamu untuk memutuskan kapan tempat wisata tersebut dapat dikunjungi.

  1. List kontak dan dokumen darurat

Jika perjalanan liburanmu sudah terkonfirmasi maka selanjutnya kamu perlu fokus untuk mengimplementasikan cara menjaga keselamatan hingga tujuan. Pertama kamu bisa menyusun daftar nomor darurat yang harus kamu simpan. Mengingat kamu menyusuri kota atau negara orang, sehingga kontak darurat wajib ada di ponsel kamu.

Misalnya nomor polisi setempat, rumah sakit terdekat dan layanan ambulansnya, nomor kedutaan dan lain sebagainya yang bisa membantu kamu disaat darurat. Selain itu usahakan untuk membuat salinan dokumen perjalanan. Diantaranya SIM, parpor, bukti reservasi hotel, tiket perjalanan, dan sebagainya. Dokumen-dokumen tersebut usahakan mudah kamu bawa kemana-mana, hal ini tentu saja untuk keamanan selama kamu berlibur.

  1. Bagikan itinerary yang kamu buat dengan keluarga atau teman

Sebelum memulai liburan kamu wajib untuk membuat itinerary apalagi jika tempat wisata yang kamu tuju belum pernah kamu kunjungi. Itinerary tersebut wajib kamu bagikan ke keluarga dan teman di rumah sebagai informasi terbaru terkait kondisimu. Sehingga saat ada yang tidak beres dengan perjalanan yang kamu lakukan mereka dapat melakukan pelacakan lokasimu dengan lebih mudah. Selain itu untuk memudahkan kamu memanggil pihak berwenang, terutama saat kamu jatuh sakit, terluka ataupun hilang kontak.

  1. Hati-hati jika pergi dengan grup

Saat pergi liburan dengan teman ataupun keluarga ajaklah mereka untuk mengenal daerah tujuan wisata dan menjelajahi daerah tersebut sebelum keberangkat. Selain akan lebih nyaman dan familiar selama bepergian, pergi dengan lebih dari satu orang juga akan meminimalisir kejahatan.

  1. Siapkan obat-obatan darurat

Sebelum berangkat kamu harus dalam kondisi fit dan tidak punya keluhan. Agar perjalanan liburan yang kamu mulai bisa berlangsung dengan lancar. Untuk antisipasi sakit sewaktu liburan kamu bisa menyiapkan obat-obatan darurat yang kamu butuhkan. Misalnya paracetamol, obat lambung, obat sakit perut, dan sebagainya.

  1. Pilih tempat wisata yang baru atau tersembunyi

Daripada mengunjungi tempat wisata yang umum, alangkah baiknya kamu mengunjungi tempat wisata yang belum banyak orang tahu. Dengan begitu akan sedikit orang atau wisatawan yang kamu jumpai. Semakin eksklusif tempat, maka akan semakin aman dan terbebas dari penyebaran penyakit yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa panduan bepergian aman pasca-pandemi yang harus kamu ketahui. Selain itu, perjalanan dalam negeri atau internasional yang kamu lakukan nanti usahakan ada Asuransi Perjalanan dari Igloo yang melindungi. Semakin lengkap perlindungan yang kamu pilih maka semakin nyaman dan aman perjalanan liburanmu nanti.

Di Igloo pembelian Asuransi Perjalanan juga cukup beberapa langkah saja dan kamu sudah bisa mendapatkan polis yang kamu inginkan, berikut ini langkahnya:

  1. Buka website Igloo, pilih kategori “Asuransi Perjalanan”.
  2. Temukan asuransi perjalanan sesuai tujuanmu. Ada dua jenis yaitu Asuransi Perjalanan Domestik dan Asuransi Perjalanan Internasional.
  3. Jika sudah, klik “Cari di Sini” pada asuransi perjalanan yang kamu inginkan.
  4. Isikan detail rencana perjalananmu, lalu klik “Cari Produk”.
  5. Igloo akan menampilkan beberapa rekomendasi polis Asuransi Perjalanan. Pilihlah asuransi yang paling banyak memberikan keuntungan.
  6. Bayarkan premi Asuransi Perjalanan yang sudah disepakati. Untuk pembayaran bisa kamu lakukan lewat transfer, kartu kredit, dan e-wallet.
  7. Bila pembayaran sudah terkonfirmasi, polis akan terbit dan kamu sudah bisa langsung memanfaatkannya.

Lengkapilah momen perjalananmu dengan Asuransi Perjalanan terbaik dari Igloo. Selain Asuransi Perjalanan, Igloo juga menyediakan berbagai asuransi lain seperti Asuransi Kesehatan, Asuransi Mobil, Asuransi Motor, dan Asuransi Hewan Peliharaan. Dapatkan penawaran menarik dan Diskon mulai dari 15% untuk setiap perjalanan Domestik dan Internasional yang kamu lakukan.