Skip to content

Menghitung Budget Liburan ke Jepang & Tips Hematnya

budget liburan ke jepang

Apakah liburan kali ini kamu akan memilih Jepang sebagai destinasi? Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan, terutama budget liburan ke Jepang. Perencanaan anggaran merupakan langkah cerdas untuk bisa menikmati keindahan negeri Sakura tanpa menguras tabungan. Dengan perencanaan yang matang, liburan impian ke Jepang bisa terwujud tanpa perlu khawatir tentang anggaran yang berlebihan.

Igloo akan membantu kamu merencanakan biaya liburan ke Jepang dengan memberikan gambaran apa saja yang harus dipersiapkan agar liburan kamu meninggalkan kesan tak terlupakan.

Estimasi Budget Liburan ke Jepang 

estimasi budget liburan ke jepang
Sumber Foto: Frank van Hulst via Unsplash

Untuk kamu yang tidak sabar ingin mempersiapkan liburan ke Jepang, bisa melihat estimasi budget liburan ke Jepang berikut ini, sesuai dengan lamanya durasi liburan kamu:

1. Estimasi Budget Liburan ke Jepang selama 7 Hari

Kira-kira berapa budget liburan ke Jepang 1 minggu? Budget bisa bervariasi, bergantung pada gaya liburan dan preferensi. Namun, apabila kamu belum memiliki gambaran apapun perihal biaya liburan di destinasi impianmu tersebut, kamu bisa menggunakan estimasi biaya berikut sebagai gambaran agar tahu berapa uang yang harus disiapkan:

  • Tiket Pesawat (PP) sekitar Rp10.000.000 – Rp15.000.000, tergantung musim dan maskapai.
  • Akomodasi untuk tiga kota Rp6.400.000 (Tokyo 3 malam  Rp3.000.000, Osaka 2 malam Rp1.800.000, dan Kyoto 2 malam Rp1.600.000
  • Transportasi menggunakan JR Pass 7 hari sekitar Rp4.500.000 untuk perjalanan antar kota
  • Makan: Rp300.000/hari x 7 hari = Rp2.100.000
  • Tiket masuk Disneyland Rp1.200.000, Universal Studios Osaka Rp1.300.000, dan Kyoto Temple Tour Rp500.000
  • Lain-lain (souvenir, transport lokal, dll): Rp2.000.000

Dengan budget tersebut, kamu bisa liburan di Jepang menggunakan panduan itinerary berikut:

Hari 1-3: Tokyo

  • Hari 1: Shibuya, Shinjuku, dan Harajuku untuk belanja dan kuliner.
  • Hari 2: Kunjungi Asakusa (Sensoji Temple) dan Tokyo Skytree.
  • Hari 3: Jelajahi Tokyo Disneyland atau Odaiba.

Hari 4-5: Kyoto

  • Hari 4: Fushimi Inari Shrine dan Kiyomizu-dera Temple.
  • Hari 5: Arashiyama Bamboo Forest dan Kinkaku-ji (Golden Pavilion).

Hari 6-7: Osaka

  • Hari 6: Osaka Castle dan Dotonbori.
  • Hari 7: Universal Studios Japan atau eksplor Namba.

Total biaya liburan yang akan kamu habiskan adalah Rp28.000.000 – Rp33.000.000. Karena ini adalah estimasi atau perkiraan, kamu mungkin mengeluarkan biaya yang lebih atau bahkan kurang dari estimasi tersebut. Temukan beberapa tips yang akan membantu apabila kamu ingin menghemat biaya liburan. Dengan begitu, kamu bisa pergi ke Jepang dengan biaya yang jauh lebih hemat dari estimasi tersebut.

2. Estimasi Budget Liburan ke Jepang selama 10 Hari

Apabila ingin bisa menikmati momen liburan dalam 10 hari di 3 kota di Jepang, yaitu Tokyo, Osaka, dan Kyoto, berikut adalah estimasi budget yang harus kamu siapkan untuk dua orang:

  • Tiket Pesawat PP Rp 20.000.000.
  • Akomodasi:

Tokyo selama 4 malam Rp 1.200.000 per malam, yaitu Rp 4.800.000

Kyoto selama 3 malam Rp 1.000.000 per malam, yaitu  Rp 3.000.000

Osaka selama 3 malam  Rp 1.000.000 per malam, yaitu Rp 3.000.000

  • Transportasi dengan membeli JR Pass Rp 10.000.000
  • Makan selama 10 hari Rp 6.000.000.
  • Tiket masuk destinasi:

Tokyo: Tokyo Skytree, Disneyland (Rp 2.000.000).

Kyoto: Kuil Kiyomizu, Fushimi Inari (Rp 1.000.000).

Osaka: Universal Studios, Osaka Castle (Rp 2.000.000).

  • Belanja dan Lain-lain: Rp 5.000.000.

Total biaya liburan ke Jepang berdasarkan estimasi di atas adalah Rp54.800.000 untuk dua orang.

3. Estimasi Budget Liburan ke Jepang selama 14 Hari

Bagi kamu yang ingin mendapatkan gambaran budget liburan ke Jepang bersama anak tercinta, berikut adala estimasi biaya untuk dua orang agar bisa menikmati liburan selama 14 hari di Jepang:

  • Tiket Pesawat sekitar Rp16.000.000 (PP untuk 2 orang)
  • Akomodasi Rp28.000.000 (14 malam, hotel bintang 3, rata-rata Rp2.000.000 per malam).
  • Transportasi Rp8.000.000 menggunakan JR Pass selama 14 hari untuk 2 orang
  • Makan Rp14.000.000, sekitar Rp500.000 per hari per orang
  • Tiket masuk destinasi Rp5.000.000.
  • Oleh-oleh dan lain-lain sekitar Rp5.000.000

Selama di Jepang untuk 14 hari kamu bisa menghabiskan waktu di beberapa destinasi berikut:

  • Tokyo: 6 malam, pergi mengunjungi Tokyo Tower, Shibuya Crossing, dan Asakusa.
  • Osaka: 4 malam, berkunjung ke Universal Studios Japan, Osaka Castle, dan Dotonbori.
  • Kyoto: 4 malam, menikmati liburan dengan pergi ke Kuil Fushimi Inari, Arashiyama Bamboo Grove, dan Kinkaku-ji.

Dari gambaran di atas, budget liburan ke Jepang bersama anak yang harus disiapkan adalah sekitar Rp76.000.000. Akan tetapi, sebaiknya kamu mempersiapkan dana lebih karena bisa saja biaya yang harus dikeluarkan lebih dari estimasi di atas. Bagaimanapun juga, biaya di atas hanya estimasi atau perkiraan, jadi tidak bisa dijadikan sebagai patokan dalam menentukan anggaran untuk bisa berlibur ke Jepang bersama buah hati tercinta.

Tips Hemat Liburan di Jepang

Sudah mendapatkan gambaran biaya liburan ke Jepang? Saat sedang menghitung biaya untuk segala kebutuhan selama liburan di negara tersebut, kamu bisa sembari mencari tips hemat agar budget liburan tidak membengkak. Dengan begitu, kamu akan lebih bisa menikmati setiap momen tak terlupakan tanpa khawatir isi rekening menipis saat kembali ke tanah air.

Jadi, untuk bisa menghemat anggaran saat liburan di Jepang, coba beberapa tips berikut:

1. Pergi Liburan di Waktu yang Tepat

Setelah mengantongi informasi seputar budget liburan ke Jepang, kamu bisa menentukan apakah Jepang benar-benar menjadi destinasi yang tetap dan sesuai dengan budget yang kamu punya. Apabila ingin bisa sedikit menghemat pengeluaran, pastikan kamu pergi ke Jepang di waktu yang tepat.

Caranya adalah dengan memilih untuk pergi di luar musim liburan. Pergi ke Jepang di luar waktu tersebut memungkinkan kamu mendapatkan tiket pesawat dan akomodasi yang lebih murah.

Selain waktu liburan utama, kamu juga harus menghindari Golden Week, yaitu akhir bulan April hingga awal bulan Mei, yang merupakan waktu libur nasional Negara Sakura tersebut.

2. Memilih Tempat Wisata Gratis sebagai Destinasi

Kamu bisa memilih destinasi wisata sesuka hati saat berlibur di Jepang. Namun, apabila memiliki budget yang minim, sebaiknya pilih destinasi wisata gratis. Artinya, kamu tetap bisa menikmati momen liburan tanpa harus mengeluarkan uang untuk membayar tiket masuk.

Selain kuil dan landmark yang ada di tiap kota Jepang, kamu juga bisa menemukan tempat dengan spot foto cantik di beberapa tempat, seperti Stasiun Shibuya, Asakusa, atau di sekitar Patung Hachiko.

3. Bepergian Menggunakan JR Pass

Agar bisa menghemat biaya jalan-jalan ke Jepang, salah satu tips yang tidak boleh kamu lewatkan adalah bepergian menggunakan JR Pass, yaitu tiket kereta di berbagai jaringan kereta di Jepang. Tentunya, ini akan membantu dalam menghemat biaya liburan selama di Jepang. 

4. Makan di Restoran Lokal dan Warung Jalanan

Ingin liburan hemat ke Jepang? Agar bisa menghitung budget liburan ke Jepang yang ramah kantong, dana makan atau konsumsi sebaiknya dialokasikan untuk makan di restoran lokal. Dengan kata lain, selama berada di Jepang, kamu akan memilih restoran lokal ketimbang restoran internasional.

Kamu juga bisa menikmati makanan di warung jalanan. Selain harganya yang terjangkau, rasa makanannya lezat dengan cita rasa autentik. Beberapa makanan yang bisa kamu nikmati di antaranya adalah bento box, sushi, ramen, atau soba.

Saat mempersiapkan budget liburan ke Jepang, pastikan kamu juga menghitung biaya untuk pembelian Asuransi Perjalanan. Asuransi tersebut adalah solusi terbaik agar perjalanan kamu terproteksi dengan baik, sehingga bisa terhindar dari risiko dan hal-hal yang tidak dikehendaki, seperti kecelakaan, kehilangan atau kerusakan, dan keterlambatan penerbangan.

Untuk perjalanan ke Jepang, kamu bisa membeli asuransi perjalanan internasional dari Igloo dengan beberapa langkah mudah berikut:

  • Kunjungi website Igloo dan pilih “Asuransi Perjalanan“.
  • Karena kali ini kamu akan liburan ke Jepang, pilih Asuransi Perjalanan Internasional, namun di Igloo juga tersedia Asuransi Perjalanan Domestik.
  • Lanjutkan dengan klik “Cari di Sini” di pilihan Asuransi Perjalanan Internasional.
  • Pastikan untuk mengisi detail rencana perjalananmu dan kemudian klik “Cari Produk”.
  • Pilih salah satu produk asuransi yang ditampilkan.
  • Setelah menentukan pilihan produk asuransi perjalanan, bayar premi dan tunggu hingga polis asuransi diterbitkan.

Asuransi Perjalanan dari Igloo adalah pilihan terbaik yang akan turut melengkapi momen liburan tak terlupakan selama kamu melakukan perjalanan ke Jepang hingga kembali ke Indonesia. 
Igloo juga menyediakan produk asuransi lain, seperti Asuransi Motor, Asuransi Mobil, dan Asuransi Hewan Peliharaan. Membeli asuransi di Igloo memberikan kamu kesempatan untuk mendapatkan harga terbaik berkat adanya diskon mulai dari 15 persen untuk pembelian Asuransi Perjalanan, baik domestik maupun internasional.