Estimasi Biaya Liburan ke Singapura 3 Hari 2 Malam, Wisata Seru di Negri Singa

estimasi biaya liburan ke singapura
Table of Contents

Liburan adalah waktu yang dinantikan banyak orang untuk melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari. Baik dari pekerjaan maupun sekolah, semua orang butuh waktu untuk menyegarkan pikiran. Oleh karena itu, tak sedikit yang sudah jauh-jauh hari menyiapkan anggaran khusus untuk pergi ke tempat yang diimpikan.

Salah satu tujuan yang banyak diminati oleh wisatawan asal Indonesia adalah Singapura. Negeri Singa ini terkenal dengan berbagai destinasi wisata ikonik yang menarik. Namun, perlu diingat bahwa biaya liburan ke Singapura berbeda jauh dengan liburan di dalam negeri. 

Mengingat perbedaan biaya untuk satu orang dengan tiga orang juga tidak sama, maka setiap wisatawan yang ingin liburan ke Singapura perlu mempersiapkan seluruh kebutuhan dengan matang, termasuk persyaratan administrasi yang akan diperiksa di imigrasi.

Agar liburan ke Singapura berjalan lancar, penting untuk mengetahui estimasi biaya yang diperlukan. Berikut ini adalah rincian lengkap biaya liburan ke Singapura, mulai dari persiapan administrasi, transportasi, akomodasi, konsumsi, dan lain-lain.

Estimasi Biaya Liburan ke Singapura 

Hal pertama yang harus dipersiapkan sebelum mengira – ngira total biaya liburan ke Singapura adalah mempersiapkan segala persyaratan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ada beberapa persyaratan administrasi yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, khususnya bagi wisatawan asal Indonesia.

Syarat liburan ke Singapura ini terutama yang bersifat administrasi. Sebab aturan untuk memasuki negara lain tidak sama saat wisatawan mengunjungi destinasi wisata lokal di Indonesia. Selain itu syarat ini bersifat wajib yang nantinya akan di cek sebelum pengunjung diizinkan untuk berlalu lalang di Negeri Singa.

Adapun syarat yang dibutuhkan adalah paspor yang memiliki masa aktif hingga enam bulan ke depan atau lebih. Beruntungnya Warga Negara Indonesia (WNI) tidak perlu menggunakan visa untuk masuk ke Singapura. Selain itu, tiga hari sebelum liburan wisatawan perlu mengisi SGAC alias Singapore Arrival Card. Nantinya wisatawan akan mendapatkan surat balasan via email yang nantinya akan di cek di bagian imigrasi Negeri Singa.

Selanjutnya, wisatawan perlu menyiapkan anggaran selama liburan di sana. Hal ini mencakup juga biaya makan di Singapura, penginapan, internet, transportasi, dan lain sebagainya. Wisatawan bisa memulai dengan menganggarkan tiket keberangkatan. Harga rata – rata tiket pesawat dari Indonesia ke Singapura adalah Rp1 jutaan. Maka biaya menjadi Rp2 jutaan.

Biaya liburan ke Singapura yang perlu dipersiapkan selanjutnya adalah penginapan. Karena penginapan sangat urgen, sebaiknya hotel dipesan sebelum keberangkatan. Misalnya penginapan yang diinginkan adalah hotel. Maka kurang lebih biayanya Rp 2 jutaan per malam.

Kemudian, wisatawan perlu menganggarkan biaya transportasi dan makan selama di Singapura. Biasanya pengunjung akan direkomendasikan untuk menggunakan Singapore Tourist Pass dengan biaya Rp 300 ribu untuk 3 hari. Kartu ini bisa digunakan untuk mengakses transportasi umum seperti bus atau MRT.

Sementara itu biaya makan di Singapura terbilang cukup mahal. Untuk makanan fast food wisatawan perlu merogoh kocek 10 SGD atau sekitar Rp 100 ribu  untuk sekali makan. Sedangkan makanan pinggir jalan sekitar 3 SGD atau Rp 28 ribu.

Biaya lain – lain seperti internet atau biaya masuk ke destinasi wisata juga tidak boleh dilewatkan. Meskipun beberapa destinasi ikonik bisa dikunjungi secara cuma – cuma, namun setidaknya wisatawan perlu menganggarkan sekitar Rp 1 jutaan. Sedangkan internet wisatawan perlu membeli kartu perdana sekitar Rp 110 ribu. Wisatawan juga bisa menyewa wifi portable Rp 184 ribuan untuk 1 minggu.

Biaya Liburan ke Singapura untuk 3 Hari 2 Malam

Komponen3 Hari 2 Malam (1 Orang)4 Hari 3 Malam (1 Orang)4 Hari 3 Malam (2 Orang)
PenginapanRp 4.000.000Rp 6.000.000Rp 6.000.000
MakanRp 252.000Rp 336.000Rp 672.000
Transportasi LokalRp 300.000Rp 300.000Rp 600.000
Wisata & AktivitasRp 500.000Rp 500.000Rp 1.000.000
TotalRp 5.052.000Rp 7.136.000Rp 8.272.000
Total per OrangRp 4.136.000

Catatan:

  • Estimasi di atas tidak termasuk tiket pesawat pulang pergi.
  • Biaya makan dihitung dengan asumsi Rp 84.000 per hari (3 kali makan di tempat sederhana).
  • Transportasi Lokal menggunakan Singapore Tourist Pass.
  • Biaya penginapan diasumsikan sama untuk 1 atau 2 orang karena kamar dapat dibagi.
  • Dengan bepergian berdua, beberapa biaya dapat dibagi sehingga biaya per orang lebih murah.

Estimasi Liburan ke Bali 4 Hari 3 Malam

Mari bandingkan dengan biaya liburan ke Bali. Harus diakui bahwa harga liburan ke Singapura jauh lebih mahal. Perbedaannya terutama terlihat dari segi penginapan dan konsumsi. Sementara itu untuk tiket pesawat tidak jauh berbeda yakni berkisar di Rp 1 jutaan. Jika pulang pergi maka bisa menghabiskan sekitar Rp 2 jutaan.

Sementara itu untuk penginapan, wisatawan bisa menyewa hotel mulai dari Rp 900 ribuan untuk 3 malam. Sementara itu untuk konsumsi kira – kira menghabiskan Rp 400 ribuan untuk 4 hari 3 malam. Jika membutuhkan guide, bisa menambah biaya Rp 1 jutaan. Namun ini sifatnya opsional. Sehingga total estimasi biaya liburan ke Bali 3 hari 3 malam adalah Rp 3.300.000.

Tips Hemat Liburan di Singapura

Meskipun telah menyiapkan anggaran sesuai dengan rincian di atas, namun sebenarnya wisatawan bisa mendapatkan biaya liburan ke Singapura low budget. Ada beberapa tips yang membuat biaya liburan ke Negeri Singa menjadi lebih murah. Berikut adalah tips agar liburan menjadi lebih hemat.

1. Beli Tiket Pesawat dengan Promo

Seperti yang dapat dilihat bahwa tiket pesawat Indonesia – Singapura memakan anggaran yang cukup besar. Untuk meminimalisir hal tersebut, strategi yang bisa dilakukan adalah dengan membeli tiket promo. Ini bisa dilakukan dengan melihat platform penjualan tiket dan membelinya jauh sebelum tanggal keberangkatan.

2. Pesan Hotel jangan Mepet

Rahasia agar biaya penginapan tidak mahal adalah dengan memesannya lebih awal. Jika memungkinkan, cari hotel dengan promo paling ideal sesuai budget. Jika ingin lebih hemat lagi, bisa mencari referensi hostel yang tentu akan jauh lebih murah.

3. Pakai Transportasi Umum

Bijaknya, jika ingin lebih hemat adalah menggunakan layanan transportasi umum. Cukup dengan Rp 300 ribuan untuk Singapore Tourist Pass, wisatawan bisa bepergian menggunakan bus atau MRT selama satu minggu selama saldo masih tersisa.

4. Prioritaskan Berwisata di Destinasi Gratis

Di Singapura, beberapa destinasi wisata ikonik bisa dikunjungi secara gratis seperti Merlion Park, Singapore Botanic Gardens, Marina Barrage, dan lain sebagainya. Ini bisa wisatawan prioritaskan untuk menghemat biaya. Meski demikian wisata tersebut tidak kalah dengan wisata berbayar di sana.

5. Jangan Gengsi untuk Menikmati Santapan Pinggir Jalan

Alih – alih makan di restoran fast food, sebaiknya jangan gengsi untuk makan di pinggiran jalan atau food court karena jauh lebih murah. Sehingga anggaran tidak membengkak.

Lindungi Liburan Anda dengan Igloo Travel Insurance

Berlibur ke Singapura tentu memerlukan perencanaan anggaran yang matang, karena biaya yang diperlukan berbeda dengan liburan di dalam negeri. Biaya penginapan dan konsumsi di Singapura bisa cukup menguras tabungan, terutama jika tidak dikelola dengan baik. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan liburan bersama teman atau keluarga untuk membagi biaya.

Agar lebih hemat, Anda dapat mengikuti tips liburan hemat yang telah dijelaskan sebelumnya. Dengan cara ini, Anda bisa menikmati liburan ke Singapura tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Namun, selain tips menghemat biaya, satu langkah yang tak kalah penting adalah memastikan Anda dan keluarga terlindungi selama perjalanan. Travel insurance dari Igloo bisa menjadi solusi untuk memberikan perlindungan tambahan yang Anda butuhkan selama liburan. 

Dapatkan kenyamanan dan ketenangan pikiran dengan asuransi yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan para pelancong. Jangan biarkan risiko mengganggu liburan Anda, lindungi perjalanan Anda dengan Igloo travel insurance.

Di Igloo pembelian Asuransi Perjalanan juga cukup beberapa langkah saja dan kamu sudah bisa mendapatkan polis yang kamu inginkan, berikut ini langkahnya:

  1. Buka website Igloo, pilih kategori “Asuransi Perjalanan”.
  2. Temukan asuransi perjalanan sesuai tujuanmu. Ada dua jenis yaitu Asuransi Perjalanan Domestik dan Asuransi Perjalanan Internasional.
  3. Jika sudah, klik “Cari di Sini” pada asuransi perjalanan yang kamu inginkan.
  4. Isikan detail rencana perjalananmu, lalu klik “Cari Produk”.
  5. Igloo akan menampilkan beberapa rekomendasi polis Asuransi Perjalanan. Pilihlah asuransi yang paling banyak memberikan keuntungan.
  6. Bayarkan premi Asuransi Perjalanan yang sudah disepakati. Untuk pembayaran bisa kamu lakukan lewat transfer, kartu kredit, dan e-wallet.
  7. Bila pembayaran sudah terkonfirmasi, polis akan terbit dan kamu sudah bisa langsung memanfaatkannya.

Lengkapilah momen perjalananmu dengan Asuransi Perjalanan terbaik dari Igloo. Selain Asuransi Perjalanan, Igloo juga menyediakan berbagai asuransi lain seperti Asuransi Mobil, Asuransi Motor, dan Asuransi Hewan Peliharaan. Dapatkan penawaran menarik dan Diskon mulai dari 15% untuk setiap perjalanan Domestik dan Internasional yang kamu lakukan.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu