Skip to content

7 Penyebab Klaim Asuransi Mobil Ditolak: Kamu Wajib Tahu

Asuransi mobil adalah bentuk proteksi terhadap risiko yang mungkin saja terjadi pada kendaraan roda empat yang kamu gunakan untuk mobilitas harian. Melalui proteksi tersebut, finansial juga akan terlindungi, di mana kamu tidak harus menghabiskan uang untuk memperbaiki atau mengganti mobil yang rusak, atau bahkan hilang. Akan tetapi, asuransi tidak lantas memberikan apa yang kamu harapkan. Ada kemungkinan klaim asuransi mobil ditolak karena beberapa kondisi.

Nah, dalam artikel Igloo kali ini, kita akan mencari tahu lebih lanjut apa saja penyebab klaim asuransi mobil ditolak.

Penyebab Klaim Asuransi Mobil Ditolak

klaim asuransi mobil ditolak
Sumber Foto: Bluesandisland via Envato

Klaim asuransi mobil memang mudah dilakukan. Namun, hal tersebut bisa terjadi apabila pemilik mobil memenuhi sejumlah persyaratan klaim yang ditetapkan oleh perusahaan. Tidak sedikit nasabah yang gagal mendapatkan manfaat proteksi dari asuransi mobil karena beberapa penyebab.

Adapun penyebab klaim asuransi mobil ditolak, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Melebihi Batas Kebijakan

Klaim asuransi mobil ditolak bisa jadi karena sudah melebihi batas kebijakan yang disepakati dalam polis asuransi. Hal ini terjadi saat kerugian atau kerusakan yang diklaim melampaui jumlah maksimal yang dicakup oleh asuransi, atau ketika kejadian yang diklaim tidak termasuk dalam cakupan perlindungan. 

Misalnya, penggunaan mobil di luar wilayah yang tercantum dalam polis atau melakukan perubahan signifikan tanpa pemberitahuan pada perusahaan asuransi. Untuk menghindari penolakan, penting untuk memahami batasan dan syarat dalam polis asuransi.

2. Polis Asuransi Mobil dalam Keadaan Tidak Aktif

Klaim asuransi adalah hak pemegang polis. Akan tetapi, perusahaan asuransi memiliki alasan kenapa klaim asuransi mobil ditolak. Salah satunya adalah karena polis sudah tidak dalam keadaan aktif. Dengan kata lain, polis tersebut sudah tidak aktif, sehingga pemegang polis tidak bisa mengajukan klaim saat terjadi risiko pada kendaraan yang diasuransikan.

Pembayaran premi asuransi adalah cara agar polis asuransi mobil selalu aktif. Dengan begitu, perusahaan asuransi akan menanggung kerugian yang terjadi saat terjadi risiko pada mobil sebagai objek asuransi. Pertanggungan yang diberikan sesuai dengan isi polis asuransi.

3. Pengajuan Klaim Melewati Batas Waktu

Penyebab yang paling umum mengapa perusahaan asuransi menolak klaim yang diajukan adalah karena nasabah mengajukan klaim melewati batas waktu yang ditentukan. perusahaan asuransi menetapkan batas waktu untuk pengajuan klaim.

Oleh sebab itu, ada kemungkinan klaim asuransi mobil ditolak apabila kamu mengajukan klaim di luar batas waktu tersebut. Misalnya, apabila perusahaan menentukan batas waktu pengajuan klaim sekitar 3 x 24 jam, pastikan untuk mengajukan klaim sebelum batas waktu berakhir.

4. Dokumen Klaim Asuransi yang Tidak Lengkap

Asuransi mobil memberikan perlindungan terhadap kendaraan apabila terjadi risiko yang menyebabkan kerusakan dan kehilangan. Akan tetapi, pemegang polis asuransi berisiko mengalami penolakan atas klaim yang mereka ajukan. Hal tersebut sangat mungkin terjadi apabila pemegang polis tidak bisa melengkapi dokumen pengajuan klaim asuransi.

Agar bisa menghindari risiko klaim asuransi mobil ditolak, siapkan beberapa dokumen penting, termasuk:

  • Fotokopi Kartu identitas berupa KTP
  • Fotoko SIM
  • Fotokopi STNK
  • Foto bukti kejadian
  • Formulir pengajuan klaim asuransi
  • Dokumen pendukung lain apabila diminta oleh perusahaan asuransi

5. Terjadi Pelanggaran Hukum

Klaim asuransi mobil dapat ditolak jika terdapat pelanggaran hukum saat kejadian yang menyebabkan kerugian. Misalnya, jika pengemudi terlibat dalam kecelakaan akibat mengemudi di bawah pengaruh alkohol atau tanpa lisensi yang sah, perusahaan asuransi memiliki dasar untuk menolak klaim tersebut. 

Tindakan pelanggaran ini dianggap melanggar syarat polis asuransi, karena menambah risiko yang tak diakomodasi dalam perjanjian awal. Oleh karena itu, penting untuk mematuhi hukum lalu lintas demi menjaga perlindungan asuransi tetap berlaku.

6. Jenis Klaim Tidak Sesuai dengan Polis Asuransi

Alasan lain yang menyebabkan klaim asuransi mobil ditolak adalah jenis klaim asuransi tidak sesuai dengan polis asuransi. Contohnya, kerusakan akibat banjir atau gempa mungkin tidak tercakup jika polis hanya melindungi dari kecelakaan lalu lintas. 

Selain itu, klaim untuk kerusakan akibat kesalahan pribadi, seperti kelalaian pengemudi, bisa ditolak jika polis tidak mencakupnya. Oleh karena itu, penting untuk memahami cakupan polis secara detail agar klaim sesuai dan tidak berujung penolakan.

7. Polis Asuransi dalam Masa Tunggu

Polis asuransi yang tidak dalam masa tunggu bisa menjadi alasan klaim asuransi mobil ditolak. Masa tunggu adalah periode sejak pembelian polis hingga jangka waktu tertentu ketika klaim tidak dapat diajukan, biasanya untuk menghindari klaim atas kerusakan atau kejadian yang sudah ada sebelum asuransi dibeli. Jika kerusakan terjadi dalam masa tunggu, klaim mungkin akan otomatis ditolak karena ketentuan polis yang belum aktif sepenuhnya.

Pertanyaan Umum Seputar Klaim Asuransi Mobil

Berbicara tentang kemungkinan terjadinya klaim asuransi mobil ditolak perusahaan asuransi, ada beberapa pertanyaan yang banyak diajukan, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Apakah Klaim Asuransi Mobil Bisa Ditolak?

Ya, klaim asuransi mobil bisa ditolak. Pada dasarnya, asuransi memberikan batas waktu tertentu bagi nasabah yang ingin mengajukan klaim. Apabila batas waktu tersebut sudah terlewati, klaim asuransi mobil bisa ditolak. Oleh sebab itu, sebaiknya segera ajukan klaim untuk memperbesar peluang klaim disetujui pihak asuransi.

2. Berapa Kali Klaim Asuransi Mobil?

Nasabah asuransi dapat mengajukan klaim asuransi mobil sesuai kebutuhan. Artinya, tidak ada batasan pengajuan klaim selama nilai pertanggungan masih tersedia.

3. Apa Saja Syarat Klaim Asuransi Mobil?

Untuk bisa mendapatkan manfaat perlindungan sesuai dengan yang tertera pada polis asuransi, nasabah harus memenuhi beberapa syarat klaim asuransi mobil, di antaranya adalah:

  • Polis asuransi mobil masih aktif
  • Formulir klaim yang diisi secara lengkap dan detail
  • Fotokopi beberapa dokumen termasuk KTP, SIM, dan STNK
  • Bukti laporan kecelakaan yang dikeluarkan oleh pihak berwajib
  • Dokumen kondisi kendaraan setelah mengalami risiko kerusakan
  • Laporan kronologi terjadinya risiko kecelakaan

Dapatkan Asuransi Mobil dengan Memilih Produk dari Igloo

Dengan mengetahui beberapa hal yang menyebabkan klaim asuransi mobil ditolak, sekarang kamu bisa mengecek polis asuransi, apakah masih aktif atau tidak. Polis asuransi yang sudah tidak aktif menjadi salah satu alasan mengapa perusahaan asuransi menolak klaim yang diajukan oleh nasabah. 

Mengingat pentingnya memiliki asuransi, termasuk untuk kendaraan, segera dapatkan Asuransi Mobil. Kamu bisa kembali melakukan pembelian atau memperpanjang asuransi dengan menghubungi Igloo. Di Igloo, asuransi bisa didapatkan dengan mudah dan cepat, yaitu melalui beberapa langkah berikut:

  • Pastikan untuk mengunjungi website Igloo atau langsung buka halaman “Asuransi Mobil”.
  • Pilih asuransi sesuai kebutuhan, di mana di sana tersedia dua jenis asuransi mobil, yaitu TLO dan Komprehensif.
  • Pilih “Cari di Sini” pada jenis asuransi yang dipilih.
  • Isi informasi secara lengkap dan benar terkait kendaraan yang akan diasuransikan.
  • Lakukan pembayaran atas premi asuransi yang sudah dipilih, baik melalui dompet digital, transfer bank, maupun virtual accounts.
  • Perusahaan asuransi akan menerbitkan polis asuransi segera setelah pembayaran terkonfirmasi.

Selain asuransi untuk mobil kesayangan, nasabah juga bisa memilih asuransi sebagai proteksi untuk motor dengan membeli Asuransi Motor. Juga tersedia beberapa asuransi lain, termasuk Asuransi Hewan Peliharaan dan Asuransi Perjalanan.