ukuran ban mobil

Cara Membaca Ukuran Ban Mobil dan Tips Merawatnya

Table of Contents

Ban adalah salah satu komponen penting yang memiliki fungsi untuk menggerakkan kendaraan. Selain itu, komponen ini juga terdapat cengkraman yang diperlukan untuk mempertahankan kendali dan stabilitas kendaraan saat bergerak.

Berbicara mengenai ban mobil, ada banyak jenis ban yang memiliki ukuran dan kemampuannya sendiri ketika dibawa ke jalan. Ukuran ban biasanya ditunjukkan dalam format kombinasi angka dan huruf yang mengacu pada spesifikasi ban tersebut.

Oleh karena itu, pilihlah ban yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi jalanan di tempat kamu berada. Agar tidak kebingungan dalam memilih ban yang tepat, kali ini Igloo akan memberikan berbagai macam ukuran ban mobil yang bisa kamu jadikan referensi.

Cara Membaca Kode Ukuran Ban Mobil

Cara Membaca Kode Ukuran Ban Mobil

Ukuran ban mobil dapat bervariasi tergantung pada jenis dan model kendaraan. Biasanya, format yang digunakan adalah kombinasi dari nomor dan huruf. Seperti contoh, jika kamu menemukan ban dengan kode 195/65R15 95H, berikut adalah cara membacanya: 

  • 195: Merujuk pada lebar telapak ban dengan satuan milimeter, jadi bukan diameter ban. Semakin besar angkanya, kian lebar telapaknya.
  • 65: Angka ini merujuk pada tinggi ban dalam satuan persen dari telapak ban. Untuk mempermudah, tinggi yang dimaksud bisa dilihat mulai dari bibir pelek sampai telapak ban yang menyentuh permukaan aspal. Jadi, semakin kecil angkanya, maka jarak telapak ban dengan bibir pelek semakin dekat.
  • R: Kode ini menunjukkan bahwa ban ini merupakan jenis ban dengan konstruksi dari lapisan serat baja atau Radial.
  • 15: Setelah kode ‘R’ angka selanjutnya merujuk pada diameter dari pelek. Dari contoh diatas, pelek yang dipakai berukuran 15 inci.
  • 5: Merujuk pada load index atau beban maksimum yang bisa ditopang setiap ban. Angka tersebut memiliki load index sebesar 475 kg. Semakin besar beban maksimumnya bertambah pula begitu sebaliknya.
  • H: melambangkan batas kecepatan maksimum yang dicapai ban ini. Kode H ini ban boleh menembus kecepatan maksimum sampai 180 km/jam. Berikut adalah kode-kode dari speed rating ban mobil:

Baca Juga: Seberapa Jauh Jarak Tempuh Mobil Listrik?

Waktu Pemakaian

Cara membaca ukuran ban mungkin sedikit yang mengetahui bila ban mobil sebenarnya memiliki usia pemakaian. Dimana usia layak pakai ban sewajarnya ternyata lima tahun. Lebih dari waktu tersebut ban sudah seharusnya diganti.

Kalau lebih dari lima tahun, ditakutkan komponen karet ban mengalami perubahan. Jadi ban tidak lagi dapat bekerja maksimal, ini berpengaruh terhadap performa dan kualitas dari karet ban itu sendiri. Jadi habis ga habis harus ganti.

cara membaca tahun produksi ban bisa kamu temui di bibir ban (dekat pelek) semisal 5013, berarti diproduksi minggu ke-50 tahun 2013 jika kamu kesulitan mencari kode ban kamu bisa tanyakan kepada pegawai di toko ban tersebut.

Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Plat Mobil Listrik

Tips Merawat Ban Mobil

Tips Merawat Ban Mobil

Merawat ban dengan baik adalah langkah penting untuk memperpanjang umur pakai dan menjaga keamanan saat mengendarai mobil kamu. Berikut adalah beberapa tips untuk memperpanjang usia ban mobil kamu:

  • Periksa tekanan udara secara teratur: Periksa tekanan udara secara teratur, entah itu sekali dalam sebulan atau sebelum melakukan perjalanan jauh. Jika tekanan udara tidak pas, mobil kamu bisa jadi tidak stabil dan memengaruhi umur pakai ban.
  • Rotasi ban secara teratur: Melakukan rotasi ban mobil secara teratur membantu mencegah keausan yang tidak merata. Setidaknya, kamu harus melakukan rotasi ban setiap 8.000 hingga 10.000 kilometer.
  • Periksa dan bersihkan ban secara visual: Lakukan pemeriksaan visual secara teratur pada ban mobil. Perhatikan adanya retakan, benjolan, atau benda asing yang menempel pada ban. 

Hindari beban berlebih: Jangan memuat mobil dengan beban yang melebihi kapasitas yang direkomendasikan oleh pabrikan. Beban berlebih dapat menyebabkan ban cepat aus dan mempengaruhi kinerja kendaraan secara keseluruhan.

Ban mobil adalah salah satu aspek penting dalam menjaga kinerja, keamanan, dan kenyamanan kendaraan. Penting untuk memperhatikan perawatan dan pemilihan ban yang tepat untuk memastikan pengalaman berkendara yang baik dan aman. 


Untuk memberikan proteksi tambahan, pastikan untuk menggunakan asuransi mobil terbaik dari Igloo yang akan memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu