peran asuransi

10 Peran Asuransi untuk Individu, Masyarakat dan Negara

Table of Contents

Saat ini sudah banyak orang yang sudah tidak asing lagi dengan asuransi, namun apakah kamu sudah mengetahui dengan lengkap apa sajakah peran asuransi bagi diri kamu, masyarakat luas sampai negara?

Asuransi adalah produk finansial yang akan melindungi finansial kamu pada saat yang diperlukan untuk berbagai macam kebutuhan mulai dari kesehatan, kendaraan dan masih banyak lagi.

Saat kamu menggunakan produk asuransi, maka kamu akan mendapatkan polis asuransi atau surat perjanjian antara perusahaan asuransi dengan konsumennya. Melalui polis asuransi ini, akan dijelaskan apa saja yang perlindungan finansial yang diberikan perusahaan asuransi kepada konsumennya.

Untuk lebih mengetahui tentang apa saja peran asuransi bagi individu, masyarakat luas dan negara, berikut ini adalah informasi selengkapnya dari Igloo.

1. Mengalihkan risiko

Peran asuransi yang pertama adalah mengalihkan risiko. Asuransi akan mengalihkan risiko yang diterima konsumennya sehingga kerugian finansial dari sebuah peristiwa yang tak terduga bukan lagi menjadi beban finansial bagi seseorang.

Hal tersebut karena kerugian finansial dari sebuah peristiwa yang tak terduga akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sesuai dengan isi dari polis asuransi atau perjanjian antara perusahaan asuransi dan konsumennya.

2. Melindungi masyarakat

Peran asuransi yang kedua adalah melindungi masyarakat luas. Perusahaan asuransi dapat melindungi masyarakat luas dengan cara memberikan berbagai perlindungan bagi masyarakat mulai dari perlindungan jiwa, kesehatan, berbagai macam aset yang dimiliki masyarakat seperti kendaraan dan masih banyak lagi.

Sebagai contoh peran asuransi dalam melindungi masyarakat luas dengan memberikan manfaat untuk melindungi aset masyarakat seperti kendaraan. Dengan menggunakan asuransi kendaraan terbaik, maka setiap ada kerusakan pada kendaraan, konsumen asuransi tidak perlu memikirkan berbagai biaya yang perlu dikeluarkan untuk memperbaikinya.

3, Memberikan ketenangan

peran asuransi

Salah satu manfaat dan peran asuransi yang akan dirasakan oleh konsumennya adalah dapat memberikan ketenangan. Hal tersebut karena dengan menggunakan produk asuransi terbaik, maka konsumennya tidak perlu memikirkan berbagai beban finansial atas suatu kejadian yang terjadi pada dirinya.

Sebagai contoh saat kamu memutuskan untuk menggunakan asuransi jiwa. Dengan menggunakan asuransi jiwa, maka saat kamu sudah meninggalkan dunia atau mengalami cacat total, pihak keluarga yang kamu tinggalkan akan tetap dapat melanjutkan kehidupan mereka karena perusahaan asuransi akan memberikan kompensasi atau bantuan finansial kepada pihak keluarga yang ditinggalkan.

4. Membantu biaya pengobatan

Salah satu peran asuransi yang kini paling banyak diketahui oleh masyarakat adalah dapat membantu biaya pengobatan konsumennya. Peran ini dapat terwujud berkat adanya produk asuransi kesehatan terbaik yang melindungi konsumennya.

Asuransi kesehatan terbaik dapat memberikan perlindungan finansial dengan cara memberikan bantuan finansial untuk berbagai keperluan kesehatan yang dibutuhkan oleh konsumennya mulai dari bantuan finansial untuk mendapatkan kamar di rumah sakit, sampai bantuan finansial untuk mendapatkan berbagai macam obat-obatan yang diperlukan.

5. Meningkatkan produktivitas karyawan

Multiracial group of young creative people in smart casual wear discussing business brainstorming meeting ideas mobile application software design project in modern office. Coworker teamwork concept.

Tanpa disadari, bagi sebuah perusahaan yang memiliki asuransi bagi karyawannya ternyata dapat meningkatkan produktivitas mereka. Hal tersebut karena dengan adanya berbagai macam produk asuransi seperti asuransi kesehatan atau asuransi lainnya, maka karyawan akan merasa dirinya lebih diperhatikan oleh sebuah perusahaan.

Karena karyawan merasakan hal tersebut, pada akhirnya mereka akan memiliki tingkat produktivitas yang lebih baik dan merasa lebih tenang dalam bekerja.

6. Mengembangkan bisnis

Asuransi juga memiliki peran dalam mengembangkan sebuah bisnis. Dalam menjalankan suatu bisnis, tentunya semakin bisnis tersebut berkembang maka akan semakin banyak risiko atau kerugian atas suatu kejadian yang dapat terjadi pada bisnis tersebut.

Untuk meminimalisir kerugian dari suatu kejadian tersebut, maka bagi pengusaha yang ingin mengembankan bisnis mereka, asuransi dapat menjadi pilihan yang tepat. Sebagai contoh bagi sebuah bisnis yang menjalankan usaha sewa mobil, maka untuk melindungi aset kendaraan bisnis tersebut, pengusaha sewa mobil dapat menggunakan produk asuransi kendaraannya.

7. Mengganti kerugian

peran asuransi

Terjadinya suatu kejadian yang dapat memberikan kerugian bagi sebuah bisnis tentunya bukanlah suatu hal yang dapat diperkirakan sebelumnya. Untuk mencegah sebuah bisnis mengalami kerugian yang cukup besar atas suatu kejadian, maka asuransi adalah jawaban terbaik untuk hal tersebut.

Sebagai contoh apabila terjadi suatu kecelakaan kerja pada seorang karyawan dalam sebuah perusahaan, maka dengan menggunakan produk asuransi, perusahaan tersebut tidak perlu memikirkan biaya kompensasi pada karyawan tersebut. Asuransi yang akan memberikan biaya kompensasi pada karyawan tersebut.

8. Mendorong pertumbuhan ekonomi

Peran asuransi bagi sebuah negara adalah dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Hal tersebut karena asuransi akan menjadi hal yang lebih baik jika membandingkannya dengan menabung secara konvensional. 

Selain itu juga, dana asuransi yang terkumpul dari premi yang dibayarkan oleh konsumen setiap bulannya juga akan dikelola oleh perusahaan asuransi sebagai instrumen investasi aktif yang produktif.

Karena hal tersebut, asuransi akan menciptakan stabilitas keuangan, mempromosikan kegiatan usaha dan masih banyak lagi yang pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara menjadi lebih baik.

9. Meningkatkan sumber daya manusia

Peran asuransi bagi sebuah negara berikutnya adalah dapat meningkatkan sumber daya manusia. 

Seperti yang dijelaskan pada beberapa poin sebelumnya, mulai dari peran asuransi dalam mengembangkan suatu bisnis dan mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara, pada akhirnya akan lebih banyak sumber daya manusia dalam sebuah negara yang dapat dimanfaatkan dengan lebih baik.

Peningkatan sumber daya manusia ini adalah dengan semakin meningkat dan banyaknya kesempatan kerja yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam suatu negara.

10. Instrumen finansial yang lebih menjanjikan

Peran asuransi asuransi yang terakhir adalah dapat menjadi instrumen finansial yang lebih menjanjikan jika membandingkannya dengan instrumen finansial lainnya seperti menabung secara konvensional atau investasi.

Asuransi akan lebih baik jika membandingkannya dengan menabung secara konvensional karena dengan adanya asuransi, uang premi yang dikeluarkan konsumen asuransi setiap bulannya akan dapat digunakan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan dan mendapatkan kepastian tujuan tersebut tercapai.

Sebagai contoh, jika kamu hanya menabung secara konvensional untuk tujuan sebagai dana saat kamu sakit, maka saat kamu sakit, belum tentu uang yang kamu miliki akan cukup untuk berbagai keperluan saat kamu sakit.

Hal tersebut tentunya akan berbeda jika kamu menggunakan produk asuransi kesehatan terbaik. Karena dengan menggunakan produk asuransi kesehatan tersebut, kamu akan mendapatkan kepastian segala kebutuhan saat kamu sakit akan dapat terpenuhi dengan baik.

Itulah beberapa peran asuransi yang perlu kamu ketahui bagi individu, masyarakat luas dan negara. Semoga informasi tentang peran asuransi dari Igloo ini dapat bermanfaat untuk kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu