apa itu dashboard mobil

Apa Itu Dashboard Mobil? Ketahui Bagian dan Fungsinya Berikut

Table of Contents

Apa itu dashboard mobil? Bagi kamu yang suka mengemudikan mobil pasti selalu melihat bagian interior mobil yang satu ini. Dashboard mobil terletak di depan pengemudi dan penumpang depan yang berfungsi sebagai pusat kontrol dan informasi bagi pengemudi.

Terdapat beberapa komponen penting yang ada pada dashboard mobil seperti laci, lampu indikator, pusat kontrol, tombol-tombol, tuas mobil, head unit, dan lain-lain. Masing-masing memiliki fungsinya masing-masing.

Nah, untuk membantu kamu memahami lebih lanjut apa itu dashboard mobil, simak artikel berikut, ya!

Ketahui Apa Itu Dashboard Mobil dan Bagian Lainnya

Berikut adalah beberapa bagian umum yang dapat ditemukan pada dashboard mobil:

1. Laci Dashboard Mobil

apa itu dashboard mobil

Laci dashboard mobil berfungsinya adalah untuk menyediakan ruang untuk menyimpan berbagai barang pribadi dan keperluan di dalam mobil. Tempat penyimpanan ini biasanya dapat diakses dengan membuka penutupnya yang bisa berupa penutup geser, penutup berengsel, atau penutup yang dapat dikunci.

2. Lampu Indikator Mobil

Lampu indikator mencakup berbagai komponen penting mulai dari speedometer, kondisi tangki bensin, airbag mobil, dan lain-lain. Fungsinya sendiri adalah untuk memberikan informasi visual kepada pengemudi tentang berbagai kondisi atau fungsi kendaraan.

3. Kunci Kontak Mobil

apa itu dashboard mobil

Kunci kontak mobil adalah kunci yang digunakan untuk mengaktifkan atau mematikan kendaraan serta mengendalikan sistem penggerak dan sistem listrik mobil. Lokasi kunci kontak ini berada di bagian kanan bawah setir mobil. 

4. Tuas Mobil

Tuas mobil terletak di sebelah kanan dan kiri setir pengemudi. Fungsinya antara lain adalah untuk menyalakan lampu depan saat malam hari, menyalakan lampu sein kanan dan kiri hingga menyalakan wiper saat hujan sehingga pengemudi tetap bisa melihat jalanan dengan baik.

Selain tuas yang berada di kanan dan kiri setir, ada juga tuas transmisi yang lokasinya berada di samping pengemudi. Tuas transmisi ini digunakan untuk mengendalikan transmisi atau perpindahan gigi pada mobil yang dilengkapi dengan transmisi manual atau transmisi otomatis.

5. Head Unit

apa itu dashboard mobil

Fitur yang ada di head unit juga memungkinkan Anda untuk mendengarkan musik dengan menyambungkannya melalui ponsel atau USB. Di pasaran, dikenal dua jenis head unit yaitu 1 DIN dan 2 DIN. DIN sendiri merupakan Deutsche Institut for Normung yang merupakan standar dari pembuatan head unit.

Head unit mobil adalah komponen utama dalam sistem audio dan hiburan kendaraan. Head unit terletak di depan tuas atau berada di bagian tengah keseluruhan dashboard. Fungsinya adalah sebagai pusat kontrol untuk berbagai fitur audio, navigasi, dan konektivitas.

Berikut adalah beberapa fitur umum yang dapat ditemukan pada head unit mobil:

  • Pemutar Audio: Head unit mobil umumnya dilengkapi dengan pemutar audio, seperti CD player, DVD player, atau pemutar media digital seperti USB atau kartu SD.
  • Radio: Head unit dapat memiliki fitur radio AM/FM yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan stasiun radio lokal.
  • Konektivitas Bluetooth: Banyak head unit modern dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan ponsel mereka ke head unit untuk mendengarkan musik dan lain-lain.
  • Navigasi GPS: Beberapa head unit dilengkapi dengan sistem navigasi GPS yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan petunjuk arah dan peta yang diperbarui secara real-time.
  • Layar Sentuh: Head unit dengan layar sentuh memberikan antarmuka yang lebih interaktif dan memudahkan pengguna untuk mengakses berbagai fitur dengan mudah.
  • Konektivitas Smartphone: Beberapa head unit dapat terhubung dengan smartphone pengguna melalui koneksi kabel atau nirkabel. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi smartphone mereka melalui tampilan head unit.
  • Pengaturan Audio: Head unit dapat memiliki kontrol equalizer, kontrol volume, dan pengaturan audio lainnya yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pengalaman mendengarkan musik sesuai preferensi mereka.
  • Kamera Mundur: Beberapa head unit dilengkapi dengan kamera mundur yang terhubung ke sistem head unit. Ini membantu pengemudi saat memarkir kendaraan dengan memberikan tampilan belakang secara visual di layar head unit.

Tombol-Tombol pada Dashboard Mobil Beserta Fungsinya

Dashboard mobil memiliki berbagai macam tombol indikator. Berikut ini beberapa jenis tombol indikator yang biasanya ada di dashboard mobil dan beserta fungsinya.

1. Tombol ABS

Tombol Anti Lock Brake System (ABS) adalah fitur keamanan pada kendaraan yang dirancang untuk mencegah roda kendaraan terkunci saat pengereman mendadak. Tombol ini memungkinkan pengemudi untuk menjaga kendali penuh atas kendaraan saat mengerem secara darurat. 

Aktivasi sistem ABS biasanya terjadi secara otomatis saat pengendara menarik tuas rem secara mendadak. Setelah sistem ABS mendeteksi adanya penguncian ban mobil, maka piston rem akan secara otomatis melepaskan tekanan ke bagian titik normal ban mobil. 

Alhasil, kondisi tekanan pada ban mobil akan kembali normal sehingga ban akan berputar normal kembali dan kendaraan tetap dapat dikendalikan oleh pengemudi. Kinerja rem ABS sendiri hanya memerlukan waktu sekitar 15 detik.

2. Airbag

Fungsi utama airbag adalah melindungi pengemudi dan penumpang dari dampak tabrakan dan mengurangi risiko cedera serius pada pengendara. Airbag sendiri merupakan sistem keamanan pasif yang diaktifkan secara otomatis saat terjadi tabrakan yang signifikan.

Jadi, pengoperasianya tidak memerlukan interaksi langsung dari pengemudi melalui tombol khusus. Ketika terjadi tabrakan keras terdeteksi, sensor mobil langsung mengirimkan sinyal agar airbag aktif. Saat aktif, airbag akan mengembang melindungi daerah vital seperti kepala, leher, dan dada. 

Tergantung tipe mobilnya, posisi airbag berbeda-beda. Ada yang hanya terpasang di bagian depan (pengemudi dan asisten), ada juga yang terpasang sampai ke bagian penumpang (front, side, dan curtain airbag).

3. Indikator Speedometer

Indikator Speedometer pada mobil adalah bagian dari dashboard yang menampilkan kecepatan kendaraan dalam satuan kilometer per jam (km/jam) atau mil per jam (mph). Fungsinya adalah untuk memberikan informasi kepada pengemudi tentang kecepatan kendaraan saat ini.

Indikator Speedometer biasanya berupa jarum yang bergerak di sepanjang skala yang menunjukkan berbagai nilai kecepatan. Jarum tersebut akan bergerak seiring dengan peningkatan atau penurunan kecepatan kendaraan. Beberapa speedometer modern juga dilengkapi dengan tampilan digital yang menampilkan angka-angka secara langsung.

4. Indikator Odometer

Indikator Odometer menampilkan total jarak tempuh kendaraan sejak kendaraan pertama kali digunakan atau sejak reset terakhir. Fungsinya adalah untuk memberikan informasi kepada pengemudi tentang jarak yang telah ditempuh oleh kendaraan.

Indikator Odometer biasanya berupa angka-angka digital atau analog yang menunjukkan angka-angka jarak tempuh dalam satuan kilometer (km) atau mil (mi). Angka-angka ini terus bertambah seiring dengan perjalanan kendaraan.

5. Indikator Termometer

Indikator Termometer berfungsi untuk menampilkan informasi suhu mesin kendaraan kepada pengemudi agar mereka dapat memantau kondisi suhu yang optimal. Indikator Termometer biasanya berupa jarum analog atau tampilan digital yang menunjukkan suhu dalam satuan Celsius (°C) atau Fahrenheit (°F). 

Bagaimana? Semoga kamu sudah paham seputar dashboard mobil, ya! Perlu diingat bahwa desain dan tampilan dashboard mobil dapat bervariasi antara model dan merek yang berbeda-beda.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu