jarak tempuh mobil listrik

Seberapa Jauh Jarak Tempuh Mobil Listrik?

Table of Contents

Seperti yang kita ketahui, mobil yang menggunakan BBM umumnya memiliki tangki bahan bakar yang lebih besar dan lebih efisien dalam hal jarak tempuh dalam satu pengisian. Mobil-mobil ini biasanya dapat berjalan hingga beberapa ratus kilometer atau lebih dengan satu tangki bahan bakar.

Sementara itu, banyak yang mengklaim bahwa mobil listrik memiliki jarak tempuh yang lebih rendah pada satu pengisian baterai dibandingkan dengan mobil BBM. Apakah itu benar? 

Untuk menjawabnya, artikel ini akan membahas mengenai jarak tempuh mobil listrik dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jarak Tempuh Mobil Listrik

Jarak tempuh mobil listrik dapat bervariasi tergantung pada model, jalan, kecepatan, dan penggunaan perangkat listrik lainnya di dalam mobil. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi Mempengaruhi Jarak Tempuh Mobil Listrik:

1. Baterai

Faktor yang pertama adalah baterai yang digunakan. Semakin tinggi kapasitas baterai, semakin banyak energi yang dapat disimpan, yang pada gilirannya dapat menghasilkan jarak tempuh yang lebih besar.

Kapasitas baterai diukur dalam satuan kilowatt-hour (kWh), yang mengindikasikan berapa banyak energi yang dapat disimpan dalam baterai. 

2. Kecepatan

Faktor kedua adalah kecepatan dari mobil listrik tersebut. Kecepatan mobil listrik dapat mempengaruhi jarak tempuh yang dapat dicapai dengan satu pengisian baterai. 

Secara umum, semakin tinggi kecepatan mobil, semakin cepat daya baterai akan terkuras, yang pada gilirannya dapat mengurangi jarak tempuh total. Sebaliknya jika mobil dikendarai dengan kecepatan rendah, maka daya baterai akan lebih awet.

3. Suhu Lingkungan

Baterai memiliki sifat yang peka terhadap suhu, alhasil, suhu lingkungan dapat mempengaruhi performa dan efisiensi mobil listrik. Baterai mobil listrik akan lebih efisien pada suhu yang moderat. 

Pada suhu rendah, kemampuan baterai untuk menyimpan dan melepaskan energi bisa berkurang, hal ini menyebabkan jarak tempuh mobil semakin berkurang. Sementara itu, suhu yang sangat tinggi dapat merusak baterai dan mempengaruhi masa pakai baterai.

4. Fitur Elektronik di dalam Mobil

Fitur elektronik di dalam mobil listrik dapat mempengaruhi jarak tempuh karena mereka menggunakan daya baterai untuk beroperasi. Semakin banyak fitur elektronik yang digunakan dalam mobil, semakin besar juga daya yang dikonsumsi dari baterai. Hal ini dapat mengurangi jarak tempuh total. 

Ketika merencanakan perjalanan jauh dengan mobil listrik, penting untuk mempertimbangkan konsumsi daya dari berbagai fitur elektronik. Menonaktifkan atau mengurangi penggunaan fitur elektronik selama perjalanan panjang dapat membantu menjaga jarak tempuh yang lebih optimal.

5. Kondisi Jalan

Terakhir, faktor yang mempengaruhi jarak tempuh mobil listrik adalah kondisi jalan. Jalan yang berbukit atau berliku dapat mempengaruhi konsumsi energi mobil listrik. Jika ingin menghemat penggunakan energi, pastikan untuk mengambil rute jalan dengan kondisi lalu lintas yang lebih baik.

Jarak Tempuh Mobil Listrik di Indonesia

Secara umum, mobil listrik dapat menempuh jarak rata-rata antara 150 hingga 370 kilometer dengan sekali pengisian daya penuh, tetapi ada juga yang dapat menempuh jarak lebih dari 480 kilometer. Berikut adalah beberapa daftar mobil listrik di Indonesia, beserta jarak tempuhnya:

  • BMW i4: 590 kilometer
  • Toyota bZ4X: 500 kilometer
  • BMW iX: 425 kilometer
  • Lexus UX 300e: 300 kilometer
  • MINI Elcetric: 232 kilometer
  • Lucid Air Dream Edition R AWD: 837 kilometer
  • Mercedes WQ ESQ 450 Plus: 563kilometer
  • BMW Ix xDrive50: 522 kilometer
  • Ford F-150 Lightning: 515 kilometer
  • Porsche Taycan: 340 kilometer
  • Jaguar I-Pace: 470 kilometer
  • Nissan Leaf: 370 kilometer
  • Nissan Ariya: 500 kilometer
  • Ford Mustang Mach-E Extended Range: 600 kilometer
  • Hyundai Ioniq 5: 480 kilometer
  • Hyundai Kona EV: 480 kilometer
  • – Tesla Model S: 652 kilometer
  • Tesla Model 3: 568 kilometer
  • Tesla SUV Model X: 565 kilometer
  • Tesla Model Y Long Range: 531 kilometer
  • Tesla Model S Plaid: 627 kilometer

Baca Juga: Pentingnya Memiliki Asuransi untuk Mobil Bekas

Itu penjelasan mengenai jarak tempuh mobil listrik yang perlu kamu ketahui. Jika kamu ingin membelinya, jangan lupa untuk memiliki asuransi mobil terbaik dari Igloo untuk memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara.

Memiliki asuransi mobil akan memberikan beberapa manfaat berikut ini.

1. Perlindungan Lebih Terjamin

Manfaat asuransi yang pertama adalah memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara. Manfaat perlindungan tersebut mencakup kecelakaan, biaya perbaikan, risiko kehilangan mobil, dan masih banyak lagi.

2. Memberikan Rasa Aman Ketika Berkendara

Manfaat asuransi kedua ketika kamu memiliki asuransi kendaraan adalah rasa aman dan nyaman kemanapun kamu bepergian. Meskipun sudah terlindungi asuransi, kamu harus tetap berkendara dengan waspada untuk meminimalisir potensio kecelakaan yang bisa berakibat fatal.

3. Mengurangi Potensi Pengeluaran Biaya

Asuransi adalah pilihan yang tepat untuk mengurangi kemungkinan pengeluaran biaya mendesak. Hal ini dikarenakan biaya perbaikan kendaraan yang umumnya memakan biaya yang tidak sedikit, bahkan berpeluang menguras tabungan.

4. Mendapat Fasilitas Tambahan

Beberapa perusahaan asuransi memberikan fasilitas tambahan yang semakin memudahkan nasabah jika mengalami kecelakaan. Salah satu contohnya adalah memberikan layanan hotline yang siap sedia 24 jam.

Baca Juga: 4 Jenis Mobil Listrik yang Tersedia di Indonesia, Mana Pilihan Kamu?

Untuk melakukan pembelian asuransi mobil, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Mobil” melalui Igloo di https://igloo.co.id/id/asuransi-mobil
  2. Pilih jenis asuransi mobil yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Komprehensif (All Risk) dan Kerugian Total Saja (TLO).
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang diinginkan
  4. Masukan informasi kendaraan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk proses klaimnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke portal Igloo: Setelah mendapat notifikasi melalui email bahwa polis kamu telah diterbitkan, silakan masuk ke halaman “Polis Saya
  2. Persiapkan dokumen klaim yang dibutuhkan: Persiapkan nomor polis, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  3. Pengajuan Klaim: Kirimkan detail dan dokumen klaim melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  4. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja: Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja setelah persetujuan klaim

Selain Asuransi Mobil, kamu juga dapat menemukan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga kamu, Asuransi Hewan Peliharaan untuk hewan kesayangan, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi petualangan kamu. 

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu