cara melatih anjing buang air

8 Cara Melatih Anjing Buang Air pada Tempatnya

Table of Contents

Mengadopsi anjing adalah komitmen jangka panjang dan memerlukan tanggung jawab yang tinggi agar mereka bahagia bersama kamu. Ada banyak hal yang harus kamu latih agar mereka tidak berperilaku seperti anjing liar. Salah satunya adalah melatih agar anjing dapat buang air pada tempatnya.

Hal ini juga biasa disebut dengan toilet training. Melatih anjing untuk toilet training atau buang air pada tempatnya adalah salah satu langkah penting dalam merawat anjing. Hal ini dilakukan untuk mencegah anjing buang air di sembarang tempat.

Nah, bagaimana cara melatih anjing agar mereka buang air pada tempatnya? Simak artikel Blog Igloo berikut.

Cara Melatih Anjing Buang Air

Melatih anjing agar buang air pada tempatnya merupakan proses yang lama dan membutuhkan konsistensi yang tinggi. Proses ini bisa memakan waktu seminggu atau beberapa minggu, bahkan hingga berbulan-bulan. Simak penjelasan dibawah ini untuk mengetahui cara mendidiknya:

1. Pilih Area Toilet

Cara pertama yang harus kamu lakukan untuk melatih anjing buang air pada tempatnya adalah dengan memilih area toilet dimana mereka akan buang air. Hal ini akan membantu membentuk kebiasaan baru agar mereka tidak buang air sembarangan di dalam rumah. 

Pastikan area ini berada di luar rumah, mudah diakses, dan tidak jauh dari area yang sering digunakan oleh anjing untuk bermain atau beristirahat. Jika anjing kamu masih kecil, usahakan untuk  tidak menggendongnya ke luar untuk pergi ke toilet. Hal ini akan melatihnya agar mandiri, sekaligus merangsang kandung kemih dan ususnya.

2. Perhatikan Tanda-tandanya

Kedua adalah bawa anjing kamu ke area toilet pada waktu-waktu tertentu, seperti setelah bangun tidur, setelah makan, atau setelah bermain. Waktu-waktu tersebut adalah saat-saat di mana anjing biasanya perlu buang air.

Perhatikan juga tanda-tanda ketika anjing ingin buang air. Biasanya, mereka mengalami perubahan perilaku ketika mereka ingin buang air:

  • Berputar-putar atau menggali tanah: Anjing mungkin akan berputar-putar di sekitar area tertentu atau bahkan mencoba menggali di tanah. Hal ini adalah tanda bahwa mereka sedang mencari tempat yang nyaman untuk buang air.
  • Mengendus dan mencium-cium: Anjing cenderung mencium-cium area di sekitarnya ketika mereka merasa perlu buang air. Ini adalah cara mereka mencari tahu apakah area tersebut sudah digunakan sebelumnya.
  • Gelisah atau Gelagapan: Jika anjing tiba-tiba terlihat gelisah, tidak tenang, merengek, menggonggong, atau terus-terusan bergerak di sekitar tanpa tujuan, hal ini bisa menjadi tanda bahwa mereka perlu buang air.

Penting untuk mengamati dan memahami perilaku anjing peliharaan agar kamu dapat mengenali tanda-tanda ketika mereka perlu buang air. Dengan memperhatikan tanda-tanda ini, kamu dapat membantu anjing buang air di tempat yang tepat dan menjaga lingkungan tetap bersih.

Baca Juga: Biaya Vaksin Kucing Sesuai Dengan Usia dan Jenisnya

3. Konsisten di Tempat yang Sama 

Agar anjing selalu ingat pada area toilet, pastikan untuk selalu bawa mereka ke area yang sama setiap kali mereka perlu buang air. Jangan lupa untuk mencari jalan yang pintunya terlihat oleh kamu, sehingga jika mereka lewat pintu tersebut, kamu bisa langsung mengurusnya.

4. Temani Anjing Pergi ke Toilet

cara melatih anjing buang air

Ketika keluar rumah, beberapa anjing mungkin akan merasa ketakutan atau terlalu bersemangat melihat banyaknya gangguan seperti pemandangan, suara, dan berbagai macam bau yang membuatnya tidak fokus untuk pergi ke area toilet. 

Maka dari itu, cara melatih anjing buang air selanjutnya adalah dengan menemaninya setiap kali mereka pergi ke toilet. Selain dapat membantu memperkuat ikatan antara kamu dan hewan peliharaan, cara ini dilakukan agar mereka bisa lebih santai atau tenang saat buang air.

5. Lakukan Aktivitas Setelah Buang Air

Beberapa anjing mungkin akan menganggap waktu bermainnya selesai setelah buang air di luar. Oleh karena itu, pastikan untuk ajak mereka beraktivitas sebelum kembali ke dalam rumah.  Kamu bisa membawa anjing ke taman atau area terbuka yang aman dan mainkan permainan lari-larian bersama mereka.

6. Kurangi Durasi Waktu ke Toilet secara Bertahap

Jika sudah cara melatih anjing buang air sebelumnya sudah dilakukan secara konsisten dalam beberapa waktu yang lama, sudah saatnya untuk melatih kemandiriannya secara bertahap. Hal ini bisa dilakukan dengan mengurangi waktu bertatap dengan mereka. 

Biarkan anjing kamu memiliki sedikit ruang privasi saat mereka buang air. Jangan terlalu dekat dengan mereka saat mereka melakukannya.

Baca Juga: Asuransi Hewan Peliharaan: Definisi, Jenis dan Manfaatnya

7. Jangan Menghukum Anjing

Hindari menghukum anjing jika mereka buang air di tempat yang salah. Hukuman hanya akan membuat mereka takut atau bingung. Fokuslah pada pujian dan reward ketika mereka melakukan hal yang benar.

8. Sabar dan Kontinuitas

cara melatih anjing buang air

Toilet training adalah proses yang memerlukan kesabaran dan konsistensi. Setiap anjing belajar dengan kecepatan yang berbeda, jadi berikan waktu yang cukup dan jangan putus asa jika programnya terasa lambat.

Itulah 8 cara melatih anjing buang air pada tempatnya. Ingat, setiap anjing belajar dengan kecepatan yang berbeda. Yang terpenting, latih anjing peliharaan kamu dengan penuh kesabaran dan konsistensi untuk membentuk kebiasaan buang air yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Agar semakin tenang memelihara anjing, jangan lupa untuk memiliki asuransi hewan peliharaan terbaik dari Igloo. Dengan adanya asuransi tersebut, berbagai macam keuntungan bisa kamu dapatkan jika terjadi hal-hal diluar dugaan pada anjing kesayanganmu.

Untuk melakukan pembelian asuransi hewan peliharaan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di igloo.co.id/id/asuransi-hewan
  2. Pilih jenis asuransi hewan peliharaan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Kucing dan Asuransi Anjing, dengan atau tanpa sertifikat (Stambum/ICA)
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis hewan peliharaan yang diinginkan
  4. Masukan informasi hewan peliharaan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, paylater maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk mengajukan klaim, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kirimkan detail dan dokumen klaim kamu melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  2. Permohonan klaim harus dibuat secara tertulis dengan dokumen yang lengkap dalam jangka waktu kurang dari 3 x 24 jam sejak kejadian
  3. Pembayaran klaim akan dikirimkan kepada kamu dalam waktu 14 hari kerja sejak permohonan klaim diterima

Itulah beberapa informasi tentang asuransi hewan peliharaan dari Igloo yang perlu kamu ketahui. Ingatlah bahwa memilih asuransi hewan peliharaan yang tepat adalah investasi jangka panjang dalam kesehatan dan kesejahteraan hewan peliharaan kamu.

Namun, Igloo tidak hanya menawarkan asuransi hewan peliharaan, Igloo juga memiliki berbagai produk asuransi lain yang layak dipertimbangkan seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga, asuransi kendaraan mulai dari Asuransi Mobil hingga Asuransi Sepeda Motor, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi serunya petualangan kamu. 

Semoga informasi tentang asuransi hewan peliharaan dari Igloo kali ini dapat membantu untuk mendapatkan asuransi hewan peliharaan yang paling terbaik dan tepat untuk kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu