pet insurance

Asuransi Hewan Peliharaan: Definisi, Jenis dan Manfaatnya

Table of Contents

Asuransi merupakan salah satu cara terbaik untuk melindungi berbagai macam hal, mulai dari diri sendiri dan berbagai macam hal berharga lainnya. Salah satu jenis asuransi yang mungkin belum terlalu banyak orang ketahui adalah asuransi hewan peliharaan.

Asuransi hewan peliharaan mungkin masih jarang terdengar bagi orang Indonesia jika membandingkannya dengan asuransi kesehatan dan asuransi kendaraan. Tapi ternyata jenis asuransi ini sangat penting terutama bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing, kucing atau hewan peliharaan lainnya. 

Dengan memiliki asuransi hewan peliharaan, hewan peliharaan kesayangan kamu akan terlindungi dari berbagai macam hal yang akan membahayakannya termasuk juga kamu akan terbantu untuk biaya perawatan rutin untuk kesehatan hewan peliharaan kamu.

Apa itu asuransi hewan peliharaan, jenis dan juga manfaatnya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak informasi selengkapnya dari Blog Igloo berikut ini.

Apa itu Asuransi Hewan Peliharaan?

Asuransi hewan peliharaan adalah asuransi yang berfokus untuk melakukan perlindungan terhadap hewan peliharaan kamu dari berbagai macam resiko yang dapat mengancamnya. Berbagai macam resiko tersebut mulai dari perawatan terhadap penyakit, perawatan bila mengalami cacat sampai dengan resiko kematian.

Asuransi hewan peliharaan ini seringkali dijadikan sebagai produk asuransi turunan atau produk asuransi tambahan dari produk asuransi lainnya seperti asuransi rumah. 

Karena hal tersebut, hewan yang biasanya dilindungi oleh asuransi hewan peliharaan adalah hewan-hewan yang merupakan hewan peliharaan rumahan seperti kucing, anjing, burung hias, dan juga ikan hias.

Namun asuransi yang peliharaan tidak terbatas hanya melindungi beberapa hewan tersebut, asuransi hewan peliharaan juga melindungi beberapa jenis hewan eksotis lainnya yang diizinkan untuk dipelihara di Indonesia.

Untuk lebih mengetahui jenis hewan peliharaan apa saja yang dapat dilindungi oleh asuransi hewan peliharaan, ada baiknya kamu menanyakan kembali kepada perusahaan asuransi terbaik yang telah kamu pilih.

Baca Juga: 5 Panduan Cara Memandikan Kucing yang Mudah Diikuti

Jenis-Jenis Asuransi Hewan Peliharaan

Setelah mengetahui apa itu asuransi hewan peliharaan informasi berikutnya yang perlu kamu ketahui adalah jenis-jenis asuransi hewan peliharaan. Berikut ini adalah informasi selengkapnya tentang jenis asuransi hewan peliharaan yang bisa kamu pilih.

1. Non Lifetime atau Tidak Seumur Hidup

Jenis asuransi hewan peliharaan yang pertama adalah non lifetime atau tidak seumur hidup. Sesuai dengan namanya asuransi hewan peliharaan ini akan melindungi binatang peliharaan kamu dalam jangka periode waktu tertentu dan tidak seumur hidup.

Jenis asuransi hewan peliharaan yang pertama ini seringkali digunakan oleh orang-orang yang memelihara hewan peliharaan dengan tujuan untuk mengembangbiakan hewan tersebut, untuk dijual kembali atau untuk diadopsi oleh orang lain.

2. Lifetime atau Seumur Hidup 

Jenis asuransi hewan peliharaan yang kedua adalah lifetime atau seumur hidup. Jenis asuransi hewan peliharaan ini tentunya akan melindungi hewan peliharaan dari berbagai macam bahaya termasuk perawatan sehari-hari selama hewan peliharaan tersebut hidup hingga hewan peliharaan kesayangan kamu meninggal dunia.

Baca Juga: Sebelum Mengadopsinya, Ketahui 5 Cara Merawat Kelinci Berikut

Manfaat Asuransi Hewan Peliharaan

Manfaat Asuransi Hewan Peliharaan

Informasi terakhir tentang asuransi peliharaan yang perlu kamu tahu adalah beberapa manfaat asuransi hewan peliharaan ini, dan berikut adalah beberapa manfaat asuransi hewan peliharaan yang perlu kamu ketahui.

1. Jaminan Perawatan Kesehatan

Manfaat asuransi hewan peliharaan yang pertama adalah jaminan perawatan kesehatan termasuk jaminan untuk rawat inap bila diperlukan. 

Hewan peliharaan tentu sama dengan manusia, yaitu bisa terkena penyakit, karena hal tersebut, dengan menggunakan asuransi hewan peliharaan kamu dapat terlepas dari biaya-biaya perawatan kesehatan hewan peliharaan kamu yang sedang sakit, termasuk apabila hewan tersebut harus dirawat inap di sebuah rumah sakit.

2. Kematian Akibat Kecelakaan

Manfaat asuransi hewan peliharaan yang kedua adalah santunan atau bantuan jika hewan peliharaan meninggal atau cacat akibat kecelakaan.

Resiko terkena kecelakaan paling sering dialami oleh hewan peliharaan, terlebih jika hewan tersebut sering berjalan-jalan di luar rumah.

Karena hal tersebut asuransi hewan peliharaan akan memberikan santunan atau bantuan jika hewan peliharaan kamu mengalami cacat atau bahkan sampai kematian akibat kecelakaan seperti tenggelam, terjatuh, hingga tertabrak kendaraan.

Apabila hewan peliharaan meninggal akibat kecelakaan, asuransi hewan peliharaan juga akan menanggung biaya pemakaman hewan peliharaan tersebut.

3. Kehilangan Hewan Peliharaan

Manfaat asuransi hewan peliharaan yang selanjutnya adalah santunan atau bantuan apabila kamu kehilangan hewan peliharaan kamu. 

Selain kecelakaan, resiko yang paling sering terjadi pada hewan peliharaan adalah kehilangan atau pencurian. Pencurian hewan peliharaan ini sangat sering terjadi baik untuk hewan peliharaan rumahan seperti anjing, kucing, burung atau ikan hias. 

Kasus pencurian hewan peliharaan yang paling sering terjadi adalah pencurian hewan peliharaan yang bersifat eksotis yang diperbolehkan untuk dipelihara di Indonesia.

Dengan menggunakan asuransi pemeliharaan kamu akan mendapatkan santunan atau bantuan ketika hewan peliharaan kamu hilang karena dicuri oleh orang lain.

4. Santunan Pihak Ketiga

Manfaat asuransi hewan peliharaan yang terakhir adalah dapat memberikan santunan pihak ketiga apabila dibutuhkan.

Berbagai jenis hewan termasuk hewan peliharaan tentunya terkadang tidak dapat kamu kendalikan sepenuhnya. Hal ini dapat menyebabkan hewan tersebut menyerang orang lain hingga menimbulkan luka pada orang tersebut.

Jika orang diserang oleh hewan peliharaan kamu melakukan tuntutan hukum, maka pihak perusahaan asuransi akan memberikan bantuan atau santunan untuk tuntutan hukum pihak ketiga tersebut.

Pihak perusahaan asuransi juga akan menanggung biaya pengobatan orang yang telah diserang oleh hewan peliharaan kamu. Itulah beberapa informasi tentang asuransi hewan peliharaan dari Igloo yang perlu kamu ketahui.

Semoga informasi tentang asuransi hewan peliharaan dari Igloo kali ini dapat membantu kamu mendapatkan asuransi hewan peliharaan yang paling terbaik dan tepat untuk kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu