Sebelum Mengadopsinya, Ketahui 5 Cara Merawat Kelinci Berikut

cara merawat kelinci
Table of Contents

Kelinci adalah hewan yang lucu dan menggemaskan. Mereka memiliki wajah yang imut dengan telinga yang panjang, sehingga banyak orang yang ingin memeliharanya. Cara merawat kelinci juga tergolong mudah, lho.

Pasalnya, kelinci merupakan hewan yang bersih dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. Untuk membersihkan tubuhnya saja, mereka hanya perlu disikat bulunya secara teratur dan diberi makanan bernutrisi.

Nah, jika kamu memutuskan untuk memelihara hewan lucu yang satu ini, berikut adalah cara merawat kelinci agar mereka semakin bahagia bersama kamu.

Cara Merawat Kelinci

Cara Merawat Kelinci yang baik dan benas

1. Memberikan Makanan yang Sehat

Cara merawat kelinci yang pertama adalah pastikan untuk memberinya makanan yang sehat. Kelinci adalah hewan herbivora, sebaiknya mereka diberi makanan yang terdiri dari serat tinggi dan rendah lemak.

Berikut adalah contoh makanan yang disukai untuk kelinci:

  • Jerami: Jerami adalah sumber makanan yang penting untuk kelinci karena mengandung serat yang tinggi dan sangat baik untuk pencernaan mereka. 
  • Sayuran: Penting untuk memberikan sayuran segar untuk kelinci. Sayuran mengandung serat, vitamin, dan mineral yang diperlukan untuk kesehatan kelinci. Beberapa jenis sayuran yang cocok untuk kelinci antara lain adalah daun hijau, wortel, brokoli, dan kubis.
  • Biji-bijian: Untuk memenuhi protein kelinci, kamu bisa memberinya biji-bijian. Beberapa jenis biji-bijian yang cocok untuk kelinci antara lain adalah biji bunga matahari, kacang kedelai, kacang polong, dan jagung.
  • Buah-buahan: Seperti sayuran, buah juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral penting yang diperlukan untuk kelinci. Berikut ini beberapa jenis buah yang cocok untuk kelinci adalah apel, pisang, stroberi, dan kiwi.
  • Air: Pastikan untuk selalu menyediakan air minum yang bersih dan segar untuk kelinci setiap hari. Seperti hewan peliharaan lainnya, kelinci membutuhkan air untuk membantu menjaga tubuhnya tetap terhidrasi dan mengoptimalkan fungsi organ tubuhnya.

2. Menyediakan Tempat Tinggal yang Nyaman

Menyediakan tempat tinggal yang nyaman dan aman sangat penting untuk kelinci. Beberapa opsi tempat tinggal yang cocok untuk kelinci yaitu:

  • Kandang: Jika kamu memutuskan untuk menyediakan kandang untuk kelinci, pastikan memilih ukuran kandang yang cukup besar. Kelinci merupakan hewan yang aktif bergerak, sehingga kandang yang besar akan membuatnya leluasa untuk bergerak dan melompat.
  • Ruangan dalam rumah: Kelinci juga dapat dijaga di dalam ruangan dalam rumah, seperti ruang keluarga atau kamar tidur. Namun, pastikan untuk mengamankan ruangan dan mengecek bahwa tidak ada benda-benda berbahaya atau makanan yang dapat membahayakan kelinci.

3. Membersihkan Kandang Secara Teratur

Untuk menjaga kesehatan kelinci dan mencegah timbulnya bau tidak sedap, maka cara merawat kelinci selanjutnya adalah dengan rutin membersihkan kandang mereka. Setidaknya, kamu harus membersihkan kandang dua sampai tiga kali seminggu untuk tetap higienis.

Pastikan untuk membersihkan kandang secara menyeluruh dan gunakan desinfektan untuk membunuh bakteri dan virus yang ada di dalam kandang.

Baca Juga: 5 Panduan Cara Memandikan Kucing yang Mudah Diikuti

4. Perhatikan Kebersihan Bulu dan Kuku Kelinci

Kebersihan Bulu dan Kuku Kelinci

Sangat penting untuk memperhatikan kebersihan bulu dan kuku kelinci. Hal ini dikarenakan kelinci suka menjaga bulunya tetap bersih dan sehat dengan menjilatinya secara teratur.

Namun, jika terlalu sering melakukannya, ada kemungkinan terkena bola bulu atau hairball. Oleh karena itu kamu harus rutin menyisir dan mencukurnya.

Kuku mereka juga harus dipotong secara teratur untuk mencegah terjadinya luka pada kaki dan kebocoran kandung kemih. Gunakan gunting kuku khusus kelinci dan lakukan dengan hati-hati agar tidak memotong pembuluh darah atau saraf yang ada di dalam kuku mereka.

5. Pastikan Kelinci Mendapatkan Interaksi Sosial

Selain berinteraksi dengan pemiliknya, kelinci merupakan hewan sosial yang suka berinteraksi dengan kelinci lainnya. Jadi, ada baiknya untuk memelihara setidaknya dua kelinci agar mereka lebih bahagia.

Kelinci yang hidup sendirian cenderung menjadi stres dan merasa kesepian. Jika kamu ingin memperkenalkan kelinci baru ke kelinci yang sudah ada, lakukan dengan perlahan dan hati-hati. 

Selain berinteraksi dengan kelinci lain, kelinci juga senang berinteraksi dengan manusia. Sebagai pemilik, kamu harus bersedia untuk meluangkan waktu untuk bermain dan berinteraksi dengan mereka.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Jenis Kucing yang Cocok Dijadikan Hewan Peliharaan

Itulah 5 cara merawat kelinci yang bisa kamu lakukan. Seperti halnya dengan hewan peliharaan lainnya, memelihara kelinci memerlukan tanggung jawab dan perhatian yang cukup agar mereka selalu sehat dan bahagia.

Agar semakin terlindungi, jangan lupa untuk memiliki asuransi hewan peliharaan dari Igloo untuk menjamin kesehatan dan kesejahteraan dari hewan peliharaan kamu.

Untuk melakukan pembelian asuransi hewan peliharaan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di igloo.co.id/id/asuransi-hewan
  2. Pilih jenis asuransi hewan peliharaan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Kucing dan Asuransi Anjing, dengan atau tanpa sertifikat (Stambum/ICA)
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis hewan peliharaan yang diinginkan
  4. Masukan informasi hewan peliharaan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, paylater maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk mengajukan klaim, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kirimkan detail dan dokumen klaim kamu melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  2. Permohonan klaim harus dibuat secara tertulis dengan dokumen yang lengkap dalam jangka waktu kurang dari 3 x 24 jam sejak kejadian
  3. Pembayaran klaim akan dikirimkan kepada kamu dalam waktu 14 hari kerja sejak permohonan klaim diterima

Selain asuransi hewan peliharaan, dapatkan juga berbagai produk asuransi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga, asuransi kendaraan mulai dari asuransi mobil hingga asuransi sepeda motor, dan asuransi perjalanan untuk melindungi serunya petualangan kamu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu