biaya cabut gigi

Intip Estimasi Biaya Cabut Gigi di Indonesia Berikut

Table of Contents

Dalam beberapa situasi, seseorang harus menjalani proses cabut gigi untuk memperbaiki giginya yang rusak, entah itu untuk pasang behel atau hanya sekedar cabut gigi. Seperti perawatan medis lainnya, proses cabut gigi ini memiliki biaya yang harus ditanggung pasiennya.

Prosedur ini dilakukan oleh dokter gigi atau spesialis gigi yang terlatih. Sangat berbahaya jika kamu mencoba untuk cabut gigi sendiri di rumah. Karena mencabut gigi sendiri bisa menyebabkan komplikasi seperti infeksi, perdarahan, hingga gangguan saraf wajah.

Jika kamu ingin cabut gigi, sangat direkomendasikan untuk pergi ke rumah sakit atau klinik gigi yang sudah menawarkan perawatan gigi yang baik dan aman. Berikut ini, Igloo akan memberikan kamu perkiraan biaya cabut gigi di Indonesia.

Prosedur Cabut Gigi

Prosedur Cabut Gigi

Sebelum mengetahui biaya cabut gigi, berikut adalah prosedur umum yang dilakukan selama pencabutan gigi:

  • Pemeriksaan awal: Pada proses awal, dokter gigi akan melakukan pemeriksaan fisik dan radiografi (x-ray) untuk mengevaluasi kondisi gigi yang akan dicabut.
  • Anestesi: Sebelum prosedur, dokter gigi akan memberikan anestesi lokal untuk menghilangkan rasa sakit di area sekitar gigi yang akan dicabut. Jika gigi yang akan dicabut sangat sulit atau kompleks, dokter gigi dapat merujuk pasien ke spesialis bedah mulut dan gigi untuk prosedur yang dilakukan di bawah anestesi umum.
  • Pencabutan gigi: Proses cabut gigi dilakukan menggunakan alat-alat khusus untuk melepaskan gigi dari soket gigi dan memakan waktu beberapa menit hingga beberapa jam tergantung pada kerumitan kasus.
  • Penutupan luka: Untuk menghentikan pendarahan, dokter gigi akan memasukkan kapas atau kain kasa steril ke dalam soket gigi. Pasien mungkin diberikan air dingin untuk kumur-kumur agar membantu mengurangi pembengkakan.
  • Perawatan pasca operasi: Dokter gigi akan memberikan instruksi perawatan pasca operasi dan meresepkan obat pereda nyeri atau antibiotik jika diperlukan.

Penting untuk diingat bahwa setiap kasus pencabutan gigi adalah unik dan dapat memerlukan prosedur dan perawatan yang berbeda. Oleh karena itu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mengetahui lebih lanjut tentang prosedur pencabutan gigi yang tepat untuk kamu.

Baca Juga: Jangan Diabaikan! Inilah 6 Ciri-Ciri Umum Diabetes di Usia Muda

Perkiraan Biaya Cabut Gigi

Perkiraan Biaya Cabut Gigi

Biaya cabut gigi dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti tempat, kompleksitas, dan jenis gigi yang dicabut. Di Indonesia sendiri, biaya cabut gigi bisa berkisar dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Gigi susu atau gigi tetap relatif mudah dicabut, biayanya pun tidak terlalu mahal. Sementara itu, biaya pencabutan gigi bungsu yang terimpaksi atau gigi yang terinfeksi dan memerlukan perawatan yang lebih rumit dan bisa mencapai jutaan rupiah.

Berikut adalah perkiraan biaya cabut gigi berdasarkan tempat yang dipilih:

1. Puskesmas

Setiap puskesmas memiliki tarif yang berbeda-beda. Namun, kisarannya tergolong murah, yaitu sekitar Rp30.000 sampai Rp 100.000 per gigi, tergantung tingkat kesulitan. Besaran ini diatur dalam Pergub Provinsi DKI Jakarta Nomor 143 Tahun 2018 tentang Tarif Layanan Pusat Kesehatan Masyarakat. Kamu juga bisa cabut gigi secara gratis, di puskesmas dengan layanan BPJS Kesehatan.

2. Rumah Sakit atau Klinik

Selain di puskesmas, kamu juga bisa cabut gigi di rumah sakit atau klinik. Untuk biaya cabut gigi sederhana biasanya mulai dari Rp150.000 hingga Rp2.000.000 juta per gigi. Harga ini bisa semakin mahal tergantung dari jenis anestesi yang digunakan. 

Untuk cabut gigi bungsu, biasanya harga lebih mahal dari gigi sederhana. Untuk gigi bungsu, umumnya berkisar antara Rp2.000.000 hingga Rp5.000.000 juta per gigi. Itupun belum termasuk biaya rontgen gigi yang dikenai sekitar Rp150.000 hingga Rp 300.000 untuk satu kali foto.

Perawatan Pasca Cabut Gigi

Perawatan Pasca Cabut Gigi

Setelah gigi dicabut, perawatan pasca operasi sangat penting untuk mempercepat pemulihan dan mencegah komplikasi. Berikut adalah beberapa tips perawatan pasca cabut gigi:

  • Gunakan kain dingin: Tempelkan kain dingin atau bantal es pada area yang dicabut selama 10-20 menit pada interval yang teratur. Hal ini akan mengurangi pembengkakan dan nyeri pada gigi.
  • Hindari merokok dan alkohol: Hal ini dapat mengganggu proses penyembuhan dan meningkatkan risiko infeksi.
  • Jaga kebersihan mulut: Ada baiknya untuk menjaga kebersihan gigi dengan menggosok gigi dengan lembut dan hati-hati beberapa jam setelah cabut gigi. Hindarilah menggosok area yang terluka.
  • Makan makanan lembut: Hindari makan makanan yang keras atau susah dikunyah seperti daging. Pilih makanan yang lembut seperti sup, bubur, atau oatmeal.
  • Istirahat yang cukup: Hindari aktivitas yang berat dan istirahat yang cukup untuk mempercepat pemulihan.
  • Minum obat yang diresepkan: Dokter gigi akan meresepkan obat pereda nyeri atau antibiotik untuk membantu mengurangi rasa sakit dan mencegah infeksi.

Baca Juga: 7 Penyebab Umum Asam Lambung Naik

Dapatkan Asuransi Kesehatan Terbaik di Igloo

Itulah biaya cabut gigi yang bisa kamu jadikan perkiraan. Untuk lebih jelasnya, konsultasikan dengan dokter gigi atau klinik gigi terdekat untuk mendapatkan estimasi biaya cabut gigi yang lebih akurat.

Untuk memberikan perlindungan ekstra untuk diri kamu, pastikan untuk memiliki asuransi kesehatan yang terbaik dari Igloo  dan dapatkan berbagai macam macam keuntungan jika terjadi hal-hal diluar dugaan pada kesehatan kamu.

Untuk melakukan pembelian asuransi kesehatan, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Kesehatan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-kesehatan
  2. Pilih jenis asuransi kesehatan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Keluarga dan Asuransi Individu
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis asuransi kesehatan yang diinginkan
  4. Masukan informasi keluarga/personal kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit.
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Selain asuransi kesehatan, Igloo juga menawarkan berbagai produk asuransi lain yang dapat memberikan ketenangan pikiran yang sama. Jika kamu berencana untuk bepergian, pertimbangkan Asuransi Perjalanan Igloo untuk melindungi perjalanan kamu dari kemungkinan gangguan.

Untuk kendaraan berharga, Igloo menyediakan asuransi kendaraan yang akan melindungi investasi kamu baik Asuransi Motor atau Asuransi Mobil. Bahkan teman berbulu kamu bisa mendapatkan perlindungan terbaik dengan Asuransi Hewan Peliharaan.

Jadilah bagian dari keluarga Igloo dengan kunjungi situs web Igloo hari ini dan dapatkan penawaran serta informasi lebih lanjut tentang produk asuransi Igloo. Yuk, lindungi kesehatan dan masa depan kamu bersama Igloo!

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu