cara merawat rambut agar segat

8 Rahasia Merawat Rambut agar Tetap Indah dan Sehat

Table of Contents

Rambut merupakan salah satu aspek yang mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri seseorang. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara merawat dan menjaga kesehatan rambut agar sehat, dan lembut setiap harinya.

Ketika rambut mengalami kerusakan, seperti pecah, kering, bercabang, atau kusam, hal ini tentu dapat membuat seseorang merasa kurang percaya diri.  Kerusakan ini umumnya terjadi akibat beberapa faktor seperti polusi, kurang perawatan rambut, dan kandungan bahan kimia tertentu yang terdapat pada produk rambut.

Jadi, jika kamu rambut kamu ingin selalu sehat, yuk, intip cara merawat rambut dari Igloo berikut ini.

Cara Merawat Rambut agar Sehat

1. Minum Air yang Cukup

Minum Air yang Cukup

Cara merawat rambut agar sehat yang pertama adalah selalu jaga hidrasi dengan cukup minum air. Hal ini dikarenakan air adalah komponen penting dalam tubuh kita, dan rambut juga membutuhkan hidrasi yang cukup untuk tetap sehat.

Dehidrasi dapat membuat rambut menjadi kering, rapuh, dan rentan terhadap kerusakan. Dengan minum cukup air, kamu dapat menjaga tingkat hidrasi dalam sel-sel rambut.

2. Perhatikan Asupan Makanan

Makanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesehatan rambut kamu. Diet yang seimbang dan mengandung nutrisi yang tepat dapat mendukung rambut yang sehat. Rambut terdiri dari protein keratin, jadi pastikan kamu mendapatkan asupan protein yang cukup. 

Beberapa makanan seperti daging, ikan, telur, produk susu, kacang-kacangan, dan biji-bijian adalah sumber protein yang baik.

3. Jangan Keramas Setiap Hari

Hindari keramas setiap hari agar rambut tetap sehat

Percaya atau tidak, sampo dapat menghilangkan minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepala kamu, lho.  Minyak alami ini, yang disebut sebum, berfungsi sebagai pelindung alami rambut dan kulit kepala, serta menjaga keseimbangan kelembaban rambut. Jadi, keramas setiap hari dapat menghilangkan minyak alami dan membuat rambut menjadi kering.

4. Lindungi Rambut dari Sinar Matahari

Sinar ultraviolet (UV) dari matahari dapat merusak struktur rambut, terutama jika kamu terpapar terlalu lama. UV dapat menyebabkan kulit kepala terbakar, membuat rambut menjadi kering, rapuh, dan susah diatur. 

Baca juga: 6 Tips Terbaik untuk Ginjal Sehat: Simpel dan Ampuh

5. Membilas Rambut Menggunakan Air Dingin

Agar rambut tetap lembap, kamu harus membilas rambut dengan air dingin. Mengapa demikian? Air dingin dapat membantu menutup kutikula luar rambut. Hal ini membuat rambut terlihat lebih halus dan berkilau, serta membantu menjaga kelembapan 

6. Pilih Sisir yang Tepat

Setiap jenis rambut akan mempengaruhi pilihan sisir yang paling sesuai. Bagi kamu yang memiliki rambut  rambut panjang dan mudah kusut atau susah diatur, kamu bisa memilih bristle brush.

Sisir tipe round brush bisa dipilih bagi kamu yang ingin memiliki tampilan rambut lebih bervolume. Jika kamu memiliki rambut ikal atau keriting, kamu bisa menggunakan wide-tooth comb yang memiliki gigi yang lebih renggang.

7. Gunakan Shampo yang Tepat

Gunakan shampo yang tepat sebagai satu cara merawat rambut tetap sehat

Shampo adalah salah satu produk perawatan rambut utama yang dapat memengaruhi kesehatan dan penampilan rambut kamu. Jadi, jangan sampai kamu memilih shampo yang tidak cocok untuk rambut.

Produk shampoo yang tepat dapat membantu mengatasi masalah khusus rambut, seperti rambut berminyak, rambut kering, ketombe, rambut yang diwarnai, atau rambut yang mengalami kerontokan. 

8. Rutin Memotong Ujung Rambut

Memotong ujung rambut secara rutin adalah salah satu cara penting dalam merawat rambut agar sehat.  Pasalnya, ujung rambut yang terlalu lama dapat menjadi bercabang atau pecah. Rambut bercabang ini akan membuat rambut terlihat tidak sehat dan kurang terawat. Selain itu, memotong ujung rambut secara teratur juga dapat merangsang pertumbuhan rambut baru.

Baca juga: 7 Cara Diet Alami dan Sehat Langsing dan Ramping dalam 15 hari

Dapatkan Asuransi Kesehatan Terbaik di Igloo

Itulah 8 cara merawat rambut agar sehat Igloo, semoga tips-tips diatas bisa membuat rambut kamu semakin shiny dan bebas dari “bad hair day” ya! Namun, jika kamu memiliki masalah khusus dengan rambut, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan seorang profesional perawatan rambut yang dapat memberikan saran lebih lanjut.

Jangan lupa untuk memiliki asuransi kesehatan yang terbaik, agar kesehatan kamu semakin terlindungi, ya.

Untuk melakukan pembelian asuransi kesehatan, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Kesehatan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-kesehatan
  2. Pilih jenis asuransi kesehatan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Keluarga dan Asuransi Individu
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis asuransi kesehatan yang diinginkan
  4. Masukan informasi keluarga/personal kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit.
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Selain asuransi kesehatan, Igloo juga menawarkan berbagai produk asuransi lain yang dapat memberikan ketenangan pikiran yang sama. Jika kamu berencana untuk bepergian, pertimbangkan Asuransi Perjalanan Igloo untuk melindungi perjalanan kamu dari kemungkinan gangguan.

Untuk kendaraan berharga, Igloo menyediakan asuransi kendaraan yang akan melindungi investasi kamu baik Asuransi Motor atau Asuransi Mobil. Bahkan teman berbulu kamu bisa mendapatkan perlindungan terbaik dengan Asuransi Hewan Peliharaan.

Jadilah bagian dari keluarga Igloo dengan kunjungi situs web Igloo hari ini dan dapatkan penawaran serta informasi lebih lanjut tentang produk asuransi Igloo. Yuk, lindungi kesehatan dan masa depan kamu bersama Igloo!

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu