cara memandikan kucing

5 Panduan Cara Memandikan Kucing yang Mudah Diikuti

Table of Contents

Kucing adalah hewan mandiri yang dapat menjaga kebersihan diri mereka sendiri dengan menjilati bulu mereka. Mereka memiliki lidah yang biasa digunakan untuk membersihkan diri, menghilangkan kotoran, dan menjaga bulu mereka tetap bersih.

Namun, kebiasaan menjilat tubuh yang berlebihan tetap perlu diwaspadai. Hal ini dikarenakan kondisi tersebut dapat menyebabkan kebotakan atau luka pada kulit kucing bila dibiarkan.

Bahkan jika bulunya mudah rontok dan jumlah yang masuk terlalu banyak, kucing kamu bisa terkena furball, lho.

Nah, sebagai pemilik, kamu tentu harus memandikan kucing untuk menjamin kebersihan dan kesehatanya. Lantas, bagaimanakah cara memandikan kucing yang benar? Simak artikel Igloo berikut.

Kenapa Kucing Harus Dimandikan?

Kenapa Kucing Harus Dimandikan?

Memandikan kucing secara teratur memiliki beberapa manfaat yang dapat meningkatkan kesehatan dan kenyamanan mereka. Beberapa manfaat memandikan kucing adalah sebagai berikut:

1. Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Kulit

Memandikan kucing peliharaan dapat membantu membersihkan bulu dan kulit kucing dari kotoran, allergen, debu, dan residu produk perawatan diri lainnya. Hal ini tentu akan membantu menjaga kulit kucing tetap sehat dan bebas dari iritasi, infeksi, atau masalah kulit lainnya.

2. Menghilangkan Kotoran yang Menempel

Mandi dapat membantu menghilangkan kotoran atau bahan yang menempel pada bulu kucing, seperti debu, lumpur, atau bahan berbau yang mungkin mereka temui di luar. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko kucing untuk menjilati dan menelan bahan berbahaya yang mungkin ada pada bulu mereka.

3. Mengurangi Allergen dan Parasit 

Mandi dengan shampo yang diformulasikan untuk kucing dapat membantu mengurangi alergen yang menempel pada bulu kucing, seperti alergen dari serbuk sari atau bulu hewan lainnya. Selain itu, mandi juga dapat membantu menghilangkan parasit seperti kutu atau tungau yang bisa menginfeksi kucing.

4. Merawat Bulu 

Mandi dapat membantu menjaga bulu kucing tetap bersih, sehat, dan bebas kusut. Hal ini memungkinkan pertumbuhan bulu yang optimal dan mengurangi risiko pembentukan matting (kusut) yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau masalah kulit.

5. Menjaga Kebersihan Keseluruhan Kucing

Mandi juga membantu menjaga kebersihan umum kucing, termasuk area sekitar kaki, kuku, dan area kelamin. Jadi, memandikan kucing dapat membantu mencegah masalah kesehatan seperti infeksi atau penumpukan kotoran di sekitar tubuhnya.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Jenis Anjing yang Cocok Dijadikan Hewan Peliharaan

Cara Memandikan Kucing

Cara Memandikan Kucing

Memandikan kucing bisa menjadi sedikit sulit dilakukan, terutama bagi kamu yang belum pernah memandikan kucing sebelumnya. Hal ini dikarenakan sebagian besar kucing tidak terlalu suka air.

Namun, jika kamu tidak memiliki waktu untuk pergi ke petshop, kamu bisa ikuti cara memandikan kucing berikut:

1. Persiapan Sebelum Mandi

Siapkan segala perlengkapan yang diperlukan, seperti shampo kucing yang lembut, handuk bersih, dan sikat kucing. Pastikan juga ruangan mandi atau tempat mandi kamu aman dan bebas dari gangguan.

2. Perkenalkan Kucing dengan Air

Setelah perlengkapan mandi sudah siap, ada baiknya untuk memperkenalkan kucing dengan air sedikit demi sedikit. Kamu dapat menggunakan shower dengan tingkat pancaran air yang rendah untuk membasahi tubuh kucing.

3. Sikat dan Potong Kuku

Sebelum memandikannya, sikat kucing terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran, rambut yang rontok, dan kusut. Jika kucing kamu memiliki kuku yang panjang, ada baiknya untuk memotongnya terlebih dahulu sebelum mandi, agar mengurangi risiko cedera yang tidak diinginkan.

4. Mulai Memandikan Kucing

Ketika memulai memandikan kucing, letakkan kucing dengan perlahan di dalam bak mandi yang sudah diisi sedikit air hangat. Pastikan air hanya mencapai tubuhnya.

Lalu, basahi tubuh kucing secara perlahan dengan menggunakan gayung atau shower dengan tingkat pancaran air yang rendah. Hindari menyiramkan air langsung ke wajah kucing.

Setelah tubuhnya basah, aplikasikan shampo kucing secara merata. Hindari menggosok secara kasar dan pastikan busa shampo tidak kena mata.

Setelah itu, bilas kucing dengan hati-hati untuk menghilangkan semua sampo dari bulu. Pastikan tidak ada residu sampo yang tertinggal.

5. Setelah Mandi

Setelah membilasnya, bungkus kucing dalam handuk yang lembut dan keringkan secara perlahan. Kamu bisa menggunakan handuk lain untuk menutupi kepalanya agar kucing merasa lebih aman.

Biarkan kucing mengering secara alami di lingkungan yang hangat dan kering. Hindari pengering rambut atau paparan langsung sinar matahari yang dapat membuat kucing kepanasan.

Setelah kucing benar-benar kering, gunakan sikat kucing untuk menyisir bulu dengan lembut dan menghilangkan kusut.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Jenis Kucing yang Cocok Dijadikan Hewan Peliharaan

Itu dia 5 cara memandikan kucing yang bisa kamu ikuti. Penting untuk diingat bahwa sebagian besar kucing tidak membutuhkan mandi rutin. Hal ini dikarenakan kucing cenderung akan stres dan tidak nyaman saat dimandikan.

Jadi, pastikan kucing kamu dalam kondisi kesehatan yang baik dan pastikan lingkungan mereka tetap bersih agar mereka bisa tidak perlu dimandikan terlalu sering.

Jika kamu ingin merasa lebih tenang memelihara kucing, memiliki pet insurance atau asuransi hewan peliharaan dari Igloo  adalah jawaban yang tepat.

Dengan adanya asuransi tersebut, berbagai macam keuntungan bisa kamu dapatkan jika terjadi hal-hal diluar dugaan pada kucing kesayanganmu.

Untuk melakukan pembelian asuransi hewan peliharaan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di igloo.co.id/id/asuransi-hewan
  2. Pilih jenis asuransi hewan peliharaan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Kucing dan Asuransi Anjing, dengan atau tanpa sertifikat (Stambum/ICA)
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis hewan peliharaan yang diinginkan
  4. Masukan informasi hewan peliharaan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, paylater maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk mengajukan klaim, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kirimkan detail dan dokumen klaim kamu melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  2. Permohonan klaim harus dibuat secara tertulis dengan dokumen yang lengkap dalam jangka waktu kurang dari 3 x 24 jam sejak kejadian
  3. Pembayaran klaim akan dikirimkan kepada kamu dalam waktu 14 hari kerja sejak permohonan klaim diterima

Selain asuransi hewan peliharaan, dapatkan juga berbagai produk asuransi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga, asuransi kendaraan mulai dari asuransi mobil hingga asuransi sepeda motor, dan asuransi perjalanan untuk melindungi serunya petualangan kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu