jenis kucing untuk dipelihara

8 Rekomendasi Jenis Kucing yang Cocok Dijadikan Hewan Peliharaan

Table of Contents

Kucing merupakan salah satu hewan yang sering dijadikan peliharaan di rumah. Selain menjadi teman setia sang pemilik, ada beberapa alasan yang membuat mereka menjadi hewan peliharaan pilihan banyak orang. 

Beberapa diantaranya adalah dapat meningkatkan suasana hati dengan berinteraksi dengan mereka, menumbuhkan nilai-nilai tanggung jawab dengan mengurus mereka, hingga memberikan efek terapeutik, lho.

Jika kamu memiliki tempat yang minimalis atau terbatas, memelihara kucing lebih ideal dibandingkan dengan memelihara hewan peliharaan lainnya yang memiliki ukuran lebih besar.

Hal ini dikarenakan kucing tidak memerlukan ruang terbuka yang luas dan dapat beradaptasi dengan baik dengan hidup di apartemen atau rumah yang minimalis.

Nah, diluar sana ada banyak jenis kucing yang bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan. Jika kamu ingin mengadopsi hewan yang menggemaskan satu ini, artikel berikut akan mendaftar beberapa jenis kucing yang sering dijadikan peliharaan di rumah.

Jenis Kucing yang Cocok untuk Dijadikan Peliharaan

1. Anggora

kucing anggora

Siapa yang tidak kenal dengan jenis kucing yang satu ini? Kucing Anggora adalah salah satu jenis kucing yang dikenal dengan bulu panjang, lebat, dan berpenampilan elegan. 

Kucing yang berasal dari Turki ini sangat energik, aktif, dan suka bermain. Mereka juga dikenal memiliki kepribadian yang menyenangkan dan mudah bergaul.

Kucing Anggora dapat memiliki berbagai macam warna bulu, termasuk putih, hitam, krem, cokelat, dan variasi warna dan pola lainnya.

Bulu mereka lembut, halus, dan bisa tumbuh sangat panjang. Namun, kamu harus melakukan perawatan rutin terhadap bulunya dengan menyikat atau grooming agar tetap terawat dan bebas dari kusut.

2. Persia

kucing Persia

Selanjutnya adalah kucing Persia, jenis kucing ini juga dikenal sebagai kucing Iran. Mereka ini dikenal dengan bulu panjang, dan lebat, serta wajah datar dan hidung yang pesek.

Mata mereka yang besar dan bulat memberi mereka penampilan yang manis dan lucu. Secara sifat, mereka merupakan kucing yang santai, suka beristirahat, dan tidak terlalu aktif secara fisik. 

Bulu mereka sangat halus dan memiliki berbagai macam warna dan pola. Hanya saja, bulu panjang mereka membutuhkan perawatan rutin, termasuk menyisir bulu secara rutin untuk mencegah kusut dan membersihkan area yang rentan terhadap kotoran.

3. Siamese

kucing Siamese

Kucing Siamese merupakan ras yang berasal dari Kerajaan Siam (sekarang Thailand). Mereka memiliki tubuh yang ramping dan elegan, bulu pendek yang halus, serta mata biru.

Salah satu ciri khas yang paling terkenal dari kucing Siamese adalah warna bulu yang kontras, di mana tubuh mereka memiliki warna yang lebih terang, sedangkan telinga, kaki, ekor, dan wajah mereka memiliki warna yang lebih gelap.

Mereka juga dikenal karena suaranya yang unik dan memiliki suara yang lantang dan vokal. Mereka tergolong kucing yang sangat aktif. Jadi, pastikan untuk memberikan mereka mainan interaktif atau mengajak mereka melakukan aktifitas fisik yang cukup.

Kucing Siamese relatif mudah untuk dirawat. Meskipun bulu mereka tidak perlu perawatan intensif, penting untuk menyikat bulu mereka secara teratur untuk menghilangkan bulu mati dan menjaga kondisi kulit yang sehat. 

4. Ragdoll

kucing Ragdoll

Selanjutnya adalah kucing Ragdoll, jenis kucing ini berasal dari Amerika Serikat. Umumnya, kucing Ragdoll berukuran besar, memiliki kepala yang menyerupai segitiga, mata berwarna biru besar, serta bulu yang panjang dan lembut.

Nama “Ragdoll” sendiri merujuk pada sifat kucing ini yang cenderung menjadi lemas saat diangkat, layaknya boneka kain yang lemas.

Seperti kucing Persia, mereka merupakan kucing yang santai dan bukan kucing yang sangat aktif. Namun, mereka masih membutuhkan aktivitas fisik yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh mereka.

Bulu Ragdoll panjang dan lebat, tetapi memiliki tekstur yang lembut dan mudah dirawat. Meskipun bulu mereka harus dirawat agar bebas dari kusut dan bulu mati, mereka tidak memiliki lapisan bulu bawah yang tebal seperti beberapa ras kucing lainnya.

Baca Juga: 5 Panduan Cara Memandikan Kucing yang Mudah Diikuti

5. Maine Coon

kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon adalah salah satu jenis kucing terbesar di dunia. Mereka berasal dari Amerika Serikat, tepatnya dari Maine, Amerika Serikat.

Kucing jantan Maine Coon dewasa biasanya memiliki berat antara 5 hingga 9 kilogram, sedangkan betina biasanya memiliki berat antara 3,5 hingga 6 kilogram.

Kucing Maine Coon memiliki bermacam-macam warna dan pola. Mereka juga memiliki ekor yang panjang dan lebat. Meskipun Maine Coon tergolong kucing besar, mereka tetap aktif dan senang bermain, tidak seperti Persia atau Ragdoll yang lebih suka bermalas-malasan.

6. Scottish Fold

kucing Scottish Fold

Scottish Fold merupakan ras kucing yang berasal dari Skotlandia, mereka dikenal dengan ciri khas telinga yang terlihat melipat ke depan atau ke samping. Ciri khas inilah yang memberikan mereka penampilan unik dan menggemaskan.

Namun, tidak semua individu Scottish Fold memiliki telinga yang dilipat. Beberapa Scottish Fold memiliki telinga yang lurus, dikenal sebagai Scottish Straight.

Selain telinga yang dilipat, mereka memiliki kepala yang bulat, mata besar dan bulat, serta bulu yang bervariasi dalam panjang dan pola. Scottish Fold hadir dalam berbagai warna dan variasi bulu.

7. Sphynx

kucing Sphynx

Jika kamu malas untuk merawat bulu-bulu kucing, kucing Sphynx bisa menjadi pilihan. Pasalnya, kucing Sphinx merupakan salah satu jenis kucing yang dikenal dengan keunikannya, yaitu tidak memiliki bulu atau berbulu sangat tipis. 

Walaupun namanya terinspirasi oleh patung Sphinx di Mesir, mereka sebenarnya berasal dari Kanada. Mereka memiliki tubuh yang ramping dan atletis, serta tidak memiliki bulu. 

Meskipun Sphynx tidak memiliki bulu yang perlu disisir, mereka tetap membutuhkan perawatan khusus. Kulit mereka perlu diperhatikan dan dijaga kebersihannya. Setidaknya, kamu harus memandikannya secara teratur untuk menghilangkan minyak alami dari kulit mereka.

8. Bengal

kucing Bengal

Memelihara kucing Bengal bisa menjadi pilihan jika kamu menginginkan kucing eksotis dengan pola bulu yang mirip dengan macan tutul. Kucing Bengal adalah hasil persilangan antara kucing domestik dengan kucing leopard.

Mereka memiliki tubuh berukuran sedang hingga besar dengan tubuh yang atletis seperti macan pada umumnya. Mereka memiliki kepala berbentuk segitiga, mata berukuran sedang hingga besar berwarna kuning, hijau, atau hazel.

Kucing Bengal adalah jenis kucing eksotis dengan sifat yang aktif. Oleh karen itu, pastikan kamu memberikan mereka lingkungan yang memadai untuk bermain dan melakukan aktivitas fisik.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Jenis Anjing yang Cocok Dijadikan Hewan Peliharaan

Itu dia 8 jenis kucing populer yang sering dijadikan peliharaan, manakah yang akan kamu pilih? Setiap jenis kucing memiliki karakteristik unik dan kepribadian yang berbeda.

Ketika mengadopsi mereka, jangan lupa untuk melakukan perawatan, seperti grooming dan memberi mereka nutrisi yang tepat.

Agar kucing peliharaan kamu semakin terjaga, pastikan untuk memiliki asuransi hewan peliharaan yang akan menjamin kesehatan dan kesejahteraan dari kucing peliharaan kamu.

Untuk melakukan pembelian asuransi hewan peliharaan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di igloo.co.id/id/asuransi-hewan
  2. Pilih jenis asuransi hewan peliharaan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Kucing dan Asuransi Anjing, dengan atau tanpa sertifikat (Stambum/ICA)
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis hewan peliharaan yang diinginkan
  4. Masukan informasi hewan peliharaan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, paylater maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk mengajukan klaim, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kirimkan detail dan dokumen klaim kamu melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  2. Permohonan klaim harus dibuat secara tertulis dengan dokumen yang lengkap dalam jangka waktu kurang dari 3 x 24 jam sejak kejadian
  3. Pembayaran klaim akan dikirimkan kepada kamu dalam waktu 14 hari kerja sejak permohonan klaim diterima

Selain asuransi hewan peliharaan, dapatkan juga berbagai produk asuransi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga, asuransi kendaraan mulai dari asuransi mobil hingga asuransi sepeda motor, dan asuransi perjalanan untuk melindungi serunya petualangan kamu.

Semoga artikel dari Igloo kali ini dapat membantu untuk mendapatkan kucing peliharaan paling tepat untuk kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu