Cara Menghitung Umur Kucing dan Perbandingan Umur Manusia

cara menghitung umur kucing
Table of Contents

Bagi kamu yang memelihara kucing, apakah pernah mendengar kalimat “Satu tahun manusia setara dengan tujuh tahun kucing”? Faktanya, perbandingan umur kucing dan manusia sangatlah jauh. Lalu, bagaimanca cara menghitung umur kucing?

Kucing menua jauh lebih cepat dari manusia. Seperti contoh, kucing berusia satu tahun jauh lebih dewasa daripada anak berusia tujuh tahun.

Selain itu, ada juga beberapa faktor yang mempengaruhi usia kucing peliharaan. Jika kamu memeliharanya dengan baik dan penuh kasih sayang, tentu mereka akan berumur lebih panjang.

Jika sedang memelihara kucing, penting untuk mengetahui umurnya agar kamu dapat mengetahui perawatan yang tepat dan kondisi kesehatan kucing.

Untuk itu, ketahui cara menghitung umur kucing jika dibandingkan dengan umur manusia, selengkapnya di bawah ini!

Cara Menghitung Umur Kucing

cara mengitung umur kucing

Cara menghitung umur kucing berbeda dengan manusia. Umur kucing juga bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk faktor genetik, perawatan yang diberikan, kondisi kesehatan, dan lingkungan di mana kucing tersebut hidup.

Secara umum, harapan hidup kucing berkisar antara 12 hingga 16 tahun. Namun, banyak kucing juga hidup lebih lama dari itu, bahkan hingga usia 20 tahun atau lebih.

Cara menghitung umur kucing bukanlah suatu hal yang rumit, hal ini dikarenakan adanya pedoman menghitung umur kucing yang disetujui oleh American Animal Hospital Association (AAHA), International Cat Care (ICC), dan American Association of Feline Practitioners (AAFP):

  • 1 tahun usia kucing= 15 tahun usia manusia
  • 2 tahun usia kucing= 24 tahun usia manusia
  • Setelah 2 tahun, perhitungan usia kucing berarti sama dengan usia manusia kelipatan 4 tahun

Lalu apabila kucing mulai dari anak hingga lansia, maka ada rumus perhitungannya berdasarkan AAFP- AAHA Feline Stage Guidelines. Berikut perbandingan umur kucing dan manusia:

Anak Kucing: 1-6 bulan

  • 1 bulan = 1 tahun usia manusia
  • 2—3 bulan = 2—4 tahun usia manusia
  • 4 bulan = 6—8 tahun usia manusia
  • 6 bulan = 10 tahun usia manusia

Kucing muda: 7 bulan-2 tahun

  • 7 bulan = 12 tahun usia manusia
  • 12 bulan/1 tahun = 15 tahun usia manusia
  • 18 bulan = 21 tahun usia manusia
  • 24 bulan/2 tahun = 24 tahun usia manusia

Prima: 3 tahun-6 tahun

  • 3 tahun = 28 tahun usia manusia
  • 4 tahun = 32 tahun usia manusia
  • 5 tahun = 36 tahun usia manusia
  • 6 tahun = 40 tahun usia manusia

Dewasa: 7 tahun-10 tahun

  • 7 tahun = 44 tahun usia manusia
  • 8 tahun  = 48 tahun usia manusia
  • 9 tahun = 52 tahun usia manusia
  • 10 tahun = 56 tahun usia manusia

Senior: 11 tahun-14 tahun

  • 11 tahun = 60 tahun usia manusia
  • 12 tahun = 64 tahun usia manusia
  • 13 tahun = 68 tahun usia manusia
  • 14 tahun = 72 tahun usia manusia

Lansia: lebih dari 15 tahun

  • 15 tahun = 76 tahun usia manusia
  • 20 tahun = 96 tahun usia manusia
  • 25 tahun = 116 tahun usia manusia

Faktor yang Memengaruhi Umur Kucing

Perlu dicatat bahwa umur kucing dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk perawatan yang diberikan dan kondisi kesehatannya. Kucing dengan perawatan yang baik dapat hidup hingga usia 20 tahun atau lebih.

Beberapa faktor yang dapat memengaruhi umur kucing antara lain adalah:

1. Memberi Nutrisi yang Tepat

Kucing adalah hewan karnivora, mereka membutuhkan protein hewani dalam diet mereka. Protein membantu dalam pertumbuhan dan pemeliharaan otot, jaringan, dan sistem kekebalan tubuh. 

Lemak juga sumber energi penting bagi kucing. Pastikan makanan kucing yang kamu berikan mengandung lemak sehat seperti asam lemak omega-3 dan omega-6. Selain itu, pastikan makanan kucing yang kamu berikan mengandung vitamin dan mineral esensial seperti vitamin A, D, E, K, B, kalsium, fosfor, magnesium, dan zat besi. 

Hindari makanan yang tidak diperbolehkan untuk diberikan kepada kucing kesayanganmu. Kami sudah membuat artikelnya dengan judul “makanan yang tidak boleh dimakan untuk kucing“.

Pastikan juga kucing memiliki akses yang cukup ke air segar dan bersih setiap saat. Air sangat penting untuk menjaga hidrasi yang baik, pencernaan yang sehat, dan fungsi organ yang optimal.

2. Aktivitas Fisik

Olahraga penting bagi kucing untuk menjaga kesehatan fisik dan mental mereka. Aktivitas fisik yang cukup membantu mencegah kegemukan, menjaga otot yang kuat, meningkatkan kelincahan, serta memberikan stimulasi mental yang dibutuhkan oleh kucing. 

Beberapa aktivitas fisik yang bisa kamu lakukan bersama kucing antara lain adalah berjalan selama 30 menit atau memainkan permainan interaktif menggunakan bola kecil, bulu penari, atau mainan dengan tali untuk bermain dengan kucing kamu.

3. Perawatan Medis

cara menghitung umur kucing

Jangan lupa untuk selalu melakukan check-up ke dokter hewan untuk mengidentifikasi atau membantu mengatasi masalah kesehatan kucing kamu. Dokter hewan akan memberikan saran dan perawatan yang paling sesuai dengan kondisi kesehatan dan kebutuhan kucing kamu.

4. Perhatian

Walaupun tergolong hewan yang mandiri, kucing sangat suka diperhatikan. Memberikan perhatian lebih pada kucing sangat penting untuk memastikan kesehatan, kenyamanan, dan kesejahteraannya. 

Itu dia cara menghitung umur kucing beserta faktor-faktor yang memengaruhi usianya. Oleh karena itu penting untuk merawat kucing kamu dengan baik agar mereka bisa menghabiskan waktu yang lebih lama dengan kamu.

Tidak lupa untuk memiliki asuransi hewan peliharaan terbaik dari Igloo untuk melindungi kucing kamu dari biaya medis yang tidak terduga.

Memiliki asuransi kucing dapat mengurangi beban keuangan yang terkait dengan perawatan medis kucing, terutama dalam kasus penyakit serius atau cedera yang memerlukan perawatan medis intensif.

Dengan membeli asuransi hewan peliharaan dari Igloo, kamu tidak perlu lagi khawatir mengeluarkan biaya yang cukup banyak ketika ke dokter hewan, berikut ini langkahnya:

  1. Kunjungilah “Asuransi Hewan Peliharaan”.
  2. Tentukan polis asuransi hewan yang kamu butuhkan. Di Igloo telah menyediakan asuransi untuk anjing ataupun kucing kesayangan kalian meskipun tidak punya sertifikat (Stambum/ICA).
  3. Pilihlah “Cari di Sini” untuk menentukan hewan peliharaan yang akan kamu belikan asuransinya.
  4. Isikan detail informasi hewan peliharaan.
  5. Selesaikan tahap pembayaran dan dapatkan polis asuransinya. Setelah itu barulah kamu bisa melakukan klaim terhadap pertanggungan yang mereka berikan.

Di Igloo selain Asuransi Hewan Peliharaan, kamu juga bisa menemukan berbagai produk asuransi lain yang kamu butuhkan. Diantaranya Asuransi Sepeda Motor, Asuransi Mobil, dan Asuransi Perjalanan. Jangan sampai rancangan finansialmu terganggu hanya karena pembengkakan biaya perawatan hewan.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu