baby blues adalah

Baby Blues: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Table of Contents

Baby blues syndrome adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perasaan sedih, cemas, atau tertekan yang dialami oleh sebagian besar ibu setelah melahirkan. Kondisi yang memengaruhi psikologis dan fisik seorang ibu yang baru melahirkan ini umum terjadi dalam beberapa hari atau minggu setelah persalinan. 

Setelah proses melahirkan, biasanya seorang perempuan memikirkan peran barunya sebagai seorang ibu. Kondisi ini tentu akan membuat sang ibu stress karena ketidaksiapannya dalam menjalani kehidupan yang baru. 

Lantas, apa saja sih gejala yang dialami seorang perempuan ketika mengalami baby blues syndrome? Bagaimana cara mengatasinya? Simak artikel Igloo berikut.

Gejala Umum Baby Blues

Gejala umum baby blues

Gejala-gejala baby blues umumnya muncul dalam beberapa hari setelah melahirkan dan bisa berlangsung selama beberapa minggu:

  • Perasaan sedih dan menangis tanpa alasan yang jelas
  • Perasaan cemas atau khawatir yang berlebihan
  • Kehilangan minat atau kesenangan pada aktivitas yang biasanya dinikmati
  • Kelelahan yang berat dan sulit tidur, meskipun ada kesempatan untuk beristirahat
  • Perasaan rendah diri atau merasa tidak berharga
  • Kehilangan minat pada diri sendiri atau penampilan fisik
  • Kekhawatiran tentang kemampuan merawat bayi dengan benar
  • Perasaan tertekan atau terjebak dalam situasi yang sulit
  • Mudah tersinggung atau marah dengan cepat
  • Perubahan nafsu makan, termasuk hilangnya nafsu makan atau makan berlebihan
  • Kesulitan berkonsentrasi atau fokus

Baca juga: 7 Rahasia Hidup Sehat: Simpel, Efektif, dan Bermanfaat

Penyebab Baby Blues

Hingga kini, penyebab baby blues syndrome belum diketahui secara pasti. Namun, terdapat beberapa kondisi yang dapat memicu terjadinya baby blues syndrome, yaitu:

Baby blues disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor, termasuk perubahan hormonal, perubahan fisik dan emosional yang terkait dengan kehamilan dan persalinan, serta penyesuaian dengan peran baru sebagai ibu. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum baby blues:

1. Perubahan hormonal

Setelah melahirkan, hormon seperti estrogen dan progesteron dalam tubuh mengalami perubahan. Hal ini tentu dapat memengaruhi suasana hati dan emosi seorang ibu yang dapat membuat suasana hati berantakan, serta adanya perasaan lelah dan tertekan.

2. Perubahan Emosional

Setelah melahirkan, seorang ibu pasti akan memikirkan beban tanggung jawab baru, perasaan tidak aman dalam mengasuh bayi, kekhawatiran tentang kemampuan merawat bayi dengan benar, dan perubahan dalam hubungan interpersonal. Semua hal tersebut tentu dapat menyebabkan stres dan kecemasan yang tinggi.

3. Kurang Tidur

Bayi yang baru lahir kerap terbangun di malam hari dan membutuhkan perawatan atau perhatian. Kesibukan dalam mengurus buah hati ini dapat mengganggu pola tidur seorang ibu dan membuatnya kelelahan.

4.  Kurang Dukungan Sosial 

Kurangnya dukungan emosional dan fisik dari orang-orang terdekat dapat membuat seorang ibu merasa lebih terisolasi dan sulit mengatasi tuntutan dan perubahan yang terkait dengan menjadi seorang ibu baru. Itulah mengapa peran keluarga sangat dibutuhkan untuk mencegah ibu mengalami baby blues syndrome.

Cara Mengatasi Baby Blues

Baby blues syndrome umumnya akan menghilang dalam waktu kurang lebih dua minggu. Meski begitu, kondisi ini perlu dikendalikan agar tidak terjadi secara berkelanjutan. Beberapa upaya penanganan baby blues syndrome adalah sebagai berikut.

1. Istirahat yang Cukup

Kelelahan adalah salah satu dampak dari baby blues. Jadi, cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi baby blues adalah dengan mendapatkan istirahat yang cukup. Kamu bisa meminta bantuan dari orang terdekat lainnya untuk merawat si kecil sehingga kamu dapat mendapatkan waktu istirahat yang memadai.

2. Atur Waktu untuk Diri Sendiri

Me time atau menghabiskan waktu untuk dirinya sendiri dapat membuat seseorang memulihkan energi, mengurangi stres, meningkatkan kesejahteraan emosional, dan menjaga keseimbangan dalam kehidupan sehari-hari. Me time dapat melibatkan berbagai aktivitas yang disukai oleh seseorang tanpa kehadiran orang lain. 

3. Jaga Gaya Hidup Sehat

Walaupun sedang mengalami baby blues, kamu harus tetap aktif secara fisik dengan melakukan olahraga ringan atau berjalan-jalan. Olahraga dapat membantu untuk melepas stres dan meningkatkan kesejahteraan mental.

4. Dapatkan Dukungan Emosional

Carilah seseorang seperti pasangan, keluarga, atau teman-teman terdekat untuk diajak berbicara tentang perasaan kamu. Mendapatkan pemahaman dan dukungan dari orang lain dapat membantu meredakan baby blues. 

Selain berbagi cerita dengan orang-orang terdekat, kamu juga dapat bergabung dengan grup ibu baru melahirkan dimana kamu bisa berbagi pengalaman, tips dan saran dari ibu lain yang mengalami hal serupa. 

5. Jangan Menekan Perasaan

Baby blues adalah respons emosional yang normal setelah melahirkan. Jadi, janganlah menekan perasaan atau merasa bersalah karena mengalami perasaan tertentu. Izinkan diri sendiri untuk merasakan dan mengeluarkan emosi kamu.

Dapatkan Asuransi Kesehatan Terbaik di Igloo

Itu, dia informasi seputar baby blues yang perlu kamu ketahui. Jika gejala baby blues semakin parah atau berlangsung lebih lama dari beberapa minggu, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan mental untuk mendapatkan evaluasi dan perawatan yang diperlukan.

Agar kesehatan kamu semakin terlindungi, ada baiknya untuk memiliki asuransi kesehatan yang terbaik yang akan menawarkan banyak manfaat bagi kamu.

Untuk melakukan pembelian asuransi kesehatan, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Kesehatan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-kesehatan
  2. Pilih jenis asuransi kesehatan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Keluarga dan Asuransi Individu
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis asuransi kesehatan yang diinginkan
  4. Masukan informasi keluarga/personal kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit.
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Baca juga: 8 Rahasia Merawat Rambut agar Tetap Indah dan Sehat

Selain asuransi kesehatan, Igloo juga menawarkan berbagai produk asuransi lain yang dapat memberikan ketenangan pikiran yang sama.

Jika kamu berencana untuk bepergian, pertimbangkan Asuransi Perjalanan Igloo untuk melindungi perjalanan kamu dari kemungkinan gangguan.

Untuk kendaraan berharga, Igloo menyediakan asuransi kendaraan yang akan melindungi investasi kamu baik Asuransi Motor atau Asuransi Mobil. Bahkan teman berbulu kamu bisa mendapatkan perlindungan terbaik dengan Asuransi Hewan Peliharaan.

Jadilah bagian dari keluarga Igloo dengan kunjungi situs web Igloo hari ini dan dapatkan penawaran serta informasi lebih lanjut tentang produk asuransi Igloo. Yuk, lindungi kesehatan dan masa depan kamu bersama Igloo!

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu