health insurance

Asuransi Kesehatan: Pengertian, Jenis dan Cara Menggunakannya

Table of Contents

Asuransi kesehatan adalah salah satu produk asuransi yang kini sudah tidak asing lagi bagi orang-orang di Indonesia. Hal tersebut tidak terlepas dari hadirnya BPJS Kesehatan yang hadir di Indonesia sejak tahun 2014 lalu.

BPJS Kesehatan adalah produk asuransi kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah yang berperan penting dalam memperkenalkan apa itu asuransi kesehatan kepada masyarakat Indonesia.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2018, sebanyak 208 juta dari 262 juta atau sekitar 79,4 persen penduduk Indonesia sudah menggunakan asuransi kesehatan.

Selain asuransi kesehatan BPJS, untuk mendapatkan perlindungan kesehatan yang lebih baik, maka kamu dapat menggunakan asuransi kesehatan terbaik lainnya yang dapat memberikan manfaat lebih.

Karena asuransi kesehatan ini sangat penting, kali ini Igloo akan memberikan informasi lengkap yang perlu kamu ketahui tentang asuransi kesehatan, simak informasinya berikut ini.

Mengapa Asuransi Kesehatan itu Penting?

Sebelum mengetahui berbagai hal tentang asuransi kesehatan, mungkin sebagian dari kamu masih ada yang bertanya mengapa asuransi kesehatan itu penting?

Perlu kamu ketahui bahwa masalah kesehatan bisa datang kapan saja dan biaya kesehatan tidaklah sedikit. Hal tersebut karena biaya pengobatan, biaya rumah sakit dan berbagai biaya keperluan kesehatan lainnya tidaklah ringan.

Disinilah peran penting dan manfaat asuransi kesehatan yang bisa kamu gunakan. 

Asuransi kesehatan akan memberikan perlindungan finansial kepada konsumennya dengan cara memberikan bantuan finansial untuk memenuhi segala kebutuhan kesehatan yang diperlukan, mulai dari biaya perawatan di rumah sakit, biaya obat-obatan yang kamu perlukan, dan berbagai keperluan lainnya.

Baca Juga: 7 Jenis Asuransi di Indonesia, Kenali Terlebih Dahulu

Apa itu Asuransi Kesehatan?

Asuransi kesehatan adalah salah satu dari beberapa produk asuransi yang akan memberikan perlindungan finansial dengan cara menjamin biaya kesehatan atau perawatan konsumennya saat mereka sakit atau mengalami kecelakaan.

Dengan menjadi konsumen produk asuransi kesehatan, maka ketika kamu memerlukan bantuan finansial untuk segala keperluan kesehatan kamu, kamu akan mendapatkan bantuan finansial tersebut dari perusahaan asuransi terbaik yang telah kamu pilih. 

Semua bantuan yang akan diberikan oleh perusahaan asuransi kepada konsumennya akan secara lengkap bisa kamu baca dalam polis asuransi atau surat perjanjian antara perusahaan asuransi dan konsumen yang menggunakan suatu produk asuransi.

Dalam polis asuransi kesehatan contohnya, akan dijelaskan tentang apa saja jenis penyakit yang dapat dibantu biaya pengobatannya oleh perusahaan asuransi, besarnya dana maksimal yang dapat diberikan oleh perusahaan asuransi, sampai dengan hak dan kewajiban bagi perusahaan asuransi dan konsumennya.

Dalam polis asuransi ini juga terdapat informasi yang telah disepakati tentang premi asuransi atau biaya yang harus konsumen keluarkan setiap bulannya. 

Perlu kamu ketahui juga, semakin tinggi biaya premi yang harus dikeluarkan oleh seorang konsumen, maka fasilitas dan manfaat asuransi kesehatan yang diterimanya akan semakin banyak.

Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan

Informasi berikutnya tentang asuransi kesehatan yang perlu kamu ketahui adalah beberapa jenis asuransi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa jenis asuransi kesehatan tersebut.

1. Asuransi Kesehatan Rawat Inap

Jenis asuransi kesehatan yang pertama adalah terbagi berdasarkan jenis perawatannya, yaitu rawat inap dan rawat jalan.

Asuransi kesehatan rawat inap adalah asuransi kesehatan yang akan menanggung biaya-biaya rumah sakit saat kamu harus melakukan rawat inap atau perawatan di dalam rumah sakit.

2. Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Asuransi kesehatan rawat jalan adalah asuransi kesehatan yang akan menanggung semua biaya-biaya pengobatan yang diperlukan tanpa harus menginap atau berada di dalam rumah sakit, seperti biaya pengecekan laboratorium, biaya-biaya obat-obatan dan beberapa biaya lainnya.

3. Asuransi Kesehatan Milik Pemerintah

Asuransi kesehatan juga terbagi berdasarkan lembaga penyelenggaranya, yaitu pemerintah dan swasta.

Asuransi kesehatan milik pemerintah ini adalah asuransi kesehatan yang dikelola oleh pemerintah, salah satunya adalah BPJS Kesehatan.

4. Asuransi Kesehatan Milik Swasta

Jenis asuransi kesehatan berikutnya adalah asuransi kesehatan milik swasta. Asuransi kesehatan milik swasta ini bisa memberikan kamu manfaat perlindungan dan bantuan lebih banyak jika membandingkannya dengan asuransi kesehatan milik pemerintah, dan saat kamu memilih menggunakan asuransi kesehatan milik swasta ini, kamu harus membayar premi setiap bulannya.

5. Asuransi Kesehatan Personal

Jenis asuransi kesehatan yang terbagi berdasarkan pihak yang tertanggung atau pihak yang dilindungi oleh perusahaan asuransi, jenis asuransi tersebut adalah asuransi kesehatan personal dan asuransi kesehatan kolektif atau kelompok.

Asuransi kesehatan personal atau individu adalah asuransi kesehatan yang akan memberikan perlindungan finansial dan manfaat lainnya hanya kepada satu orang saja.

6. Asuransi Kesehatan Kolektif atau Kelompok

Asuransi kesehatan kolektif atau kelompok adalah asuransi kesehatan yang akan memberikan perlindungan finansial dan manfaat lainnya kepada suatu kelompok atau beberapa orang sekaligus contohnya seperti keluarga atau sebuah perusahaan.

7. Asuransi Kesehatan Murni

Jenis asuransi kesehatan berdasarkan manfaatnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu asuransi kesehatan murni dan asuransi kesehatan unit link.

Asuransi kesehatan murni adalah asuransi kesehatan yang akan memberikan manfaat perlindungan finansial untuk masalah kesehatan kamu saja tanpa manfaat lebih seperti investasi.

8. Asuransi Kesehatan Unit Link

Asuransi kesehatan unit link adalah asuransi kesehatan yang tidak hanya memberikan perlindungan finansial untuk masalah kesehatan kamu saja. Asuransi kesehatan unit link juga akan memberikan manfaat lebih yaitu dapat digunakan sebagai instrumen investasi.

9. Asuransi Kesehatan Pertanggungan Total

Berdasarkan jenis pertanggungannya, asuransi kesehatan terbagi menjadi dua jenis, yaitu asuransi kesehatan pertanggungan total dan asuransi kesehatan pertanggungan tinggi.

Asuransi kesehatan pertanggungan total adalah asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan finansial atas semua pengeluaran yang kamu keluarkan dan semua kebutuhan untuk pengobatan masalah kesehatan kamu.

10. Asuransi Kesehatan Pertanggungan Tinggi

Berbeda dengan asuransi kesehatan pertanggungan total, asuransi kesehatan pertanggungan tinggi hanya akan memberikan perlindungan finansial atas biaya tertinggi yang kamu keluarkan untuk masalah kesehatan kamu.

Baca Juga: Apa Itu Asuransi? Pengertian, Jenis, Manfaat Lengkapnya

Cara Menggunakan Asuransi Kesehatan

Informasi terakhir yang cukup penting akan disampaikan Igloo kali ini adalah tentang bagaimana cara menggunakan asuransi kesehatan yang telah kamu pilih.

Sebelum mengetahui bagaimana cara menggunakan asuransi kesehatan yang telah kamu pilih, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut. 

  1. Perhatikan dan pelajari cara pengajuan klaim dari produk asuransi kesehatan kamu dalam polis asuransi, apakah produk asuransi kesehatan kamu termasuk asuransi kesehatan reimbursement atau asuransi kesehatan cashless.
  2. Pastikan asuransi sudah aktif.
  3. Pastikan selalu membayar premi.
  4. Cermati beberapa pengecualian dalam polis asuransi.

Setelah memastikan beberapa hal tersebut, maka baik asuransi kesehatan cashless dan asuransi kesehatan reimbursement mempunyai cara klaim atau cara penggunaan yang berbeda.

Jika kamu menggunakan asuransi kesehatan cashless, maka kamu cukup menunjukan kartu anggota atau bukti bahwa kamu adalah konsumen aktif dari sebuah produk asuransi kesehatan ke pihak rumah sakit yang telah melakukan kerja sama dengan perusahaan asuransi yang kamu pilih..

Setelah menunjukan hal tersebut, kamu dapat merasakan berbagai manfaat bantuan finansial dari asuransi kesehatan yang kamu pilih. Bantuan finansial tersebut adalah mulai dari bantuan finansial untuk mendapatkan kamar rumah sakit, konsultasi ke dokter, obat-obatan dan masih banyak lagi.

Berbeda dengan asuransi kesehatan cashless, asuransi kesehatan reimbursement.mengharuskan konsumennya untuk menggunakan biaya pribadi untuk berbagai kebutuhan masalah kesehatannya.

Setelah itu, semua biaya-biaya yang telah dikeluarkan bisa dikembalikan oleh perusahaan asuransi dengan cara mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi.

Cara mengajukan klaim untuk asuransi kesehatan reimbursement ini berbeda-beda antara satu perusahaan asuransi dengan perusahaan asuransi lainnya. Namun umumnya, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk mengajukan klaim asuransi kesehatan reimbursement ini.

Beberapa hal tersebut adalah formulir klaim asuransi kesehatan yang bisa kamu minta kepada pihak perusahaan asuransi dan bukti-bukti pengeluaran biaya seperti struk pembelian obat dan bukti-bukti lainnya. Untuk persyaratan yang lebih rinci, kamu dapat menemukannya pada polis asuransi.

Itulah informasi lengkap dan penting yang perlu kamu ketahui tentang asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang sangat penting untuk dimiliki oleh siapapun. 

Akan jauh lebih bermanfaat jika kamu menggunakan asuransi kesehatan sedini mungkin karena datangnya masalah kesehatan bukanlah suatu hal yang bisa kamu perkirakan sebelumnya. Semoga informasi tentang asuransi kesehatan dari Igloo kali ini bermanfaat untuk kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu