polis asuransi adalah

Polis Asuransi: Pengertian, Fungsi dan Isi Polis Asuransi

Table of Contents

Saat ini, sudah banyak orang yang menggunakan asuransi dengan tujuan untuk mendapatkan perlindungan finansial yang lebih baik saat dibutuhkan.

Dalam asuransi ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui, dan salah satunya adalah polis asuransi. Polis asuransi adalah salah satu hal yang sangat penting untuk kamu ketahui agar bisa mendapatkan manfaat maksimal dari produk asuransi yang kamu gunakan.

Hal tersebut karena dalam polis asuransi ada berbagai informasi yang sangat penting seperti premi yang perlu kamu bayarkan sampai beberapa manfaat produk asuransi yang kamu gunakan.

Karena polis asuransi sangat penting, kali ini Igloo akan memberikan informasi lengkap mengenai polis asuransi mulai dari pengertian, fungsi sampai dengan isi polis asuransi. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Pengertian Polis Asuransi

Pengertian Polis Asuransi

Informasi pertama tentang polis asuransi yang perlu kamu ketahui adalah pengertian dari polis asuransi ini. Polis asuransi adalah bukti perjanjian tertulis yang sah antara pihak perusahaan asuransi sebagai pihak penanggung jawab dan konsumen sebagai pihak tertanggung jawab.

Secara umum, polis asuransi berisi tentang hak dan kewajiban dari kedua belah pihak. Polis asuransi juga akan menjadi pedoman atau panduan konsumen produk asuransi dalam memanfaatkan produk asuransi yang telah dipilih.

Sementara dari sisi perusahaan asuransi, polis asuransi akan melindungi perusahaan asuransi dari tuntutan atau hal yang seharusnya tidak mereka tanggung.

Kita akan mengambil contoh saat kamu menggunakan produk asuransi kesehatan. Saat kamu mengalami suatu penyakit dan harus melakukan perawatan, maka apabila semua kondisi mulai dari jenis penyakit sampai dengan biaya pengobatan lainnya telah disebutkan dalam polis asuransi, maka perusahaan asuransi memiliki kewajiban untuk memberikan perlindungan finansial kepada kamu.

Berdasarkan contoh tersebut, sangat penting bagi kamu untuk memiliki asuransi kesehatan terbaik sekarang juga, karena datangnya suatu penyakit tentu tidak dapat kamu ketahui atau kamu perkirakan sebelumnya, selain itu juga biaya kesehatan saat kamu sakit juga tidaklah sedikit.

Baca Juga: 7 Jenis Asuransi di Indonesia, Kenali Terlebih Dahulu

Fungsi Polis Asuransi

Setelah mengetahui pengertian dari polis asuransi adalah perjanjian tertulis yang sah antara perusahaan asuransi dan konsumen produk asuransi, berikut ini adalah beberapa fungsi lengkap dari polis asuransi baik dari sisi konsumen dan perusahaan asuransi.

Fungsi polis asuransi bagi konsumen produk asuransiBerikut ini adalah beberapa fungsi polis asuransi bagi konsumen produk asuransi yang perlu kamu ketahui.

  1. Menjadi alat bukti tertulis yang sah sebagai jaminan pertanggung jawaban dari perusahaan asuransi atas berbagai risiko dan penggantian kerugian yang mungkin terjadi pada konsumen.
  2. Menjadi alat bukti pembayaran premi yang sah yang harus dibayarkan setiap bulannya.
  3. Menjadi alat bukti yang sah untuk menuntut pertanggungjawaban perusahaan asuransi jika perusahaan asuransi tidak menjalankan kewajibannya untuk memberikan perlindungan finansial kepada konsumennya.

Fungsi polis asuransi bagi perusahaan asuransiBerikut ini adalah beberapa fungsi polis asuransi bagi perusahaan asuransi yang perlu kamu ketahui.

  1. Menjadi alat bukti pembayaran atau tanda terima sah tentang premi asuransi yang dibayarkan oleh konsumen.
  2. Menjadi bukti tertulis untuk jaminan yang diberikan kepada konsumen.
  3. Menjadi bukti tertulis untuk menolak dan melindungi perusahaan asuransi atas segala tuntutan ganti rugi yang tidak sesuai dengan polis asuransi.

Isi Polis Asuransi

Informasi berikutnya yang perlu kamu ketahui tentang polis asuransi adalah apa saja isi dari polis asuransi, berikut ini adalah beberapa polis asuransi yang perlu kamu ketahui.

1. Hak Mempelajari Polis Asuransi

Isi polis asuransi pertama yang perlu kamu ketahui adalah hak untuk mempelajari polis asuransi. Pada polis asuransi atau dijelaskan secara verbal, umumnya perusahaan asuransi akan menjelaskan bahwa kamu memiliki waktu kurang lebih 14 hari sejak tanggal terbitnya untuk mempelajari isi dari polis asuransi yang kamu terima.

Manfaatkanlah waktu tersebut untuk memahami mulai dari syarat dan ketentuan serta berbagai informasi lainnya yang harus kamu ketahui.

2. Data Pemegang Polis atau Konsumen

Isi berikutnya dari polis asuransi adalah data-data atau informasi pemegang polis atau konsumen.

Pada bagian ini, sangat penting bagi kamu untuk memastikan dengan baik dan teliti tentang data-data yang tercantum dalam polis asuransi apakah sudah sesuai atau belum.

Jangan sampai ada kesalahan pada bagian ini karena bisa mempersulit kamu di kemudian hari.

3. Manfaat Asuransi

Isi selanjutnya dari polis asuransi adalah informasi tentang manfaat asuransi yang kamu pilih. Pada bagian manfaat asuransi ini akan dijelaskan secara rinci apa saja manfaat perlindungan finansial yang akan kamu terima ketika menggunakan produk asuransi yang kamu pilih.

Bacalah dengan baik pada bagian ini agar kamu mengetahui dengan rinci manfaat perlindungan finansial apa saja yang akan kamu terima dari produk asuransi pilihan kamu.

4. Pengecualian

Informasi berikutnya dalam polis asuransi adalah pengecualian apa saja yang dapat menyebabkan klaim asuransi ditolak oleh perusahaan asuransi.

Pengecualian ini biasanya akan berbeda tergantung dari jenis asuransi dan perusahaan asuransi yang kamu pilih. Sangat penting bagi kamu untuk memahami dan mengingat pada bagian pengecualian ini.

Hal tersebut agar kamu dapat mengetahui apa saja yang dapat dan tidak dapat ditanggung oleh perusahaan yang kamu pilih.

Baca Juga: Asuransi Kesehatan: Pengertian, Jenis dan Cara Menggunakannya

5. Premi Asuransi

Isi yang sangat penting selanjutnya untuk kamu pahami dalam polis asuransi adalah premi asuransi atau uang yang harus kamu bayarkan setiap bulannya agar dapat menerima manfaat dari produk asuransi yang kamu pilih.

Pada bagian ini dijelaskan secara rinci tentang premi asuransi yang harus kamu bayarkan setiap bulannya dan penting bagi kamu untuk mengingatnya.

Selain itu juga, kamu juga dapat mengajukan perubahan premi asuransi ini jika dirasa perlu, namun hal ini tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan asuransi.

6. Cara Klaim

Dalam polis asuransi tentunya harus ada informasi tentang cara klaim atau cara menggunakan produk asuransi yang kamu pilih. Pada bagian ini akan dijelaskan dengan rinci bagaimana menggunakan produk asuransi yang kamu pilih.

Sebagai contoh, ada beberapa cara klaim asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih, yaitu reimbursement dan cashless.

Jika produk asuransi kamu menggunakan sistem reimbursement, maka akan dijelaskan apa saja yang perlu kamu siapkan untuk mendapatkan uang ganti rugi yang telah kamu keluarkan sebelumnya.

7. Masa Pertanggungan

Isi selanjutnya dari polis asuransi adalah masa pertanggungan atau berapa lama perusahaan asuransi akan melindungi konsumennya. Pada informasi ini akan dijelaskan berapa lama perusahaan asuransi akan melindungi konsumennya dan kapan tepatnya masa perlindungan ini berakhir.

Sangat penting bagi kamu untuk mengetahui hal ini pada polis asuransi agar dapat memanfaatkan produk asuransi dengan maksimal.

8. Informasi Tambahan Lainnya

Isi terakhir dari polis asuransi adalah beberapa informasi tambahan lainnya. Beberapa informasi tambahan lainnya tersebut adalah seperti beberapa manfaat lebih yang bisa kamu dapatkan jika membayar lebih.

Ada juga informasi jumlah pengembalian dana yang akan diberikan perusahaan asuransi pada akhir periode, namun hal ini tentunya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Selain kedua hal tersebut, akan beberapa hal lainnya yang perlu kamu pelajari dengan baik. Itulah beberapa informasi tentang polis asuransi dari Igloo yang perlu kamu ketahui.

Saat ini sudah cukup banyak perusahaan asuransi yang dapat kamu pilih, namun untuk mendapatkan produk asuransi terbaik, kamu dapat mempercayakannya kepada Igloo. Semoga informasi tentang polis asuransi dari Igloo ini bermanfaat untuk kamu dalam mendapatkan asuransi yang terbaik.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu