digital insurance

Asuransi Digital: Pengertian, Kelebihan, dan Cara Memilihnya

Table of Contents

Sebagian besar aspek kehidupan saat ini sedang mengalami transformasi online. Perubahan ini juga memengaruhi sektor asuransi, di mana banyak perusahaan asuransi yang kini menyajikan opsi asuransi digital atau juga disebut dengan asuransi online.

Pada prinsipnya, asuransi bertujuan untuk memberikan perlindungan keuangan jangka panjang kepada nasabahnya. Namun, yang membedakan adalah asuransi online yang hadir dalam bentuk digital.

Untuk mempelajari asuransi online lebih rinci, yuk, simak artikel yang telah Blog Igloo rangkum berikut!

Pengertian Apa itu Asuransi Digital?

Pengertian Apa itu Asuransi Digital?

Asuransi online adalah jenis asuransi yang dapat diakses dan dikelola secara digital melalui aplikasi online atau platform daring. Saat ini, jenis asuransi yang dapat diakses secara online bervariasi, meliputi Asuransi Kesehatan, Asuransi Hewan Peliharaan, Asuransi Kendaraan, Asuransi Perjalanan, dan banyak lagi.

Dalam asuransi konvensional, nasabah perlu melakukan pertemuan tatap muka dengan agen atau perwakilan perusahaan asuransi untuk membeli, mengajukan klaim, atau memperbarui polis. 

Sebaliknya, pada asuransi digital, nasabah dapat memperoleh informasi tentang polis dan membandingkan produk melalui aplikasi yang disediakan. Nasabah dapat membeli polis tanpa perlu bertemu langsung dengan agen, karena semua informasi dapat diakses melalui platform online.

Berbeda dengan asuransi konvensional yang mengharuskan pemegang polis untuk mengumpulkan dokumen fisik dan berkomunikasi dengan agen atau perwakilan untuk mengajukan klaim, proses klaim asuransi online seringkali lebih efisien. 

Hal ini dikarenakan proses asuransi online telah dilengkapi dengan teknologi integrasi, memungkinkan pemegang polis untuk mengajukan klaim hanya melalui platform digital.

Baca Juga: 3 Contoh Kasus Asuransi Kecelakaan dalam Kehidupan Sehari-hari

Kelebihan Asuransi Digital

Kelebihan Asuransi Digital

Asuransi digital memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan asuransi konvensional. Beberapa diantaranya adalah:

1. Proses Pengajuan yang Mudah

Asuransi digital memungkinkan akses produk asuransi konsumen melalui aplikasi perusahaan asuransi terkait. Kemudahan akses digital memungkinkan nasbaah untuk mengajukan polis dari berbagai lokasi dan kapan saja, tanpa perlu melibatkan perantara atau kunjungan langsung ke kantor asuransi.

Proses pendaftaran, klaim, dan penyelesaian keluhan terkait polis asuransi menjadi lebih praktis dan cepat melalui pemanfaatan teknologi digital.

Dengan asuransi digital, nasabah tidak perlu khawatir mengenai berbagai proses, karena proses pendaftaran hingga klaim dapat dilakukan secara online, menghemat waktu, dan dapat diakses dari mana saja kapan saja.

2. Lebih Fleksibel dalam Menentukan Jangka Waktu Perlindungan dan Besaran Premi

Kelebihan dari asuransi digital selanjutnya adalah memberikan calon nasabah untuk melakukan riset dan perbandingan antara produk asuransi dengan mudah. Mereka dapat membandingkan manfaat dan premi dari berbagai produk yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan asuransi.

Hal ini memberikan keleluasaan dan transparansi dalam proses pemilihan asuransi. Calon nasabah dapat lebih mudah memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Mereka dapat melihat jenis asuransi, besaran premi, serta manfaat dari berbagai produk asuransi sebelum membuat keputusan.

3. Pengajuan Klaim Secara Digital

Dalam era asuransi digital, nasabah memiliki kemampuan untuk melakukan proses klaim secara mandiri melalui platform online yang disediakan oleh perusahaan asuransi. 

Nasabah tidak perlu lagi bergantung pada tenaga pemasar sebagai perantara, melainkan dapat mengakses informasi dan memantau perkembangan klaim mereka sendiri. Hal ini memberikan kenyamanan dan kontrol lebih kepada nasabah dalam mengurus klaim mereka.

Selain itu, proses klaim akan lebih efisien dalam asuransi digital. Jika terdapat dokumen yang kurang, nasabah dapat melengkapi dokumen tersebut, dan tim berkapabilitas dari perusahaan akan membantu dalam melanjutkan proses klaim tanpa perlu banyak perantara.

Baca Juga: Asuransi Konvensional: Pengertian, Jenis, dan Keunggulannya

Cara Memilih Asuransi Digital atau Asuransi Online

Cara Memilih Asuransi Digital atau Asuransi Online

Sebagaimana dalam asuransi konvensional, pemilihan produk asuransi online juga mengharuskan kamu untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan agar bermanfaat secara optimal. Berikut beberapa cara memilih produk asuransi online yaang dapat kamu ikuti.

1. Tentukan Kebutuhan Asuransi

Menentukan kebutuhan asuransi adalah langkah awal yang penting dalam memilih produk asuransi digital atau online. Dengan mengetahui kebutuhan asuransi yang sesuai, kamu dapat memilih produk asuransi yang memberikan perlindungan yang paling tepat. 

Misalnya, jika kamu ingin memberikan perlindungan pada mobil, maka kamu harus memilih produk asuransi kendaraan Total Loss Only (TLO) atau All Risk. 

Selain itu, menilai situasi finansial, seperti mengidentifikasi risiko yang mungkin dihadapi, dan menentukan sejauh mana dana dapat dialokasikan untuk membayar premi asuransi adalah tips penting dalam mengevaluasi kebutuhan perlindungan finansial kamu.

2. Menyusun Penilaian Terhadap Penawaran Asuransi Digital

Selanjutnya adalah melakukan peninjauan terhadap ragam produk asuransi dari berbagai penyedia, memerhatikan aspek cakupan perlindungan, besaran premi yang diperlukan, manfaat yang tersedia, dan layanan yang disajikan.

Lakukan perbandingan terhadap reputasi perusahaan asuransi, feedback dari pelanggan, dan kebijakan penyelesaian klaim yang diterapkan. Pastikan perusahaan asuransi yang kamu pilih telah terdaftar dan mendapat pengakuan dari Otoritas Jasa Keuangan.

3. Teliti dalam Membaca serta Memahami Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Amati dengan seksama lingkup perlindungan, periode keberlakuan polis, batasan klaim, dan persyaratan serta kondisi lain yang berlaku. Pastikan untuk memahami secara menyeluruh semua ketentuan tersebut.  

Oleh karena itu, sebelum membuat keputusan, disarankan untuk membaca dan memahami sepenuhnya syarat dan ketentuan yang terkait dengan polis asuransi yang akan kamu pilih.

Sekarang, kamu sudah paham kan mengenai asuransi digital? Pada zaman digital yang sangat praktis seperti sekarang, memperoleh perlindungan risiko dan kedamaian pikiran dapat dilakukan dengan mudah.

Jika kamu ingin berkonsultasi terkait produk asuransi terbaik untuk kebutuhan kamu, jangan sungkan untuk ajukan pertanyaan kamu bersama Igloo, ya!

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu