apa itu asuransi

Apa Itu Asuransi? Pengertian, Jenis, Manfaat Lengkapnya

Table of Contents

Apa itu asuransi? Secara umum asuransi adalah salah satu produk pengelolaan keuangan yang memiliki tujuan untuk melindungi konsumen atau orang yang menggunakan asuransi dari kerugian finansial yang besar.

Ketika kamu memilih menggunakan suatu produk asuransi, maka kamu akan mendapatkan surat perjanjian atau kesepakatan antara perusahaan asuransi dan kosumen atau orang yang menggunakan suatu produk asuransi.

Dalam surat perjanjian atau kesepakatan tersebut, konsumen produk asuransi memiliki kewajiban membayar premi setiap bulan untuk mendapatkan pertanggungan dari perusahaan asuransi.

Sementara perusahaan asuransi memiliki kewajiban memberikan pertanggung jawaban berupa sejumlah uang ketika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan dan mencegah pelanggannya mengalami kerugian finansial yang besar.

Produk atau jenis asuransi juga cukup beragam, untuk lebih mengenal tentang apa itu asuransi, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Apa itu Asuransi?

Dalam UU No. 40 Tahun 2014, asuransi adalah perjanjian antara dua pihak, kedua belah pihak tersebut adalah perusahaan asuransi dan pemegang polis. Pemegang polis adalah konsumen produk asuransi atau pihak tertanggung yang memiliki kewajiban membayarkan iuran atau premi setiap bulannya kepada perusahaan asuransi.

Pembayaran iuran atau premi ini dilakukan agar konsumen produk asuransi atau pihak yang tertanggung mendapatkan penggantian biaya atas berbagai macam risiko yang diterima seperti risiko kerugian, risiko kerusakan atau risiko kehilangan dari perusahaan asuransi selaku penanggung jawab.

Otoritas Jasa Keuangan atau OJK selaku badan pengawas berbagai kegiatan keuangan di Indonesia juga memberikan pengertian tentang apa itu asuransi.

Menurut OJK, asuransi adalah perjanjian antara penanggung jawab dan tertanggung, yang mewajibkan pihak tertanggung membayar sejumlah premi untuk mendapatkan penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, kematian, atau kehilangan yang diderita karena suatu peristiwa yang tidak terduga dari perusahaan asuransi atau pihak penanggung jawab.

Selain menurut peraturan UU No.40 Tahun 2014 dan OJK, dasar hukum dalam menjalankan asuransi di Indonesia juga telah diatur dalam beberapa peraturan lainnya. Beberapa peraturan tersebut adalah seperti

  1. KUHP Pasal 1320 dan Pasal 1774
  2. KUHP Bab 9 Pasal 246
  3. Peraturan Pemerintah No. 73 Tahun 1992
  4. Peraturan Pemerintah No. 63 Tahun 1999

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, asuransi adalah perjanjian antara dua pihak, dimana pihak pertama adalah pihak yang memiliki kewajiban membayar iuran dan pihak yang kedua berkewajiban memberikan jaminan kepada pihak pertama apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan menimpa pihak pertama sesuai dengan perjanjian yang dibuat.

Berdasarkan informasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa asuransi adalah upaya perlindungan keuangan seseorang untuk menghadapi risiko kerugian finansial yang besar dari kejadian yang tidak terduga dengan membayar sejumlah iuran atau premi.

Perlu kamu ketahui juga, objek asuransi juga beragam, mulai dari benda atau jasa, jiwa, raga, kesehatan dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Jenis Asuransi Motor: Pengertian dan Manfaatnya

Jenis-Jenis Asuransi

Setelah mengetahui apa itu asuransi, kamu juga perlu mengetahui beberapa produk atau jenis asuransi yang bisa kamu pilih. Berikut ini adalah informasi selengkapnya.

1. Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi pertama yang paling banyak digunakan oleh banyak orang adalah asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan ini juga digunakan banyak perusahaan di Indonesia karena merupakan asuransi wajib yang harus diberikan perusahaan kepada karyawannya. 

Asuransi kesehatan akan memberikan jaminan uang pengobatan kepada peserta asuransi kesehatan atau pemegang polis untuk setiap biaya pengobatan yang diterima.

Biaya pengobatan yang ditanggung oleh perusahaan asuransi tersebut juga beragam bentuknya, mulai dari biaya berobat, pengobatan penyakit tertentu, biaya rumah sakit, dan biaya obat-obatan tergantung dari isi perjanjian asuransi yang dibuat.

Sebagai tips tambahan dalam mendapatkan asuransi kesehatan terbaik, kamu bisa mencari asuransi kesehatan yang dapat memberikan perlindungan dari kerugian finansial untuk berbagai macam penyakit, premi yang terjangkau dan proses klaim yang mudah saat kamu sakit.

Datangnya suatu penyakit juga tentunya tidak dapat diprediksi oleh seseorang dan biaya untuk menjaga kesehatan saat kamu sedang sakit juga sering kali tidaklah sedikit, karena hal tersebut sangat penting bagi kamu untuk mendapatkan asuransi kesehatan yang terbaik.

2. Asuransi Kendaraan

Asuransi Kendaraan

Selain asuransi kesehatan, jenis asuransi yang paling banyak digunakan orang Indonesia lainnya adalah asuransi kendaraan. Kerugian yang bisa muncul saat terjadi hal yang tidak diinginkan ketika kamu berkendara tidaklah sedikit. 

Karena hal tersebut, asuransi kendaraan menjadi pilhan yang tepat untuk melindungi kamu dari kerugian yang bisa muncul akibat kejadian tak terduga saat berkendara..

Asuransi kendaraan akan memberikan kamu kemudahan untuk melindungi kendaraan kamu dan memberikan perasaan tenang dari berbagai hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan sampai kehilangan kendaraan.

Perlu kamu ketahui juga, memiliki asuransi kendaraan juga bisa meningkatkan harga jual dari mobil kamu.

Karena beberapa hal tersebut, maka sangat penting bagi kamu untuk mendapatkan asuransi kendaraan terbaik bagi kendaraan kamu

3. Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa

Jenis asuransi berikutnya yang harus kamu ketahui adalah asuransi jiwa. Asuransi jiwa merupakan salah satu jenis asuransi yang cukup umum dan banyak digunakan oleh banyak orang di Indonesia. 

Asuransi jiwa adalah program perlindungan finansial dalam bentuk uang tunai apabila pemegang polis atau orang yang menggunakan asuransi ini meninggal dunia atau mengalami cacat total. 

Dalam asuransi jiwa, jika pihak yang menjadi pemegang polis ini meninggal dunia, maka uang tunai dari perusahaan asuransi tersebut nantinya akan diberikan pihak asuransi kepada pihak yang telah ditunjuk oleh pemegang polis. 

Sebagai contoh apabila kamu menggunakan asuransi jiwa, maka kamu akan menunjuk orang lain seperti istri, suami atau anak-anak kamu sebagai pihak penerima asuransi ini apabila kamu meninggal dunia.

Untuk jumlah uang tunai yang akan diberikan pihak perusahaan asuransi kepada pihak yang telah ditunjuk pemegang polis tergantung dari jumlah premi yang dibayarkan pemegang polis dan kesepakatan dalam perjanjian asuransi antara perusahaan asuransi dan pemegang polis.

4. Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi Kecelakaan Diri

Jenis asuransi berikutnya adalah asuransi kecelakaan diri. Asuransi kecelakaan diri sekilas mirip dengan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, lalu apa itu asuransi kecelakan diri?

Asuransi kecelakaan diri adalah asuransi yang berfokus pada akibat yang bisa timbul apabila terjadi kecelakaan pada pemegang polis, baik itu untuk biaya obat-obatan, biaya berobat dan bahkan sampai uang tunai apabila pemegang polis meninggal dunia. Uang tunai tersebut akan diberikan kepada pihak yang telah ditunjuk oleh pemegang polis.

Terjadinya kecelakaan pada diri sendiri tentunya juga tidak dapat kamu prediksi dan bisa datang kapan saja. Karena hal tersebut sangat penting bagi kamu untuk mendapatkan asuransi kecelakaan diri yang terbaik dan memudahkan kamu mendapatkan manfaat dari asuransi ini.

5. Asuransi Pendidikan

Pendidikan merupakan hal penting bagi semua orang terutama bagi anak-anak kamu. Biaya pendidikan juga setiap tahunnya akan meningkat, karena hal tersebut asuransi pendidikan banyak digunakan oleh banyak orang.

Asuransi pendidikan adalah bentuk perlindungan pendidikan bagi anak-anak apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada kamu sebagai orang tua mereka. 

Besar uang tunai yang akan diterima dalam asuransi ini tergantung dari seperti apa isi perjanjian asuransi pendidikan tersebut dan besar uang premi setiap bulannya serta jangka waktu berapa lama pembayaran premi berlangsung.

Asuransi pendidikan ini juga bisa kamu gunakan sebagai tempat untuk menabung dan berinvestasi dengan tujuan mempersiapkan pendidikan terbaik bagi anak-anak.

Banyak orang menggunakan asuransi pendidikan ini dengan memperhitungkan kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan manfaat dari asuransi ini. 

Sebagai contoh apabila dalam 4 tahun kedepan, anak-anak kamu akan memasuki universitas terkemuka, maka kamu dapat mulai menggunakan asuransi pendidikan ini dari sekarang dan mencairkannya pada tahun ke-4.

6. Asuransi Lainnya

Selain beberapa asuransi yang telah disebutkan di atas, masih banyak jenis asuransi lainnya tergantung dari perusahaan asuransi yang kamu pilih. Beberapa produk asuransi lainnya tersebut adalah seperti asuransi rumah, asuransi perjalanan, asuransi pengiriman barang, asuransi barang elektronik, dan masih banyak lagi.

Asuransi rumah tentunya memberikan kamu perlindungan finansial jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada rumah kamu seperti kebakaran, kehilangan barang dan masih banyak lagi.

Asuransi perjalanan memberikan kamu perlindungan finansial jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan saat kamu melakukan perjalanan baik itu perjalanan darat, udara atau air.

Baca Juga: Perbedaan Asuransi All Risk dan TLO, Manfaat dan Mana yang Lebih Baik

Fungsi dan Manfaat Asuransi

Dari beberapa jenis asuransi yang telah disebutkan di atas, untuk memudahkan kamu mengetahui fungsi dan manfaat asuransi dari masing-masing jenis tersebut, berikut ini adalah informasi selengkapnya.

1. Fungsi dan Manfaat Asuransi Kesehatan

Memberikan perlindungan dari kerugian finansial untuk berobat dan menjaga kesehatan saat kamu mengalami suatu penyakit yang bisa datang kapanpun, karena itu asuransi kesehatan penting untuk kamu miliki sekarang juga.

2. Fungsi dan Manfaat Asuransi Kendaraan Bermotor

Memberikan perlindungan untuk menghindari besarnya biaya perbaikan kendaraan saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan bahkan sampai kerugian karena kehilangan kendaraan. 

Kerugian yang bisa muncul dari beberapa kejadian seperti kecelakaan atau kehilangan kendaraan bisa terjadi kapan saja, karena itu penting bagi kamu untuk mulai menggunakan asuransi kendaraan ini.

3. Fungsi dan Manfaat Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan wisata akan memberikan perlindungan dari kerugian finansial jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terjadi saat melakukan perjalanan wisata, sangat cocok bagi kamu yang memiliki usaha dibidang traveling untuk meningkatkan kepercayaan konsumen atau bagi kamu yang sering melakukan perjalanan wisata.

4. Fungsi dan Manfaat Asuransi Jiwa

Memberikan perlindungan dari kerugian finansial yang terjadi apabila pemilik asuransi atau pemegang polis meninggal dunia atau mengalami cacat total.

5. Fungsi dan Manfaat AsuransiKecelakaan Diri

Memberikan manfaat dari kerugian finansial saat terjadi kecelakaan pada diri sendiri.

6. Fungsi dan Manfaat Asuransi Pendidikan

Sebagai bentuk persiapan untuk kebutuhan finansial biaya pendidikan.

7. Fungsi dan manfaat asuransi barang

Memberikan perlindungan terhadap barang yang dikirim selama dalam perjalanan, sangat cocok bagi kamu yang memiliki usaha pengiriman barang untuk meningkatkan kepercayaan dari konsumen.

8. Fungsi dan Manfaat Asuransi Barang Elektronik

Memberikan perlindungan dari kerugian finansial apabila terjadi kerusakan pada barang elektronik kamu.

Istilah-Istilah dalam Asuransi

Setelah mengetahui banyak hal tentang apa itu asuransi, jenis-jenis asuransi, fungsi dan manfaat asuransi, informasi bermanfaat terakhir dari Igloo kali ini adalah penjelasan lengkap mengenai istilah yang perlu kamu ketahui dalam asuransi. Berikut ini adalah beberapa istilah tersebut.

1. Penanggung

Penanggung dalam asuransi dan dalam perjanjian asuransi adalah perusahaan asuransi yang bertanggung jawab memberikan bantuan kepada kamu sesuai dengan kesepakatan.

2. Tertanggung

Tertanggung dalam asuransi adalah orang yang menggunakan asuransi dan menerima manfaat dari asuransi sesuai dengan jenis asuransi yang dipilih dan kesepakatan.

3. Polis Asuransi

Apa itu polis asuransi? Polis asuransi adalah kesepakatan antara pihak tertanggung dan penanggung. 

Polis asuransi ini biasa dibuat dalam sebuah kertas atau dalam bentuk digital dan terdapat bentuk persetujuan antara kedua belah pihak.

4. Premi Asuransi

Apa itu premi asuransi? Premi asuransi adalah sejumlah uang yang dibayarkan dengan jangka waktu tertentu oleh pihak tertanggung kepada pihak penanggung. 

Untuk besaran jumlah uang yang dibayar dan jangka waktunya tergantung dari jenis asuransi yang dipilih pihak tertanggung dan kesepakatan dari pihak tertanggung dengan penanggung.

5. Klaim Asuransi

Klaim asuransi adalah proses yang diajukan pihak tertanggung kepada pihak penanggung untuk mendapatkan bantuan finansial dan manfaat asuransi yang diberikan pihak penanggung kepada pihak tertanggung sesuai dengan kesepakatan.

6. Uang Pertanggungan

Terakhir adalah uang pertanggungan atau besarnya uang yang akan diterima oleh pihak tertanggung dari pihak penanggung.

Itulah beberapa informasi lengkap tentang apa itu asuransi. Setelah mengetahui apa itu asuransi, kamu dapat mulai menentukan jenis asuransi apa yang tepat untuk kamu dan ketahui juga fungsi dan manfaat asuransi yang akan kamu gunakan.

Ketahui juga beberapa istilah dalam asuransi agar nantinya kamu dapat memanfaatkannya dengan maksimal.

Mendapatkan asuransi terbaik kini bukanlah hal yang sulit, kamu dapat mendapatkan asuransi terbaik dengan perlindungan maksimal, premi yang terjangkau dan proses klaim yang mudah hanya di Igloo.

Semoga informasi mengenai apa itu asuransi dari Igloo ini bermanfaat untuk kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu