Definition and Benefits of Travel Insurance

Apa itu Asuransi Perjalanan Wisata? Pengertian Hingga Manfaatnya

Table of Contents

Melakukan perjalanan wisata tentu adalah salah satu cara untuk melepaskan stres dan juga penat dari berbagai aktivitas sehari-hari. 

Namun apakah kamu sudah mengetahui, dalam melakukan aktivitas sehari-hari tentunya kita tidak terlepas dari yang namanya bahaya, termasuk ketika melakukan perjalanan baik itu perjalanan untuk wisata atau perjalanan bisnis atau pekerjaan.

Agar perjalanan dengan berbagai keperluan kamu bisa kamu nikmati dengan lebih tenang maka asuransi perjalanan adalah jawaban yang tepat untuk kamu.

Tidak hanya bagi individu, bagi pemilik bisnis perjalanan wisata, memiliki asuransi perjalanan wisata tentunya akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap suatu bisnis karena mereka akan merasa mendapatkan perlindungan lebih.

Apa itu asuransi perjalanan, jenis dan apa saja manfaatnya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut simak informasi dari Igloo berikut ini.

Apa itu Asuransi Perjalanan?

Asuransi perjalanan adalah salah satu dari berbagai jenis asuransi yang ditujukan untuk memberikan perlindungan finansial dari berbagai kerugian atas suatu kejadian tidak terduga yang dialami konsumennya. 

Untuk asuransi perjalanan ini, berfokus untuk memberikan perlindungan finansial terhadap kerugian atas hal-hal atau kejadian yang tidak diharapkan selama melakukan perjalanan di dalam negeri maupun perjalan ke luar negeri.

Di Indonesia sendiri mungkin asuransi perjalanan Ini belum cukup dikenal dibandingkan dengan beberapa jenis asuransi lainnya seperti asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, atau asuransi lainnya.

Namun di beberapa negara maju seperti misalnya Eropa dan Amerika, asuransi perjalanan ini sudah dimiliki oleh banyak orang terutama untuk mereka yang sering melakukan perjalanan untuk berlibur atau melakukan wisata dan untuk melakukan perjalanan bisnis atau karena kebutuhan pekerjaan.

Asuransi ini memang bersifat tidak wajib, tapi sebaiknya kamu memiliki asuransi perjalanan ini terutama jika kamu adalah individu dengan tingkat mobilitas yang tinggi atau sering melakukan perjalanan baik itu perjalanan untuk di dalam negeri maupun perjalanan untuk ke luar negeri.

Baca Juga: Apa Itu Asuransi? Pengertian, Jenis, Manfaat Lengkapnya

Jenis-Jenis Asuransi Perjalanan

Setelah mengetahui apa itu asuransi perjalanan, hal penting selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah beberapa jenis asuransi perjalanan ini. Berikut adalah beberapa jenis asuransi perjalanan yang perlu kamu ketahui.

1. Berdasarkan Tujuan Perjalanan

Berdasarkan tujuan perjalanannya asuransi perjalanan dibedakan menjadi dua jenis, yaitu asuransi perjalanan dengan tujuan liburan atau wisata dan asuransi perjalanan dengan tujuan pekerjaan atau bisnis.

Kedua jenis asuransi tersebut akan membedakan jumlah premi yang dibayarkan setiap bulannya oleh konsumen kepada perusahaan asuransi.

Pada umumnya asuransi perjalanan dengan tujuan bisnis akan memiliki jumlah premi yang lebih tinggi setiap bulannya dibanding asuransi perjalanan wisata. Hal ini karena melakukan perjalan bisnis akan memiliki tingkat risiko yang lebih besar dibandingkan perjalanan wisata.

2. Berdasarkan Tempat yang Akan Dikunjungi

Asuransi perjalanan juga dibedakan berdasarkan tempat yang akan dikunjungi, apakah tempat tersebut berada di dalam negeri atau di luar negeri.

Sesuai dengan penjelasan tersebut, untuk asuransi perjalanan dalam negeri akan memberikan perlindungan untuk perjalanan di dalam negeri. Sementara untuk asuransi perjalanan luar negeri akan memberikan perlindungan kepada konsumennya selama melakukan perjalanan ke luar negeri.

Perbedaan tersebut tentunya akan mempengaruh jumlahi premi yang harus dibayarkan konsumen setiap bulannya. Untuk asuransi perjalanan luar negeri, premi yang dibayarkan lebih tinggi jika dibandingkan asuransi perjalanan dalam negeri. 

Hal lainnya yang perlu kamu ketahui juga adalah pada umumnya premi asuransi perjalanan luar negeri ini akan lebih tinggi untuk tujuan di beberapa negara Eropa, Amerika dan Australia. Selain itu juga terdapat asuransi perjalanan luar negeri dengan premi khusus yaitu untuk perjalanan seperti haji dan umroh yang nilainya akan lebih tinggi.

3. Berdasarkan Jumlah Tertanggung

Asuransi perjalanan juga terbagi berdasarkan jumlah tertanggung atau seberapa banyak orang yang dilindungi oleh perusahaan asuransi. Berdasarkan jumlah tertanggung, asuransi perjalanan terbagi menjadi asuransi perjalanan individu atau satu orang dan asuransi perjalanan kelompok atau beberapa orang dalam jumlah yang banyak.

Hal yang perlu kamu ketahui dari kedua jenis asuransi perjalanan tersebut adalah asuransi perjalanan kelompok memiliki harga premi yang lebih rendah dibandingkan asuransi perjalanan individu. 

Karena hal tersebut, asuransi perjalanan kelompok ini sering dimanfaatkan oleh para pengusaha perjalanan wisata, sekolah, kampus, dan beberapa instansi lainnya yang membawa rombongan atau orang dalam jumlah banyak untuk melakukan perjalanan untuk berlibur. 

4. Berdasarkan Waktu Perjalanan

Asuransi perjalan selanjutnya juga terbagi berdasarkan waktu perjalanan atau seberapa sering seseorang melakukan perjalanan. Asuransi perjalanan berdasarkan waktu perjalanan ini terbagi menjadi asuransi perjalanan satu kali perjalanan atau single trip insurance dan asuransi perjalanan untuk beberapa kali perjalanan atau annual trip insurance.

Sesuai dengan namanya, untuk asuransi perjalanan satu kali perjalanan atau single trip insurance akan melindungi konsumennya untuk satu kali perjalanan. 

Asuransi perjalanan jenis ini cocok untuk kamu yang mencari asuransi dalam jangka waktu pendek  atau melindungi kamu dalam waktu singkat dan kamu tidak sering melakukan perjalanan jauh dalam satu tahun.

Sementara bagi kamu yang sering melakukan perjalanan untuk berbagai keperluan dalam jangka waktu untuk satu tahun, maka akan lebih baik jika kamu menggunakan asuransi perjalanan annual trip insurance.

Baca Juga: 7 Jenis Asuransi di Indonesia, Kenali Terlebih Dahulu

Manfaat Asuransi Perjalanan

Setelah mengetahui apa itu asuransi perjalanan, berikut ini adalah beberapa manfaat ketika kamu memiliki asuransi perjalanan.

  1. Memberikan bantuan finansial dan melindungi diri dari kecelakaan.
  2. Memberikan kemudahan untuk melakukan perawatan di berbagai rumah sakit baik dalam maupun luar negeri.
  3. Memberikan ganti rugi atas kerusakan atau kehilangan bagasi atau barang bawaan kamu.
  4. Memberikan ganti rugi apabila terjadi keterlambatan atau pembatalan perjalanan.
  5. Melindungi dari kerugian atas kehilangan dokumen-dokumen penting.
  6. Memberikan bantuan darurat untuk menghadapi masalah selama melakukan perjalanan.
  7. Melindungi dari tindakan terorisme.
  8. Memberikan perlindungan terhadap rumah konsumen selama konsumen melakukan perjalanan.

Selain beberapa manfaat tersebut, masih ada beberapa manfaat lainnya dari asuransi perjalanan tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan asuransi terbaik yang telah kamu pilih.

Itulah beberapa informasi dari Igloo tentang asuransi perjalanan, mulai dari pengertian sampai beberapa manfaatnya, semoga informasi dari Igloo kali ini dapat membantu kamu mendapatkan asuransi terbaik yang tepat untuk kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu