jenis asuransi

7 Jenis Asuransi di Indonesia, Kenali Terlebih Dahulu

Table of Contents

Asuransi kini bukan lagi hal baru bagi masyarakat Indonesia, sudah banyak orang yang menggunakan asuransi dengan tujuan menerima manfaatnya untuk melindungi diri dari kerugian yang bisa muncul atas suatu kejadian.

Meskipun sudah banyak orang yang menggunakan asuransi, namun apakah kamu sudah mengetahui secara lengkap apa sajakah jenis asuransi yang tepat untuk kamu? 

Agar dapat memanfaatkan dengan maksimal asuransi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu, berikut ini adalah informasi dari Igloo tentang beberapa jenis asuransi yang perlu kamu ketahui.

1. Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi pertama yang perlu kamu ketahui adalah asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan adalah salah satu produk asuransi yang kini sudah digunakan hampir setiap orang di Indonesia. Hal tersebut karena pemerintah telah menetapkan kebijakan bagi banyak perusahaan untuk memberikan asuransi kesehatan kepada karyawannya. 

Asuransi kesehatan yang diminta perusahaan berikan kepada karyawannya tersebut adalah BPJS Kesehatan. Namun agar mendapatkan manfaat perlindungan kesehatan yang lebih baik lagi, kamu tentunya dapat menggunakan asuransi kesehatan lainnya.

Asuransi kesehatan lainnya tersebut akan memberikan manfaat lebih kepada konsumennya mulai dari jenis penyakit yang dapat ditanggung, jenis kamar rawat saat dirumah sakit, sampai dengan jenis obat-obatan yang bisa didapatkan.

Berdasarkan informasi tersebut, asuransi kesehatan akan memberikan perlindungan finansial atau memberikan bantuan finansial untuk menangani masalah kesehatan konsumen produk ini. 

Bantuan finansial yang diberikan tersebut adalah mulai dari biaya rumah sakit, sampai dengan biaya obat-obatan yang diperlukan saat kamu sakit.

Dengan mengetahui pentingnya asuransi kesehatan tersebut, maka sangat penting bagi kamu untuk mendapatkan asuransi kesehatan terbaik sekarang juga karena datangnya suatu penyakit tentu tidak dapat kamu perkirakan dan biaya pengobatan juga tidaklah sedikit.

2.  Asuransi Kendaraan 

Asuransi Kendaraan 

Jenis asuransi yang kedua adalah asuransi kendaraan. Sama seperti asuransi kesehatan, asuransi kendaraan juga kini telah banyak digunakan orang Indonesia

Tidak sedikit juga perusahaan kendaraan bermotor yang langsung memberikan penawaran kepada pembeli kendaraan baru untuk menggunakan asuransi kendaraan dengan tujuan mendapatkan perlindungan finansial atas segala kerugian yang bisa muncul dari kendaraannya pada kemudian hari.

Asuransi kendaraan akan memberikan ganti rugi saat terjadi kerusakan pada kendaraan kamu, mulai dari kerusakan kecil sampai kerusakan besar. Selain kerusakan, asuransi kendaraan ini bahkan akan memberikan bantuan finansial jika kamu kehilangan kendaraan kamu.

Perlu kamu ketahui juga, asuransi kendaraan ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu asuransi kendaraan all risk dan asuransi kendaraan Total Loss Only (TLO). Sangat penting bagi kamu untuk mengetahui terlebih dahulu jenis asuransi kendaraan tersebut.

Setelah mengetahui mana yang lebih tepat untuk kamu, maka tentu kini saatnya bagi kamu untuk menggunakan asuransi kendaraan terbaik sekarang juga. Hal tersebut karena risiko kerugian finansial yang bisa muncul saat berkendara sangatlah tinggi. 

Bahkan jika kamu sudah berkendara dengan baik dan sesuai aturan, kerugian finansial tersebut bisa tetap ada karena bisa saja ada pengendara lain yang menyebabkan kerugian pada kendaraan kamu.

3. Asuransi Perjalanan Wisata

Asuransi Perjalanan Wisata

Melakukan perjalanan wisata tentunya menjadi pilihan banyak orang untuk melepaskan penat dan perasaan lelah karena berbagai aktivitas. Namun tahukah kamu bahwa melakukan perjalanan wisata juga bisa dapat menyebabkan kerugian finansial yang tidak kamu duga sebelumnya?

Beberapa kerugian finansial seperti kecelakaan saat melakukan perjalanan wisata tentunya akan merugikan kamu, dan akan lebih aman jika kamu menggunakan asuransi perjalanan wisata terbaik yang dapat dipercaya.

Selain itu juga, bagi kamu mempunyai bisnis perjalanan wisata, tentunya memberikan informasi bahwa bahwa perusahaan kamu memberikan perlindungan kepada para konsumennya dengan adanya asuransi perjalanan wisata akan bisa meningkatkan bisnis kamu.

Baca Juga: 12 Mobil Listrik di Indonesia 2023: Harganya Mulai Rp240 Jutaan!

4. Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah asuransi yang akan memberikan perlindungan kamu saat kamu meninggal dunia. Dengan menggunakan produk asuransi jiwa ini, saat kamu meninggal dunia, maka pihak yang telah kamu tunjuk sebelumnya seperti anak, istri atau suami akan mendapatkan bantuan finansial dari perusahaan asuransi yang kamu pilih.

Selain karena meninggal dunia, asuransi jiwa ini akan memberikan bantuan finansial kepada kamu jika kamu mengalami cacat total karena suatu kecelakaan atau penyakit.

Berdasarkan jenisnya, asuransi jiwa terbagi menjadi tiga jenis. Jenis asuransi jiwa tersebut adalah term life atau memberikan perlindungan dalam jangka waktu tertentu, whole life yang memberikan perlindungan seumur hidup dan unit link yang dapat digunakan untuk investasi.

Dari beberapa informasi tersebut, sebelum memilih produk asuransi jiwa yang tepat, tentunya sangat penting bagi kamu untuk memahami dan mempelajari terlebih dahulu asuransi jiwa yang akan kamu gunakan.

5. Asuransi Pendidikan

Asuransi Pendidikan

Bagi kamu yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, maka untuk menjamin tercukupinya biaya pendidikan anak-anak kamu nantinya, kamu dapat menggunakan produk asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan bisa kamu gunakan untuk membantu kebutuhan finansial pendidikan anak-anak disaat yang tepat.

Jenis asuransi pendidikan ini terbagi menjadi dua jenis. Kedua jenis asuransi pendidikan tersebut adalah asuransi pendidikan dwi guna yang biasanya digabungkan dengan asuransi jiwa yang bertujuan memberikan perlindungan finansial kepada anak-anak jika orang tua mereka meninggal dunia atau mengalami cacat total, dan asuransi unit link yang berarti asuransi pendidikan ini bisa dijadikan sebagai investasi.

Baca Juga: Jenis Asuransi Motor: Pengertian dan Manfaatnya

6. Asuransi Kecelakaan Kerja

Asuransi Kecelakaan Kerja

Kecelakaan bisa terjadi dimana saja, termasuk di tempat kerja, terlebih jika kamu adalah pekerja lapangan atau bekerja dengan alat-alat tertentu yang meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan saat bekerja.

Karena hal tersebut, asuransi kecelakaan kerja hadir untuk memberikan perlindungan kepada konsumennya dari kerugian finansial yang bisa muncul jika terjadi kecelakaan saat bekerja.

Perlu kamu ketahui juga dari jenis asuransi ini, besarnya uang premi yang dibayarkan setiap bulannya dan uang pertanggung jawaban yang akan kamu terima jika terjadi kecelakaan di tempat kerja dari asuransi kecelakaan kerja ini, tergantung dari jenis pekerjaan yang kamu lakukan.

Semakin tinggi risiko kecelakaan kerja dari pekerjaan kamu, maka akan semakin tinggi premi yang harus kamu bayarkan setiap bulannya dan semakin tinggi uang pertanggung jawaban yang akan kamu terima dari perusahaan asuransi yang kamu pilih jika mengalami kecelakaan di tempat kerja.

7. Asuransi Hari Tua

Jenis asuransi yang terakhir akan dibahas oleh Igloo kali ini adalah asuransi hari tua atau yang juga dikenal dengan asuransi pensiunan. Asuransi hari tua bisa juga dikatakan sebagai tabungan untuk mempersiapkan diri kamu saat sudah tidak bekerja lagi karena usia.

Asuransi hari tua ini juga termasuk salah satu produk asuransi yang diharuskan pemerintah diberikan oleh banyak perusahaan di Indonesia kepada karyawannya. 

Perlu kamu ketahui juga, jika konsumen produk asuransi hari tua ini meninggal dunia, maka uang yang telah dikumpulkan akan diberikan perusahaan asuransi kepada pihak yang telah ditunjuk oleh konsumen produk asuransi hari tua ini.

Itulah informasi tentang beberapa jenis asuransi dari Igloo yang perlu kamu ketahui untuk mendapatkan asuransi terbaik sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu. Semoga informasi penting dari Igloo tersebut dapat membantu kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu