premi asuransi adalah

Premi Asuransi: Pengertian, Cara Menghitung dan Faktor yang Mempengaruhi

Table of Contents

Saat kamu memilih untuk menggunakan suatu produk asuransi, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui dan salah satunya adalah premi asuransi. Secara umum premi asuransi adalah uang yang wajib dibayar oleh seseorang yang menggunakan suatu produk asuransi kepada pihak perusahaan asuransi untuk mendapatkan manfaat dari produk asuransi.

Untuk lebih mengenal tentang premi asuransi, simak informasi selengkapnya dari Igloo berikut ini.

Apa itu Premi Asuransi?

Apa itu Premi Asuransi

Apa itu premi asuransi? Seperti yang dijelaskan sebelumnya, premi asuransi adalah sejumlah uang yang wajib dibayarkan oleh seseorang yang menggunakan suatu produk asuransi kepada pihak perusahaan asuransi untuk mendapatkan manfaat dari suatu produk asuransi dan dengan jumlah serta jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan atau polis asuransi.

Premi asuransi ini sering dibayarkan dalam bentuk pembayaran rutin setiap bulannya oleh orang yang menggunakan produk asuransi. 

Penjelasan tentang premi asuransi ini juga tertulis dalam Undang-Undang No. 40 Tahun 2014.

Dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa premi asuransi adalah uang yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi dan disetujui oleh pemegang polis atau orang yang menggunakan produk asuransi untuk dibayarkan berdasarkan suatu perjanjian sesuai peraturan perundang-undangan agar pemegang polis mendapatkan manfaat dari asuransi yang dia pilih.

Baca Juga: Apa Itu Asuransi? Pengertian, Jenis, Manfaat Lengkapnya

Faktor yang Memengaruhi Premi Asuransi

Setelah mengetahui bahwa premi asuransi adalah uang yang kamu bayarkan kepada pihak asuransi sesuai dengan perjanjian, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi besarnya premi asuransi dalam suatu produk asuransi. Berikut ini adalah beberapa faktor tersebut.

1. Usia Konsumen

Faktor pertama yang mempengaruhi premi asuransi adalah usia konsumen. Semakin tinggi atau semakin tua usia seseorang saat mendaftarkan diri atau membeli produk asuransi maka akan semakin tinggi premi yang akan dikenakan kepada orang tersebut.

Hal tersebut karena semakin tinggi usia seseorang maka risiko kesehatan orang tersebut atau potensi orang tersebut terkena suatu penyakit  juga akan semakin tinggi.

Karena hal tersebut sangat penting bagi kamu untuk membeli produk asuransi sedini mungkin.

2. Profesi Konsumen

Selain usia, profesi juga menjadi salah satu faktor yang sangat menentukan besarnya premi yang harus dibayarkan seseorang. Premi asuransi akan semakin tinggi jika seseorang memiliki pekerjaan yang cukup beresiko.

Sebagai contoh, seseorang dengan pekerjaan di luar kantor yaitu pekerjaan lapangan seperti di sektor pertambangan, akan memiliki premi asuransi yang lebih besar dibandingkan seseorang yang bekerja di kantor.

Hal tersebut karena seorang pekerja lapangan di sektor pertambangan memiliki tingkat risiko pekerjaan yang lebih tinggi dibandingkan seseorang yang bekerja di kantor yang memiliki risiko pekerjaan yang lebih kecil.

Risiko yang dimaksud dalam hal tersebut adalah risiko terjadinya kecelakaan yang dapat terjadi pada diri konsumen saat bekerja.

3. Jenis Kelamin

Jenis kelamin ternyata juga dapat mempengaruhi besarnya premi asuransi yang akan kamu pilih. Namun hal ini tergantung dari perusahaan asuransi yang kamu gunakan. Jika jenis kelamin mempengaruhi besarnya premi asuransi, maka premi asuransi pada wanita umumnya akan lebih besar dari laki-laki.

Hal tersebut karena wanita umumnya lebih sering menggunakan layanan kesehatan untuk berbagai keperluan dan juga wanita memiliki tingkat risiko kesehatan dan kematian yang lebih tinggi daripada laki-laki.

Sebagai contoh wanita akan lebih sering menggunakan layanan kesehatan untuk check up, menggunakan obat resep dokter untuk berbagi keperluan, dan juga karena wanita akan melalui proses melahirkan yang cukup beresiko bagi dirinya.

4. Riwayat Kesehatan

Salah satu hal yang cukup menentukan premi asuransi adalah riwayat kesehatan, terutama jika kamu ingin menggunakan asuransi di bidang kesehatan seperti asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan diri, asuransi jiwa atau beberapa jenis asuransi lainnya.

Jika seseorang memiliki riwayat kesehatan pernah terkena penyakit kronis, memiliki riwayat penyakit yang mudah kambuh atau penyakit turunan, maka premi asuransi yang dibayarkan akan semakin tinggi.

5. Nilai Pertanggungan

Nilai pertanggung atau besarnya jumlah uang yang dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi untuk kerugian atas suatu kejadian juga dapat mempengaruhi premi asuransi.

Semakin tinggi nilai pertanggungan yang ditanggung perusahaan asuransi atas suatu kejadian, maka akan semakin tinggi premi asuransi yang dibayarkan.

Hal ini juga berlaku terhadap asuransi tambahan yang bisa kamu pilih dalam suatu produk asuransi yang kamu gunakan. Karena hal tersebut sangat penting bagi kamu untuk bijak dalam menggunakan asuransi tambahan bagi diri kamu.

6. Masa Kontrak Polis

Dalam suatu perjanjian asuransi atau polis asuransi akan terdapat jangka waktu atau masa kontrak perjanjian berapa lama perusahaan asuransi dapat melindungi konsumennya dari kerugian finansial atau kebutuhan mereka.

Semakin lama masa kontrak polis tersebut, maka akan semakin tinggi jumlah premi asuransi yang kamu bayarkan. Menghitung masa kontrak juga menjadi penting jika kamu memilih untuk menggunakan produk asuransi pendidikan.

Jika kamu menggunakan produk asuransi pendidikan bagi anak-anak kamu, maka kamu harus menghitung kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan manfaat dari asuransi pendidikan ini. 

Karena hal tersebut hitunglah terlebih dahulu berapa lama masa kontrak polis asuransi yang kamu butuhkan.

7. Kebiasaan

Hal terakhir yang dapat mempengaruhi premi asuransi adalah kebiasaan. Kebiasaan atau pola hidup akan sangat erat dan berhubungan dengan kondisi kesehatan seseorang.

Sebagai contoh, seorang perokok aktif akan memiliki premi asuransi yang lebih tinggi jika membandingkannya dengan seorang yang tidak merokok. Hal tersebut karena tentunya seorang perokok memiliki risiko terkena suatu penyakit yang lebih tinggi jika dibandingkan orang yang tidak merokok.

Baca Juga: Polis Asuransi: Pengertian, Fungsi dan Isi Polis Asuransi

Cara Menghitung Premi Asuransi

Cara Menghitung Premi Asuransi

Setelah mengetahui apa itu premi asuransi dan apa saja yang menjadi faktor penentu tinggi atau rendahnya premi asuransi seseorang, bagi kamu yang ingin menggunakan suatu produk asuransi, ada cara mudah menentukan besarnya premi asuransi yang akan kamu bayarkan.

Cara menghitung premi asuransi adalah dengan rumus berikut ini.

Jumlah Premi = Tarif Premi x Jumlah Tanggungan

Tips Memilih Premi Asuransi yang Tepat

Tips Memilih Premi Asuransi yang Tepat

Informasi penting terakhir tentang premi asuransi adalah tentang beberapa tips memilih premi asuransi yang tepat. Berikut adalah beberapa tips tersebut.

1. Pahami Produk Asuransi

Tips yang pertama adalah memahami produk asuransi yang akan kamu gunakan. Dengan memahami produk asuransi yang akan kamu gunakan, maka jumlah premi asuransi yang kamu bayarkan haruslah memiliki manfaat yang tepat bagi kamu.

Dengan memahami produk asuransi yang akan kamu gunakan, kamu juga dapat memastikan apakah produk asuransi tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu atau tidak.

2. Beli Asuransi Sejak Muda

Seperti yang disebutkan pada faktor yang mempengaruhi premi asuransi tentang usia konsumen, semakin tinggi usia kamu saat membeli produk asuransi, maka akan semakin tinggi premi asuransi yang harus kamu bayarkan. Karena hal tersebut sangat penting bagi kamu untuk membeli produk asuransi sejak muda.

3. Pilih Perusahaan Asuransi yang Mempunyai Reputasi yang Baik

Tips yang selanjutnya adalah pilihlah perusahaan asuransi yang mempunyai reputasi yang baik. Perusahaan asuransi dengan reputasi yang baik tentunya telah memiliki rekam jejak yang baik. kamu juga bisa mencari dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang perusahaan asuransi yang akan kamu pilih.

Sebagai rekomendasi terbaik, kamu dapat mempercayakan program asuransi terbaik kamu kepada Igloo yang telah berdiri sejak tahun 2016 dan sudah mendapatkan banyak sekali penghargaan. Igloo juga sudah berdiri di berbagai negara di dunia dan menangani lebih dari 55 juta polis di seluruh dunia.

4. Pilih Premi yang Terjangkau

Setiap perusahaan asuransi memiliki beragam produk asuransi dan beragam premi yang dapat kamu pilih sesuai dengan kemampuan kamu. kamu dapat memilih produk asuransi dengan premi yang terjangkau namun tetaplah pastikan agar kamu mendapatkan manfaat yang maksimal dari produk asuransi pilihan kamu.

5. Pelajari Sistem Asuransi

Tips yang terakhir adalah mempelajari sistem asuransi. Mempelajari sistem asuransi sangat kamu perlukan agar nantinya premi yang kamu bayarkan sesuai dengan manfaat yang kamu inginkan. Memahami sistem asuransi yang kamu pilih juga termasuk bagaimana cara klaim atau menggunakan produk asuransi yang kamu gunakan.

Umumnya cara klaim atau menggunakan produk asuransi terbagi menjadi dua jenis, yaitu reimburse dan cashless

Reimburse adalah sistem dimana kamu harus membayar terlebih dahulu beberapa hal atau kerugian atas suatu kejadian, dan kemudian kamu dapat melakukan klaim kepada pihak asuransi agar mengganti kerugian kamu.

Sementara cashless adalah sistem dimana kamu dapat langsung menggunakan fasilitas asuransi hanya dengan menunjukan kartu anggota atau kepemilikan asuransi tanpa perlu menanggung biaya atas kerugian finansial terlebih dahulu dari suatu kejadian yang terjadi pada diri kamu.

Itulah beberapa informasi tentang premi asuransi dari Igloo yang perlu kamu ketahui. Memilih premi asuransi adalah langkah yang harus kamu lakukan dengan bijak setelah menentukan produk asuransi apa yang kamu perlukan.

Semoga informasi dari Igloo ini dapat bermanfaat untuk kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu