asuransi mobil bekas

Pentingnya Memiliki Asuransi Mobil Bekas

Table of Contents

Bagi kamu yang ingin memiliki mobil dengan budget yang terbatas, membeli mobil bekas merupakan pilihan terbaik. Selain itu, membeli mobil bekas juga memiliki sejumlah alasan dan keuntungan tertentu.

Beberapa diantaranya adalah harga yang lebih murah lebih murah daripada mobil baru dengan model dan fitur yang serupa. Karena harga mobil lebih rendah, asuransi mobil bekas juga cenderung lebih murah daripada mobil baru, hal ini tentu bisa menghemat biaya asuransi tahunan kamu.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait asuransi mobil bekas. Apa saja? Simak artikel Igloo berikut ini.

Jenis Asuransi Mobil Bekas

Jenis Asuransi Mobil Bekas

Sesuai namanya, asuransi mobil bekas adalah jenis asuransi kendaraan yang ditawarkan untuk mobil-mobil yang sudah memiliki usia tertentu atau telah digunakan sebelumnya. Walaupun mobil bekas, kamu tetap harus menjaga perlindungannya dengan menggunakan asuransi agar terlindungi dari kerugian finansial yang tidak terduga.

Asuransi mobil bekas dapat memberikan perlindungan terhadap risiko kerugian atau kerusakan pada mobil yang timbul akibat berbagai insiden, seperti kecelakaan, pencurian, kebakaran, hingga kerusakan akibat bencana alam. Beberapa jenis asuransi mobil bekas meliputi:

1. Asuransi Mobil TLO

Asuransi Total Loss Only (TLO) adalah jenis polis asuransi kendaraan yang memberikan perlindungan terhadap kerugian total atau kehilangan total dari kendaraan akibat berbagai insiden, seperti kecelakaan yang menyebabkan kerusakan yang parah atau hilangnya kendaraan karena pencurian.

Perlindungan yang diberikan oleh jenis asuransi ini mencakup ganti rugi kerusakan saat biayanya mencapai lebih dari 75 persen harga mobil dan risiko kehilangan. Keunggulan utama dari asuransi TLO adalah premi yang lebih rendah dibandingkan dengan asuransi kendaraan komprehensif atau all risk, karena cakupannya yang lebih terbatas. 

2. Asuransi All Risk

Kedua adalah asuransi all risk. Dibandingkan asuransi TLO, asuransi ini memberikan perlindungan paling luas dan komprehensif terhadap berbagai risiko atau kerugian yang dapat terjadi pada kendaraan kamu. 

Pihak perusahaan akan membayarkan klaim untuk segala jenis kerusakan baik itu ringan maupun berat seperti kecelakaan lalu lintas, hingga bencana alam. Asuransi all risk adalah pilihan yang baik jika kamu menginginkan perlindungan komprehensif dan lebih besar dari risiko yang mungkin terjadi pada mobil bekas kamu. Hanya saja, jenis asuransi ini biasanya memiliki premi yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis asuransi TLO.

Baca Juga: Perbedaan Asuransi All Risk dan TLO, Manfaat dan Mana yang Lebih Baik

Biaya Asuransi Mobil Bekas

Di awal, disebutkan bahwa biaya premi asuransi mobil bekas akan jauh lebih murah dibandingkan dengan asuransi mobil baru, apakah itu benar? Pada dasarnya, biaya asuransi mobil bekas tergantung pada beberapa hal termasuk kategori wilayah dimana mobil itu berada dan juga usia mobil tersebut.

Berikut adalah biaya premi pada asuransi mobil ditetapkan sesuai Surat Edaran OJK No.6/SEOJK.05/2017:

Asuransi TLO

Asuransi Komprehensif

Keterangan: 

  • Wilayah 1: Sumatera serta Kepulauan sekitar 
  • Wilayah 2: Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat 
  • Wilayah 3: Seluruh wilayah selain yang telah disebutkan. 

Sementara untuk kategori harga mobil adalah:

  • Kategori 1: di bawah 125 juta
  • Kategori 2: 125 juta sampai 200 juta
  • Kategori 3: 200 juta sampai 400 juta
  • Kategori 4: 400 juta sampai 800 juta
  • Kategori 5: lebih dari 800 juta

Sebagai contoh, kamu membeli mobil bekas kategori 1 yaitu jenis kendaraan MPV dengan harga mobil antara Rp 0 hingga Rp 125.000.000. Mobil tersebut berada di wilayah 2 yaitu DKI Jakarta, Jabar, dan Banten.

Misalkan, harga mobil bekas yang kamu beli adalah Rp110.000.000 dimana premi asuransi TLO adalah 0,78% dari harga beli mobil bekas, maka premi yang harus dibayarkan setiap tahunnya adalah:

Rp110.000.000 x 0,78 % = Rp858.000

Dengan memiliki asuransi mobil bekas, kamu akan merasa lebih tenang karena memiliki perlindungan finansial terhadap risiko dan kerugian yang dapat terjadi pada kendaraan.

Namun, penting untuk memilih polis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran, serta memahami dengan baik ketentuan dan cakupan dari polis yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi.

Oleh karena itu, kamu bisa membeli asuransi mobil bekas terbaik dari Igloo untuk memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara.

Dengan memiliki asuransi mobil, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berupa perlindungan finansial apabila mobilmu rusak atau hancur akibat kecelakaan hingga vandalisme, tanggungan biaya penggantian sesuai nilai mobilmu apabila kendaraan kamu hilang karena dicuri, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan pembelian asuransi mobil, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Mobil” melalui Igloo di https://igloo.co.id/id/asuransi-mobil
  2. Pilih jenis asuransi mobil yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Komprehensif (All Risk) dan Kerugian Total Saja (TLO).
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang diinginkan
  4. Masukan informasi kendaraan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk proses klaimnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke portal Igloo: Setelah mendapat notifikasi melalui email bahwa polis kamu telah diterbitkan, silakan masuk ke halaman “Polis Saya
  2. Persiapkan dokumen klaim yang dibutuhkan: Persiapkan nomor polis, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  3. Pengajuan Klaim: Kirimkan detail dan dokumen klaim melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  4. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja: Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja setelah persetujuan klaim

Selain Asuransi Mobil, kamu juga dapat menemukan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga kamu, Asuransi Hewan Peliharaan untuk hewan kesayangan, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi petualangan kamu. 

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu