All-Risk and TLO Insurance: Differences and Benefits

Perbedaan Asuransi All Risk dan TLO, Manfaat dan Mana yang Lebih Baik

Table of Contents

Asuransi Total Loss Only atau asuransi TLO adalah salah satu jenis dari produk asuransi kendaraan terbaik  yang bisa kamu pilih untuk melindungi kamu dari kerugian finansial apabila terjadi suatu hal tak terduga pada kendaraan yang dapat merugikan finansial kamu.

Selain itu, ada juga jenis produk asuransi kendaraan lainnya yang dapat kamu pilih, yaitu asuransi all risk. Lalu apakah perbedaan kedua jenis asuransi ini, apa manfaatnya dan mana yang lebih baik?

Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, berikut ini adalah informasi selengkapnya dari Igloo yang perlu kamu ketahui, simak informasi berikut ini.

Apa itu Asuransi Kendaraan All Risk?

Sebelum mengetahui perbedaan dari asuransi kendaraan all risk dan asuransi kendaraan Total Loss Only atau TLO, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu penjelasan atau pengertian dari kedua jenis asuransi kendaraan tersebut.

Asuransi all risk adalah jenis produk asuransi kendaraan yang akan memberikan perlindungan atau manfaat perlindungan finansial atas segala kerusakan yang terjadi pada kendaraan kamu, mulai dari kerusakan ringan, berat sampai kehilangan kendaraan.

Karena perlindungan yang diberikan adalah perlindungan secara menyeluruh, asuransi kendaraan all risk ini sering menjadi pilihan bagi banyak orang untuk kendaraan baru mereka dan juga sering diajukan pihak penjual kendaraan baru kepada konsumen yang membeli kendaraan baru mereka.

Sebagai contoh, jika kamu menggunakan asuransi kendaraan all risk dan kendaraan kamu mengalami kerusakan ringan seperti lecet atau penyok kecil pada bodi kendaraan, maka kamu tidak perlu memikirkan biaya perbaikan kendaraan kamu. 

Kamu cukup mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi terbaik yang kamu pilih, dan perusahaan asuransi tersebut akan menanggung semua biaya perbaikan yang perlu kamu lakukan.

Baca Juga: SIM Mobil: Syarat dan Cara Membuatnya

Apa itu Asuransi Kendaraan TLO?

Asuransi Total Loss Only atau asuransi TLO adalah asuransi kendaraan yang akan memberikan perlindungan finansial jika kendaraan mengalami kerusakan total di atas 75 persen dari harga kendaraan atau jika kamu kehilangan kendaraan kamu.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dapat juga kamu simpulkan bahwa asuransi kendaraan TLO tidak akan memberikan pertanggungan atau perlindungan finansial jika kendaraan mengalami kerusakan ringan seperti lecet atau penyok kecil pada bodi kendaraan atau kerusakan ringan lainnya.

Namun, jika kendaraan kamu mengalami kerusakan yang cukup tinggi hingga di atas 75 persen dari harga kendaraan dan jika kamu menggunakan produk asuransi kendaraan TLO, perusahaan asuransi akan memberikan bantuan finansial kepada kamu.

Selain itu juga jika kamu kehilangan kendaraan kamu, maka kendaraan yang diasuransikan dan hilang tersebut akan digantikan dengan yang baru dan sama persis seperti kendaraan yang hilang sebelumnya. Hal ini juga dikenal dengan istilah old for new dalam asuransi kendaraan.

Perbedaan Asuransi Kendaraan All Risk dan TLO

Setelah mengetahui penjelasan atau pengertian dari asuransi kendaraan all risk dan asuransi kendaraan Total Loss Only atau asuransi kendaraan TLO, berikut ini adalah beberapa perbedaan dari kedua jenis asuransi kendaraan tersebut.

1. Risiko yang Ditanggung

Perbedaan pertama dari asuransi all risk dan asuransi Total Loss Only atau asuransi TLO adalah pada risiko yang ditanggung dari kedua jenis asuransi  kendaraan tersebut.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jika kamu menggunakan asuransi kendaraan all risk, kamu akan mendapatkan perlindungan finansial atas segala kerusakan pada kendaraan kamu, mulai dari kerusakan ringan, berat sampai kehilangan kendaraan.

Sementara asuransi TLO adalah asuransi kendaraan yang akan memberikan perlindungan finansial jika kendaraan kamu mengalami kerusakan di atas 75 persen dari harga kendaraan atau jika kamu kehilangan kendaraan kamu.

2. Harga Premi

Perbedaan kedua dari asuransi all risk dan asuransi TLO adalah pada harga premi asuransi atau iuran perbulan yang harus kamu keluarkan pada masing-masing jenis asuransi kendaraan tersebut.

Perlu kamu ketahui, asuransi TLO adalah asuransi kendaraan dengan harga premi asuransi yang lebih ringan jika membandingkannya dengan asuransi all risk

Sementara asuransi all risk adalah asuransi dengan harga premi asuransi yang lebih tinggi jika membandingkannya dengan asuransi TLO, dan hal ini karena asuransi all risk memberikan perlindungan yang lebih banyak dan menyeluruh pada kendaraan kamu.

3. Usia Kendaraan dan Masa Perlindungan

Perbedaan selanjutnya dari asuransi all risk dan asuransi TLO adalah pada usia kendaraan kamu dan masa perlindungan yang dapat kamu manfaatkan dari masing-masing jenis produk asuransi kendaraan tersebut.

Asuransi all risk adalah asuransi kendaraan yang lebih bermanfaat bagi kendaraan baru karena lebih rentan mengalami kerusakan ringan dan untuk menjaga kendaraan baru tersebut secara menyeluruh. Sementara untuk masa perlindungan dari asuransi all risk ini adalah sampai 10 tahun.

Sementara asuransi TLO adalah asuransi kendaraan yang lebih bermanfaat bagi kendaraan bekas yang lebih rentan mengalami kerusakan berat dengan biaya perbaikan yang besar. Sementara untuk masa perlindungan dari asuransi TLO adalah sampai 15 tahun.

Baca Juga: Mobil LCGC: Jenis, Kelebihan, dan Daftar Harga di 2023

Manakah yang Lebih Baik?

Setelah mengetahui banyak hal mengenai asuransi all risk dan asuransi Total Loss Only atau asuransi TLO, lalu mungkin kamu akan memiliki pertanyaan, mana yang lebih baik dari kedua jenis asuransi kendaraan tersebut?

Jawaban pertanyaan tersebut adalah tergantung dari beberapa hal.

Jika kendaraan kamu adalah kendaran baru atau jika kamu membutuhkan perlindungan secara menyeluruh pada kendaraan kamu mulai dari kerusakan ringan, berat sampai kehilangan, maka asuransi kendaraan all risk adalah pilihan yang tepat untuk kamu.

Asuransi kendaraan all risk ini juga sangat cocok untuk kamu yang memiliki usaha rental atau kursus mobil. 

Hal tersebut karena jika terjadi kerusakan ringan, kamu akan mendapatkan perlindungan finansial dari biaya perbaikan kerusakan tersebut. Selain itu, tentunya kamu telah mengetahui meskipun kerusakannya ringan, tetap ada biaya berlebih yang harus kamu keluarkan jika kamu tidak menggunakan asuransi kendaraan.

Selain beberapa hal tersebut, jika kamu memiliki frekuensi penggunaan kendaraan yang cukup sering dan juga kamu sering melalui jalan yang cukup padat, maka tentunya kemungkinan terjadi berbagai kerusakan pada kendaraan kamu akan semakin tinggi. Karena hal tersebut, asuransi kendaraan all risk adalah pilihan yang tepat untuk kamu.

Sementara jika kamu memiliki kendaraan bekas yang ingin dilindungi, tidak terlalu sering menggunakan kendaraan tersebut, dan ingin atau lebih membutuhkan produk asuransi dengan premi yang harus kamu bayarkan setiap bulannya dengan lebih ringan, maka asuransi kendaraan TLO adalah pilihan yang tepat untuk kamu.

Selain itu juga jika faktor kecelakaan bukan menjadi prioritas perlindungan yang kamu inginkan untuk kendaraan kamu, melainkan faktor lainnya seperti kriminalitas berupa pencurian kendaraan, maka asuransi kendaraan TLO ini juga adalah pilihan yang tepat untuk kamu.

Itulah beberapa informasi mengenai asuransi all risk dan asuransi TLO yang merupakan jenis-jenis asuransi mobil yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Semoga informasi bermanfaat dari Igloo kali ini dapat memberikan manfaat untuk kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu