pertanyaan tentang asuransi

10 Pertanyaan Tentang Asuransi dan Jawabannya

Table of Contents

Asuransi adalah produk perlindungan finansial yang kini banyak digunakan oleh orang-orang di Indonesia. Meskipun sudah banyak orang menggunakan asuransi, tentunya masih ada beberapa pertanyaan tentang asuransi yang sering ditanyakan oleh banyak orang.

Kali ini Igloo akan memberikan informasi rangkuman beberapa pertanyaan tentang asuransi yang banyak orang cari dan jawabannya, simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Mengapa Harus Memiliki Asuransi?

Bagi sebagian orang yang belum memiliki produk asuransi apapun, pertanyaan tentang mengapa harus memiliki asuransi tentunya adalah pertama yang terlintas dalam pikiran mereka. 

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah karena asuransi akan memberikan perlindungan finansial ketika konsumen membutuhkannya sesuai dengan jenis produk asuransi yang dipilih.

Sebagai contoh, jika kamu memilih produk asuransi kesehatan, maka saat kamu sakit, perusahaan asuransi akan bertanggung jawab menanggung segala kebutuhan finansial yang kamu butuhkan mulai dari biaya rumah sakit sampai biaya berbagai obat-obatan yang kamu butuhkan.

2. Kapan Waktu yang Tepat Memiliki Asuransi?

Kapan Waktu yang Tepat Memiliki Asuransi?

Selain pertanyaan mengapa harus memiliki asuransi, pertanyaan tentang kapan waktu yang tepat untuk memiliki asuransi juga cukup sering ditanyakan. Jawaban dari pertanyaan tersebut sebenarnya sangat sederhana, yaitu sedini mungkin.

Mengapa demikian? Hal tersebut karena semakin cepat kamu memiliki produk asuransi maka akan semakin menguntungkan kamu. Sebagai contoh, datangnya suatu penyakit tentunya tidak dapat kamu duga atau kamu perkirakan sebelumnya.

Sebelum datangnya penyakit tersebut, jika kamu memiliki produk asuransi kesehatan terbaik, maka saat sakit, kamu tidak perlu memikirkan biaya-biaya untuk masalah kesehatan kamu karena perusahaan asuransi akan menjamin seluruh biaya yang kamu butuhkan untuk masalah kesehatan kamu.

3. Apa yang Perlu Diperhatikan untuk Mendapatkan Asuransi Kesehatan Terbaik?

Salah satu produk asuransi yang kini banyak sekali digunakan oleh orang-orang di Indonesia adalah asuransi kesehatan. Karena hal tersebut, maka akan timbul pertanyaan apa saja yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan asuransi kesehatan terbaik.

Sebelum mengetahui beberapa hal tersebut, perlu kamu ketahui dahulu bahwa produk asuransi kesehatan terdiri dari dua jenis cara mengajukan klaim, yaitu reimbursement dan cashless.

Asuransi kesehatan reimbursement adalah asuransi kesehatan yang mengharuskan untuk menanggung terlebih dahulu biaya-biaya pengobatan saat kamu sakit. Setelah itu biaya-biaya tersebut akan digantikan oleh perusahaan asuransi yang kamu pilih.

Sementara untuk asuransi kesehatan cashless, kamu tidak perlu melakukan hal tersebut. Kamu dapat langsung menunjukan kartu anggota atau bukti bahwa kamu adalah konsumen produk asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi yang kamu pilih kepada rumah sakit yang telah melakukan kerja sama dengan perusahaan asuransi pilihan kamu.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk mendapatkan asuransi kesehatan terbaik.

  1. Pilih perusahaan asuransi yang terpercaya.
  2. Kenali kebutuhan kamu.
  3. Hitung dan pastikan kamu dapat membayar premi dengan lancar.
  4. Tentukan cara klaim terbaik menurut kamu.
  5. Perhatikan rumah sakit mana saja yang telah melakukan kerja sama dengan perusahaan asuransi pilihan kamu.
  6. Pastikan kamu akan mendapatkan kemudahan dalam mengajukan klaim.

4. Apa yang Perlu Diperhatikan untuk Mendapatkan Asuransi Kendaraan Terbaik?

Selain asuransi kesehatan, produk asuransi berikutnya yang banyak digunakan oleh orang-orang di Indonesia adalah asuransi kendaraan. Apa saja yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan asuransi kendaraan terbaik?

Sebelum mengetahui beberapa hal tersebut, perlu kamu ketahui juga bahwa produk asuransi kendaraan terdiri dari dua jenis tergantung dari jenis perlindungannya. Kedua jenis produk asuransi kendaraan tersebut adalah asuransi kendaraan all risk dan asuransi kendaraan Total Loss Only atau TLO.

Asuransi kendaraan allrisk akan memberikan perlindungan finansial  atas segala kerugian atau segala kerusakan pada kendaraan kamu mulai dari kerusakan ringan, berat sampai kehilangan kendaraan.

Sementara asuransi kendaraan TLO, hanya akan memberikan perlindungan finansial jika kerusakan diatas 75% dari harga kendaraan atau jika kamu kehilangan kendaraan kamu.

Berikut ini adalah beberapa hal perlu kamu perhatikan untuk mendapatkan asuransi kendaraan terbaik.

  1. Pastikan reputasi perusahaan asuransi yang kamu pilih.
  2. Kenali dan pahami kelebihan serta manfaat dari masing-masing jenis produk asuransi kendaraan.
  3. Pilih sesuai kebutuhan.
  4. Pastikan kamu memiliki kemudahan dalam mengajukan klaim.
  5. Pastikan jaringan atau bengkel kendaraan mana saja yang melakukan kerja sama dengan perusahaan asuransi.
  6. Pastikan perusahaan asuransi memberikan akses kemudahan untuk mendapatkan informasi.

Datangnya kerugian pada kendaraan akibat dari hal-hal yang diluar dugaan kamu bisa datang kapan saja. Karena hal tersebut, sangat penting bagi kamu untuk mendapatkan asuransi kendaraan terbaik sekarang juga. 

Sebagai contoh, kamu mungkin sudah berkendara dengan baik, aman dan tertib. Namun bisa aja ada pengendara lainnya yang berkendara dengan sebaliknya dan pada akhirnya bisa merugikan kamu.

5. Apa Perbedaan Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa?

Apa Perbedaan Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa?

Dari berbagai macam produk asuransi, masih banyak orang yang bertanya apa perbedaan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Perbedaan kedua produk asuransi ini terletak pada tujuan perlindungan dari masing-masing produk asuransi tersebut.

Asuransi kesehatan akan memberikan manfaat perlindungan finansial kepada konsumen produk asuransi berupa pertolongan finansial atas segala kebutuhan kesehatan konsumen tersebut seperti biaya berobat ke rumah sakit, sampai biaya obat-obatan.

Sementara asuransi jiwa akan memberikan manfaat berupa perlindungan finansial bagi pihak yang telah ditunjuk oleh pemegang polis atau perjanjian asuransi yaitu konsumen produk asuransi, jika konsumen meninggal dunia atau mengalami cacat total.

Baca Juga: Apa Itu Asuransi? Pengertian, Jenis, Manfaat Lengkapnya

6. Bagaimana Perusahaan Menentukan Besarnya Premi?

Pertanyaan tentang asuransi berikutnya adalah bagaimana perusahaan premi menentukan besarnya premi. Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah tergantung dari berbagai macam faktor.

Beberapa faktor yang mempengaruhi besarnya premi yang dibayarkan oleh konsumen produk asuransi adalah seperti usia konsumen, pekerjaan konsumen, riwayat kesehatan, masa kontrak polis atau berapa lama perusahaan asuransi akan melindungi konsumennya, dan masih ada beberapa faktor lainnya.

7. Berapa Besar Limit Pertanggungan yang Diterima Konsumen dari Perusahaan Asuransi?

Berapa Besar Limit Pertanggungan yang Diterima Konsumen dari Perusahaan Asuransi?

Pertanyaan tentang asuransi selanjutnya adalah berapa besarnya limit pertanggungan yang diterima konsumen dari perusahaan asuransi. 

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah tergantung dari jenis produk asuransi yang kamu pilih dan perusahaan asuransi pilihan kamu. Pada umumnya besarnya biaya pertanggungan tersebut maksimal adalah Rp1 Miliar.

8. Apa Saja yang Dilindungi Oleh Perusahaan Asuransi?

Pertanyaan tentang asuransi berikutnya adalah apa saja yang dilindungi oleh perusahaan asuransi. Jawaban untuk hal tersebut adalah tergantung dari beberapa hal.

Beberapa hal yang mempengaruhi apa saja yang dilindungi oleh perusahaan asuransi adalah mulai dari jenis produk asuransi, manfaat dari produk asuransi yang dipilih, sampai dengan jumlah premi yang dibayarkan setiap bulannya.

9. Bagaimana Cara Mengajukan Klaim?

Pertanyaan tentang asuransi yang cukup penting untuk kamu ketahui adalah bagaimana cara mengajukan klaim. Jawaban dari pertanyaan ini akan lebih jelas dan rinci kamu temukan dalam polis asuransi atau perjanjian asuransi antara konsumen dan perusahaan asuransi.

Namun secara umum berikut ini adalah cara mengajukan klaim yang perlu kamu ketahui.

  1. Mengisi formulir klaim.
  2. Mempersiapkan dan mengumpulkan dokumen-dokumen pendukung.
  3. Menyerahkan dokumen dan formulir ke perusahaan asuransi.

Perhatikan dan pastikan kembali kamu akan mendapatkan kemudahan dalam mengajukan klaim sebelum kamu menandatangani polis asuransi.

10. Apakah Polis Asuransi Dapat Diubah atau Dibatalkan?

Pertanyaan tentang asuransi yang terakhir yang akan dibahas Igloo adalah pertanyaan tentang apakah asuransi dapat diubah atau dibatalkan.

Perlu kamu ketahui, bahwa isi polis asuransi atau perjanjian asuransi antara konsumen dan perusahaan dapat diubah namun hal ini tergantung dari kebijakan perusahaan asuransi yang kamu pilih. 

Waktu yang paling tepat untuk merubah isi polis asuransi adalah pada saat sebelum menandatangani polis asuransi. 

Jika polis asuransi sudah kamu tanda tangani dan kamu ingin merubahnya, kamu dapat memastikan kembali hal tersebut kepada pihak asuransi.

Perubahan pada polis asuransi ini tentunya juga akan merubah beberapa hal seperti manfaat yang didapatkan dan biaya premi yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

Sementara jika kamu ingin membatalkan polis asuransi yang sudah berjalan, kamu dapat menanyakan hal ini secara lebih detail kepada pihak perusahaan asuransi mulai dari apa saja yang perlu kamu persiapkan, cara melakukannya dan hal-hal lainnya.

Itulah beberapa pertanyaan tentang asuransi yang sering ditanyakan oleh banyak orang dan jawabannya. Semoga dengan informasi bermanfaat dari Igloo kali ini kamu akan mendapatkan asuransi terbaik sesuai dengan pilihan dan kebutuhan kamu.

Baca Juga: Polis Asuransi: Pengertian, Fungsi dan Isi Polis Asuransi

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu