asuransi swasta terbaik

5 Rekomendasi Asuransi Swasta Terbaik di Tahun 2024

Table of Contents

Memperoleh perlindungan finansial melalui asuransi sangat penting, karena hal ini dapat mencegah adanya pengeluaran tak terduga yang dapat menghabiskan tabungan. Untungnya, sekarang ini ada banyak asuransi swasta terbaik yang bisa kamu pilih sebagai pihak yang akan menanggung risiko-risiko yang mungkin terjadi.

Daftar asuransi swasta terbaik yang akan Igloo rangkum berikut menawarkan manfaat perlindungan finansial yang berbeda-beda, serta menawarkan pilihan produk asuransi sesuai kebutuhan, seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan, dan lain-lain.

Ingin mengetahui daftar perusahaan asuransi swasta terbaik yang dapat menjadi pilihan perlindunganmu? Simak artikel Blog Igloo berikut ini.

Pengertian Asuransi Swasta

Sebelum melihat daftarnya, mari kita pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan asuransi swasta. Dilansir dari berbagai sumber, asuransi swasta merujuk pada perusahaan asuransi yang dijalankan dan dimiliki oleh badan swasta.

Perusahaan asuransi swasta terbaik pastinya telah memperoleh izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan memiliki kondisi keuangan yang stabil, dengan rasio solvabilitas yang memenuhi standar yang ditetapkan oleh OJK.

Sehubungan dengan jaminan perlindungan, perusahaan asuransi swasta umumnya lebih inovatif dalam menciptakan berbagai opsi cakupan. Biasanya, mereka menyediakan produk-produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik nasabah. 

Hal ini memungkinkan nasabah untuk memilih jenis perlindungan yang sesuai dengan situasi mereka, memberikan tingkat kebebasan dan kontrol yang lebih besar dalam menyesuaikan polis asuransi dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing.

Baca Juga: Reasuransi: Pengertian dan Jenis-jenisnya

Rekomendasi Asuransi Swasta Terbaik

1. Asuransi Allianz

Asuransi Allianz

Asuransi swasta terbaik yang pertama adalah Allianz. Keunggulan utama dari Allianz terletak pada produk-produk unggulannya, seperti asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Asuransi Allianz memiliki rasio solvabilitas sebesar 405%, artinya, mereka memiliki kondisi keuangan yang sangat sehat dan dapat diandalkan. Selain itu, perusahaan ini telah terdaftar dan diawasi oleh OJK, menambah kepercayaan dalam hal pembayaran klaim nasabah.

Beberapa produk-produk asuransi kesehatannya dari Allianz adalah:

  • SmartHealth Care Premier Plus: asuransi kesehatan berisi layanan praktis terlengkap untuk usia 30 hari – 70 tahun.
  • SmartMed Premier: asuransi kesehatan berupa layanan pertanggungan rawat jalan dan tambahan manfaat kesehatan sesuai opsi nasabah untuk usia 15 hari – 75 tahun
  • SmartMed Cancer: asuransi kesehatan yang khusus memberi perlindungan atas risiko kanker untuk usia 1 bulan 1 hari – 60 tahun
  • SmartHealth Maxi Violet: asuransi kesehatan untuk perorangan maupun keluarga.
  • AlliSya Care: asuransi kesehatan berbasis syariah untuk usia 15 – 60 tahun

2. Tugu Insurance

Tugu Insurance

Asuransi swasta terbaik berikutnya adalah Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk atau yang lebih dikenal sebagai Tugu Insurance. Perusahaan asuransi ini merupakan anak usaha Pertamina di bidang bisnis asuransi.

Perusahaan ini berhasil mendapatkan pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk membuka Penawaran Umum Perdana Saham (Initial Public Offering/IPO) kepada masyarakat pada tahun 2018. Dengan demikian, Tugu Insurance secara efektif terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham TUGU.

Tugu insurance sudah mengembangkan bisnis dengan maksimal dengan menawarkan berbagai produk asuransi, termasuk asuransi kebakaran dan properti, penerbangan, sektor ekonomi, dan lainnya. Bahkan, mereka juga menawarkan pilihan produk Asuransi Tugu syariah, lho!

3. Asuransi Manulife

Asuransi Manulife

Manulife merupakan salah satu asuransi swasta terbaik di Indonesia, dengan fokus pada produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, investasi, dan pensiun.  Manulife telah membuktikan keberhasilannya melalui layanan unggul dan berbagai produk yang dirancang sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Pengajuan klaim dengan Manulife juga akan sangat mudah karena mereka memiliki  kondisi keuangannya juga sangat sehat, ditunjukkan oleh rasio solvabilitas sebesar 825% dengan total aset mencapai Rp59,794 triliun. Asuransi Manulife juga telah mendapatkan izin dari OJK, menandakan keamanan dalam penyelenggaraan layanannya.

4. Asuransi ACA

Asuransi ACA

Jika kamu membutuhkan perlindungan untuk kendaraan kesayanganmu, Asuransi ACA menawarkan polis asuransi All Risk dan TLO. Selain itu, ACA juga menawarkan opsi untuk menambahkan manfaat perlindungan tambahan, seperti risiko banjir, huru-hara, dan tanggung jawab pihak ketiga.

Secara finansial, Asuransi ACA menunjukkan kondisi keuangan yang kuat dan sehat. Rasio solvabilitas perusahaan mencapai 343,39%, dan total aset yang dimiliki sebesar Rp12,170 triliun. Jadi, tentunya tidak akan ada masalah yang kamu hadapi saat mengajukan klaim. 

Salah satu fitur menarik dari Asuransi Kendaraan ACA adalah layanan mobil pengganti, sehingga kamu dapat tetap melakukan aktivitas meskipun mobil sedang dalam perbaikan di bengkel.

5. AXA Mandiri 

AXA MandiriĀ 

Rekomendasi asuransi swasta terbaik yang terakhir adalah AXA Mandiri, yang merupakan produk asuransi kesehatan dari PT Bank Mandiri (Persero) dan AXA Group.

Harga premi untuk AXA Mandiri dapat bervariasi tergantung pada jangka waktu polis dan jenis pertanggungan yang dipilih oleh nasabah. Premi bulanan terendah untuk AXA Mandiri dapat dimulai dari Rp100.000.

Untuk produk unggulannya adalah sebagai berikut:

  • Asuransi Mandiri Proteksi Penyakit Tropis: Memberikan pertanggungan terhadap pengobatan penyakit campak, chikungunya, demam berdarah, tifus, zika, malaria, dan hepatitis A.
  • Asuransi Mandiri Proteksi Jantung: Memberikan pertanggungan terhadap pengobatan penyakit jantung.
  • Asuransi Mandiri Secure CritiCare: Memberikan pertanggungan terhadap pengobatan penyakit kritis utama, seperti kanker, jantung, gagal ginjal, stroke, dan penyakit terminal lainnya.
  • Asuransi Mandiri Proteksi Kanker Dini: Memberikan pertanggungan terhadap pengobatan penyakit kanker. 

Baca Juga: 7 Jenis Asuransi di Indonesia, Kenali Terlebih Dahulu

Keuntungan Memilih Asuransi Swasta

Setelah mengetahui beberapa rekomendasi asuransi swasta terbaik di Indonesia, saatnya untuk memahami beberapa keuntungan memiliki asuransi swasta:

1. Tidak Membutuhkan Surat Rujukan saat Berobat

Pertama, kamu tidak perlu repot membawa surat rujukan untuk berobat, seperti halnya yang dibutuhkan ketika menggunakan BPJS Kesehatan. Kamu dapat langsung memilih rumah sakit yang ingin kamu kunjungi untuk mendapatkan perawatan medis. 

Namun, pastikan bahwa rumah sakit tersebut bekerja sama dengan pihak asuransi agar proses klaim dan pembayaran dapat berjalan lancar.

Apabila asuransi yang kamu miliki menerapkan metode cashless, proses klaim menjadi lebih mudah. Cukup dengan memberikan kartu asuransi pada rumah sakit atau penyedia layanan kesehatan yang bekerja sama, semua biaya pengobatan akan langsung ditanggung oleh asuransi sesuai dengan ketentuan yang tertera dalam polis. 

Namun, apabila polis asuransimu menerapkan sistem reimbursement, maka proses klaim dapat dilakukan dengan mengumpulkan semua bukti pengeluaran yang terkait dengan perawatan atau pengobatan, kemudian mengajukan klaim kepada pihak asuransi. 

Dalam beberapa hari, dana yang telah kamu keluarkan akan dikembalikan ke rekeningmu sesuai dengan ketentuan dalam polis.

2. Pelayanan Cepat dan Lengkap

Selanjutnya, asuransi swasta memiliki pelayanan yang lengkap dan cepat. Apabila terjadi masalah atau kamu membutuhkan bantuan, pihak asuransi akan dengan cepat memberikan tanggapan dan bantuan yang diperlukan.

Proses dan pengajuan klaim biasanya lebih efisien dan tidak memerlukan waktu yang lama. Selain itu, jika harus mengunjungi kantor atau cabang asuransi, pengguna asuransi swasta juga bisa menikmati ruang tunggu yang nyaman, tanpa harus menghadapi antrean panjang seperti pada sistem BPJS Kesehatan.

3. Bisa Digunakan Hingga ke Luar Negeri

Dibandingkan dengan asuransi pemerintah yang terbatas penggunaannya di dalam negeri, asuransi swasta dapat memberikan perlindungan kesehatan bahkan ketika kamu berada di luar negeri. Seperti contoh, ketika kamu sedang berlibur di luar negeri dan mengalami keadaan darurat atau sakit, biaya pengobatan tidak akan menjadi beban finansial yang berlebihan. 

Namun, pastikan untuk memeriksa kerjasama perusahaan asuransi dengan rumah sakit atau penyedia layanan kesehatan di destinasi luar negeri sehingga kamu dapat memanfaatkan asuransi dengan optimal.

4. Bisa Klaim Ganda

Jika kamu telah menggunakan BPJS Kesehatan, pemegang polis masih memiliki kesempatan untuk mengajukan klaim tambahan kepada asuransi swasta yang dimilikinya. 

Proses klaim ganda ini memungkinkan pemegang polis untuk mendapatkan penggantian biaya tambahan atau cakupan yang mungkin tidak dicakup sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan. Dengan demikian, asuransi swasta dapat memberikan perlindungan tambahan dan membantu mengurangi beban finansial dalam situasi kesehatan tertentu.

5. Memberikan Perlindungan Ekstra dengan Asuransi Tambahan

Terakhir, kamu diberikan opsi untuk menambahkan cakupan tambahan sesuai kebutuhan, pemegang polis dapat mempersonalisasi polis asuransi mereka sesuai dengan situasi dan kebutuhannya masing-masing. 

Misalnya, dalam asuransi kendaraan, pemegang polis dapat memilih untuk menambahkan perlindungan untuk perlindungan terhadap bencana alam, atau jenis perlindungan lainnya yang tidak termasuk dalam paket dasar. 

Meskipun ada keuntungan-keuntungan tersebut, penting untuk diingat bahwa masing-masing perusahaan asuransi swasta memiliki kebijakan, ketentuan, dan kondisi yang berbeda-beda.  Pastikan untuk teliti dan selektif dalam memilih produk asuransi agar pilihan kamu sesuai dengan harapan dan memberikan perlindungan yang dibutuhkan.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan Igloo mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif sebelum membuat keputusan akhir terkait produk asuransi yang akan kamu pilih.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu