faktor yang mempengaruhi biaya asuransi

10 Faktor yang Mempengaruhi Biaya Asuransi Kamu

Table of Contents

Memiliki asuransi adalah cara yang sangat tepat untuk melindungi kamu dari kerugian finansial yang bisa muncul apabila ada sesuatu hal yang merugikan kamu. Untuk mendapatkan asuransi yang terbaik, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi biaya asuransi.

Biaya asuransi atau premi ini nantinya harus kamu bayarkan setiap bulannya. Besarnya premi asuransi ini akan tergantung dari beberapa faktor, dan berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi biaya asuransi tersebut.

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Asuransi

1. Pekerjaan

faktor yang mempengaruhi harga asuransi

Faktor yang mempengaruhi biaya asuransi yang pertama adalah pekerjaan. Semakin tinggi risiko terjadinya kecelakaan pada diri kamu berdasarkan pekerjaan kamu, maka akan semakin tinggi premi asuransi yang harus kamu bayarkan. 

Sebagai contoh, seorang pekerja lapangan di area pertambangan akan memiliki premi asuransi yang lebih tinggi karena memiliki tingkat risiko kecelakaan kerja yang lebih tinggi jika membandingkannya dengan pekerja kantor yang memiliki risiko kecelakaan kerja yang lebih rendah.

2. Jenis kelamin

Faktor yang mempengaruhi biaya asuransi yang kedua adalah jenis kelamin. Berdasarkan jenis kelamin, pada umumnya biaya premi perempuan akan lebih tinggi jika membandingkannya dengan laki-laki.

Hal tersebut karena perempuan akan cenderung lebih sering melakukan konsultasi kesehatan dengan seorang dokter dibandingkan laki-laki. Konsultasi tersebut bisa seperti pemeriksaan kesehatan rutin sampai dengan mendapatkan obat. Selain itu juga perempuan akan melalui proses melahirkan yang memiliki risiko yang cukup tinggi bagi dirinya.

3. Usia

Selain pekerjaan dan jenis kelamin, usia juga menjadi faktor yang mempengaruhi biaya asuransi yang akan kamu pilih. Semakin tinggi usia kamu saat mulai menggunakan produk asuransi, maka akan semakin tinggi juga premi yang harus kamu bayarkan.

Hal tersebut karena semakin tinggi usia seseorang, maka akan semakin tinggi juga risiko yang bisa terjadi pada orang tersebut. Karena hal tersebut, sangat penting bagi kamu untuk menggunakan produk asuransi terbaik sedini mungkin.

4. Riwayat kesehatan

Bagi kamu yang ingin menggunakan produk asuransi kesehatan terbaik, riwayat kesehatan menjadi salah satu faktor yang akan sangat mempengaruhi biaya asuransi kamu. Hal tersebut karena melalui riwayat kesehatan, perusahaan asuransi akan mempertimbangkan besarnya biaya pertanggungan yang akan mereka keluarkan saat kamu sedang sakit.

Apabila kamu memiliki riwayat penyakit berat atau kronis seperti jantung, paru-paru atau yang lainnya dan penyakit yang mudah kambuh, maka premi yang harus kamu bayarkan akan lebih tinggi.

Karena hal tersebut, sangat penting bagi kamu untuk mendapatkan asuransi kesehatan yang terbaik saat kamu masih dalam kondisi sehat agar biaya premi menjadi lebih murah dan nantinya kamu akan mendapatkan perlindungan finansial yang lebih maksimal saat dibutuhkan.

5. Jenis asuransi

Faktor yang mempengaruhi biaya asuransi juga tergantung dari jenis asuransi yang kamu pilih. Secara umumnya terdapat dua jenis asuransi yang dapat kamu pilih, yaitu asuransi biasa dan asuransi unit link.

Asuransi biasa adalah asuransi yang akan memberikan perlindungan terhadap kerugian finansial saat dibutuhkan. Sementara asuransi unit link memiliki manfaat lebih, yaitu dapat memberikan keuntungan karena memiliki fungsi sebagai investasi. Harga asuransi unit link ini tentunya lebih tinggi jika membandingkannya dengan asuransi biasa.

6. Besar uang pertanggungan

Faktor yang mempengaruhi biaya asuransi berikutnya adalah besar uang pertanggungan yang akan diberikan perusahaan asuransi kepada kamu saat kamu butuhkan. Semakin tinggi jumlah nominal uang pertanggungan tersebut, maka premi yang harus kamu bayarkan juga akan semakin tinggi.

Hal ini juga berlaku saat kamu memutuskan untuk menggunakan fitur pertanggungan tambahan. Semakin banyak fitur pertanggungan tambahan yang kamu gunakan, maka akan semakin tinggi premi yang harus kamu bayarkan. Karena hal tersebut, bijaklah dalam menggunakan fitur tersebut.

7. Masa kontrak polis asuransi

Perlu kamu ketahui juga bahwa masa kontrak polis asuransi yang kamu pilih, maka akan semakin tinggi juga biaya premi yang harus kamu bayarkan. Umumnya lama masa kontrak pilih yang bisa kamu pilih adalah mulai dari 5 tahun sampai 20 tahun.

Mempertimbangkan masa kontrak polis asuransi ini sangat penting untuk kamu lakukan terutama jika kamu menggunakan produk asuransi pendidikan untuk anak kamu. Pastikan masa kontrak polis tersebut sesuai dengan masa yang paling kamu butuhkan.

8. Kondisi finansial

Kondisi finansial juga bisa menjadi faktor yang mempengaruhi biaya asuransi seseorang. Kondisi finansial ini bisa terlihat dari catat rekening aktif yang bisa menjadi pertimbangan perusahaan asuransi untuk memastikan bahwa nantinya kamu akan memiliki kemampuan yang cukup untuk membayar premi setiap bulannya.

Kondisi finansial ini juga harus menjadi pertimbangan penting yang harus kamu lakukan. Hal tersebut karena jangan sampai nantinya premi asuransi ini menjadi hal sangat memberatkan finansial kamu setiap bulannya.

9. Kebiasaan

Kebiasaan atau pola hidup juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi biaya asuransi seseorang. Sebagai contoh, apabila seseorang memiliki kebiasaan atau pola hidup sebagai seorang perokok aktif, maka biaya premi yang harus dibayarkan juga akan semakin tinggi.

Kebiasaan atau pola hidup perokok ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap risiko penyakit yang bisa muncul pada diri seseorang. Seorang perokok aktif memiliki risiko terserang penyakit lebih tinggi jika membandingkannya dengan orang yang tidak merokok, karena hal tersebut biaya premi seorang perokok aktif akan lebih tinggi.

10. Hobi

Selain kebiasaan atau pola hidup, hobi juga sering menjadi faktor yang mempengaruhi biaya asuransi seseorang. Apabila kamu memiliki hobi yang ekstrem atau berbahaya, seperti panjat tebing, terjun payung, melakukan balapan atau hal ekstrem lainnya, maka akan semakin tinggi biaya premi yang harus kamu keluarkan.

Hal tersebut karena beberapa hobi ekstrem tersebut akan sangat berbahaya bagi diri seseorang dan dapat meningkat risiko terjadinya kecelakaan pada diri seseorang. Karena hal tersebut maka premi asuransi orang dengan hobi olahraga ekstrem akan semakin tinggi.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi biaya asuransi seseorang. Dengan mengetahui beberapa faktor tersebut, semoga kamu dapat mendapatkan asuransi terbaik sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu