cara klaim asuransi autocillin

Inilah Syarat dan Cara Klaim Asuransi Autocillin yang Mudah Dilakukan

Table of Contents

Autocillin adalah salah satu produk asuransi terbaik yang telah menjadi pilihan masyarakat untuk melindungi kendaraan mereka. Sebagai pemilik polisnya, mengetahui cara klaim asuransi autocillin sangatlah penting.

Klaim asuransi merupakan suatu proses dimana nasabah meminta dana perjanjian dari perusahaan asuransi. Pada dasarnya, ini adalah permohonan resmi yang diajukan kepada perusahaan asuransi yang akan memberikan kompensasi finansial sesuai dengan kesepakatan yang telah ditetapkan dalam perjanjian awal kepada nasabah yang mengajukan klaim.

Nah, khusus kamu yang memiliki polis asuransi Autocillin Zurich, artikel Blog Igloo ini akan membahas mengenai panduan cara klaim dan persyaratan yang harus dipenuhi.

Pengertian Asuransi Autocillin

Pengertian Asuransi Autocillin

Di samping reputasinya dengan asuransi kesehatan, Zurich Indonesia juga terkenal dengan produk asuransi kendaraan bernama Autocillin. Autocillin diakui sebagai salah satu pilihan terbaik untuk asuransi mobil saat ini. Produk asuransi ini memberikan perlindungan komprehensif dengan berbagai fitur layanan menarik untuk melindungi kendaraan kamu.

Awalnya, Autocillin adalah produk asuransi mobil yang dikelola oleh PT Asuransi Adira Dinamika, yang lebih dikenal sebagai Asuransi Adira. Namun, setelah diakuisisi oleh Zurich Insurance Indonesia, yang merupakan bagian dari Zurich Group, pada bulan November 2021, terjadi perubahan nama menjadi Zurich Asuransi Indonesia. 

Umumnya, perusahaan asuransi mobil menawarkan dua opsi pertanggungan utama, yaitu asuransi all risk dan TLO (Total Loss Only). Namun, Asuransi Mobil Zurich memberikan pilihan lebih luas dengan menyediakan tiga jenis polis Autocillin Asuransi, yaitu TLO, Comprehensive, dan Comprehensive Plus yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Dilengkapi dengan jaringan bengkel mitra yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia, Asuransi Autocillin menawarkan akses ke sekitar 160 bengkel. Agar proses klaim menjadi lebih mudah, Autocillin menyajikan layanan berbasis aplikasi mobile. Dengan aplikasi ini, kamu dapat melaporkan klaim secara langsung dan juga memilih bengkel mitra yang tersedia di kota tempat kamu berada.

Panduan Cara Klaim Asuransi Autocillin

Panduan Cara Klaim Asuransi Autocillin

Ada dua metode yang disediakan oleh Zurich, yaitu melalui aplikasi Autocillin Mobile Claim dan layanan Zurich Care. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Melalui Autocillin Mobile Claim

  1. Unduh aplikasi Autocillin Mobile Claim di PlayStore atau AppStore.
  2. Pilih opsi “Klaim” pada halaman utama atau beranda.
  3. Setelah itu klik menu “Ajukan Klaim” untuk pengajuan klaim baru (Disarankan untuk segera mengajukan klaim dalam waktu tidak lebih dari 5 hari sejak terjadinya kerugian atau kerusakan).
  4. Setelah itu unggah foto STNK mobil yang diasuransikan, nomor plat, nomor rangka kendaraan, nomor mesin kendaraan, dan nomor polis, kemudian klik “Next” untuk proses selanjutnya.
  5. Pada tahap selanjutnya, masukkan informasi seperti nama pelapor klaim, email, nomor telepon, dan nama pengemudi. Klik tombol Next setelah semua data diisi dengan lengkap dan benar.
  6. Selanjutnya, unggah foto dokumen seperti KTP, SIM, dan STNK. Pastikan bahwa semua data di dokumen tersebut terbaca dengan jelas dalam foto. Disarankan untuk mengambil foto dalam format landscape.
  7. Sertakan juga foto-foto dengan jelas yang menunjukkan kerusakan pada mobil. Kamu dapat menambahkan deskripsi kerusakan di kolom yang tersedia di sebelah foto-foto tersebut.
  8. Klik “Tambahkan Foto” setelah memastikan semua persyaratan terpenuhi.
  9. Langkah terakhir, tentukan jadwal kunjungan ke bengkel untuk melakukan perbaikan. Pilih tanggal dan jam yang diinginkan, setelah pasti, klik tombol “Next” dan “Submit Klaim”.

Perlu diingat bahwa proses klaim akan melibatkan pemeriksaan dan verifikasi dari pihak asuransi. Oleh karena itu, perbaikan di bengkel baru dapat dilaksanakan setelah dokumen lengkap diterima dan Surat Perintah Kerja diterbitkan.

Setelahnya, kamu akan diberikan nomor tiket klaim yang memungkinkan kamu untuk memantau perkembangan proses perbaikan mobil. Ceklah status klaim melalui menu “Track Klaim”, dan pastikan untuk membawa mobil ke bengkel sesuai dengan tanggal dan jam yang telah kamu pilih sebelumnya.

2. Melalui  Zurich Care

Zurich tidak hanya menyediakan pengajuan klaim melalui aplikasi, tetapi juga memberikan opsi layanan klaim melalui Zurich Care. Layanan ini dapat diakses baik secara offline maupun online. Berikut adalah rincian lebih lanjut:

  • Mendatangi kantor pusat dengan membawa dokumen persyaratan, yang beralamat di Graha Zurich, MT. Haryono Kav. 42, Jakarta Selatan 12780
  • Menghubungi call center Autocillin yang beroperasi 24 jam di 1500456
  • Email kronologis kejadian melalui zurichcare.general@zurich.co.id
  • Whatsapp ke nomor 08121113456

Baca Juga: Lindungi Mobil Kamu! Simak 8 Tips Memilih Asuransi Mobil Berikut

Syarat Dokumen Klaim Asuransi Autocillin

Saat akan mengajukan klaim, diperlukan kelengkapan dokumen persyaratan tertentu. Jenis dokumen yang harus dilampirkan bervariasi tergantung pada jenis pertanggungan yang diberikan. Berikut adalah penjelasan mengenai dokumen yang perlu diserahkan, disesuaikan dengan besaran pertanggungan yang diberikan.

1. Dokumen untuk Klaim Kerugian Total (TLO)

Jika kamu berencana mengajukan klaim untuk menutupi nilai kerugian total atau keseluruhan, ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan, antara lain:

  • Formulir laporan kerugian klaim kendaraan bermotor
  • Fotokopi KTP pemegang polis
  • Fotokopi SIM dan STNK pengemudi
  • Fotokopi laporan kepolisian

2. Dokumen Persyaratan Klaim Kerugian Sebagian atau Parsial

Jika klaim yang diajukan bersifat sebagian, persiapkan dokumen pelengkap berikut:

  • Formulir laporan kerugian klaim kendaraan bermotor
  • Fotokopi KTP tertanggung
  • Fotokopi SIM dan STNK pengemudi
  • Fotokopi laporan kepolisian
  • Surat kuasa tertanggung

3. Dokumen untuk klaim Personal Accident (PA)

Dalam beberapa kasus, kecelakaan dapat melibatkan kondisi pribadi. Jika demikian, dokumen yang diperlukan meliputi:

  • Formulir pengajuan klaim PA
  • Fotokopi KTP korban
  • Fotokopi surat keterangan dokter
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Surat kuasa atau surat ahli waris
  • Surat keterangan kelurahan tentang ahli waris

Baca Juga: 10 Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

Manfaat Pertanggungan Asuransi Mobil Autocillin

Manfaat Pertanggungan Asuransi Mobil Autocillin

Autocillin menyediakan tiga jenis manfaat pertanggungan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget kamu. Berikut ini penjelasan singkat mengenai manfaatnya.

1. Jaminan Total Loss Only

Yang pertama adalah jaminan Total Loss Only.  Jenis pertanggungan ini memberikan jaminan penggantian atas kerusakan atau kerugian total hingga 75 persen dari harga kendaraan pada saat kejadian. Risiko yang ditanggung mencakup kecelakaan, kebakaran, dan pencurian dengan syarat maksimal usia kendaraan yang dapat ditanggung adalah 15 tahun.

TLO juga memberikan jaminan perluasan seperti: 

  • Bencana alam
  • Terorisme dan sabotase
  • Kecelakaan diri untuk pengemudi dan penumpang

Adapun fitur dan layanan yang dapat kamu peroleh mencakup:

  • Layanan mobil derek 
  • Layanan ambulans

2. Jaminan Comprehensive

Jenis pertanggungan berikutnya adalah Comprehensive atau All Risk. Pertanggungan ini menawarkan jaminan penggantian biaya kerusakan parsial seperti penyok, baret, lecet, dan juga kerusakan total akibat kecelakaan, kebakaran, hingga pencurian.

Pertanggungan Comprehensive juga menyediakan fitur-fitur menarik seperti “New for Old,” pembaruan STNK, layanan ambulans, derek, dan penggantian barang pribadi. Selain itu, paket perlindungan ini juga mencakup perluasan jaminan:

  • Angin topan, banjir, badai, tanah longsor
  • Gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi
  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga
  • Huru-hara dan kerusuhan
  • Terorisme dan sabotase
  • Kecelakaan diri untuk pengemudi dan penumpang
  • Fasilitas bengkel resmi (Autocillin Garage)

3. Jaminan Comprehensive Plus

Terakhir adalah jaminan Comprehensive Plus. Pertanggungan ini menawarkan manfaat yang lebih lengkap dibandingkan paket comprehensive biasa. Perbedaannya terletak pada risiko-risiko yang sebelumnya menjadi jaminan perluasan (rider), dalam paket Comprehensive Plus menjadi risiko yang sudah termasuk dalam jaminan pokok.

Adapun fitur-fitur menarik yang akan kamu dapatkan adalah:

  • New for old
  • Pembaruan STNK
  • Pertanggungan barang pribadi (personal effects) 
  • Perbaikan di Autocillin Garage
  • Layanan same day repair

Kendaraan dengan usia maksimal 8 tahun dapat ditanggung, dan masa pertanggungan asuransi berlangsung selama 1 tahun. Meskipun harganya lebih tinggi dibandingkan dengan paket lainnya, tetapi manfaat yang diberikan sangat lengkap.

Itulah informasi terkait cara klaim Asuransi Autocillin yang bisa kamu jadikan panduan. Walaupun Asuransi Autocillin menawarkan perlindungan yang bermanfaat bagi kendaraan kamu, mengetahui cara klaim asuransi tetap menjadi bagian penting dari kepemilikan polis asuransi.

Hal ini dapat membantu memastikan bahwa manfaat asuransi dapat dimanfaatkan sepenuhnya ketika diperlukan dan menghindari penolakan klaim asuransi di masa depan. 

Jika kamu membutuhkan konsultasi terkait asuransi mobil atau asuransi motor yang paling pas untuk kamu, konsultasikan saja bersama Igloo!

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu