Tips Memilih Asuransi Mobil

Lindungi Mobil Kamu! Simak 8 Tips Memilih Asuransi Mobil Berikut

Table of Contents

Memiliki asuransi mobil adalah suatu hal yang harus kamu lakukan demi melindungi mobil kamu dari segala resiko yang mungkin akan terjadi di masa depan. Sebagai nasabah, tentu kamu mengetahui cara memilih asuransi mobil yang tepat.

Memilih asuransi mobil yang tepat bukanlah suatu hal yang mudah. Mengingat ada banyak jenis asuransi, perusahaan asuransi, dan polis yang berbeda-beda. Hal ini tentu akan melibatkan pemahaman yang cermat tentang kebutuhan dan situasi finansial kamu. 

Nah, agar tidak salah pilih dikemudian hari, kali ini Blog Igloo akan memberikan 8 tips memilih asuransi mobil yang bisa kamu jadikan acuan.

Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

1. Pilih Asuransi Mobil Sesuai dengan Kebutuhan

Tips memilih asuransi mobil yang pertama adalah menyesuaikan polis dengan kebutuhan pribadi kamu. Keuntungan yang diperoleh dari asuransi sangat bergantung pada kondisi mobil itu sendiri. 

Oleh karena itu, kamu harus melihat kondisi kendaraan, termasuk mesin, bodi, usia, dan faktor lainnya. Memahami kondisi mobil yang akan diasuransikan membuat kamu lebih mudah untuk  memilih jenis asuransi yang tepat.

Ada dua pilihan jenis asuransi kendaraan yang dapat dipertimbangkan, yaitu:

  • Total Loss Only (TLO): Melindungi atau memberikan ganti rugi apabila terjadi kehilangan total seperti pencurian atau perampasan atau bisa juga apabila kamu menderita kerugian di atas 75%.
  • All Risk: Memberikan kamu perlindungan dan ganti rugi finansial atas segala kejadian yang terjadi pada kendaraan atau mobil kamu. Segala kejadian tersebut mencakup kejadian yang memberikan kerusakan ringan, berat sampai kehilangan kendaraan kamu.

2. Pilih Perusahaan Asuransi yang Terpercaya

Reputasi perusahaan asuransi yang kamu pilih mencerminkan sejauh mana perusahaan dapat diandalkan dan dapat memberikan layanan yang baik kepada nasabah. Untuk memastikannya, kamu bisa melihat review dan testimoni dari nasabah-nasabah sebelumnya. 

Jika sudah menemukan perusahaan asuransi yang menurut kamu tepat, kamu bisa menghubunginya langsung untuk meminta penjelasan mengenai rincian produk asuransi yang mereka tawarkan.

3. Kenali Manfaat Yang Ditawarkan

Kenali Manfaat Yang Ditawarkan

Tips memilih asuransi mobil selanjutnya adalah mempelajari manfaat yang ditawarkan suatu produk yang ditawarkan dari pihak asuransi. Kamu dapat memahami sejauh mana perlindungan yang diberikan oleh produk asuransi tersebut. Tips ini membantu menilai apakah produk tersebut sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi kamu.

4. Perhatikan Biaya Premi

Biaya premi asuransi harus sesuai dengan kemampuan finansial. Dengan memperhatikan biaya premi dari suatu produk asuransi, kamu dapat memastikan bahwa pembayaran premi dapat berjalan mulus tanpa menimbulkan beban yang berlebihan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

5.  Perhatikan Syarat dan Ketentuan Polis

Poin nomor ini sangat krusial untuk diperhatikan karena polis asuransi menguraikan tindakan yang perlu diambil dan yang sebaiknya dihindari dalam situasi kerusakan atau kehilangan pada mobil. 

Seperti contoh, ketentuan pembayaran premi, kondisi-kondisi yang tidak dicakup oleh polis, sejauh mana perlindungan yang diberikan oleh polis, dan lain sebagainya. Jika ada pertanyaan atau ketidakpahaman mengenai syarat dan ketentuan polis, jangan ragu untuk bertanya pada pihak asuransi untuk mendapatkan penjelasan yang lebih rinci.

6. Lakukan Perbandingan

Lakukan Perbandingan

Ada banyak produk asuransi mobil yang bisa kamu jadikan pertimbangan, jadi tips memilih asuransi mobil selanjutnya adalah dengan melakukan perbandingan antara satu asuransi dengan perusahaan lainnya.

Dengan membandingkan produk asuransi dari berbagai perusahaan, kamu dapat menemukan penawaran dengan harga premi yang paling tepat, mendapatkan manfaat perlindungan sesuai dengan kebutuhan, serta mengetahui kelebihan dan kekuranganya masing-masing.

7. Cek Bengkel Rekanan

Pastikan asuransi yang akan kamu pilih memiliki koneksi bengkel yang tersedia secara luas di Indonesia. Jika suatu hari mobil kamu memerlukan perbaikan di tengah jalan, kamu bisa mengunjung bengkel-bengkel rekanan tersebut. 

Biasanya, bengkel rekanan sudah familiar dengan prosedur dan persyaratan yang dimiliki oleh perusahaan asuransi tersebut. Jadi, proses klaim akan berjalan lebih cepat dan lebih efisien.

8. Perhatikan Prosedur Klaim Asuransi

Perhatikan Prosedur Klaim Asuransi

Tips memilih asuransi mobil yang terakhir adalah dengan memperhatikan bagaimana prosedur klaim dari produk asuransi yang kamu pilih. Ada baiknya untuk memilih produk asuransi yang memberikan proses klaim yang mudah dan cepat. 

Saat ini ada banyak perusahaan asuransi menawarkan layanan klaim melalui platform digital, sehingga kamu bisa dengan mudah melakukan klaim dan mengikuti perkembangannya secara online.

Baca Juga: Pentingnya Memiliki Asuransi Mobil Bekas

Itulah 8 tips memilih asuransi mobil yang bisa membantu kamu mendapatkan produk yang paling tepat. Perlu diingat bahwa mobil adalah sebuah aset yang memiliki nilai yang tinggi. Sebagai pemilik kamu tentu harus merawat dan bahkan melindunginya dengan asuransi mobil terbaik.

Dengan memiliki asuransi mobil, aset berharga milik kamu akan terlindungi dari berbagai risiko atau kerugian yang mungkin akan terjadi di suatu hari nanti, seperti  bencana alam, huru-hara, vandalisme, hingga hilang karena dicuri.

Untuk memudahkan kamu, Igloo menyediakan asuransi mobil yang dapat kamu miliki dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Mobil” melalui Igloo di https://igloo.co.id/id/asuransi-mobil
  2. Pilih jenis asuransi mobil yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Komprehensif (All Risk) dan Kerugian Total Saja (TLO).
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang diinginkan
  4. Masukan informasi kendaraan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk proses klaimnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke portal Igloo: Setelah mendapat notifikasi melalui email bahwa polis kamu telah diterbitkan, silakan masuk ke halaman “Polis Saya
  2. Persiapkan dokumen klaim yang dibutuhkan: Persiapkan nomor polis, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  3. Pengajuan Klaim: Kirimkan detail dan dokumen klaim melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  4. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja: Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja setelah persetujuan klaim

Selain Asuransi Mobil, kamu juga dapat menemukan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga kamu, Asuransi Hewan Peliharaan untuk hewan kesayangan, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi petualangan kamu. 

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu