cara mengatasi hp kemasukan air di layar

7 Cara Mengatasi Layar HP yang Kemasukan Air

Table of Contents

Layar HP kemasukan air merupakan hal yang kerap terjadi. Hal ini biasanya disebabkan oleh kelalaian pengguna itu sendiri, entah itu tercebur ke dalam air atau terkena air hujan, dsb. Kondisi-kondisi tersebut memungkinkan air akan masuk ke dalam layar melalui celah atau retakan kecil. Lalu, bagaimana cara mengatasi hp kemasukan air di layar?

Selain kelalaian pengguna, pengaruh lingkungan juga dapat menyebabkan layar HP kemasukan air. Seperti contoh jika kamu membawa HP dari lingkungan yang dingin ke lingkungan yang hangat dengan cepat, kelembapan udara di sekitar HP dapat mengkondensasikan menjadi air di dalam layar.

Jika kamu sering menggunakan HP di lingkungan dengan kelembaban tinggi, seperti di dekat air atau di daerah lembab, maka ada risiko air dapat masuk ke dalam layar melalui celah-celah kecil.

Karena hal ini kerap terjadi, kali ini Igloo akan memberitahu kamu cara mengatasi layar HP kemasukan air di layar!

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air di Layar

Jika layar HP terkena air, ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya:

1. Segera Matikan HP

cara mengatasi hp kemasukan air di layar

Cara mengatasi HP kemasukan air di layar yang pertama adalah mematikan HP. Jangan mencoba untuk menghidupkannya atau menekan tombol apa pun, karena hal itu dapat menyebabkan penyebaran kerusakan komponen karena adanya korsleting listrik.

2. Lepaskan Komponen HP

Setelah mematikannya secara total, selanjutnya kamu bisa melepas komponen-komponen HP seperti baterai, memori, dan kartu SIM. Hal ini akan membantu mencegah adanya arus listrik yang dapat merusak komponen dalam HP.

3. Jangan Mengeringkan dengan Sumber Panas

cara mengatasi hp kemasukan air di layar
Woman hands with hair dryer on blue pink background. Beauty concept

Sangat disarankan untuk tidak mengeringkannya menggunakan sumber panas seperti hair dryer, oven, atau sinar matahari langsung. Hal ini berpotensi untuk menyebabkan kerusakan pada layar HP kamu.

4. Jangan Masukan ke Dalam Freezer atau Kulkas

Selain sumber panas, jangan coba-coba untuk mengeringkannya dengan memasukan HP ke dalam kulkas atau freezer. Hal ini hanya akan membuat air di dalam HP membeku dan tidak akan keluar.

5. Gunakan Lap Kering

cara mengatasi hp kemasukan air di layar

Cara mengatasi HP kemasukan air di layar lainnya adalah menggunakan lap atau tisu kering untuk mengeringkan bagian layar HP dengan cara menggosoknya. Pastikan untuk menggosok dengan lembut agar layar HP tidak ada goresan. Pastikan untuk melakukannya segera mungkin, jika layar HP dibiarkan dalam keadaan lembab terlalu lama, hal ini berpotensi menimbulkan flek hitam pada layar. 

6. Biarkan HP Kering Secara Alami

Setelah membersihkan layar, diamkan HP kamu dalam keadaan mati dan biarkan kering selama beberapa jam atau bahkan berhari-hari. Biarkan kelembapan yang ada di HP kamu menguap dengan sendirinya.

7. Gunakan Silica Gel atau Rendam dengan Beras

cara mengatasi hp kemasukan air di layar

Agar proses pengeringan lebih cepat, kamu bisa menggunakan silica gel atau beras untuk membantu menyerap kelembapan dari HP. Silica gel dan beras dipercaya memiliki kemampuan untuk menyerap dan mengikat kelembapan dari udara sekitarnya.

Silica gel dan beras memiliki kemampuan adsorpsi yang tinggi. Mereka mampu menyerap dan mengikat molekul-molekul air. Butiran silica gel dapat berubah warna ketika jenuh dengan kelembapan. 

Untuk menggunakannya, cukup dengan meletakkan HP dalam wadah yang berisi salah satu bahan tersebut dan biarkan airnya terserap. Biasanya, komponen HP akan kering selama dua atau tiga hari ketika didiamkan.

Pentingnya Memiliki Asuransi HP

Asuransi HP memberikan perlindungan tambahan di luar garansi perangkat kamu. Ketika kamu mengalami suatu kejadian yang membuat HP kamu rusak atau hilang maka pihak asuransi akan memberikan ganti rugi. Ada dua jenis asuransi HP yang dapat kamu pilih:

1. Screen Protection

Asuransi screen protection memberikan perlindungan untuk kerusakan yang terjadi pada layar HP kamu. Asuransi ini memberikan perlindungan terhadap kerusakan layar perangkat seluler seperti retak, pecah, atau rusak akibat kecelakaan atau benturan.

Jumlah premi yang harus dibayar dapat bervariasi tergantung pada jenis dan merek perangkat serta harga layar pengganti. Untuk nilai dan kuantitas pertanggungannya sendiri tergantung dari premi yang dipilih. Ada yang hanya meng-cover 1 kali perbaikan, atau bisa juga lebih dari itu.

2. All Risk Protection

All risk protection melindungi perangkat dari segala risiko, mulai dari kerusakan, cacat produksi, hingga kehilangan. Umumnya, pihak asuransi hanya akan memberikan manfaat sebanyak 1 kali selama dalam masa perlindungan. 

Namun, ada juga yang akan meng-cover lebih dari sekali, tergantung paket yang dipilih. Perlu dicatat kalau premi untuk asuransi all risk protection biasanya lebih mahal dibandingkan dengan asuransi screen protection, karena perlindungan yang lebih luas dan komprehensif.

Itulah enam cara mengatasi HP yang kemasukan air di layar. Penting untuk diingat bahwa mayoritas HP tidak dirancang untuk tahan air atau tahan terhadap kelembapan tinggi. Oleh karena itu, sangat penting untuk melindungi HP kamu dari paparan air atau kelembaban yang berlebihan untuk mencegah masuknya air ke dalam layar dan merusak komponen elektronik di dalamnya.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu