asuransi penyakit kritis

4 Alasan Mengapa Kamu Harus Memiliki Asuransi Penyakit Kritis

Table of Contents

Asuransi kesehatan dan asuransi jiwa adalah dua jenis asuransi yang umumnya dimiliki oleh tiap orang. Keduanya memang menawarkan perlindungan finansial jika terjadi risiko yang tidak terduga, seperti penyakit serius, kecelakaan, bencana alam, hingga kematian. 

Namun, biasanya para nasabah juga memanfaatkan asuransi penyakit kritis yang memberikan perlindungan khusus terhadap risiko menderita penyakit kritis atau serius tertentu. Asuransi penyakit kritis hadir dalam dua jenis, yaitu asuransi penyakit kritis murni atau stand alone dan asuransi sakit kritis tambahan atau rider.

Apa saja perbedaan? Mengapa kamu harus mempertimbangkan untuk memiliki asuransi penyakit kritis? Simak artikel Igloo berikut ini.

Apa itu Asuransi Penyakit Kritis?

Apa itu Asuransi Penyakit Kritis?

Dilansir dari berbagai sumber, asuransi penyakit kritis adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan khusus terhadap risiko menderita penyakit kritis atau serius. Seperti yang kita ketahui, biaya pengobatan penyakit-penyakit kritis sangat mahal.

Untuk pengobatan penyakit kritis bisa dikenai biaya paling sedikit sekitar Rp150.000.000. Nah, jika  tertanggung didiagnosis menderita salah satu penyakit yang dijamin dalam polis asuransi, maka asuransi penyakit kritis akan memberikan pertanggungan atau dana santunan yang cukup besar, ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Asuransi penyakit kritis sendiri biasanya dapat menanggung sekitar 50 sampai 100 jenis penyakit kritis. Beberapa di antaranya adalah:

  • Kanker
  • Jantung
  • Stroke
  • Ginjal
  • Transplantasi Organ
  • Saraf
  • Diabetes
  • Penyakit Paru

Biaya pengobatan akan berbeda antara berbagai jenis penyakit kritis. Misalnya, biaya pengobatan kanker mungkin berbeda dengan biaya pengobatan gagal ginjal atau stroke. Tingkat keparahan penyakit juga dapat mempengaruhi biaya pengobatan. Penyakit yang lebih parah mungkin memerlukan perawatan lebih intensif dan lama, yang dapat meningkatkan biaya.

Karena biaya pengobatan penyakit kritis dapat sangat tinggi, penting untuk mempertimbangkan perlindungan asuransi penyakit kritis yang dapat membantu melindungi keuangan kamu dari risiko besar yang tidak terduga. 

Asuransi penyakit kritis hadir dalam dua jenis, yaitu stand alone dan tambahan atau rider. Asuransi stand-alone merujuk pada polis asuransi yang berdiri sendiri dan tidak terkait dengan produk atau layanan keuangan lainnya. Artinya, asuransi penyakit kritis tidak diikat atau digabungkan dengan produk atau layanan keuangan lain.

Sementara itu, asuransi tambahan atau rider merupakan asuransi ekstra yang bisa kamu dapatkan setelah kamu sudah mempunyai polis asuransi kesehatan terlebih dahulu. Dengan menambahkan asuransi penyakit kritis, perlindungan kesehatan yang kamu dapatkan akan semakin lengkap.

Baca Juga: Jangan Diabaikan! Inilah 6 Ciri-Ciri Umum Diabetes di Usia Muda

Manfaat Memiliki Asuransi Penyakit Kritis

1. Perlindungan Penyakit Serius

Asuransi Penyakit Kritis melindungi tertanggung dari risiko keuangan yang disebabkan oleh penyakit-penyakit kritis seperti kanker, jantung, stroke, ginjal, transplantasi organ, dan beberapa penyakit lainnya. Daftar penyakit yang dijamin dan syarat klaim dapat bervariasi tergantung pada polis dan perusahaan asuransi.

2. Mengatasi Beban Finansial

Penyakit kritis seringkali memerlukan perawatan medis intensif, obat-obatan mahal, dan mungkin mempengaruhi kemampuan tertanggung untuk beraktivitas. Asuransi penyakit kritis membantu mengatasi beban finansial yang timbul akibat biaya perawatan dan memungkinkan tertanggung untuk fokus pada pemulihan tanpa khawatir tentang masalah keuangan.

3. Pembayaran Tunai Lump Sum

Jika diagnosis penyakit kritis ditegakkan sesuai dengan definisi dalam polis, tertanggung akan menerima pembayaran tunai lump sum. Pembayaran tunai lump sum adalah pembayaran keseluruhan yang diberikan dalam jumlah besar dan sekaligus, bukan dalam bentuk pembayaran berkala atau angsuran.

Manfaat ini dapat digunakan sesuai kebutuhan, seperti biaya pengobatan, perawatan, penggantian pendapatan, dan kebutuhan finansial lainnya selama masa penyembuhan.

4. Mendukung Rencana Keuangan

Asuransi dapat menjadi bagian dari rencana keuangan yang lebih besar untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang, seperti pendidikan anak, persiapan pensiun, atau investasi.

5. Memberikan Rasa Aman dan Ketenangan Pikiran

Memberikan Rasa Aman dan Ketenangan Pikiran

Memiliki asuransi memberikan rasa aman dan ketenangan pikiran, karena kamu dan keluarga akan dilindungi dari risiko yang tidak terduga. Hal ini tentu dapat mengurangi stres dan kecemasan terkait keuangan.

Baca Juga: 7 Rahasia Hidup Sehat: Simpel, Efektif, dan Bermanfaat

Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Informasi terakhir dari Igloo setelah pengertian apa itu asuransi penyakit kritis, berikut adalah beberapa tips memilih asuransi kesehatan:

  1. Tentukan tujuan sebelum memilih produk asuransi kesehatan
  2. Perhatikan dan pelajari rekam jejak perusahaan asuransi yang akan kamu pilih
  3. Pelajari dengan baik produk asuransi kesehatan yang akan dipilih
  4. Pilih sesuai dengan kemampuan finansial kamu
  5. Pilih sesuai dengan kebutuhan kamu
  6. Jangan tunda membeli produk asuransi kesehatan

Asuransi penyakit kritis sangat berguna untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap risiko penyakit serius yang dapat mengganggu kestabilan finansial kamu. Pastikan untuk memilih polis dengan bijaksana dan sesuaikan dengan kebutuhan dan situasi kesehatan kamu. 

Jika kamu tertarik dengan Asuransi Penyakit Kritis, sebaiknya konsultasikan dengan Igloo untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang cakupan, manfaat, dan premi yang berlaku. 

Jangan lupa untuk memiliki asuransi kesehatan terbaik dari Igloo, dan dapatkan berbagai macam macam keuntungan jika terjadi hal-hal diluar dugaan pada kesehatan kamu.

Untuk melakukan pembelian asuransi kesehatan, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Kesehatan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-kesehatan
  2. Pilih jenis asuransi kesehatan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Keluarga dan Asuransi Individu
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis asuransi kesehatan yang dipilih
  4. Masukan informasi keluarga/personal kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit.
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Selain asuransi kesehatan, Igloo juga menawarkan berbagai produk asuransi lain yang dapat memberikan ketenangan pikiran yang sama. Jika kamu berencana untuk bepergian, pertimbangkan Asuransi Perjalanan Igloo untuk melindungi perjalanan kamu dari kemungkinan gangguan.

Untuk kendaraan berharga, Igloo menyediakan asuransi kendaraan yang akan melindungi investasi kamu baik Asuransi Motor atau Asuransi Mobil. Bahkan teman berbulu kamu bisa mendapatkan perlindungan terbaik dengan Asuransi Hewan Peliharaan.

Jadilah bagian dari keluarga Igloo dengan kunjungi situs web Igloo hari ini dan dapatkan penawaran serta informasi lebih lanjut tentang produk asuransi Igloo. Yuk, lindungi kesehatan dan masa depan kamu bersama Igloo!

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu