ciri-ciri diabetes di usia muda

Jangan Diabaikan! Inilah 6 Ciri-Ciri Umum Diabetes di Usia Muda

Table of Contents

Diabetes adalah kondisi medis yang ditandai oleh peningkatan kadar gula (glukosa) dalam darah. Hal ini terjadi ketika tubuh tidak dapat menggunakan atau memproduksi cukup insulin, hormon yang diperlukan untuk mengontrol kadar gula darah.

Tidak hanya dialami individu yang sudah berusia lanjut, ternyata diabetes juga dapat dialami oleh individu yang masih berusia muda, lho. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor seperti kebiasaan makan yang tidak dikontrol dengan baik atau gaya hidup yang kurang sehat.

Untuk mencegahnya, kali ini Igloo akan memberikan informasi seputar diabetes di usia muda, mulai dari tipe, ciri-ciri, penyebab, dan cara mengatasinya.

Tipe-Tipe Diabetes

Tipe-Tipe Diabetes

Sebelum mengetahui lebih lanjut, berikut adalah informasi umum tentang risiko diabetes berdasarkan kelompok usia:

Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 adalah bentuk diabetes yang disebabkan oleh kerusakan pada sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Pada diabetes tipe 1, pankreas tidak dapat memproduksi cukup insulin atau sama sekali tidak dapat memproduksinya. 

Jika tidak ditangani, diabetes tipe 1 dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang yang serius. Beberapanya termasuk masalah jantung, gangguan ginjal, gangguan penglihatan, kerusakan saraf (neuropati), dan masalah pada saluran pencernaan.

Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 memiliki hubungan erat dengan gaya hidup dan faktor risiko tertentu, termasuk obesitas, kurangnya aktivitas fisik, dan pola makan yang tidak sehat. Diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh tidak menggunakan insulin dengan efektif (resistensi insulin) atau tidak memproduksi cukup insulin untuk mempertahankan kadar gula darah yang normal.

Baca Juga: 7 Penyebab Umum Asam Lambung Naik

Ciri-Ciri Diabetes di Usia Muda

Diabetes pada usia muda dapat memiliki ciri-ciri yang mirip dengan penderita diabetes pada kelompok usia lainnya. Namun, penting untuk diingat bahwa gejala diabetes dapat bervariasi.

Ada beberapa orang yang mungkin mengalami gejala yang mencolok, sedangkan yang lain mungkin tidak mengalami gejala sama sekali. 

Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang dapat menjadi pertanda adanya diabetes pada usia muda:

  • Sering buang air kecil: Ketika mengalami diabetes, produksi urin akan meningkat karena tubuh mencoba mengeluarkan kelebihan glukosa melalui urin.
  • Rasa haus yang berlebihan: Kadar gula darah yang tinggi dapat membuat tubuh menjadi dehidrasi dan menyebabkan rasa haus yang berlebihan.
  • Penurunan berat badan yang tidak normal: Meskipun tidak selalu terjadi, penurunan berat badan yang tidak normal atau kehilangan nafsu makan dapat menjadi tanda diabetes pada usia muda. Hal ini terjadi karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa dengan efektif dan mulai memecah lemak sebagai sumber energi.
  • Cepat lelah dan lemas: Kadar gula darah yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kelelahan yang berlebihan dan kelemahan pada individu dengan diabetes.
  • Penglihatan kabur: Fluktuasi kadar gula darah dapat mempengaruhi lensa mata, menyebabkan perubahan penglihatan sementara atau penglihatan kabur.
  • Luka yang sulit sembuh: Diabetes yang tidak terkontrol dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka.

Penyebab Diabetes di Usia Muda

Penyebab Diabetes di Usia Muda

Diabetes pada usia muda dapat disebabkan oleh faktor-faktor berikut:

  • Faktor genetik: Jika seseorang memiliki keturunan dengan riwayat diabetes tipe 1 atau tipe 2, besar kemungkinan akan terkena diabetes pada usia muda. 
  • Obesitas: Obesitas adalah faktor risiko utama untuk diabetes tipe 2 pada semua kelompok usia, termasuk pada usia muda. Kebiasaan makan yang tidak sehat dan gaya hidup yang tidak aktif dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan resistensi insulin, yang dapat berkontribusi pada perkembangan diabetes.
  • Gaya hidup tidak sehat: Pola makan yang tinggi gula dan lemak, kurangnya aktivitas fisik, dan kebiasaan merokok pada usia muda dapat mempengaruhi sensitivitas tubuh terhadap insulin dan meningkatkan risiko diabetes.
  • Kondisi medis lain: Beberapa kondisi medis seperti penyakit autoimun, kelainan pankreas, atau gangguan hormonal tertentu dapat berkontribusi pada perkembangan diabetes pada usia muda.

Baca Juga: Intip Estimasi Biaya Cabut Gigi di Indonesia Berikut

Cara Mengatasi Diabetes di Usia Muda

Jika kamu merasa telah mengalami salah satu gejala dari diabetes yang sudah disebutkan sebelumnya, ada baiknya untuk segera konsultasikan dengan dokter untuk saran dan arahan yang tepat dalam pengobatan diabetes.

Berkonsultasi dengan dokter akan membantu merencanakan pengobatan yang tepat sesuai dengan kebutuhan individu.

Sebagai tambahan, berikut adalah beberapa langkah penting dalam pengobatan diabetes pada usia muda:

1. Menjalankan Gaya Hidup Sehat

Menjalankan gaya hidup sehat sangat penting dalam mengatasi diabetes. Hal ini meliputi mengatur pola makan dengan makanan sehat, rendah gula, rendah lemak, dan kaya akan serat. 

Aktivitas fisik yang teratur juga penting untuk membantu mengontrol kadar gula darah. Menghindari merokok dan mengelola stres juga merupakan bagian penting dari perubahan gaya hidup sehat.

2. Pengukuran dan Pemantauan Kadar Gula Darah

Individu dengan diabetes di usia muda biasanya memerlukan pengukuran gula darah yang lebih sering. Hal ini dapat dilakukan menggunakan alat pemantau gula darah dan diikuti dengan catatan untuk memantau pola gula darah dan respons terhadap pengobatan.

3. Terapi Insulin atau Obat Hipoglikemik Oral

Pada diabetes tipe 1, pengobatan dengan insulin adalah kebutuhan utama karena produksi insulin tubuh yang sangat terbatas atau tidak ada sama sekali. Pada diabetes tipe 2, terapi insulin mungkin diperlukan jika pola makan, aktivitas fisik, dan obat hipoglikemik oral tidak dapat mengendalikan kadar gula darah dengan baik.

4. Kunjungan Rutin ke Dokter

Penderita diabetes harus rutin bertemu dengan dokter yang membantu memantau kondisi diabetes dan memastikan bahwa perawatan yang tepat diberikan. Dokter juga akan memeriksa komplikasi jangka panjang yang terkait dengan diabetes dan memberikan saran yang tepat.

5. Mengonsumsi Obat Diabetes

Dokter mungkin akan meresepkan obat penyakit gula yang membantu menurunkan kadar insulin. Berikut ini beberapa jenis obat yang biasanya diberikan oleh dokter:

  • Metformin untuk mengurangi kadar glukosa darah
  • Sulfonilurea untuk meningkatkan produksi insulin dalam pankreas
  • Pioglitazone sebagai pemicu insulin
  • Gliptin (penghambat DPP-4 ) untuk mencegah pemecahan GLP-1
  • Penghambat SGLT-2 yang berdampak pada urin
  • Agonis GLP-1 untuk memicu produksi insulin tanpa risiko hipoglikemia
  • Acarbose untuk memperlambat pencernaan karbohidrat
  • Nateglinide dan repaglinide yang bermanfaat untuk melepas insulin ke aliran darah

Dapatkan Asuransi Kesehatan Terbaik di Igloo

Apakah kamu sudah mengalami tanda-tanda dari diabetes seperti yang sudah disebutkan di atas? Jika iya, segera ambil tindakan dengan menjalani gaya hidup sehat dan berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Untuk memberikan perlindungan ekstra untuk diri kamu, pastikan untuk memiliki asuransi kesehatan yang terbaik dari Igloo  dan dapatkan berbagai macam macam keuntungan jika terjadi hal-hal diluar dugaan pada kesehatan kamu.

Untuk melakukan pembelian asuransi kesehatan, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Kesehatan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-kesehatan
  2. Pilih jenis asuransi kesehatan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Keluarga dan Asuransi Individu
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis asuransi kesehatan yang diinginkan
  4. Masukan informasi keluarga/personal kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit.
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Selain asuransi kesehatan, Igloo juga menawarkan berbagai produk asuransi lain yang dapat memberikan ketenangan pikiran yang sama. Jika kamu berencana untuk bepergian, pertimbangkan Asuransi Perjalanan Igloo untuk melindungi perjalanan kamu dari kemungkinan gangguan.

Untuk kendaraan berharga, Igloo menyediakan asuransi kendaraan yang akan melindungi investasi kamu baik Asuransi Motor atau Asuransi Mobil. Bahkan teman berbulu kamu bisa mendapatkan perlindungan terbaik dengan Asuransi Hewan Peliharaan.

Jadilah bagian dari keluarga Igloo dengan kunjungi situs web Igloo hari ini dan dapatkan penawaran serta informasi lebih lanjut tentang produk asuransi Igloo. Yuk, lindungi kesehatan dan masa depan kamu bersama Igloo!

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu