harga pasang behel

Ingin Gigi Rapih dengan Behel? Simak Prosedur dan Harga Pasangnya Berikut

Table of Contents

Jika posisi gigi kamu tidak rata atau terlalu berdesakan, memasang kawat gigi atau behel bisa menjadi solusi. Namun, sebelum memutuskan untuk pasang behel, ada baiknya untuk mengetahui harga dan prosedurnya terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan harga pasang behel dapat bervariasi tergantung pada lokasi dan jenis behel yang dipilih. Murah atau mahalnya biaya pasang behel tergantung pada kualitas dan jenis kawat yang digunakan.

Penasaran dengan perkiraan harga pasang behel di Indonesia? Yuk, cari tahu di artikel Igloo  yang satu ini!

Kapan Kamu Harus Pasang Behel?

Kapan Kamu Harus Pasang Behel

Keputusan untuk pasang behel harus dibuat berdasarkan kondisi kesehatan gigi dan rahang kamu. Ada beberapa indikasi yang menunjukkan bahwa kamu memerlukan perawatan ortodonti dengan behel, di antaranya:

  • Gigi yang tidak sejajar atau berdesakan: Jika gigi kamu tumbuh tidak sejajar atau terlalu rapat sehingga sulit untuk membersihkannya, maka behel dapat membantu memperbaikinya.
  • Gigi yang terlalu berjarak: Jika terdapat ruang yang terlalu besar antara gigi kamu, maka behel dapat membantu menutupinya.
  • Masalah gigitan: Jika kamu memiliki masalah gigitan, seperti gigitan terbalik atau overbite, behel dapat membantu memperbaiki posisi gigi dan rahang kamu.
  • Masalah kesehatan gigi: Jika gigi kamu sulit dibersihkan dan rentan terhadap masalah kesehatan gigi, seperti kerusakan gigi dan penyakit gusi, behel dapat membantu memperbaiki posisi gigi sehingga dapat lebih mudah dibersihkan dan menjaga kesehatan gigi.

Walaupun pasang behel sering diasosiasikan dengan keperluan medis, ada baiknya untuk tidak memasang behel hanya karena menginginkan penampilan alternatif yang berbeda dan unik.

Baca Juga: Intip Estimasi Biaya Cabut Gigi di Indonesia Berikut

Prosedur Pasang Behel

Berikut adalah prosedur umum pasang behel:

  • Konsultasi dan pemeriksaan gigi: Pertama-tama, dokter gigi akan melakukan pemeriksaan gigi dan membahas masalah gigi kamu. Selain itu, kamu juga akan diajak berdiskusi mengenai pilihan jenis behel yang paling sesuai.
  • Cabut gigi: Dalam beberapa kasus, cabut gigi sebelum pasang behel mungkin perlu dilakukan jika gigi yang perlu ditarik adalah gigi yang menghambat pergerakan gigi lain yang ingin dikoreksi.
  • Pemasangan behel: Selanjutnya, dokter gigi akan memasang behel di gigi. Proses ini melibatkan penempatan kawat pada behel dengan menggunakan karet kecil untuk menarik gigi dan membentuk susunan gigi yang diinginkan.
  • Penyesuaian behel: Kamu akan diminta untuk datang ke dokter gigi atau klinik ortodonti secara berkala untuk penyesuaian behel. Dokter gigi akan mengencangkan atau melonggarkan kawat dan karet pada behel, sehingga gigi dapat dipindahkan ke posisi yang benar.
  • Perawatan dan pemeliharaan: Selama menggunakan behel, kamu harus menjaga kebersihan gigi dengan rajin menyikat gigi dan menggunakan benang gigi. Saat beberapa pekan awal, hindari makan makanan keras dan lengket yang dapat merusak behel dan gigi kamu.
  • Pemindahan behel: Setelah gigi mencapai posisi yang diinginkan, dokter gigi akan memindahkan behel dan mulai memasang retainer atau kawat gigi permanen untuk mempertahankan posisi gigi yang baru.

Perkiraan Harga Pasang Behel Berdasarkan Jenisnya

Perkiraan Harga Pasang Behel

Berikut adalah perkiraan harga pasang behel yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Behel Metal

Dimulai dari yang paling umum digunakan, behel metal menggunakan bracket berbahan logam (metal) yang direkatkan di bagian depan gigi. Bagi beberapa orang, menggunakan behel jenis ini mungkin akan mengganggu penampilannya karena bracket tersebut akan terlihat jelas di depan gigi.

Namun, kamu masih bisa mengganti warna karet agar behel kamu tidak terlihat monoton. Behel metal merupakan pilihan banyak orang karena harga pasangnya yang berkisar mulai dari Rp3.000.000 hingga Rp12.000.000. 

2. Behel Keramik

Selanjutnya adalah behel keramik. Behel jenis ini seringkali menjadi pilihan bagi mereka yang ingin tetap tampil cantik meski harus menggunakan behel gigi. Pasalnya behel ini tidak memiliki warna atau transparan.

Perlu dicatat, bahwa behel keramik ini memiliki bahan yang cukup rapuh dan lebih rentan terhadap perubahan warna. Jadi, behel kamu kemungkinan akan terlihat jika sering mengonsumsi teh, kopi, atau makanan minuman berwarna lainnya. 

Untuk harga, behel keramik berada di kisaran Rp3.000.000 hingga Rp17.000.000

3. Behel Damon

Behel Damon menggunakan teknologi khusus yang menggabungkan kawat gigi self-ligating dan sistem bracket slide. Teknologi tersebut membuat kawat gigi dapat bergerak lebih bebas dan efektif tanpa harus memakai banyak karet pengikat seperti behel konvensional.

Ada dua jenis behel damon yang bisa kamu pilih yaitu behel damon quantum dan damon clear. Untuk perkiraan harga damon quantum adalah sekitar Rp15.000.000 hingga Rp24.000.000, sedangkan damon clear berkisar dari Rp2.000.000 hingga Rp3.000.000.

4. Behel Lingual

Behel lingual adalah jenis behel atau kawat gigi yang dipasang di bagian dalam gigi. Dalam pemasangan behel lingual, dokter gigi akan menempatkan kawat gigi pada bagian dalam gigi yang tersembunyi sehingga tidak terlihat dari luar.

Behel lingual biasanya lebih mahal daripada jenis behel konvensional karena memerlukan keahlian khusus dan peralatan khusus dalam pemasangannya. Rata-rata harga pasang behel lingual adalah Rp 20.000.000 hingga Rp75.000.000.

5. Behel Sapphire

Behel sapphire adalah jenis behel yang terbuat dari bahan kristal safir transparan atau putih bening yang tidak berwarna seperti kristal, sehingga tampak hampir tidak terlihat pada gigi. Kristal safir adalah bahan yang sangat kuat, tahan lama, dan tidak mudah berubah warna atau bintik-bintik seperti behel lainnya.

Untuk harga, behel jenis ini berkisar mulai dari Rp8.000.000 hingga Rp10.000.000.

Baca Juga: Jangan Diabaikan! Inilah 6 Ciri-Ciri Umum Diabetes di Usia Muda

Dapatkan Asuransi Kesehatan Terbaik di Igloo

Itulah perkiraan harga behel sesuai jenis yang kamu pilih. Namun, sebelum pasang behel, penting untuk diingat bahwa harga pasang behel yang sudah disebutkan diatas dapat bervariasi tergantung pada tempat yang dipilih dan tingkat kesulitan gigi kamu. Jadi, manakah tipe behel yang akan kamu pilih?

Untuk memberikan perlindungan ekstra untuk diri kamu, pastikan untuk memiliki asuransi kesehatan yang terbaik dari Igloo  dan dapatkan berbagai macam macam keuntungan jika terjadi hal-hal diluar dugaan pada kesehatan kamu.

Untuk melakukan pembelian asuransi kesehatan, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Kesehatan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-kesehatan
  2. Pilih jenis asuransi kesehatan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Keluarga dan Asuransi Individu
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis asuransi kesehatan yang diinginkan
  4. Masukan informasi keluarga/personal kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit.
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Selain asuransi kesehatan, Igloo juga menawarkan berbagai produk asuransi lain yang dapat memberikan ketenangan pikiran yang sama. Jika kamu berencana untuk bepergian, pertimbangkan Asuransi Perjalanan Igloo untuk melindungi perjalanan kamu dari kemungkinan gangguan.

Untuk kendaraan berharga, Igloo menyediakan asuransi kendaraan yang akan melindungi investasi kamu baik Asuransi Motor atau Asuransi Mobil. Bahkan teman berbulu kamu bisa mendapatkan perlindungan terbaik dengan Asuransi Hewan Peliharaan.

Jadilah bagian dari keluarga Igloo dengan kunjungi situs web Igloo hari ini dan dapatkan penawaran serta informasi lebih lanjut tentang produk asuransi Igloo. Yuk, lindungi kesehatan dan masa depan kamu bersama Igloo!

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu