ciri ciri asam urat

Ketahui, 6 Ciri-Ciri Asam Urat dan Cara Mengobatinya

Table of Contents

Asam urat atau gout adalah salah satu jenis penyakit yang menyebabkan nyeri atau radang pada sendi. Biasanya, rasa sakit yang disebabkan oleh asam urat sering terjadi pada jari-jari, lutut, atau pergelangan kaki.

Rasa nyeri dan bengkak akibat penyakit asam urat ini biasanya terjadi sekitar 1–2 kali dalam setahun dan bisa bertahan hingga 7–10 hari.

Penyakit asam urat dapat lebih mudah menyerang pria yang berusia di atas 30 tahun, sedangkan wanita penyakit asam urat ini dapat muncul setelah terkena menopause.

Untuk mempelajari lebih lanjut, artikel Igloo berikut akan memberi kamu informasi seputar asam urat, mulai dari penyebab, ciri-ciri, hingga cara mengatasinya.

Penyebab Asam Urat

Penyebab Asam Urat

Asam urat sendiri bukanlah penyakit, melainkan adalah semacam senyawa yang berfungsi untuk mengurai purin yang ada di dalam tubuh.

Namun, jika tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat dari biasanya, hal ini akan membuatnya menumpuk dan membentuk kristal urat tajam seperti jarum di sendi atau jaringan di sekitarnya yang menyebabkan rasa sakit.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya asam urat tinggi adalah:

1. Konsumsi Makanan Tinggi Purin

Makanan tinggi purin seperti daging merah, makanan laut, dan produk susu yang mengandung lemak tinggi, dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Purin yang dikonsumsi dalam makanan diubah menjadi asam urat dalam tubuh.

2. Obesitas

Asam urat tinggi berkaitan dengan berat badan berlebih atau obesitas. Kondisi ini dapat meningkatkan produksi asam urat dan mengganggu fungsi ginjal dalam menghilangkan asam urat dari tubuh.

3. Usia dan Jenis Kelamin

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, penyakit asam urat lebih rentan terjadi pada pria dibandingkan wanita. Namun, bukan berarti wanita tidak dapat mengalaminya. Biasanya, wanita akan terkena asam urat setelah menopause. Sementara itu, pria akan terkena asam urat pada usia 30 hingga 50 tahun.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Sesak Nafas yang Dapat Dilakukan di Rumah

Ciri-Ciri Asam Urat

Ciri-Ciri Asam Urat

Setelah mengetahui penyebab asam urat, mari kita lihat apa saja ciri-ciri orang yang terkena asam urat:

  1. Nyeri sendi: Ciri-ciri utama orang yang terkena asam urat adalah nyeri sendi yang parah. Biasanya, penyakit asam urat terjadi secara tiba-tiba dan mempengaruhi sendi jari, pergelangan tangan atau kaki, hingga lutut.
  2. Peradangan dan kemerahan: Sendi yang terkena serangan gout mungkin akan tampak merah, bengkak, dan terasa panas saat disentuh.
  3. Sensitivitas: Sendi yang terkena asam urat seringkali sangat sensitif dan nyeri bahkan dengan sentuhan yang ringan atau tekanan ringan.
  4. Keterbatasan Gerakan: Selama terkena asam urat, sendi-sendi mengalami keterbatasan gerakan karena nyeri dan peradangan. Hal ini tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan mobilitas.
  5. Demam dan menggigil: Tidak hanya menyerang sendi, gejala asam urat juga dapat meliputi demam, menggigil, tubuh lemas layaknya terkena flu. Hal ini disebabkan oleh tumpukan kristal asam urat yang melepas protein sitokin. Protein sitokin tersebut berfungsi untuk membentuk kekebalan tubuh. Jadi, daya tahan tubuh akan menurun jika sitokin terlepas. 
  6. Keluhan pada ginjal: Dalam kasus yang lebih parah, asam urat menyebabkan komplikasi pada penyakit lain seperti batu ginjal. Jika tidak ditangani dalam jangka waktu yang panjang, tumpukan kristal dari asam urat nantinya akan tersalur ke ginjal, sehingga menumpuk sebagai batu ginjal.

Cara Mengobati Asam Urat

Cara Mengobati Asam Urat

Berikut adalah beberapa cara umum untuk mengobati asam urat:

1. Konsumsi Obat-obatan

Untuk meredakan gejala dan menurunkan kadar asam urat dalam darah biasanya, dokter akan memberikan obat-obatan, seperti:

  • Diclofenac, untuk meredakan nyeri dan peradangan
  • Colchicine, untuk mengatasi gejala nyeri ketika serangan gout terjadi
  • Probenecid atau atau febuxostat (Feburic), untuk menurunkan kadar asam urat
  • Allopurinol, untuk menghambat produksi asam urat di dalam tubuh

2. Perubahan Pola Makan

Mengubah pola makan dan menghindari makanan yang tinggi purin, seperti daging merah, makanan laut, dapat membantu mengurangi produksi asam urat dalam tubuh. Sebagai gantinya, kamu bisa memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, dan sumber protein untuk membantu mengendalikan kadar asam urat.

3. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, obesitas dapat meningkatkan risiko terjadinya asam urat tinggi. Sangat disarankan untuk selalu menjaga berat badan yang sehat dengan melakukan diet seimbang dan aktivitas fisik yang cukup.

4. Konsumsi Banyak Cairan 

Minum banyak air putih dapat membantu mengurangi risiko terbentuknya kristal asam urat dalam tubuh dan membantu mengeluarkan asam urat melalui urin. Selain itu, hindari juga minuman yang tinggi fruktosa.

5. Menghindari Alkohol

Minuman beralkohol dapat memicu terjadinya asam urat. Oleh karena itu, ada baiknya untuk membatasi atau bahkan menghindari konsumsi alkohol untuk mengurangi resiko terkena asam urat.

Baca Juga: Penyebab, Ciri-Ciri, dan Cara Mengatasi Penyakit Tipes

Dapatkan Asuransi Kesehatan Terbaik di Igloo

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis dan perawatan yang tepat jika kamu mengalami gejala atau kekhawatiran terkait dengan asam urat atau gout.

Dokter akan melakukan evaluasi lebih lanjut dan meresepkan pengobatan yang sesuai berdasarkan kondisi kesehatan kamu.

Agar kesehatan kamu semakin terlindungi, ada baiknya untuk memiliki asuransi kesehatan yang terbaik yang akan menawarkan banyak manfaat bagi kamu.

Untuk melakukan pembelian asuransi kesehatan, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Kesehatan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-kesehatan
  2. Pilih jenis asuransi kesehatan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Keluarga dan Asuransi Individu
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis asuransi kesehatan yang diinginkan
  4. Masukan informasi keluarga/personal kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit.
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Selain asuransi kesehatan, Igloo juga menawarkan berbagai produk asuransi lain yang dapat memberikan ketenangan pikiran yang sama. Jika kamu berencana untuk bepergian, pertimbangkan Asuransi Perjalanan Igloo untuk melindungi perjalanan kamu dari kemungkinan gangguan.

Untuk kendaraan berharga, Igloo menyediakan asuransi kendaraan yang akan melindungi investasi kamu baik Asuransi Motor atau Asuransi Mobil. Bahkan teman berbulu kamu bisa mendapatkan perlindungan terbaik dengan Asuransi Hewan Peliharaan.

Jadilah bagian dari keluarga Igloo dengan kunjungi situs web Igloo hari ini dan dapatkan penawaran serta informasi lebih lanjut tentang produk asuransi Igloo. Yuk, lindungi kesehatan dan masa depan kamu bersama Igloo!

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu