Term Life Insurance

Apa yang Dimaksud dengan Term Life Insurance?

Table of Contents

Term life insurance atau asuransi jiwa berjangka adalah jenis asuransi jiwa yang memberikan perlindungan terhadap risiko kematian dalam jangka waktu tertentu. Jenis asuransi ini juga dikenal sebagai asuransi jiwa berjangka.

Pemegang polis membayar premi untuk jangka waktu tertentu yang telah ditentukan. Jika ia meninggal dunia selama periode tersebut, maka manfaat kematian akan dibayarkan kepada ahli waris atau keluarganya.

Namun, term life insurance tidak memiliki unsur tabungan sehingga kamu tidak dapat menguangkannya jika pemegang polis masih hidup pada akhir periode asuransi. Jika hal ini terjadi, perlindungan akan berakhir tanpa ada nilai tunai yang dikembalikan. 

Seperti namanya, asuransi ini hanya memberikan perlindungan asuransi dalam jangka waktu tertentu. Jangka waktu asuransi berjangka yang paling banyak ditawarkan berkisar antara 1, 5, 10, 15, 20, 25, 30 tahun hingga sampai usia tertentu atau biasanya 65 tahun dan tidak lebih dari 80 tahun.

Manfaat Term Life Insurance

Manfaat Term Life Insurance

1. Membantu Mengelola Keuangan Jangka Panjang

Jika kamu memiliki rencana finansial jangka panjang, term life insurance adalah pilihan yang tepat. Term life insurance membuat kamu untuk tidak perlu repot mengelola dana kebutuhan yang berbeda di masa mendatang, terutama jika kamu adalah pencari nafkah tunggal yang bertanggung jawab penuh kepada keluarga.

2. Meminimalkan Kredit Macet

Kredit macet adalah jenis kredit yang telah jatuh tempo dan/atau tidak terbayar selama 90 hari atau lebih, atau kredit yang dianggap tidak mampu untuk membayar bunga dan pokok pinjaman pada saat jatuh tempo. Disinilah term life insurance berperan untuk mengurangi potensi terjadinya kredit macet jika hal tersebut menimpa debitur maupun kreditur. 

3. Memberikan Perlindungan Finansial kepada Keluarga

Term life insurance dapat memberikan perlindungan pada ahli waris atau keluarga tertanggung. Sebab, asuransi ini dapat mencegah terputusnya pendapatan untuk sementara bila pencari nafkah tunggal dalam keluarga mengalami risiko tidak terduga.

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Kamu Harus Memiliki Asuransi Penyakit Kritis

Keuntungan Term Life Insurance

Setelah mengetahui manfaat dari term life insurance, yuk cari tahu keuntungan dan keunggulannya dari asuransi jiwa yang lain:

1. Jangka Waktu yang Lebih Terjangkau

Walaupun memberikan tingkat perlindungan yang sama, jangka waktu term life insurance umumnya lebih terjangkau dibandingkan jenis asuransi jiwa lainnya. Masa perlindungan yang ditawarkan, yaitu mulai dari 1 tahun, 5 tahun, hingga 20 tahun.

2. Dapat Disesuaikan dengan Kebutuhan

Kedua, durasi perlindungan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Term life insurance memeliki kelebihan untuk memberikan fleksibilitas bagi sebuah keluarga untuk menentukan durasi perlindungan sesuai kebutuhan.

Ciri-Ciri Term Life Insurance

Lantas, apakah term life insurance memiliki karakteristiknya sendiri? Simak penjelasan berikut:

  • Adanya jangka waktu tertentu: Produk asuransi jiwa berjangka memberikan pertanggungan selama satu jangka waktu tertentu, atau disebut policy term (jangka waktu polis).
  • Manfaat polis akan dibayarkan jika tertanggung meninggal dalam jangka waktu yang ditetapkan; dan polis masih berlaku ketika tertanggung meninggal.
  • Bila tertanggung masih hidup sampai berakhirnya jangka waktu, maka polis dapat memberikan hak kepada pemegang polis melanjutkan pertanggungan asuransi jiwa. Jika pemegang polis tidak melanjutkan, polis akan berakhir dan perusahaan asuransi tidak berkewajiban untuk memberikan pertanggungan selanjutnya.
  • Perlindungan asuransi terbaik biasanya tersedia dalam bentuk polis asuransi, namun dapat juga tersedia dalam bentuk sebuah rider (asuransi tambahan) yang ditambahkan pada polis dasarnya tersebut.

Baca Juga: Premi Asuransi: Pengertian, Cara Menghitung dan Faktor yang Mempengaruhi

Jenis Term Life Insurance

Jenis Term Life Insurance

1. Yearly Renewable Term

Asuransi Jiwa YRT atau Yearly Renewable Term adalah produk asuransi jiwa yang memberikan perlindungan atas risiko kematian selama satu tahun. Pemegang polis membayar premi setiap tahun untuk memperoleh perlindungan selama satu tahun berikutnya, dan premi tersebut akan diperbarui pada setiap tahun polis berikutnya. 

Jika pemegang polis meninggal dunia selama masa pertanggungan, pihak asuransi akan membayar manfaat kematian kepada ahli waris yang ditunjuk.

Meskipun premi YRT seringkali lebih murah dibandingkan dengan produk asuransi jiwa dengan jenis polis tetap lainnya, namun premi akan terus naik pada setiap tahun polis berikutnya sehingga mungkin akan menjadi lebih mahal di masa mendatang.

2. Fixed Term Life Insurance

Asuransi Jiwa Berjangka Tetap atau Fixed Term Life Insurance adalah produk asuransi jiwa yang memberikan perlindungan atas risiko kematian selama jangka waktu tertentu yang telah ditentukan sebelumnya. 

Pemegang polis membayar premi selama periode tertentu, biasanya antara 5 hingga 30 tahun, dan jika pemegang polis meninggal dunia selama masa pertanggungan, pihak asuransi akan membayar manfaat kematian kepada ahli waris yang ditunjuk.

Pada Asuransi Jiwa Berjangka Tetap, premi yang dibayar oleh pemegang polis tetap selama jangka waktu tertentu, dan tidak akan naik seiring berjalannya waktu seperti pada Asuransi Jiwa YRT.

3. Increasing Term Insurance

Asuransi berjangka meningkat atau Increasing Term Insurance adalah produk asuransi jiwa yang memberikan perlindungan atas risiko kematian selama jangka waktu tertentu yang telah ditentukan sebelumnya, dengan premi yang meningkat secara berkala selama periode pertanggungan.

Pemegang polis akan membayar premi yang lebih rendah di awal periode pertanggungan dan premi tersebut meningkat setiap tahun secara berkala selama jangka waktu tertentu. Sebagai contoh, premi pada tahun kedua polis akan lebih tinggi dari premi pada tahun pertama, dan seterusnya.

4. Decreasing Term Life Insurance

Selanjutnya adalah Asuransi Jiwa Berjangka Menurun atau Decreasing Term Life Insurance. Produk asuransi jiwa ini memberikan perlindungan atas risiko kematian selama jangka waktu tertentu yang telah ditentukan sebelumnya, dengan manfaat kematian yang berkurang seiring dengan berjalannya waktu.

Jika pemegang polis meninggal dunia selama masa pertanggungan, manfaat kematian yang diberikan akan lebih rendah di akhir periode pertanggungan dibandingkan di awal periode pertanggungan.

Beli Asuransi Kesehatan Terbaik di Igloo

Itu dia penjelasan singkat mengenai term life insurance dari Igloo yang harus kamu ketahui. Sebelum memutuskan untuk membeli asuransi jiwa berjangka, pastikan untuk mempelajari dengan seksama rincian dan ketentuan polis yang ditawarkan serta menentukan apakah jenis asuransi ini sesuai dengan kebutuhan dan situasi keuangan kamu.

Jangan lupa untuk memiliki asuransi kesehatan yang terbaik, agar kesehatan kamu semakin terlindungi, ya.

Untuk melakukan pembelian asuransi kesehatan, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Kesehatan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-kesehatan
  2. Pilih jenis asuransi kesehatan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Keluarga dan Asuransi Individu
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis asuransi perjalanan yang diinginkan
  4. Masukan informasi keluarga/personal kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit.
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Selain asuransi kesehatan, Igloo juga menawarkan berbagai produk asuransi lain yang dapat memberikan ketenangan pikiran yang sama. Jika kamu berencana untuk bepergian, pertimbangkan Asuransi Perjalanan Igloo untuk melindungi perjalanan kamu dari kemungkinan gangguan.

Untuk kendaraan berharga, Igloo menyediakan asuransi kendaraan yang akan melindungi investasi kamu baik Asuransi Motor atau Asuransi Mobil. Bahkan teman berbulu kamu bisa mendapatkan perlindungan terbaik dengan Asuransi Hewan Peliharaan.

Jadilah bagian dari keluarga Igloo dengan kunjungi situs web Igloo hari ini dan dapatkan penawaran serta informasi lebih lanjut tentang produk asuransi Igloo. Yuk, lindungi kesehatan dan masa depan kamu bersama Igloo!

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu