6 Tips Terbaik untuk Ginjal Sehat: Simpel dan Ampuh

Table of Contents

Ginjal adalah organ penting dalam sistem ekskresi tubuh manusia dan memiliki berbagai fungsi yang sangat vital dalam menjaga keseimbangan internal tubuh. Karena memiliki peran penting, bagaimanakah cara menjaga ginjal agar tetap sehat?

Bagi kamu yang belum mengetahui, ginjal memiliki beberapa fungsi seperti menyaring darah, menyaring dan membuang limbah seperti racun, garam berlebih, memantau dan mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh, mengatur tekanan darah dan lain-lain.

Kehilangan fungsi ginjal akibat penyakit atau kerusakan serius dapat menyebabkan gangguan keseimbangan yang berbahaya dalam tubuh, lho. Jika sudah terjadi, seseorang pasti akan menjalankan perawatan medis yang biayanya sangat mahal.

Untuk mencegah penyakit ginjal, yuk, ketahui cara menjaga ginjal agar tetap sehat berikut!

Cara Menjaga Ginjal agar tetap Sehat

1. Minum Air Putih yang Cukup

Air putih memiliki peran penting dalam fungsi ginjal dan sistem ekskresi tubuh. Ginjal memiliki fungsi untuk menyaring darah dan menghilangkan produk limbah dan toksin dari tubuh.

Untuk melancarkan proses tersebut, ginjal membutuhkan air untuk membantu dalam proses penyaringan ini dengan menjaga volume cairan yang cukup.

Disarankan untuk minum air putih yang cukup, minimal 2 liter sehari.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi Makanan Sehat untuk menjaga kesehatan ginjal

Cara menjaga ginjal agar tetap sehat selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Ginjal memiliki peran penting dalam menyaring darah dan mengeluarkan produk limbah dari tubuh, sehingga penting untuk memberikan dukungan yang tepat melalui pola makan yang sehat.

Berikut adalah beberapa makanan yang bisa kamu tambahkan dalam diet kamu:

  • Sayuran
  • Buah-buahan
  • Ikan berlemak
  • Biji-bijian
  • Daging tanpa lemak
  • Telur
  • Produk susu rendah lemak
  • Kacang-kacangan dan kedelai

Baca juga: 7 Cara Diet Alami dan Sehat Langsing dan Ramping dalam 15 hari

3. Kurangi Rokok dan Alkohol 

Kurangi Rokok dan Alkohol 

Merokok memiliki dampak negatif pada berbagai bagian tubuh, termasuk ginjal. Salah satu dampak paling serius dari merokok adalah peningkatan risiko mengembangkan penyakit ginjal kronis, yang dapat memengaruhi fungsi ginjal secara permanen dan dapat mengarah pada kerusakan ginjal yang signifikan.

Sementara itu, Alkohol adalah zat diuretik, yang berarti dapat meningkatkan produksi urine dan menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal. Selain itu, mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan ginjal akut.

4. Rutin Berolahraga

Olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengendalikan berat badan, dan mendukung kesehatan jantung. Semua hal tersebut berperan penting dalam menjaga fungsi ginjal yang baik.

Kamu bisa memadukan olahraga angkat beban untuk membantu membangun dan memelihara massa otot, serta kardio untuk meningkatkan kapasitas kardiopulmoner. Semuanya akan berkontribusi pada kesehatan ginjal yang baik.

5. Perhatikan Tekanan Darah

Perhatikan Tekanan Darah untuk Menjaga Ginjal Tetap Sehat

Cara menjaga ginjal agar tetap sehat selanjutnya adalah dengan memperhatikan tekanan darah. Hal ini dikarenakan tekanan darah yang tinggi merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan ginjal.

Agar tekanan darah tetap stabil, kamu bisa melakukan hal-hal berikut:

  • Waktu tidur yang cukup (7-8 jam)
  • Membatasi asupan garam (tidak lebih dari 2.000 miligram atau sekitar 1 sendok teh per hari)
  • Hindari stres berlebih
  • Menjaga pola makan sehat
  • Batasi kafein
  • Hindari alkohol
  • Hindari rokok
  • Minum air putih yang cukup

6. Jangan Konsumsi Obat Sembarangan

Penting untuk selalu berbicara dengan dokter tentang semua obat yang kamu minum, termasuk suplemen atau obat bebas. Pasalnya, mengonsumsi obat dalam dosis yang tinggi atau overdosis dapat membahayakan kerja ginjal, lho. Nah, overdosis inilah yang dapat merusak organ-organ di dalam tubuh, salah satunya adalah ginjal.

Baca Juga: Kenali, 7 Gejala dan Penyebab Asam Lambung Naik

Dapatkan Asuransi Kesehatan Terbaik di Igloo

Itulah 6 cara menjaga ginjal agar tetap sehat dari Igloo. Jika kamu memiliki kondisi medis tertentu yang mempengaruhi ginjal, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut. 

Jangan lupa untuk memiliki asuransi kesehatan yang terbaik, agar kesehatan kamu semakin terlindungi, ya.

Untuk melakukan pembelian asuransi kesehatan, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Kesehatan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-kesehatan
  2. Pilih jenis asuransi kesehatan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Keluarga dan Asuransi Individu
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis asuransi kesehatan yang diinginkan
  4. Masukan informasi keluarga/personal kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit.
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Selain asuransi kesehatan, Igloo juga menawarkan berbagai produk asuransi lain yang dapat memberikan ketenangan pikiran yang sama. Jika kamu berencana untuk bepergian, pertimbangkan Asuransi Perjalanan Igloo untuk melindungi perjalanan kamu dari kemungkinan gangguan.

Untuk kendaraan berharga, Igloo menyediakan asuransi kendaraan yang akan melindungi investasi kamu baik Asuransi Motor atau Asuransi Mobil. Bahkan teman berbulu kamu bisa mendapatkan perlindungan terbaik dengan Asuransi Hewan Peliharaan.

Jadilah bagian dari keluarga Igloo dengan kunjungi situs web Igloo hari ini dan dapatkan penawaran serta informasi lebih lanjut tentang produk asuransi Igloo. Yuk, lindungi kesehatan dan masa depan kamu bersama Igloo!

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu