harga tes dna

Estimasti Harga Tes DNA di Indonesia Terbaru 2023

Table of Contents

Tes DNA  (deoxyribonucleic), atau lebih tepatnya tes genetik, adalah tes yang digunakan untuk mempelajari informasi genetik atau materi genetik seseorang. Tes DNA dapat memberikan informasi tentang keberadaan, mutasi, atau variasi pada gen tertentu yang dapat mempengaruhi kesehatan atau karakteristik individu.

Biasanya, tes DNA  melibatkan pengambilan sampel materi genetik seperti darah, rambut, kulit, saliva, hingga kuku. Untuk melakukan tes DNA, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dan juga biaya yang harus dikeluarkan.

Lantas, berapakah harga tes DNA di Indonesia? Simak artikel Igloo berikut.

Manfaat Melakukan Tes DNA

Manfaat Melakukan Tes DNA

Biasanya, tes DNA dilakukan hanya untuk mengetahui garis keturunan saja. Namun, Tes DNA memiliki sejumlah manfaat yang bagi individu dan profesional medis dalam berbagai bidang. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Identifikasi Keturunan dan Asal-Usul

Dimulai dari yang paling umum, tes DNA biasanya dilakukan untuk mengetahui asal-usul etnis seseorang atau untuk mencari hubungan keluarga yang tidak diketahui. Tes keturunan DNA dapat memberikan informasi tentang warisan genetik dan perjalanan migrasi leluhur.

2. Penyakit Genetik dan Resiko Keturunan 

Tes DNA dapat digunakan untuk mendeteksi keberadaan atau risiko seseorang terhadap penyakit genetik yang dapat diturunkan. Tes DNA dapat memberikan informasi penting tentang potensi risiko kesehatan bagi individu dan anggota keluarganya.

3. Perencanaan Kehamilan

Tes DNA dapat membantu pasangan yang berencana untuk memiliki anak dalam mengevaluasi risiko kelainan genetik yang dapat diturunkan ke anak mereka. Hasil dari tes DNA tersebut dapat membantu dalam pengambilan keputusan terkait perencanaan kehamilan atau pilihan pengobatan atau perawatan yang diperlukan.

4. Pengobatan yang Dipersonalisasi

Tes DNA dapat memberikan informasi tentang respons individu terhadap obat-obatan tertentu. Nantinya, hasil tersebut dapat membantu dokter dalam meresepkan obat dengan dosis yang tepat dan jenis yang sesuai dengan profil genetik pasien, sehingga meningkatkan efektivitas pengobatan dan mengurangi risiko efek samping.

5. Identifikasi Korban Bencana

Ketika ada kasus bencana atau situasi di mana identifikasi fisik tidak mungkin dilakukan, tes DNA dapat dilakukan untuk mengidentifikasi korban melalui perbandingan DNA dengan keluarga yang hilang.

6. Penelitian dan Kedokteran Genomik

Tes DNA juga memiliki manfaat dalam penelitian ilmiah dan pengembangan kedokteran genomik yang mempelajari struktur, fungsi, evolusi, dan pengaturan informasi genetik dalam genom suatu organisme. 

Bagi dunia medis, informasi yang diperoleh dari tes DNA dapat digunakan untuk memahami lebih baik tentang genetika manusia, mengidentifikasi gen atau varian yang terkait dengan penyakit, dan mengembangkan pengobatan atau terapi yang lebih baik.

Baca Juga: Estimasi Biaya Operasi Usus Buntu di Indonesia

Prosedur Tes DNA

Prosedur Tes DNA

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa persyaratan dan prosedur yang harus dilakukan sebelum tes DNA:

  • Prosedur diawali dengan mengambil sampel dari pasien. Sampel tersebut dapat berupa sel darah merah, rambut, kulit, air liur, hingga kuku
  • Sampel yang berhasil dikumpulkan akan melalui proses ekstraksi. Proses ini dilakukan dengan cara memberikan enzim tertentu pada sampel yang terkumpul
  • Selanjutnya akan dilakukan proses elektroforesis atau pemisahan DNA menggunakan bantuan medan listrik
  • Setelah itu, DNA akan disalin melalui proses PCR. Salinan ini kemudian diuji untuk mengetahui penanda genetik. Terdapat tiga proses yang dilalui, yaitu denaturasi, annealing, dan ekstensi
  • Pengujian DNA dilakukan untuk mengetahui penanda genetik yang lebih spesifik
  • Prosedur terakhir adalah membandingkan DNA. Setengah susunan DNA ayah terdapat pada anak, karena setengahnya lagi berasal dari ibu

Perlu diketahui bahwa hasil tes DNA baru akan diketahui dalam 2-4 minggu setelah pengambilan sampel dilakukan. Jadi, tes DNA bukanlah suatu proses yang singkat, kamu harus bersabar untuk mendapatkan hasil yang tepat.

Harga Tes DNA

Nah, setelah mengetahui prosedur tes DNA, berapakah biaya yang harus dikeluarkan? Tergantung tempatnya, berikut ini Igloo akan mendaftar kisaran harga tes DNA yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Tes DNA di Puskesmas

Tes DNA dapat dilakukan di Puskesmas, tetapi biaya tes tidak dapat ditanggung oleh BPJS. Hal ini dikarenakan seluruh biaya tes menjadi tanggung jawab pribadi. Untuk harga tes DNA di puskesmas berkisar antara Rp7.000.000 sampai Rp8.000.000 untuk satu kali pemeriksaan. Perlu dicatat bahwa, tidak semua puskesmas menyediakan layanan tes DNA.

2. Tes DNA di Rumah Sakit

Jika kamu ingin melakukan tes DNA di rumah sakit biayanya sekitar Rp5.000.000 sampai Rp10.000.000 untuk satu kali pemeriksaan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa rumah sakit yang melayani tes DNA di Indonesia:

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Term Life Insurance?

Dapatkan Asuransi Kesehatan Terbaik di Igloo

Itu dia informasi seputar tes DNA yang perlu kamu ketahui. Penting untuk diingat bahwa harga tes DNA dapat berbeda di tempat kamu berada. Tidak menutup kemungkinan juga ada biaya tambahan seperti konsultasi genetika, pemrosesan sampel, hingga pengiriman sampel. 

Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghubungi laboratorium atau penyedia layanan tes DNA terkait untuk mendapatkan informasi harga yang paling akurat.

Untuk memberikan perlindungan ekstra untuk diri kamu, pastikan untuk memiliki asuransi kesehatan terbaik dari Igloo, dan dapatkan berbagai macam macam keuntungan jika terjadi hal-hal diluar dugaan pada kesehatan kamu.

Untuk melakukan pembelian asuransi kesehatan, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Kesehatan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-kesehatan
  2. Pilih jenis asuransi kesehatan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Keluarga dan Asuransi Individu
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis asuransi perjalanan yang diinginkan
  4. Masukan informasi keluarga/personal kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit.
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Igloo juga menawarkan berbagai produk asuransi lain yang dapat memberikan ketenangan pikiran yang sama. Jika kamu berencana untuk bepergian, pertimbangkan Asuransi Perjalanan Igloo untuk melindungi perjalanan kamu dari kemungkinan gangguan.

Untuk kendaraan berharga, Igloo menyediakan asuransi kendaraan yang akan melindungi investasi kamu baik Asuransi Motor atau Asuransi Mobil. Bahkan teman berbulu kamu bisa mendapatkan perlindungan terbaik dengan Asuransi Hewan Peliharaan.

Jadilah bagian dari keluarga Igloo dengan kunjungi situs web Igloo hari ini dan dapatkan penawaran serta informasi lebih lanjut tentang produk asuransi Igloo. Lindungi kesehatan, lindungi masa depan kamu bersama Igloo!

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu