cara menawarkan asuransi kesehatan

10 Cara Menawarkan Asuransi Kesehatan yang Tepat

Table of Contents

Industri asuransi terus mengalami perubahan dan perkembangan yang dinamis. Sebagai seorang agen asuransi kesehatan, penting bagi kamu untuk memiliki pemahaman yang baik tentang cara menawarkan asuransi kesehatan agar dapat mencapai target yang telah ditetapkan.

Memberikan tawaran asuransi kesehatan kepada masyarakat adalah suatu tanggung jawab yang penting untuk meningkatkan pemahaman akan pentingnya memiliki perlindungan kesehatan yang memadai. 

Nah, untuk membantu penjualan kamu, artikel ini akan memberikan 10 cara menawarkan asuransi kesehatan yang baik kepada calon nasabah.

Cara Menawarkan Asuransi Kesehatan yang Baik ke Calon Pelanggan

1. Kuasai Product Knowledge

Top view health insurance form and eyeglasses with stethoscope on wooden background.business and healthcare concept.savings.flat lay.copy space.

Cara menawarkan asuransi kesehatan yang pertama adalah dengan menguasai seluruh informasi terkait produk asuransi kesehatan yang kamu tawarkan dengan mendalam.

Pelajari setiap keunggulan, cakupan, dan persyaratan yang terkait dengan setiap jenis asuransi kesehatan yang ingin kamu tawarkan. 

Dengan pemahaman yang mendalam, kamu dapat dengan lancar menyampaikan kepada calon pelanggan mengenai manfaat serta perlindungan yang dapat diberikan oleh produk asuransi kesehatan tersebut.

2. Pahami Segmen Pasar

Memahami secara mendalam profil demografis, gaya hidup, dan preferensi calon nasabah merupakan tahap penting dalam menawarkan asuransi kesehatan. Dengan memahami cara menawarkan asuransi kesehatan ini, kamu dapat menyesuaikan penawaran asuransi kesehatan yang lebih tepat sasaran, yang pada gilirannya dapat meningkatkan peluang keberhasilan dalam penjualan.

3. Sampaikan Penjelasan Secara Detail

Ketika berkomunikasi dengan calon nasabah, pastikan kamu memberikan penjelasan yang jelas dan menyeluruh mengenai produk asuransi kesehatan. Sampaikan informasi mengenai manfaat, premi, cakupan, dan proses klaim dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, serta hindari penggunaan istilah teknis yang rumit. Cara menawarkan asuransi kesehatan yang satu ini cukup penting agar calon nasabah percaya.

4. Beri Edukasi Kepada Calon Nasabah

Cara menawarkan asuransi kesehatan selanjutnya adalah memberikan penjelasan yang sederhana kepada calon nasabah tentang manfaat asuransi kesehatan. Hal ini mencakup jaminan biaya perawatan medis, manfaat rawat inap, perlindungan penyakit kritis, serta keamanan untuk keluarga.

Jelaskan juga pentingnya memiliki perlindungan kesehatan sebagai langkah untuk melindungi calon nasabah dari risiko keuangan yang mungkin timbul akibat biaya pengobatan yang tinggi.

5. Kenali Kebutuhan Calon Nasabah

Cara menawarkan asuransi kesehatan selanjutnya adalah mengenai kebutuhan nasabah. Saat berkomunikasi dengan calon nasabah, ajukan pertanyaan mengenai kebutuhan kesehatan dan situasi keuangan mereka. Dengan memahami kebutuhan individu atau keluarga tersebut, kamu dapat memberikan rekomendasi produk asuransi kesehatan yang paling cocok dengan kondisi mereka.

6. Berikan Solusi

cara menawarkan asuransi kesehatan

Tiap calon nasabah memiliki kebutuhan dan preferensi yang beragam. Oleh karena itu, kemampuan untuk memberikan solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan individu menjadi kunci dalam mengimplementasikan pendekatan penawaran asuransi kesehatan yang efektif.

Bantu calon nasabah dalam memilih produk asuransi kesehatan yang paling cocok dengan situasi dan kondisi keuangan mereka. Kamu bisa menjelaskan bagaimana asuransi kesehatan dapat memberikan jaminan keamanan finansial, serta memberikan akses ke perawatan medis berkualitas bagi calon nasabah dan keluarganya.

7. Jelaskan Bagaimana Cara Mengajukan Asuransi Kesehatan

Cara menawarkan asuransi kesehatan lainnya adalah menjelaskan dengan detail terkait pengajuan. Nasabah juga perlu mendapatkan informasi terkait prosedur pengajuan asuransi kesehatan secara tepat dan akurat. Agar dapat mengajukan asuransi kesehatan, nasabah dapat mengikuti serangkaian langkah sebagai berikut:

  • Pilih Perusahaan Asuransi: Pilihlah perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Lakukan penelitian terperinci terhadap manfaat, ketentuan, dan premi yang disajikan oleh perusahaan tersebut.
  • Temui Agen Asuransi: Temui agen asuransi yang memiliki lisensi untuk membantu kamu dalam proses pengajuan asuransi kesehatan. Agen tersebut akan memberikan penjelasan lebih rinci mengenai produk, membantu melengkapi formulir aplikasi, dan menjawab pertanyaan yang kamu miliki.
  • Isi dan Serahkan Formulir Aplikasi: Isilah formulir aplikasi dengan teliti dan jujur. Pastikan menyampaikan informasi yang akurat dan melampirkan dokumen yang diminta, seperti identitas pribadi dan riwayat kesehatan.
  • Penilaian dan Pemeriksaan: Setelah mengajukan aplikasi, perusahaan asuransi akan melakukan evaluasi dan pemeriksaan sesuai dengan kebijakan internal mereka. Proses ini dapat melibatkan pemeriksaan medis atau permintaan informasi tambahan terkait kondisi kesehatan kamu.
  • Penerimaan dan Pembayaran Premi: Jika aplikasi kamu disetujui, kamu akan menerima pemberitahuan dari perusahaan asuransi. Selanjutnya, kamu perlu membayar premi sesuai dengan persyaratan yang telah disepakati.

8. Contoh Dialog Menawarkan Asuransi Kesehatan

Berikut adalah contoh dialog untuk memberikan penawaran asuransi kesehatan:

Agen: Selamat siang, mohon maaf, apakah ini Bapak Jonathan? Saya mewakili perusahaan asuransi Bimbaiueo. Saya ingin berkomunikasi dengan Bapak mengenai pentingnya perlindungan kesehatan untuk Ibu dan keluarga. Apakah Bapak tertarik untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang produk asuransi kesehatan yang kami tawarkan?

Setelah memperkenalkan diri, langkah berikutnya adalah memperkenalkan produk yang ingin kamu tawarkan:

Agen: Asuransi kesehatan yang kami tawarkan memiliki cakupan yang luas untuk biaya medis, rawat inap, dan perlindungan kesehatan secara menyeluruh. Kami berkomitmen untuk memberikan jaminan kualitas perawatan kesehatan guna memberikan Anda ketenangan pikiran. Apakah Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat dan ketentuan asuransi kesehatan yang kami tawarkan?

Untuk memperjelas, kamu bisa membahas beberapa poin yang merinci terkait manfaat yang akan diperoleh calon nasabah dengan produk asuransi yang ditawarkan:

Agen: Dengan memiliki polis asuransi kesehatan dari perusahaan kami, Bapak akan mendapatkan perlindungan finansial dari risiko biaya pengobatan yang tinggi. Bapak dapat dengan mudah mengakses pelayanan medis berkualitas, meliputi manfaat rawat inap, pemeriksaan rutin, dan perlindungan khusus saat menghadapi penyakit kritis. Apakah Bapak memiliki pertanyaan atau kekhawatiran yang ingin ditanyakan lebih lanjut?

Setelah membahas produk secara rinci dan menyeluruh, kamu bisa akhiri percakapan dengan penutup:

Agen: Terima kasih atas waktu dan perhatiannya. Saya akan mengirimkan informasi lebih lanjut mengenai asuransi kesehatan kami melalui email. Jika Bapak tertarik untuk melanjutkan pembicaraan atau ingin mendapatkan penawaran khusus, tolong beritahu saya. Saya siap membantu Anda dalam memilih perlindungan kesehatan yang tepat.

9. Gunakan Taktik Cross-Selling 

Cara menawarkan asuransi kesehatan selanjutnya adalah Cross-selling. Cross-selling adalah taktik atau strategi penjualan di mana seorang agen asuransi menawarkan produk tambahan kepada nasabah yang telah memiliki polis asuransi sebelumnya.

Dalam konteks menawarkan produk asuransi kesehatan, cross-selling dapat digunakan untuk mengajukan produk asuransi tambahan kepada nasabah yang telah memegang polis asuransi jiwa, asuransi kendaraan, atau produk asuransi lainnya.

Menerapkan strategi cross-selling dapat membantu nasabah melengkapkan perlindungan finansial mereka dengan asuransi kesehatan tambahan yang relevan. Dengan menggunakan pendekatan, agen asuransi dapat memberikan nilai tambah kepada nasabah dan meningkatkan kepuasan mereka dengan memperoleh perlindungan kesehatan secara menyeluruh.

Berikut adalah tahapan-tahapan dalam menerapkan strategi cross-selling untuk penjualan asuransi kesehatan:

  • Identifikasi Peluang: Pelajari profil nasabah yang sudah memiliki polis asuransi lain dan identifikasi peluang untuk menawarkan asuransi kesehatan tambahan. Sebagai contoh, apabila nasabah telah memegang polis asuransi mobil, kamu dapat mengajukan penawaran perlindungan kesehatan yang melengkapi tingkat perlindungan mereka.
  • Personalisasi Penawaran: Personalisasi penawaran asuransi kesehatan agar sesuai dengan kebutuhan dan profil nasabah. Terangkan dengan rinci manfaat dan perlindungan yang diberikan oleh produk asuransi kesehatan tambahan, sembari menjelaskan bagaimana hal tersebut akan meningkatkan tingkat keamanan dan memberikan ketenangan pikiran kepada nasabah.
  • Penjelasan yang Jelas: Berikan penjelasan yang jelas dan singkat mengenai produk asuransi kesehatan tambahan, dengan menekankan manfaat tambahan yang dapat diperoleh, seperti perlindungan rawat inap, perawatan gigi, atau penggantian penghasilan saat sakit.

10. Follow-up

Cara menawarkan asuransi kesehatan yang terakhir adalah dengan melakukan follow-up. Calon nasabah mungkin memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan penjelasan lebih lanjut tentang produk asuransi yang kamu tawarkan tempo hari. Follow-up memberikan kesempatan untuk memberikan informasi tambahan dan mengatasi keraguan yang mungkin mereka miliki.

Itu dia 10 cara menawarkan asuransi kesehatan yang telah Igloo rangkum. Semoga dengan mengikuti tips-tips di atas, pencapaian target penjualan kamu bisa semakin meningkat, ya. Jangan lupa untuk mengunjungi blog Igloo untuk mendapatkan informasi terkait asuransi kesehatan lainnya!

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu