cara agar mata tetap sehat

7 Cara Merawat Mata Agar Tetap Sehat

Table of Contents

Penting untuk mengetahui cara merawat mata agar tetap sehat dan memastikan fungsi-fungsinya tetap optimal. Pasalnya,  mata manusia adalah salah satu organ penting dalam persepsi dunia dan interaksi sosial. 

Mata berfungsi untuk memungkinkan penglihatan. Mata manusia mampu mendeteksi cahaya dan warna serta mengirimkan sinyal visual ke otak untuk diinterpretasikan sebagai gambar. Proses inilah yang membuat kamu bisa melihat warna, bentuk, dan berinteraksi dengan dunia di sekitar.

Jika mata mengalami masalah, hal ini tentu bisa mengganggu aktivitas sehar-hari kamu. Oleh karena itulah, artikel ini akan memberi kamu 7 cara merawat mata agar tetap sehat.

Cara Merawat Mata agar Tetap Sehat

1. Olahraga Teratur

 Olahraga Teratur

Olahraga yang teratur dapat memiliki beberapa efek positif pada kesehatan mata. Olahraga dapat membantu mengurangi risiko penyakit yang dapat memengaruhi mata, seperti diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi. Kedua kondisi ini dapat memiliki dampak negatif pada mata jika tidak terkontrol.

Olahraga juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan mengelola faktor-faktor risiko, seperti obesitas, yang dapat memengaruhi penglihatan. Jadi, kesehatan tubuh secara keseluruhan memberikan berdampak positif pada kesehatan mata.

2. Makan Makanan Bernutrisi

Cara merawat mata agar tetap sehat selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya nutrisi adalah bagian penting dari menjaga kesehatan mata. Beberapa nutrisi tertentu telah terbukti bermanfaat bagi mata, termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin E, zinc, lutein, zeaxanthin, karotenoid, dan asam lemak omega-3. 

Nutrisi-nutrisi tersebut bisa kamu dapatkan dalam makanan seperti wortel, jeruk, sayuran hijau, telur, ikan salmon, kacang-kacangan, dan sebagainya.

3. Jaga Hidrasi

cara agar mata tetap sehat

Air putih sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk kesehatan mata. Menjaga hidrasi dengan minum air putih yang cukup akan membantu menjaga kelembaban tubuh secara keseluruhan.

4. Istirahatkan Mata

Jika kamu bekerja di depan komputer atau layar digital, ada baiknya untuk mengistirahatkan mata kamu beberapa waktu sekali. Kamu bisa menggunakan metode 20-20-20 untuk mengurangi ketegangan mata. 

Cara melaksanakan metode 20-20-20 adalah sebagai berikut:

  • Atur Pengingat: Ketika kamu sedang bekerja atau bermain di depan komputer atau layar elektronik lainnya, atur pengingat atau alarm untuk berbunyi setiap 20 menit.
  • Fokuskan Pandangan: Ketika alarm berbunyi, matikan layar komputer atau arahkan pandangan kamu ke objek yang berjarak sekitar 20 kaki (sekitar 6 meter) dari kamu. Ini bisa berupa objek di ruangan atau pemandangan luar jendela.
  • Tahan Selama 20 Detik: Tahan pandangan kamu pada objek tersebut selama sekitar 20 detik. Cobalah untuk merilekskan mata dan otot-otot sekitarnya selama periode ini.

5. Tidur yang Cukup

Tidur yang Cukup

Saat kita tidur, tubuh memiliki kesempatan untuk beristirahat yang juga mendukung kesehatan mata. Tidur memungkinkan mata untuk beristirahat setelah terlalu lama berada di depan layar komputer atau handphone, atau soft lens yang digunakan sepanjang hari. Hal ini akan mengurangi ketegangan mata.

Selama tidur, mata juga mengalami proses regenerasi sel-sel yang akan membuat penglihatan tetap tajam dan jelas.

6. Lindungi Mata dari Cahaya Matahari

Sinar ultraviolet (UV) dalam cahaya matahari dapat memiliki efek negatif pada kesehatan mata. Oleh karena itu, cara merawat mata agar tetap sehat berikutnya adalah dengan melindungi mata dari cahaya matahari.

Untuk melindungi mata dari cahaya matahari, kamu dapat menggunakan kacamata hitam yang memberikan perlindungan UV. Pastikan kacamata hitam yang kamu pilih memiliki label yang dapat melindungi kamu dari sinar UVA dan UVB. 

7. Hindari Merokok

cara agar mata tetap sehat

Tidak merokok atau berhenti merokok (jika kamu seorang perokok) adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan mata. Asap rokok yang mengenai mata bisa menyebabkan  dampak negatif yang signifikan pada kesehatan mata, seperti katarak, degenerasi makula, retinopati hipertensi, hingga mata kering.

Itulah 7 cara merawat mata agar tetap sehat dari Igloo. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan mata secara rutin untuk menjaga kesehatan mata dan memastikan kamu untuk tidak mengalami gejala atau masalah penglihatan yang serius. 

 Nah, agar kesehatan kamu semakin terlindungi, ada baiknya untuk memiliki asuransi kesehatan yang terbaik yang akan menawarkan banyak manfaat bagi kamu.  Memiliki asuransi kesehatan akan memberikan kamu sejumlah manfaat seperti, tanggungan terhadap biaya-biaya untuk penyakit keras, ringan, hingga cidera, tanggungan biaya vaksin dan pemeriksaan medis, dan masih banyak lagi!

Untuk melakukan pembelian asuransi kesehatan, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Kesehatan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-kesehatan
  2. Pilih jenis asuransi kesehatan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Keluarga dan Asuransi Individu
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis asuransi perjalanan yang diinginkan
  4. Masukan informasi keluarga/personal kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit.
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Selain asuransi kesehatan, Igloo juga menawarkan berbagai produk asuransi lain yang dapat memberikan ketenangan pikiran yang sama. Jika kamu berencana untuk bepergian, pertimbangkan asuransi perjalanan Igloo untuk melindungi perjalanan kamu dari kemungkinan gangguan.

Untuk kendaraan berharga, Igloo menyediakan asuransi kendaraan yang akan melindungi investasi kamu baik asuransi motor hingga mobil. Bahkan teman berbulu kamu bisa mendapatkan perlindungan terbaik dengan asuransi hewan peliharaan Igloo.

Jadilah bagian dari keluarga Igloo dengan kunjungi situs web Igloo hari ini dan dapatkan penawaran serta informasi lebih lanjut tentang produk asuransi Igloo. Yuk, lindungi kesehatan dan masa depan kamu bersama Igloo!

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu