cara mengecek paru-paru sehat

4 Cara Mengecek Paru-paru Sehat

Table of Contents

Sebagai sistem pernafasan manusia, penting untuk mengatahui cara mengecek paru-paru sehat atau tidak. Hal ini dikarenakan belum tentu paru-paru kamu dalam kondisi yang sehat. Selama kita menghirup udara sehari-hari, secara tidak sadar kita menghirup berbagai macam zat yang ada di dalam udara. 

Paru-paru adalah tempat di mana oksigen yang dihirup dari udara diambil dan disalurkan ke dalam aliran darah kamu. Oksigen ini kemudian dibawa ke sel-sel tubuh untuk mendukung fungsi seluler dan metabolisme.

Nah, selama kita menjalankan aktivitas sehar-hari, tentu ada zat-zat selain oksigen yang berpotensi mengandung racun bagi tubuh, terutama jika kamu tinggal di daerah perkotaan. Jika dihirup dalam waktu yang panjang, zat-zat berbahaya tersebut tentu akan memengaruhi kesehatan paru-paru kamu.

Lantas, bagaimanakah cara mengecek kondisi paru-paru sehat atau tidak?

Cara Mengecek Kondisi Paru-Paru

1. Uji Jalan Enam Menit

cara mengecek paru-paru sehat

Cara mengecek kondisi paru-paru sehat atau tidak yang pertama adalah dengan melakukan metode uji jalan enam menit. Metode ini dapat memberikan informasi tentang kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas fisik ringan hingga sedang. 

Kamu bisa melakukannya di rumah atau di lorong atau area datar yang sejajar, biasanya sepanjang 30 meter. Siapkan juga pengukur waktu, seperti stopwatch. Berikut adalah caranya:

  • Dalam enam menit, seorang remaja mampu berjalan sejauh 300 sampai 500 meter
  • Dalam enam menit, seorang dewasa muda mampu berjalan sejauh 400 sampai 600 meter
  • Dalam enam menit, seorang dewasa tua mampu berjalan sejauh 300 sampai 500 meter
  • Dalam enam menit, seorang tua mampu berjalan sejauh 200 sampai 300 meter.

Hasil dari metode ini akan memberikan gambaran tentang kapasitas paru-paru dan tingkat kelelahan kamu selama aktivitas fisik. Jika jarak yang dilalalui setelah berjalan selama enam menit kurang dari itu, bisa jadi paru-paru kamu tidak dalam kondisi yang prima.

2. Mengukur Saturasi Oksigen

Mengukur saturasi oksigen (SpO2) adalah cara lain dalam mengecek apakah paru-paru kamu sehat atau tidak. Tes ini akan memberikan informasi tentang tingkat oksigen dalam darah kamu. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan oximeter untuk mengetahui kadar oksigen dalam tubuh. 

Jika angka pada oximeter menunjukkan 95-98 persen, maka oksigen dalam tubuh termasuk normal. Apabila di bawah 95 persen, maka dapat menjadi tanda adanya masalah pernapasan atau penyakit paru-paru.

3. Meniup Lilin atau Korek Api yang Menyala

Cara mengecek paru-paru sehat atau tidak yang ketiga adalah dengan meniup lilin atau korek api yang menyala sejauh 30 sentimeter dari mulut. Jika paru-paru kamu bermasalah, kamu tidak akan mampu mematikan api yang menyala dengan jarak sejauh itu. Sementara orang yang kondisi paru-parunya masih bagus dapat melakukannya.

4. Spirometri

Spirometri adalah tes yang digunakan untuk mengukur kapasitas paru-paru dan volume udara yang dapat kamu hembuskan setelah menghirup sebanyak mungkin udara yang kamu bisa. Tes ini dilakukan untuk menilai fungsi paru-paru dan sering digunakan untuk diagnosis penyakit paru-paru seperti asma, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dan fibrosis paru-paru.

Itulah 4 cara mengecek paru-paru sehat dari  Igloo  yang bisa kamu lakukan. Pemeriksaan paru-paru yang teratur sangat penting untuk mendeteksi masalah kesehatan paru-paru sedini mungkin, terutama jika kamu memiliki riwayat merokok atau tinggal di lingkungan yang memiliki tingkat polusi udara yang tinggi.

Namun, jika kamu memiliki gejala atau kekhawatiran tentang kesehatan paru-paru, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan. Mereka akan menilai gejala, melakukan pemeriksaan fisik, dan merujuk kamu untuk tes atau pemeriksaan lebih lanjut sesuai kebutuhan. 

Jangan lupa untuk memiliki asuransi kesehatan yang terbaik, agar kesehatan kamu semakin terlindungi. Memiliki asuransi kesehatan akan memberikan kamu sejumlah manfaat seperti, tanggungan terhadap biaya-biaya untuk penyakit keras, ringan, hingga cidera, tanggungan biaya vaksin dan pemeriksaan medis, dan masih banyak lagi!

Untuk melakukan pembelian asuransi kesehatan, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Kesehatan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-kesehatan
  2. Pilih jenis asuransi kesehatan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Keluarga dan Asuransi Individu
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis asuransi perjalanan yang diinginkan
  4. Masukan informasi keluarga/personal kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit.
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Selain asuransi kesehatan, Igloo juga menawarkan berbagai produk asuransi lain yang dapat memberikan ketenangan pikiran yang sama. Jika kamu berencana untuk bepergian, pertimbangkan asuransi perjalanan Igloo untuk melindungi perjalanan kamu dari kemungkinan gangguan.

Untuk kendaraan berharga, Igloo menyediakan asuransi kendaraan yang akan melindungi investasi kamu baik asuransi motor hingga mobil. Bahkan teman berbulu kamu bisa mendapatkan perlindungan terbaik dengan asuransi hewan peliharaan Igloo.

Jadilah bagian dari keluarga Igloo dengan kunjungi situs web Igloo hari ini dan dapatkan penawaran serta informasi lebih lanjut tentang produk asuransi Igloo. Yuk, lindungi kesehatan dan masa depan kamu bersama Igloo!

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu