Perbedaan Asuransi Kesehatan Swasta dan BPJS

Perbedaan Asuransi Kesehatan Swasta dan BPJS, Manakah yang Lebih Baik?

Table of Contents

Di Indonesia, terdapat dua jenis asuransi kesehatan yang memiliki banyak pesertanya. Kedua jenis asuransi tersebut adalah  BPJS dan asuransi kesehatan swasta. BPJS Kesehatan merupakan program asuransi kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah, sedangkan asuransi kesehatan swasta disediakan oleh perusahaan asuransi swasta. 

Walaupun fungsinya sama, keduanya memilih kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Pasalnya, masih banyak orang yang tidak mengetahui perbedaan BPJS dan asuransi kesehatan swasta.

Oleh karena itu, Igloo akan memberikan panduan mengenai kelebihan dan kelemahan dari kedua jenis asuransi tersebut.

BPJS Kesehatan

Dikutip dari berbagai sumber, BPJS Kesehatan adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan yang merupakan program jaminan kesehatan yang dikelola oleh pemerintah Indonesia. Program ini menyediakan akses pelayanan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia dari berbagai kelas sosial.

Setiap orang yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang terstandar dan terjangkau, termasuk rawat inap, rawat jalan, tindakan medis, dan obat-obatan. Untuk biayanya, peserta BPJS Kesehatan akan membayar iuran secara berkala. Biaya iuran tersebut berbeda-beda, tergantung pada kelas yang dipilih peserta. 

Premi

Program BPJS Kesehatan memberikan akses kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia, tanpa memandang status sosial atau ekonomi peserta. Iuran BPJS Kesehatan cukup terjangkau, dan terdapat beberapa opsi kelas peserta yang dapat dipilih sesuai dengan kemampuan finansial peserta.

Berikut daftar iuran BPJS Kesehatan kelas 1, 2, 3 yang berlaku sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020:

  • Kelas 1: Peserta BPJS Kesehatan wajib membayar iuran sebesar Rp150.000 per orang per bulan.
  • Kelas 2: Peserta BPJS Kesehatan wajib membayar iuran sebesar Rp100.000 per orang per bulan.
  • Kelas 3: Peserta BPJS Kesehatan wajib membayar iuran sebesar Rp35.000 per orang per bulan.

Kamu bisa melakukan pembayaran iuran tersebut di kantor cabang BPJS Kesehatan, transfer dari berbagai m-banking atau ATM yang bekerja sama seperti BRI, BNI, BCA, BTN, dan Mandiri, serta dari Alfamart dan Indomaret.

Fasilitas

Karena terdapat perbedaan kelas, fasilitas yang tersedia juga akan berbeda. Umumnya, peserta akan mendapatkan pengobatan atau layanan medis, yang sama. Namun, perihal rawat inap dan fasilitas non-medis lainnya, peserta kelas 1, 2, dan 3 akan mendapatkan pelayanan yang berbeda.

Berikut perbedaan fasilitas kelas-kelas di BPJS Kesehatan:

  1. Kelas 1

Layanan rawat inap (fasilitas non-medis), pasien BPJS Kelas 1 akan mendapatkan kamar inap dengan jumlah pasien paling sedikit, yaitu 2-4 orang per kamar. Pasien yang menginginkan privasi lebih juga bisa membayar biaya tambahan untuk bisa pindah ke ruang VIP.

  1. Kelas 2

Peserta kelas 2 akan mendapatkan kamar rawat inap dengan kapasitas sebanyak 3-5 orang. Seperti pasien kelas 1, kamu juga bisa mendapat kamar VIP dengan membayar biaya tambahan.

  1. Kelas 3

Untuk kelas 3, pasien mendapatkan kamar perawatan berkapasitas 4-6 pasien. Namun, di beberapa rumah sakit tertentu, kamar rawat inapnya bisa berkapasitas lebih banyak lagi.

Baca Juga: 7 Rahasia Hidup Sehat: Simpel, Efektif, dan Bermanfaat

Pelayanan

Dari segi pelayanan seperti administrasi, tindakan medis, sampai pengobatan, peserta kelas 1, 2, dan 3 akan mendapat pelayanan sama. Pelayanan tersebut mencakup:

  • Konsultasi dokter
  • Pemeriksaan laboratorium
  • Radiologi
  • Obat formularium nasional maupun yang bukan formularium nasional
  • Perawatan ambulans sampai gawat darurat
  • Kamar perawatan
  • Hal-hal lain terkait pelayanan kesehatan pasien

Asuransi Kesehatan Swasta

Berbeda dengan BPJS Kesehatan, asuransi kesehatan swasta adalah program jaminan kesehatan yang diselenggarakan oleh perusahaan asuransi swasta. Program ini memberikan perlindungan kesehatan bagi peserta yang membayar premi asuransi sesuai dengan paket layanan yang dipilih. 

Dibandingkan dengan BPJS Kesehatan, asuransi kesehatan swasta menawarkan fasilitas dan pelayanan kesehatan yang lebih lengkap dan eksklusif.

Premi

Premi asuransi kesehatan swasta bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti usia peserta, jenis rencana asuransi yang dipilih, cakupan pelayanan kesehatan, hingga risiko dan kondisi kesehatan individu. 

Setiap perusahaan asuransi kesehatan swasta memiliki tarif dan kebijakan premi yang berbeda-beda. Sehingga biaya premi-nya pun bervariasi. Namun, berikut adalah beberapa faktor yang dapat memengaruhi premi asuransi kesehatan swasta:

  • Usia: Biasanya, premi akan lebih tinggi bagi peserta yang lebih tua. Hal ini dikarenakan risiko kesehatan cenderung meningkat seiring bertambahnya usia.
  • Riwayat kesehatan: Premi bisa lebih tinggi bagi para calon peserta yang memiliki riwayat kesehatan yang buruk atau memiliki kondisi medis tertentu.
  • Rencana asuransi: Ada berbagai rencana asuransi kesehatan yang tersedia, mulai dari rencana dasar hingga rencana yang lebih komprehensif.

Seperti contoh, ada beberapa perusahaan asuransi yang menyediakan produk perlindungan kesehatan dengan iuran sekitar Rp50.000 untuk peserta yang memiliki risiko kecil. Namun, jika kamu memiliki potensi risiko besar atau membutuhkan fasilitas dan pelayanan rawat inap maupun rawat jalan yang maksimal, maka jumlah premi bisa mencapai di atas Rp500.000.

Fasilitas

Asuransi kesehatan swasta umumnya memberikan pilihan fasilitas kesehatan yang lebih beragam, termasuk rumah sakit dan dokter spesialis yang mungkin tidak tersedia dalam program BPJS Kesehatan.

Fasilitas yang disediakan oleh asuransi kesehatan swasta dapat bervariasi tergantung pada perusahaan asuransi dan rencana asuransi yang dipilih. Namun, berikut adalah beberapa fasilitas umum yang biasanya ditawarkan oleh asuransi kesehatan swasta:

  • Pelayanan medis: Asuransi kesehatan swasta biasanya mencakup biaya pemeriksaan dokter, konsultasi spesialis, tes laboratorium, dan pemeriksaan medis lainnya.
  • Rawat inap: Asuransi kesehatan swasta umumnya mencakup biaya rawat inap di rumah sakit, termasuk biaya perawatan, biaya ruangan, serta biaya obat-obatan dan tindakan medis yang diperlukan selama rawat inap.
  • Rawat jalan: Fasilitas ini mencakup pemeriksaan dokter, tindakan medis, atau perawatan yang tidak memerlukan rawat inap di rumah sakit, seperti kunjungan ke klinik atau praktek dokter.
  • Obat dan alat kesehatan: Asuransi kesehatan swasta biasanya mencakup subsidi atau penggantian biaya untuk obat-obatan yang diresepkan oleh dokter dan alat kesehatan tertentu.
  • Terapi dan rehabilitasi: Fasilitas ini mencakup biaya terapi fisik, terapi okupasi, terapi wicara, serta rehabilitasi pasca-operasi atau kecelakaan.
  • Pelayanan gawat darurat: Asuransi kesehatan swasta umumnya mencakup biaya perawatan darurat di rumah sakit atau klinik darurat.
  • Pelayanan kebidanan: Beberapa rencana asuransi kesehatan swasta juga mencakup biaya persalinan, perawatan kehamilan, dan pemeriksaan kebidanan lainnya.
  • Perawatan gigi: Beberapa asuransi kesehatan swasta juga menawarkan cakupan untuk perawatan gigi, seperti pemeriksaan, penambalan, atau perawatan gigi lainnya. 

Pelayanan

Selain fasilitas di atas, asuransi kesehatan swasta juga menyediakan layanan tambahan, seperti layanan konsultasi medis 24 jam, program kesehatan dan kebugaran, program pencegahan penyakit, dan lain sebagainya. 

Selain itu, asuransi kesehatan swasta umumnya memberikan pelayanan yang lebih cepat dan lebih fokus, karena tidak terdapat antrean panjang dan peserta mendapatkan pelayanan yang lebih individual.

Beberapa fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan asuransi kesehatan swasta biasanya memberikan beberapa fasilitas tambahan yang membuat peserta semakin nyaman. Fasilitas tersebut antara lain adalah ruang tunggu dan pelayanan yang lebih fokus pada peserta yang terdaftar.

Kelebihan asuransi kesehatan swasta yang tidak mungkin ada dalam BPJS Kesehatan adalah jaminan dan manfaatnya dapat digunakan di luar negeri. Seperti contoh, jika kamu sedang sakit dan memerlukan perawatan di luar negeri, kamu bisa menggunakan asuransi jika menemukan rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi kamu.

Poin-Poin Perbedaan antara BPJS dan Asuransi Kesehatan Swasta 

Jadi, manakah yang lebih baik? BPJS Kesehatan atau Asuransi Kesehatan Swasta? Agar mudah dalam menentukannya, kamu harus memperhatikan hal-hal penting sebelum memilih asuransi kesehatan agar pelayanan kesehatan yang diinginkan dapat sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa hal tersebut mencakup:

Itulah perbandingan antara BPJS Kesehatan dan Asuransi Kesehatan Swasta yang perlu kamu ketahui, semoga artikel ini dapat mempermudah kamu untuk memilih yang terbaik diantara keduanya. Semoga informasi dari Igloo tersebut dapat membantu kamu untuk mendapatkan asuransi kesehatan terbaik  untuk kamu.

Jangan lupa untuk memiliki asuransi kesehatan yang terbaik, agar kesehatan kamu semakin terlindungi, ya.

Untuk melakukan pembelian asuransi kesehatan, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Kesehatan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-kesehatan
  2. Pilih jenis asuransi kesehatan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Keluarga dan Asuransi Individu
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis asuransi kesehatan yang diinginkan
  4. Masukan informasi keluarga/personal kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit.
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Selain asuransi kesehatan, Igloo juga menawarkan berbagai produk asuransi lain yang dapat memberikan ketenangan pikiran yang sama. Jika kamu berencana untuk bepergian, pertimbangkan asuransi perjalanan Igloo untuk melindungi perjalanan kamu dari kemungkinan gangguan. Untuk kendaraan berharga, Igloo menyediakan asuransi kendaraan yang akan melindungi investasi kamu baik asuransi motor hingga mobil. Bahkan teman berbulu kamu bisa mendapatkan perlindungan terbaik dengan asuransi hewan peliharaan Igloo.

Jadilah bagian dari keluarga Igloo dengan kunjungi situs web Igloo hari ini dan dapatkan penawaran serta informasi lebih lanjut tentang produk asuransi Igloo. Yuk, lindungi kesehatan dan masa depan kamu bersama Igloo!

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu