cara mengobati luka pada kucing

5 Cara Mudah Mengobati Luka pada Kucing Di Rumah

Table of Contents

Kucing tergolong hewan aktif yang suka bergerak dan suka menjelajahi area di sekitarnya. Jika kamu memiliki kucing peliharaan, penting bagi untuk menyediakan lingkungan yang aman bagi mereka untuk bergerak. Untuk itu, penting untuk mengetahui cara mengobati luka pada kucing.

Hal ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti cedera atau luka pada tubuhnya. Namun, bagaimana jika kucing peliharaan kamu terluka dan membutuhkan penanganan darurat?

Jangan panik, artikel Igloo berikut akan memberikan 5 cara mengobati luka pada kucing yang bisa kamu terapkan di rumah.

Kucing Terluka

cara mengobati luka pada kucing

Ada beberapa penyebab umum luka pada kucing, termasuk:

1. Bertarung dengan Hewan Lain

Kucing yang bertarung dengan hewan lain, terutama kucing lain, dapat mengalami luka akibat gigitan atau cakaran. Gigitan hewan lain dapat menyebabkan luka tusukan, sedangkan cakaran dapat menyebabkan luka robek.

2. Kecelakaan

Kucing yang terlibat dalam kecelakaan lalu lintas, jatuh dari ketinggian, atau mengalami trauma fisik lainnya dapat mengalami luka yang beragam, termasuk luka terbuka, memar, hingga patah tulang.

3. Gigitan Serangga

Gigitan kutu, tungau, atau serangga lainnya juga dapat menyebabkan luka pada kucing. Beberapa kucing dapat mengalami reaksi alergi terhadap gigitan serangga. Reaksi ini dapat menyebabkan luka atau iritasi pada kulit.

4.Goresan atau Gesekan

Kucing yang terlalu aktif atau terlibat dalam aktivitas yang berpotensi menyebabkan goresan atau gesekan, seperti melompat atau merayap di permukaan kasar atau tajam secara tidak sengaja, dapat menimbulkan luka pada kulit mereka.

5. Perawatan Diri yang Berlebihan 

Terkadang, kucing dapat mengalami luka akibat perawatan yang tidak tepat, seperti pemotongan kuku yang terlalu pendek atau penyisiran yang kasar. Perawatan diri yang berlebihan, seperti menjilat atau menggaruk secara berlebihan juga dapat menyebabkan luka.

Cara Mengobati Luka pada Kucing

Setelah mengetahui penyebab umum timbulnya luka pada kucing, bagaimanakah cara mengobati luka pada kucing? Perlu dicatat, mengobati kucing yang terluka tidak boleh sembarangan. Hal ini mungkin akan menimbulkan infeksi dan luka menjadi bertambah parah. 

Berikut adalah beberapa cara umum yang dapat diambil untuk mengobati luka pada kucing:

1. Bersihkan luka

Membersihkan luka pada kucing adalah proses yang penting untuk mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Siapkan perlengkapan yang diperlukan sebelum memulai proses pembersihan. Kamu mungkin akan membutuhkan sarung tangan medis, cairan antiseptik yang direkomendasikan oleh dokter hewan (seperti klorheksidin), bola kapas atau kain steril, dan perban atau balutan penutup.

2. Sebelum memulai proses pembersihan, pastikan tangan kamu bersih dengan mencuci mereka dengan sabun dan air hangat.

3. Untuk menjaga kebersihan dan menghindari penyebaran bakteri, kenakan sarung tangan medis sebelum menyentuh luka kucing.

4. Gunakan bola kapas atau kain steril yang direndam dalam cairan antiseptik untuk membersihkan kulit di sekitar luka. Hindari menyentuh luka langsung dengan tangan atau bola kapas yang telah digunakan.

5. Setelah membersihkan sekitar luka, gunakan bola kapas atau kain steril yang direndam dalam cairan antiseptik untuk membersihkan luka itu sendiri. Bersihkan dengan lembut dan hindari menggosok luka secara agresif, karena hal ini dapat memperparah luka.

2. Hentikan Pendarahan

Jika luka mengeluarkan darah, gunakan kain bersih atau bola kapas steril untuk menekan luka dan menghentikan pendarahan. Tekan dengan lembut dan tahan selama beberapa menit sampai pendarahan berhenti. Sebelum memulai, jangan lupa untuk memastikan tangan kamu bersih dan kenakan sarung tangan medis untuk mencegah penyebaran bakteri.

3. Oleskan Salep Antibiotik

Setelah membersihkan luka, kamu bisa menggunakan salep antibiotik untuk membantu mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan. Kamu bisa mengoleskan salep dengan lembut dan merata pada permukaan luka, serta pastikan seluruh area luka tercakup dengan salep. Setelah mengoleskan salep antibiotik, pastikan agar kucing tidak menjilat bagian yang sudah dioles tersebut. 

4. Lindungi luka

Setelah membersihkan dan mengoleskan salep antibiotik, pastikan agar kucing tidak menjilat bagian yang sudah dioles tersebut. Kamu bisa mengatasinya dengan menutupi luka dengan perban steril. Hal ini akan membantu melindungi luka dari infeksi dan menjaga agar kucing tidak mengganggu luka tersebut.

5. Berikan Makanan Bernutrisi

Makanan yang tepat dapat membantu mempercepat penyembuhan luka pada kucing. Pastikan kucing kamu mendapatkan makanan yang seimbang dan mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan untuk mempercepat penyembuhan luka. Pilihlah makanan kucing berkualitas tinggi yang mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat, vitamin, zat besi, dan mineral.

Itulah cara sederhana untuk mengobati luka pada kucing yang bisa kamu lakukan di rumah. Jika luka tidak kunjung sembuh, ada baiknya untuk membawanya ke dokter hewan yang dapat memberikan evaluasi dan perawatan yang tepat.

Jika kamu ingin merasa lebih tenang memelihara kucing, memiliki pet insurance atau asuransi hewan peliharaan terbaik dari Igloo adalah jawaban yang tepat. Dengan adanya asuransi tersebut, berbagai macam keuntungan bisa kamu dapatkan jika terjadi hal-hal diluar dugaan pada kucing kesayanganmu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu