cara mengobati kucing mencret

5 Cara Mengobati Kucing yang Terkena Mencret

Table of Contents

Ketika kucing mengalami diare atau mencret, hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk perubahan makanan, stres, infeksi, parasit, alergi makanan, masalah pencernaan, atau kondisi medis lainnya. Untuk itu, penting mengetahui cara mengobati kucing mencret.

Tidak hanya bisa dialami oleh manusia, hewan juga bisa mengalami diare, termasuk kucing. Sebagai pemilik, penting untuk mengetahui penyebab kucing peliharaan mengalami diare agar pengobatan yang tepat dapat diberikan.

Dalam artikel ini, Igloo akan memberi tahu informasi seputar penyebab dan cara mengobati kucing yang sedang mengalami diare atau mencret.

Penyebab Kucing Mencret

cara mengobati kucing mencret

Diare pada kucing ditkamui dengan frekuensi buang air besar (BAB) yang tinggi dan mengeluarkan tinja yang encer. Biasanya, kucing bisa BAB hingga lebih dari 3 kali sehari. Ada beberapa penyebab umum diare pada kucing:

1. Perubahan Makanan

Perubahan makanan yang tiba-tiba pada kucing dapat menyebabkan diare. Pasalnya, kucing sangat sensitif terhadap perubahan makanan, dan sistem pencernaan mereka dapat merespons dengan mengalami gangguan pencernaan, termasuk diare. 

2. Alergi Makanan 

Ketika kucing mengalami alergi makanan, sistem kekebalan tubuh mereka bereaksi terhadap protein tertentu dalam makanan, menyebabkan reaksi alergi yang dapat termasuk diare. Setiap kucing bisa memiliki alergi terhadap bahan makanan yang berbeda-beda, jadi penting untuk mencari tahu bahan makanan yang menjadi pemicu alergi pada kucing peliharaan kamu secara spesifik.

3. Parasit Cacing

Ada beberapa jenis cacing yang dapat menginfeksi kucing, termasuk cacing tambang , cacing pita, dan cacing kucing.  Cacing-cacing tersebut dapat menginfeksi saluran pencernaan kucing dan mengganggu fungsi normalnya, menyebabkan diare dan masalah pencernaan lainnya. 

4. Racun 

Racun dapat menyebabkan iritasi atau kerusakan pada saluran pencernaan kucing, hal ini dapat menyebabkan diare. Jika kucing peliharaan kamu mengalami diare atau mencret akibat tidak sengaja terpapar racun, sangat penting untuk segera membawanya ke dokter hewan.

5. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau Sindrom Usus Besar yang Sensitif merupakan kondisi yang mempengaruhi saluran pencernaan, termasuk pada kucing. IBS pada kucing dapat menyebabkan berbagai gejala, salah satunya adalah diare. 

Baca Juga: 7 Cara Memandikan Anak Anjing dengan Mudah di Rumah

Cara Mengobati Kucing Mencret

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan jika kucing peliharaan kamu mengalami masalah diare atau mencret.

1. Perhatikan Makanan 

Pastikan kucing kamu memakan makanan yang cocok dan berkualitas. Jika kamu baru saja mengganti makanannya, mungkin perlu dikembalikan ke makanan sebelumnya atau mengenalkan perubahan makanan secara perlahan.

Kamu bisa memberikan makanan tanpa bumbu atau lembut kepada kucing. Makanan yang mudah dicerna seperti daging ayam rebus tanpa tulang dan kulit, ikan rebus, atau daging sapi tanpa lemak bisa menjadi pilihan yang baik. Kamu juga dapat mencoba memberikan makanan kaleng khusus untuk mengatasi masalah pencernaan.

2. Cegah Dehidrasi

Pastikan kucing kamu tetap terhidrasi dengan menyediakan air segar yang bersih. Hal ini dikarenakan kucing yang mengalami diare cenderung lebih sering minum untuk menghindari dehidrasi.

Pastikan untuk selalu sediakan air segar yang bersih dalam mangkuk yang mudah dijangkau oleh kucing. Ganti air secara teratur agar air tetap bersih dan segar. Beberapa kucing lebih suka minum dari mangkuk yang lebih dangkal atau dari dispenser air bergerak, sesuaikan dengan preferensi kucing kamu, ya.

3. Beri Makanan dalam Porsi Kecil

Memberikan makanan kucing dengan porsi kecil atau makanan yang diatur dalam interval tertentu merupakan salah cara untuk mengobati kucing yang terkena diare atau mencret. Memberikan makanan dalam porsi kecil secara teratur dapat membantu menjaga tingkat energi dan kecukupan nutrisi kucing, serta mengurangi risiko kelebihan makanan atau gangguan pencernaan.

Jika masih ragu terkait porsi dan frekuensi waktu makan, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan, terutama jika kucing kamu mengalami kondisi kesehatan yang tidak normal seperti diare.

4. Biarkan Kucing Istirahat

Jika kucing mengalami diare, penting untuk memberikan istirahat yang cukup agar tubuhnya dapat pulih. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memastikan lingkungan di sekitar kucing kamu tenang dan minim gangguan. Suara yang berisik atau aktivitas yang berlebihan yang dapat membuat kucing lebih stres dan sulit untuk pulih.

Selama masa pemulihan, batasi aktivitas fisik kucing peliharan kamu. Hindari bermain dengan terlalu intens atau dalam waktu yang lama. Biarkan kucing kamu beristirahat dan pulih dengan tenang.

5. Bawa ke Dokter Hewan

Cara mengobati kucing mencret yang terakhir adalah dengan membawanya ke dokter hewan. Dokter hewan dapat melakukan pemeriksaan menyeluruh dan memberikan penanganan yang tepat. 

Dokter hewan akan memberikan rekomendasi pengobatan yang tepat. Hal ini dapat mencakup pemberian obat, perubahan diet, atau langkah-langkah lain yang diperlukan untuk mengatasi masalah diare.

Itu dia 5 cara mengobati kucing mencret yang bisa kamu lakukan. Jadi, jika kamu menemukan gejala-gejala yang sudah disebutkan di atas, segeralah ditangani agar kucing kamu kembali sehat dan bahagia seperti biasanya.

Jika kamu ingin merasa lebih tenang memelihara kucing, memiliki pet insurance atau asuransi hewan peliharaan terbaik dari Igloo adalah jawaban yang tepat. Dengan adanya asuransi tersebut, berbagai macam keuntungan bisa kamu dapatkan jika terjadi hal-hal diluar dugaan pada kucing kesayanganmu.

Baca Juga: 8 Cara Melatih Anjing Buang Air pada Tempatnya

Untuk melakukan pembelian asuransi hewan peliharaan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di igloo.co.id/id/asuransi-hewan
  2. Pilih jenis asuransi hewan peliharaan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Kucing dan Asuransi Anjing, dengan atau tanpa sertifikat (Stambum/ICA)
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis hewan peliharaan yang diinginkan
  4. Masukan informasi hewan peliharaan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digitalpaylater maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk mengajukan klaim, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kirimkan detail dan dokumen klaim kamu melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  2. Permohonan klaim harus dibuat secara tertulis dengan dokumen yang lengkap dalam jangka waktu kurang dari 3 x 24 jam sejak kejadian
  3. Pembayaran klaim akan dikirimkan kepada kamu dalam waktu 14 hari kerja sejak permohonan klaim diterima

Selain asuransi hewan peliharaan, Igloo juga memiliki berbagai produk asuransi lain yang layak dipertimbangkan seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga, asuransi kendaraan mulai dari Asuransi Mobil hingga Asuransi Sepeda Motor, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi serunya petualangan kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu